Smartphone yang Paling Banyak Terjual 2018

2 bulan lalu

Penjualan smartphone dari waktu ke waktu selalu bersifat dinamis. Banyak faktor yang mempengaruhi merk suatu smartphone menjadi laris manis di pasaran namun tidak sedikit pula yang mengalami penurunan penjualan. Diantaranya yaitu fitur yang ditawarkan serta harga jual dari smartphone itu sendiri.

Saat ini penjualan smartphone terlaris di dunia masih di dominasi oleh merk-merk besar seperti Samsung, Apple dan Huawei. Namun seiring berjalannya waktu, Xiaomi mulai menunjukan trend positif dengan jumlah penjualan yang dapat dikatakan meningkat dari waktu ke waktu.

Merk smartphone apa sajakah yang paling laris hingga saat ini? Berikut ini BlogUnik rangkumkan daftar vendor smartphone yang produknya paling banyak terjual sampai quartal kedua tahun 2018 ini. Data ini sendiri didapat dari Counterpoint’s Market Monitor service.

1. Samsung

photo via : www.cnet.com

Di posisi pertama vendor smartphone yang produknya paling banyak terjual adalah Samsung, dimana dari jumlah penjualan ke pasar, mereka memegang 20% pasar dengan 71,6 juta unit smartphone buatan mereka yang terjual. Meskipun menduduki posisi pertama dengan menguasai 20% pasar, namun jika dibandingkan dengan quartal kedua pada tahun lalu yakni tahun 2017, Samsung menngalami penurunan minat konsumen untuk membeli produknya. Jika pada quartal kedua tahun lalu, Smasung mampu menjual 80,4 juta unit, sedangkan tahun ini hanya mampu menjual 71,6 unit, maka mereka mengalami penurunan sebesar 11%.

2. Huawei

photo via : carisinyal.com

Siapa yang menyangka jika posisi kedua ditempati oleh vendor asal China Huawei. Padahal di quartal kedua tahun lalu, posisi kedua ditempati oleh Apple. Penjualan smartphone Huawei hingga quartal kedua tahun 2018 ini memang memiliki peningkatan yang cukup banyak yang membuatnya menempati posisi kedua. Huawei menguasai 15% pasar hingga quartal kedua tahun 2018 yang hanya berbeda 5% saja dari posisi pertama yang ditempati oleh Samsung. Peningkatan penjualan yang dialami oleh Huawei memang cukup besar. JIka pada quartal kedua tahun lalu, Huawei mampu menjual 38,3 juta unit produknya, untuk tahun ini, mereka mamapu menjual sektiar 54,2 juta unit. Jadi terdapat pertumbuhan sekitar 41% dari quartal kedua tahun lalu.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Apple

photo via : smeaker.com

Diposisi ketiga, vendor smartphone yang memiliki jumlah penjualan terbanyak adalah Apple. Jika hanya melihat dari peringkat saja, memang benar peringkat Apple telah turun dari quartal kedua tahun lalu yang menempati posisi kedua. Saat ini Apple hanya menempati posisi ketiga denga 11% pasar, berbeda 4 persen dari posisi kedua yang ditempati oleh Huawei. Tapi, meskipun vendor yang satu ini turun peringkat, namun jika dilihat dari sisi pertumbuhan penjualan produk mereka, mengalami pertumbuhan. Meskipun tidak banyak yakni hanya 1 persan saja. Yakni dari 41 juta pada quartal kedua tahun lalu, sedangkan tahun ini bertambah menjadi 41,3 juta unit yang telah terjual.

4. Xiaomi

photo via : blog.dimensidata.com

Senada dengan Huawei yang menggeser posisi Apple, Kini Xiaomi juga mampu mengalahkan OPPO di peringkat ke empat dengan 9% target pasar penjualan atau 1% lebih tinggi dari OPPO. Untuk produk yang terjual sendiri, Xiaomi mampu menjual sebanyak 33 juta produk hingga quartal ke dua tahun 2018. Jika dibandingkan dengan quartal kedua tahun lalu, Xiaomi mengalami peningkatan penjualan yang cukup banyak yakni sekitar 43%. Jika pada quartal 2 tahun lalu Xiaomi hanya mampu menjual 23,1 juta produknya, pada quartal kedua tahun ini, Xiaomi mampu menjual 33 juta produk miliknya.

5. OPPO

photo via : oketekno.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dibandingkan dengan tahun lalu, posisi OPPO memang tersingkir dari produk milik Xiaomi. Meskipun persentase pasar yang dimiliki oleh OPPO masih sama yakni 8% jika dibandingkan dengan tahun lalu, namun jika dilihat dari jumlah unit yang terjual, produk OPPO mengalami penurunan sebanyak 3% jika dibandingkan dengan jumlah penjualan pada quartal kedua tahun lalu. Jika pada quartal kedua tahun lalu, Oppo mampu menjual 30,5 juta unit produk miliknya, untuk tahun ini, Oppo hanya mampu menjual sebanyak 29,6 juta unit saja.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. vivo

photo via : vivoponsel.com

Posisi ke 6 untuk vendor smartphone yang produknya mampu banyak terjual, adalah vivo. Smartphone yang satu ini jika dibandingkan dengan tahun lalu, posisinya masih tetap dengan menguasai 7% pasar yang ada. Untuk jumlah penjualannya hingga quartal kedua tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu yakni sebesar 1%. Jika sebelumnya pada quartal kedua tahun 2017 mampu menjual sebanyak 25,6 juta produknya, untuk tahun ini vivo mampu menjual sebanyak 26 juta unit produk smartphone vivo. Apalagi dengan berbagai smartphone keluaran terbaru milik vendor ini, tentunya akan membuat jumlah penjualan miliknya semakin meningkat.

7. LG

photo via : inet.detik.com

Dibandingkan dengan produsen smartphone yang lainnya, pada quartal kedua ini, vendor smartphone asal Korea ini adalah yang mengalami jumlah penurunan penjualan yang paling besar. Bukan hanya jumlah penjualannya saja yang menurun, persentase market share miliknya juga mengalami penurunan. Jika pada quartal kedua tahun 2017 yang lalu LG memiliki 4% market share, untuk tahun ini, LG hanya mendapat 3% saja. Seperti yang sudah diaktakan diawal, jumlah penjualan smartphone vendor LG ini memang mengalami penurunan yang cukup signifikan dan bisa dibilang penurunan terbesar jika dibandingkan dengan smartphone lainnya. Dibandingkan dengan quartal kedua tahun lalu, LG mengalami penurunan sebanyak 23%. Jika sebelumnya LG mampu menjual produknya sebanyak 13.3 juta unit pada quartal kedua tahun 2017, kini mereka hanya mampu menjual sebanyak 10,2 juta unit saja.

8. Lenovo

photo via : www.vontab.com

Selain LG, Lenovo juga mengalami penurunan jumlah penjualan. Meskipun tidak sesignifikan ataupun sebanyak yang dialami oleh LG. Lenovo mengalami sekitar 8% jumlah penjualan jika dibandingkan dengan quartal kedua tahun lalu. Jika pada quartal kedua tahun lalu Lenovo mampu menjual sebanyak 10,8 juta unit ponsel, tahun ini, Lenovo cuman bisa menjual sebanyak 9,9 juta unit saja. Tentu saja hal ini adalah sebuah kemunduran dalam hal penjualan. Meskipun jika dilihar dari persentase market share milik Lenovo masih tetap dan tidak berubah

9. HMD

photo via : pandudroid.com

Nah, untuk vendor yang satu ini mungkin belum banyak yang mengetahuinya, tapi produsen smartphone yang satu ini merupakan smartphone yang memiliki pertumbuhan penjulan yang paling besar hingga quartal kedua tahun ini. Untuk marketshare sendiri, peningkatannya tidak terlalu besar, yakni hanya 1 persen saja dibandingkan tahun lalu. Tapi seperti yang disebutkan diatas, untuk jumlah penjualannya, smartphone yang satu ini mengalami pertumbuhan yang paling besar yakni sebesar 782%. Jika pada quartal kedua tahun lalu, HMD hanya mampu menjual 0,5 juta unit ponsel saja, namun untuk tahun ini, HMD sudah mampu menjual sebanyak 4,5 juta unit hingga quartal kedua tahun 2018.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

10. Tecno

photo via : www.naijaandroidarena.com

Meskipun tidak sebesar HMD, vendor Tecno juga mengalami peningkatan penjualan yang banyak yakni sebesar 59%. jika sebelumnya pada quartal ke tahun 2017 Tecno mampu menjual sebanyak 2,8 juta unit, untuk kuartal kedua tahun ini, Tecno sudah mampu menjual sebanyak 4,4 juta unit. Tentu saja jumlah yang begitu fantastis jika dibandingkan dengan pemain besar dalam bidang smartphone yang lainnya. Untuk posisi market share miliki Techo sendiri masih sama jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni sebesar 1%.