20 Tanda Kamu Harus Memutuskan Hubungan dengan Pacar

2 minggu lalu

Tanda Kamu Harus Memutuskan Hubungan dengan Pacar

Siapa sih yang gak mau hubungan cintanya dengan kekasih berlanjut ke jenjang pernikahan? Pastinya semua orang memiliki tujuan yang sama saat menjalin hubungan dengan seseorang yakni ingin menikah dengan orang yang dicintainya dan membentuk rumah tangga yang bahagia.

Tapi guys, dalam hubungan cinta antar kekasih nyatanya tidak seindah drama Korea. Dimana cinta akan tetap bersatu walau halangan rintangan selalu menghadang. Dalam kehidupan nyata, tidak semua hubungan percintaan berakhir dipelaminan. Pasalnya banyak juga yang harus berpisah ditengah jalan karena berbagai penyebab.

Seperti yang kita tahu, untuk membangun sebuah hubungan cinta yang kuat dan kokoh serta bertahan lama, tak akan cukup hanya dengan modal cinta. Kamu perlu beberapa bumbu tambahan agar hubungan dapat terjalin harmonis, kuat dan awet, seperti kerja keras, komitmen, dan pandangan hidup yang sejalan.

Sayangnya banyak pasangan kekasih didunia ini yang tak menyadari hal tersebut. Rasa cinta yang besar terkadang membuat orang tak bisa berpikir logis sehingga enggan meninggalkan hubungan cinta yang sudah tak sehat. Padahal dalam sebuah hubungan, sangatlah wajar bila terjadi perselisihan di tengah jalan. Namun kadang kita terlalu takut mengambil pilihan untuk mengakhiri dan memaksa terus berjalan meski hambar dan menyakitkan.

Memang sih, untuk memutuskan si dia yang sudah terlanjur kita cintai akan sangat sulit dan menyakitkan. Namun jika dengan melepasnya adalah jalan yang terbaik untukmu dan dirinya, maka kamu harus segera mengakhiri hubungan kalian guys. Nah agar kamu tidak ragu, berikut ini adalah tanda-tanda dimana kamu harus memutuskan hubunganmu dengannya meskipun kamu masih mencintainya. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

1. Ketika chemistry diantara kalian sudah menghilang

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika chemistry diantara kalian sudah menghilang

photo via : viewpointsonline.net

Saat kamu dan dirinya sudah tidak memiliki chemistry atau kecocokan satu sala lain maka hal tersebut bisa menjadi tanda dimana kamu sebaiknya mengakhiri hubungan dengannya. Chemistry dalam konteks sebuah hubungan bisa diartikan sebagai perasaan yang nyambung dan cocok satu sama lain. Kalau dalam sebuah hubungan sudah ada chemistry yang kuat, biasanya hubungan bisa langgeng dan bertahan lama. Namun jika chemistry diantara kalian sudah menghilang maka bisa dipastikan kalau keseharian kamu dengannya akan diwarnai dengan perdebatan dan pertengkaran. Hubunganmu dengannya tidak akan lagi romantis seperti dulu. Yang ada kamu akan merasa hampa saat berada didekatnya. Jika hal ini terjadi pada hubunganmu dengannya maka tak ada salahnya berbicara baik-baik akan kelanjutan hubunganmu dengannya. Dan jika perpisahan adalah jalan yang terbaik maka kamu harus rela melepasnya.

2. Ketika rasa percaya sudah menghilang

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika rasa percaya sudah menghilang

photo via : nypost.com

Apa jadinya hubungan cinta tanpa adanya rasa saling percaya? Tentunya hubungan tersebut tak akan berhasil bukan? Pasalnya kepercayaan itu adalah salah satu pondasi yang paling penting dalam menjalin sebuah hubungan. Meskipun dalam sebuah hubungan percintaan rasa cemburu kadang mewarnai perjalanannya. Tapi hal tersebut seharusnya hanya bersifat sementara. Saat kamu dan pasangan bisa melewatinya dan belajar saling percaya, kalian akan bisa menjadi pasangan yang lebih bisa saling menghargai.

Sebaliknya, jika dalam sebuah hubungan percintaan tidak didasari rasa saling percaya, maka pondasi hubungan yang kamu sudah bangun akan mudah runtuh dan rentan rasa cemburu, marah, posesif berlebihan, bahkan kekerasan dalam hubungan. Nah jika rasa saling percaya ini mulai menghilang dalam hubungan kalian, ada baiknya kamu mendiskusikan secara baik-baik tentang perpisahan dengannya.

3. Ketika kamu merasakan adanya paksaan terhadap prinsip dan keyakinan

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu merasakan adanya paksaan terhadap prinsip dan keyakinan

photo via : m.post.naver.com

Tanda berikutnya yang dapat menjadi pedoman kapan kamu harus memutuskan pacarmu adalah ketika dirimu mulai merasakan adanya paksaan terhadap prinsip dan keyakinan. Seperti yang kita tahu, masing-masing orang didunia ini tumbuh di lingkungan yang berbeda-beda dan memiliki cara pandang yang berbeda-beda. Nah ketika kamu pacaran, maka perbedaan ini seharusnya melebur untuk menemukan sebuah tujuan yang sama. Intinya pacaran berarti kamu dan dia mencoba menyatukan prinsip yang kalian anut agar bisa berjalan seiring. Tapi jika si dia mulai memaksakan prinsip yang dia anut ke kamu, padahal kamu merasa tidak cocok karena bersebrangan dengan prinsipmu, maka ini bisa menjadi tanda awal dimana sebaiknya kamu mengakhiri hubungan dengannya.

4. Ketika kamu tidak lagi melibatkan si dia dalam rencana yang kamu buat

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu tidak lagi melibatkan si dia dalam rencana yang kamu buat

photo via : www.elitedaily.com

Mau berenang pasti ngajakin si dia, mau karaokean juga harus ngajakin si dia, mau pergi ke sana dan ke sini, pasti kamu akan selalu memikirkan si dia dan selalu ingin melibatkannya karena dengan adanya si dia pasti acara akan menjadi lebih seru. Pokoknya setiap rencana yang kamu buat pasti ingin selalu melibatkan dirinya karena kamu menganggap dirinya adalah bagian penting dari dirimu yang tidak boleh dilupakan.

Namun ketika kamu tidak lagi ingin melibatkan dirinya pada setiap rencana yang ingin kamu lakukan, mungkin inilah tanda dimana kamu ingin mengakhiri hubungan dengannya. Pasalnya secara tidak sadar, kamu tidak lagi melihatnya sebagai bagian terpenting dihidupmu. Kamu merasa tanpa dirinya kamu akan lebih bebas melakukan sesuatu tanpa harus takut merasa bersalah padanya.

5. Ketika kamu dan dirinya sudah tak bisa menikmati hubungan ini

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu dan dirinya sudah tak bisa menikmati hubungan ini

photo via : couplesonthebrink.com

Jika kamu tidak lagi menikmati setiap momen pacaran kalian, mungkin itu adalah salah satu tanda kamu harus memutuskan hubungan kalian. Pasalnya guys, momen pacaran harusnya menjadi saat-saat yang menyenangkan dan membahagiakan. Pokoknya kalau sudah pacaran maka kamu akan lupa waktu dan lupa daratan. Semuanya terlihat menyenangkan dan senyum selalu terukir di wajah kalian berdua.

Tapi jika kamu tak lagi dapat menikmati hubungan pacaran kalian, maka momen pacaran akan terasa hambar bagai sayur tanpa garam. Aktifitas pacaranmu akan sangat membosankan, bukannya senang dan bahagia namun kamu bisa saja akan merasa badmood. Tak ada lagi momen menyenangkan, waktu akan terasa lama dan ada dorongan untuk menyudahi momen tersebut. Jika itu terjadi pada dirimu, bisa saja kamu sudah tak tertarik dengannya dan itulah tanda bahwa kamu harus segera menyudahi hubunganmu dengannya. Lebih baik berpisah daripada menyiksa diri.

6. Ketika kamu mulai menyukai orang lain

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu mulai menyukai orang lain

photo via : http://new.moheinet.com

Perasaan cinta bisa tumbuh dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Jika dulu kamu sangat mencintai kekasihmu yang sekarang, tidak menutup kemungkinan jika kamu dapat mencintai orang lain dan rasa itu tumbuh setelah kamu memiliki kekasih. Kamu mulai mengagumi orang tersebut, selalu membayangkan jika berdua dengan orang tersebut dan kamu juga berharap dapat menjadi bagian dari hidupnya. Perlahan-lahan kamu mulai lupa dengan kekasihmu saat ini, kamu mulai bosan dengan kehadirannya dan selalu ingin menghindarinya. Mungkin bisa dibilang hatimu telah mendua, jika itu terjadi padamu maka segeralah akhiri hubunganmu dengan pacarmu saat ini. Jika tidak maka kalian akan sama-sama tersiksa dan tersakiti. Ingat jangan memberi harapan palsu pada seseorang, padahal kamu sadar kamu tidak akan mampu memenuhi harapan tersebut. Akhiri hubungan demi kebaikan kalian berdua.

7. Ketika kamu tidak bisa membayangkan masa depan bersamanya

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu tidak bisa membayangkan masa depan bersamanya

photo via : sea.askmen.com

Setiap hubungan yang terjalin pasti memiliki goals masa depan yang ingin dicapai. Begitupun dengan hubungan kalian yang pastinya memiliki sebuah keinginan untuk merajut masa depan yang bahagia bersama-sama. Masa depan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan, karena itu menentukan akan dibawa kemana hubungan kalian yang sudah terjalin selama bertahun-tahun tersebut. Tapi jika kamu tidak bisa membayangkan masa depanmu dengan dirinya sebagai bagian dari masa depan tersebut, maka bisa jadi kamu tidak benar-benar mencintainya. Rasa cintamu hanya sebatas cinta main-main atau obsesi ingin memilikinya tanpa adanya harapan untuk membuat hubungan kalian berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Saat membayangkan masa depan dengannya, yang ada dipikiranmu hanya keraguan, rasa takut, tidak rela dan semacamnya, sehingga kamu tidak bisa membayangkan masa depan yang indah dengannya. Jika itu terjadi maka tidak apa-apa jika kamu ingin berpisah dengannya. Sebab tak baik mempertahankan hubungan yang tidak memiliki masa depan.

8. Ketika kamu tidak memiliki ketertarikan menikah dengannya

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu tidak memiliki ketertarikan menikah dengannya

photo via : www.authorlove.com

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya guys! Jika kamu tidak memiliki ketertarikan untuk menjadikan dirinya sebagai istrimu maka mundurlah dan akhiri hubungan kalian. Kita sama-sama tahu kalau hubungan pacaran dan hubungan suami istri adalah dua hal yang sangat berbeda tingkatan. Waktu berpacaran adalah saat yang tepat untuk dirimu mencari tahu apakah dirinya bisa menjadi istri/suami yang baik untuk kamu dimasa depan. Namun jika kamu mengetahui kalau dirinya bukanlah tipe orang yang bisa menjadi istri/suami yang baik maka segera akhiri hubungan sebelum semuanya terlanjur jauh. Jangan mementingkan ego untuk mempertahankannya hanya karena parasnya yang cantik/ganteng atau karena kekayaannya. Lebih baik merelakannya untuk mendapat calon istri/suami yang lebih baik untuk masa depan yang lebih bahagia.

9. Ketika dirinya mulai seperti orang asing bagimu

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika dirinya mulai seperti orang asing bagimu

photo via : www.couplescounselingchicago.net

Guys, jika kamu mulai merasakan adanya perubahan sikap pada kekasihmu yang cenderung mengarah ke hal-hal yang kamu tidak suka, bisa jadi hal tersebut adalah tanda kamu harus memutuskan hubungan pacaran dengannya. Kamu harus waspada jika dirinya mulai berubah menjadi orang yang sangat berbeda dari orang yang kamu kenal dulu. Dia juga sudaj tidak sepaham dalam pemikiran denganmu. Dia juga sudah gak mau lagi berbagi rasa sedih atau suka padamu. Pokoknya dia bulan lagi orang yang sama seperti yang kamu cintai dulu.

Kalau hal tersebut terjadi pada pacarmu maka tak ada salahnya untuk berbicara baik-baik perihal perpisahan. Pasalanya jika kamu terus mempertahankan hubungan yang sudah tidak sehat tersebut, maka hanya akan menyakiti kedua belah pihak. Walaupun menyakitkan tapi perpisahan adalah solusi terbaik untuk kalian.

10. Ketika kamu malas meluruskan masalah, padahal kamu tahu masalah akan tambah parah jika tidak segera diluruskan

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu malas meluruskan masalah, padahal kamu tahu masalah akan tambah parah jika tidak segera diluruskan

photo via : www.sheknows.com

Dalam hubungan pacaran, perselisihan, perdebatan, pertengkaran adalah hal yang wajar terjadi, namun sewajarnya dalam hubungan pasti ada salah satu pihak yang akan mengalah dan meluruskan masalah tersebut agar tidak bertambah parah dan dapat menghancurkan hubungan.

Tapi jika kamu mulai malas untuk meluruskan masalah saat kamu bertengkar dengannya padahal kamu tahu jika masalah tersebut tidak segera diluruskan maka masalah tersebut akan bertambah besar dan dapat menghancurkan hubunganmu dengannya, bisa jadi itu adalah tanda dimana rasa cintamu padanya mulai memudar. Kamu sudah tidak mau memikirkan perasaannya, apakah dia merasa tersakiti atau tidak akan masalah tersebut. Kamu masa bodo dengan masalah yang kiat berlarut-larut.

Jika itu terjadi maka segeralah mengakhiri hubungan kalian agar dirinya dan dirimu tidak tersakiti jauh lebih dalam. Jangan membiarkan masalah terlalu lama jika memang sudah bosan, maka tidak apa untuk meminta mengakhiri hubungan pertama kali. Meskipun menyakitkan untuknya namun percayalah bahwa perpisahan adalah yang terbaik untuknya dan juga untukmu.

11. Ketika diantara kalian sudah tidak ada yang mau mengalah saat muncul perbedaan

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika diantara kalian sudah tidak ada yang mau mengalah saat muncul perbedaan

photo via : newsd.co

Bagaikan magnet dimana kutub-kutub yang sama jika disatukan akan terpental dan saling menolak, maka seperti itulah yang akan terjadi pada hubungan pacaran jika kalian sama-sama mempertahankan ego masing-masing dan tak ada yang mau mengalah. Jika kalian sama-sama mengedepankan ego masing-masing maka percayalah kalau jika masalah yang terjadi diantara hubungan kalian tidak akan pernah menemui titik terang. Mungkin masalah kecil akan menjadi besar jika diantara kalian sama-sama tidak ada yang mau mengalah.

Jika hal ini terus terjadi maka kamu dan dirinya tak akan pernah cocok, yup bagaikan magnet kalian akan saling terpental dan tak akan pernah bisa bersatu. Jika hubungan yang tak sehat ini mulai kamu rasakan pada hubungan kalian maka perpisahan mungkin adalah jalan terbaik bagi kalian.

12. Ketika kebiasaanya yang dulu selalu sukses menghiburmu berubah menjadi kebiasaan yang membuatmu kesal dan marah

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kebiasaanya yang dulu selalu sukses menghiburmu berubah menjadi kebiasaan yang membuatmu kesal dan marah

photo via : http://www.sakaltimes.com

Mungkin awal-awal pacaran kamu selalu merasa terhibur dengan segala tingkaj polah yang ditunjukkan oleh pasanganmu. Kamu suka saat dirinya bermanja pada dirimu. Kamu juga terhibur saat dirinya melakukan kecerobohan. Pokoknya dimatamu semua yang dia lakukan selalu membuatmu tersenyum dan terhibur.

Tapi jika semuanya berbalik membuat dirimu kesal dan marah, maka tanyakan pada dirimu sendiri apa rasa cintamu padanya mulai memudar? Apakah kamu mulai bosan padanya dan apakah keberadaannya didekatmu kini mengganggu? Jika hal itu terjadi maka jangan menjadi orang egois dengan mempertahankannya. Inilah saat yang tepat untukmu untuk mengakhiri hubungan dengannya. Dengan cara penyampaian yang baik-baik pasti si dia akan menerima keputusanmu walaupun menyakitkan.

13. Ketika kamu mulai cuek saat dirinya dekat dengan cowok/cewek lain

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu mulai cuek saat dirinya dekat dengan cowok cewek lain

photo via : couplestherapyorlando.com

Cemburu menandakan kalau kita mencintai dirinya dan tak ingin dirinya dekat dengan cewek/cowok lain. Dalam hatimu kamu merasa kalau si dia adalah milikmu seorang dan orang lain nggak boleh dekat dengannya. Hal ini adalah wajar karena seperti yang dikatakan tadi, cemburu adalah tanda kalau kita mencintainya. Tapi guys jika kamu sudah tidak lagi memiliki rasa cemburu padahal dirinya terlihat mesra dengan orang lain, mungkin itu adalah tanda awal kamu harus memutuskan dirinya.

Bedakan tidak lagi cemburu versi orang dewasa yang sudah matang dalam menyikapi hal tersebut dengan tidak lagi cemburu karena rasa cinta yang mulai pudar. Jika cintamu mulai pudar maka kamu tidak lagi akan merasakan cemburu saat dirinya terlihat mesra dengan orang lain. Bahkan kamu mulai cuek ketika dia dekat dengan cewek/cowok lain, seakan kamu dan dirinya tidak ada ikatan apapun, mau dia dekat dengan siapapun, kamu masa bodo dan cuek. Jika itu terjadi maka segera akhiri hubunganmu dengannya demi kebaikan kedua belah pihak.

14. Ketika kamu mulai bosan dan malas untuk bertemu dengannya

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu mulai bosan dan malas untuk bertemu dengannya

photo via : encinitas-familylawattorney-temecula.com

Dimana-mana orang yang memiliki kekasih pasti akan bersemangat saat akan menemui kekasihnya. Bahkan saking bersemangatnya, baik cewek maupun cowok pasti akan menghias diri hingga menggunakan busana terbaik mereka. Menghabiskan waktu dengan pacar pasti akan sangat menyenangkan dan akan banyak momen-momen manis yang tercipta. Waktu akan terasa cepat berlalu dan waktu sehari sangatlah kurang untuk dapat menikmati quality time berdua.

Tapi apa jadinya kalau kamu mulai bosan bersama dengannya? Kamu mulai menghindarinya dan mulai malas bertemu dengannya. Setiap kali bersamanya kamu merasa hampa. Ada rasa keterpaksaan untuk berdua bersamanya. Jika itu terjadi maka itu adalah tanda dimana kamu harus memutuskan hubungan dengannya. Pasalnya rasa cintamu padanya sudah mulai menghilang. Lebih baik berpisah daripada menyiksa diri dan juga menyakitinya.

15. Ketika kamu jauh lebih dapat menikmati hidup saat tidak bersama dengannya

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu jauh lebih dapat menikmati hidup saat tidak bersama dengannya

photo via : newideaeveryday.com

Masih berhubungan dengan poin di atas, jika selama ini kamu merasa kalau saat kamu sendirian tanpa kehadirannya kamu lebih merasa senang dan juga dapat menikmati hingga dapat menjadi dirimu sendiri. Kamu juga merasa kalau bersamanya adalah sebuah beban dan sebuah keterpaksaan. Sehingga setiap momen bersamanya tidak bisa kamu nikmati. Jika itu terjadi, maka itu bisa jadi pertanda kalau kamu harus berpisah dengannya. Karena itu tandanya kalau kamu mulai kehilangan rasa padanya. Atau bisa jadi itu adalah tanda kalau kamu tidak benar-benar tulus mencintainya. Jika ini yang terjadi maka perpisahan adalah jalan yang terbaik untuk kalian berdua.

16. Ketika kamu bosan memberikan dirinya kesempatan menjadi lebih baik

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu bosan memberikan dirinya kesempatan menjadi lebih baik

photo via : jion.tokyo

Setiap hubungan pacaran, salah satu dari kalian pasti pernah melakukan kesalahan. Namun setiap kali melakukan kesalahan, pasti ada kesempatan kedua yang diberikan agar salah satu dari kalian bisa berubah menjadi lebih baik. Tapi jika kesalahan terus menerus dilakukan, kamu harus ingat kalau kesempatan ini selalu ada batasnya.

Misalnya saja pasanganmu selalu mengingkari janji atau ketahuan selingkung berulang kali. Jadi jangan ragu untuk tidak memberikannya kesempatan yang kesekian kali. Pasalnya jika seseorang selalu melakukan kesalahan yang sama secara terus-menerus itu artinya kalau orang tersebut tidak benar-benar mau berubah. Dirinya menganggapmu orang yang lemah dimana saat dirayu dengan kata maaf maka dirimu akan dengan mudah memaafkannya dan memberikan kesepatan untuk kesekian kali.

Ingat guys, sama halnya dengan kesabaran, kesempatan juga ada batasnya. Jangan mudah memberikannya kesempatan yang kesekian kalinya untuk kesalahan yang sama. Jika itu terjadi maka jangan ragu untuk mengakhiri hubungan kamu dengannya.

17. Ketika kamu dan dirinya selalu bertengkar bahkan karena masalah sepele

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu dan dirinya selalu bertengkar bahkan karena masalah sepele

photo via : www.lipstiq.com

Mungkin di drama-drama Korea kita sering melihat dimana tokoh utama cewek dan cowok diceritakan selalu bertengkar setiap bertemu namun tetap saja berujung manis. Padahal kenyataannya jika pasangan kekasih selalu bertengkar setiap kali melakukan komunikasi bahkan hanya karena masalah sepele, hal itu bisa menunjukkan kalau diantara pasangan tersebut sudah tidak memiliki kecocokan. Pertengkaran yang selalu terjadi menunjukkan kalau kalian memiliki pola pikir yang berbeda, memiliki prinsip dan tujuan yang berbeda. Jika itu terjadi maka hubungan kalian tak udah dilanjutkan. Perpisahan adalah solusi yang terbaik untuk kalian. Sebab akan percuma juga jika hubungan kalian dipaksakan untuk berlanjut karena kedepannya kemungkinan besar perceraian akan menanti kalian.

18. Ketika kamu mulai merasa terkekang

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika kamu mulai merasa terkekang

photo via : www.pulse.ng

Bila kamu mulai merasa terkekang, dan kebebasanmu mulai direnggut, seperti pergaulan yang dibatasi, tidak boleh melakukan ini dan itu, bahkan lebih parahnya kamu dilarang melakukan hal-hal yang kamu suka karena pasanganmu tidak menyukainya, maka jangan takut untuk meminta agar hubungan kalian berakhir. Pasalnya jika hubungan kamu dengannnya terus dilanjutkan, pastinya akan sia-sia saja. Hal itu hanya akan membuatmu merasa sakit dan terbebani. Lepaskan dia, dan cobalah mencari pasangan yang mau menerimamu apa adanya.

19. Ketika mulai ada kekerasan dalam hubungan

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika mulai ada kekerasan dalam hubungan

photo via : www.dailystar.co.uk

Guys, jangan takut untuk segera memutuskan pacarmu jika dirinya sudah main tangan dalam hubungan kalian. Saat bertengkar seberat apapun masalahnya, kekerasan sangat dilarang apalagi sampai membuat orang terluka, karena hal tersebut sudah termasuk pelanggaran hukum. Jika kamu pernah disiksa, dipukul, dihina, ditekan secara emosional, atau alami semua jenis bentuk penyiksaan yang lain baik secara fisik, emosional, verbal ataupun finansial atau bahkan juga seksual, selekasnya tinggalkan hubunganmu. Jangan pertahankan hubungan yang sudah tidak sehat tersebut karena akan sangat menyiksamau secara lahir dan batin.

20. Ketika hubungan kalian tidak berkembang

Beberapa Tanda Kamu Harus Mutusin Pacarmu - Ketika hubungan kalian tidak berkembang

photo via : lovebondings.com

Kamu mulai jengah dengan hubunganmu yang begitu-begitu saja padahal sudah pacaran terlalu lama?, coba deh tanyakan padanya mau dibawa kemana hubungan kalian. Jika dirinya selalu menghindar saat diajak membicarakan kelanjutan hubungan kalian, apalagi dia selalu menolak untuk bertemu dengan orang tuamu, sehingga hubungan kamu tidak pernah mengalami kemajuan, ada baiknya jika kamu mulai memikirkan untuk meminta putus padanya. Pasalnya jika pasanganmu seakan menghindar untuk membicarakan keseriusan hubungan kalian, apalagi tidak berani datang kerumahmu untuk melamarmu padahal masa pacaran kalian sudah lama, bisa jadi kalau dirinya tidak benar-benar serius menjalin hubungan denganmu. Putus mungkin merupakan solusi yang terbaik buat kamu dan juga dirinya.

Nah, itu dia beberapa tanda dimana kamu harus mengakhiri hubunganmu dengan pasangan guys! Walaupun menyakitkan namun perpisahan bisa menjadi solusi terbaik untuk kalian. Dengan perpisahan kamu dan dirinya tak akan merasa tersakiti akibat hubungan yang sudah tidak sehat. Perpisahan juga menjadi awal dimana kamu harus menemukan seseorang yang lebih baik untuk di jadikan pasangan seumur hidup. Jadi jangan ragu untuk memutuskan pacarmu kalau kamu menemukan tanda-tanda di atas didalam hubungan kalian. Semoga bermanfaat guys!

Baca Juga