Tempat-Tempat di Indonesia yang Digunakan untuk Ritual Meminta Jodoh dan Rejeki



Orang-orang sering bilang jika jodoh itu ditangan Tuhan dan jika jodoh dan rejeki itu memang sudah ada yang mengaturnya. Namun tentu saja nasib orang-orang berbeda-beda. Ada yang merasa serba kekurangan dari lahir hingga kehidupannya saat ini, ada juga yang sulit mendapat jodoh alias jomblo menahun sejak lahir hingga saat ini masih menjomblo atau belum mendapatkan jodoh yang tepat. Jika dilihat dari usaha, mungkin sudah banyak dari orang-orang tersebut melakukan berbagai usaha yang pas dan tepat untuk mendapatka rejeki yang lebih ataupun untuk mendapatkan tambatan hati. Tapi mungkin karena belum waktunya, jadi rejeki dan jodoh itu tidak bisa datang sampai saat ini.

Buat kalian atau mereka yang merasakan hal ini, percaya atau tidak, beberapa orang biasanya pergi ke tempat-tempat tertentu untuk melakukan berbagai ritual untuk bisa memperoleh rejeki dan jodoh. Beberapa tempat ini sebagian besar memiliki mitos-mitos yang mampu memperingan kita untuk bisa mendapatkan rejeki yang melimpah dan juga memudahkan kita untuk mendapatkan jodoh. Percaya atau tidak, kalau kalian memiliki permasalahan yang sama seperti ini, kamu bisa mengunjungi tempat – tempat ini yang bisanya digunakan sebagai tempat ritual untuk meminta jodoh dan rejeki berikut ini.

1. Pohon Bikin Enteng Jodoh di Kebun Raya Bogor

photo via : www.hipwee.com

Tempat kita yang pertama adalah 2 buah pohon yang ada di Kebun Raya Bogor. Kalau kamu jalan-jalan ke tempat ini, mungkin ada baiknya mampir juga ketempat ini, karena di tempat ini terdapat dua buah pohon yang dipercaya bisa membantu memperingan kita untuk mendapatkan jodoh. Pohon ini ada di dekat jembatan gantung dan makam Ratu Galuh yang mana 1 pohon adalah phon meranti yang dianggap sebagai laki-laki dan satu lagi pohon beringin putih yang diibaratkan perempuan. Kedua pohon ini nampak seperti sepasang kekasih. Konon, para pengunjung yang berkenalan dengan lawan jenis di bawah pohon bisa jadian. Sedangkan kalau kamu yang sudah punya pacar duduk berdua di bawah pohon ini, maka hubungan cinta kalian akan jadi lebih awet.

2. Umbul Jumprit, Jawa Tengah

photo via : traveltodayindonesia.com

Tempat selanjutnya adalah Umbul Jumprit yang berlokasi di Jalan Ngadirejo, Purbosari, Temanggung Jawa Tengah. Mata air yang satu ini dikenal sebagai sebuah mata air yang sakral oleh umat Buddha yang berada di sekitar Jawa Tengah. Letaknya yang dekan dengan Candi Borobudur inilah yang membuatnya menjadi tempat yang digunakan untuk upacara Trisuci Waisak oleh umat Buddha. Selain digunakan sebaga sarana upacara, masyarakat juga percaya bahwa dengan membasuh muka menggunakan air yang berasal dari mata air ini akan membuat arng tersebut menjadi enteng jodoh, lepas dari kesialan dan juga mudah untuk mendapatkan rejeki.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Bale Petirtan di Taman Narmada, Lombok

photo via : myeatandtravelstory.wordpress.com

Saat ini, Lombok memang sedang berkembang dengan amat pesatnya dalam hal pariwisata dan salah satu objek wisata yang ada di Lombok ini adalah Tmana Narmada. Taman Narmada sendiri merupakan sebuah peninggalan Hindu jaman dulu. Nah, salah satu tempat di Taman Narmada yang bisa membantumu untuk mendapatkan jodoh adalah Bale Petirtan. Konon air yang ada di Bale Pertitaan yang terletak di sebelah kiri taman ini dipercaya bisa membantu para jomblowan dan jomblowati menjadi enteng jodoh. Selain bisa membuat enteng jodoh, sumber air yang ada di dalam Bale Pertitaan ini juga dipercaya bisa membuat awet muda dan murah rejeki. Kalau kamu ingin merasakan khasiatnya, cukup dengan membasuhkan air ke wajahmu saja.

4. Pemandian Jamala – TN Batimurung, Sulawesi Selatan

photo via : travelingyuk.com

Tempat ini terletak di dalam Taman Nasional Batimurung, Sulawesi Selatan, pemandian yang cukup luas ini dipercaya mampu mendatangkan jodoh. Warga setempat percaya kalau di masa lalu, kawasan ini pernah digunakan sebagai tempat mandi para bidadari sehingga kesaktiannya masih tersisa hingga saat ini. Siapa saja yang ingin mendapatkan jodoh diwajibkan untuk mandi di pemandian ini. Sekilas air yang ada di sini memang tampak keruh. Namun tenang saja, karena sebenarnya air yang ada disini masih sangat alami dan segar untuk mandi atau sekadar cuci muka saja.

5. Mata Air Gunung Putri Bandung

photo via : bantenplus.co.id

Kalau kamu berlibur ke Bandung, ada baiknya mengunjungi gunung Putri. Selain keindahan alamnya, buat kamu para jomblo, tempat ini amat tepat untukmu karena mata air yang ada di gua Gunung Putri ini dipercaya mampu membuatmu jadi enteng jodoh. Menurut mitos yang beredar, para jomblowan dan jomblowati yang meminum air yang keluar dari mata air Gua Gunung Putri ini dipercaya akan dimudahkan untuk mendapatkan jodoh yang diinginkan. Mata air ini amat bersih dan juga bening. Tapi kalau kamu ragu untuk meminum air dari mata air ini, kamu cukup membasuh muka saja.

6. Air terjun sekar langit, Jawa Tengah

photo via : tribunnews.com

Tempat kita selanjutnya adalah Air Terjun Sekar Langit yang ada di jawa Tengah. Tempat yang satu ini dipercaya sebagai tempat yang membantu kita untuk mendapat jodoh lebih mudah. Air terjun yang satu ini, merupakan air terjun yang dipercaya oleh warga sekitar sebgai tempat para bidadari mandi, yang salah satu dari bidadari tersebut adalah Nawangwulan yang akhirnya tidak bisa kembali ke kahyangan karena selendang milinya disembunyikan oleh Jaka Tarub. Menurut mitos yang beredar, air terjun ini mampu membuat para pengunjungnya terlihat semakin cantik, awet muda, enteng jodoh dan bahkan sembuh dari berbagai macam penyakit. Namun tidak seperti tempat lainnya yang cukup dengan minum, mandi ataupun mencucuk wajah saja, untuk mendapatkan jodoh, ada sebuah ritual yang harus dilakukan pada malam jumat atau malam Selasa Kliwon dengan jalan bermeditasi ke arah timur laut dari tempat ini sembari membakar dupa ataupun kemenyan.

7. Sumur di Keraton Kespuhan, Cirebon

photo via : travel.detik.com

Saat kamu berkunjung ke Cirebon, ada baiknya kamu mampir ke Keraton Kesepuhan yang mana di tempat ini terdapat sebuah sumur sakti yang bisa membantumu untuk mendapatkan jodoh. Sumur sakti yang satu ini terdapat di belakang keraton Kasepuhan Cirebon yang telah berusia ratusan tahun lamanya. Meskipun sudah lama, namun sumur sakti ini tidak berlumut dan airnyapun tidak pernah kering dan tidak pernah meluap saat musim hujan. Menurut mitos yang beredar, untuk mendapatkan khasiat enteng jodoh dari air sumur ini, airnya tidak boleh dimasak dan caranyapun cukup mudah, yakni cukup dengan jalan membasuh wajah kita dengan menggunakan air sumur ini. Atau jika ingin hasil yang lebih mantap, kalian juga bisa mandi langsung dengan menggunakan air sumur ini.

8. Mata air Molii Sahatu Wakatobi

photo via : ask.fm

Kalau kamu berkunjung ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, jangan lupa datang ke Pantai Moli Sahatu. Karena pantai yang satu ini memiliki keunikan berupa mata air tawar, meskipun berada di pinggir laut yang asin. Terlihat aneh memang, namun selain keunikan tersebut, mata air yang mengalir dari sela – sela batu dan pasir tersebut bila diminum atau diusap ke wajah, berkhasiat bisa membuat awet muda dan enteng jodoh. Itulah sebabnya, pemandu yang mendampingi wisatawan ketika mengunjungi lokasi tersebut, menyarankan untuk mengusapkan air ke wajah.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

9. Makam Eyang Qobul

photo via : warisdjati.blogspot.com

Tempat yang satu ini bisa dibilang sudah amat terkenal kusunya untuk orang-orang di Jawa Barat sebagai tempat untuk mencari pesugihan kekayaan. Makam keramat yang ada di Gunung Patoha Jawa barat ini memang setiap harinya ramai untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik dari Jawa Barat maupun luar kota. Orang-orang yang datang kesini bukan hanya untuk berziarah saja, namun juga untuk mencari pesugihan. Biasanya orang-orang yang mencari pesugihan melakukan ritual-ritual tertentu untuk diberikan berbagai kemudahan dalam mencari harta benda dan kekayaan yang melimpah. Mengenai kemnjuran dari pesugihan ini, konon katanya sih sudah banyak orang yang membuktikan keampuhan dari tempat ini dalam mendatangkan rejeki.

10. Alas Purwo

photo via : matajatim.com

Alas Purwo adalah sebuah taman nasional berupa hutan yang ditumbuhi berbagai pohon-pohon besar. Tentu saja nama dari Alas Purwo ini sendiri pastinya sudah tak asing lagi kalian dengar. Apalagi kemistisan yang dimiliki oleh tempat yang satu ini, tentu saja sudah tidak dapat diragukan lagi. Nah karena suasan mistis yang dimiliki oleh tempat ini lah yang membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang biasanya digunakan untuk mencari pesugihan. Di dalam Alas Purwo ini, terdapat banyak gua-gua yang mana seing kali tercium bau kemenyan ataupun dupa pada malam-malam tertentu yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sednag melakukan ritual pesugihan.

11. Gunung Kawi

photo via : www.suaramerdeka.com

Sebelumnya, Gunung Kawi yang dimaksud disini adalah Gunung yang ada di desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Konon katanya, pesugihan yang dilakukan ditempat ini amatlah manjur namun dengan timbal balik yang amat besar pula bagi orang yang melakukannya. Adapun untuk proses pesugihannya adalah dengan cara melakukan tapa brata pada hari baik yang biasanya yang dilakukan pada hari Jumat Legi dan tanggal 12 setiap bulan Suro. Sebelum melakukan tapa brata, para peziarah diwajibkan untuk melakukan mandi suci yang dipimpin langsung oleh seorang juru kunci dan harus melakukan perjanjian kontrak mati dengan penguasa gaib dari Gunung Kawi. Kontrak mati yang dimaksudkan disni adalah mereka harus bersedia memberikan tumbal nyawa pada sang penguasa setiap tahunnya untuk melanggengkan kekayaannya. Setelah mandi suci, selanjutnya mereka harus bersila diatas selembar daun pisang. Selama melakukan tapa, para pencari pesugihan tidak diperkenankan untuk makan, minum dan tidur selama tiga hari. Selain itu, mereka juga tidak diperbolehkan untuk buang air besar ataupun buang air kecil keculai mengeluarkannya diatas daun pisang ditempatnya duduk. Tapa mereka akan selesai saat ada selembar daun dari pohon Dewandaru yang gugur sendirinya.

12. Ngujang, Tulungagung Jawa Timur

photo via : www.majalahparanormal.com

Pesugihan yang satu ini juga tidak kalah aneh dan juga seram. Para pencari kekayaan ini diharuskan untuk melakukan sebuah ritual yang disebut Ritual Pesugihan Monyet. Adapun tata cara Ritual Pesugihan Monyet ini mengharuskan si pencari pesugihan Monyet ini harus selalu menyediakan tumbal nyawa kepada mahluk gaib yang menguasa makam Ngujang sampai pe pencari pesugihan ini meninggl dunia. Saat menjalani ritual pesugihan tersebut, sang pemuja akan mendapatkan seekor monyet yang nantinya akan menjadi peliharaan. Konon katanya, monyet ini diyakini bisa membantu sang pemuja untuk mendapatkan harta kekayaan.

13. Jimbung Klaten Jawa Tengah

photo via : mahgribifebrianzah.blogspot.com

Di Jawa Tengah, tepatnya di desa Jimbung, kabupaten klaten ada sebuah sendang yang diyakini sebagai tempat tinggal 2 siluman kura-kura. Dulunya 2 kura-kura ini adalah 2 manusia laki-laki dan perempuan yang bernama Kyai Poleng dan Nyai Poleng. Masyarakat meyakini bahwa keduanya bisa mengabulkan setiap keinginan para pengunjungnya. Khususnya dalam hal kekayaan. Namun, tidak main-main imbalan yang dimintanya. Tubuh orang yang meminta kekayaan padanya akan muncul bercak putih. Perlahan-lahan akan melebar dan jika sudah memutih di sekujur tubuhnya, maka orang tersebut akan segera meninggal dunia.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

14. Gunung Selok Cilacap

photo via : kepatihan80.blogspot.com

Gunung Selok di Cilacap merupakan wisata yang nyaman mengasyikkan dan unik karena lokasi ini menyajikan perpaduan keindahan alam berupa hutan bukit goa-goa alam Benteng peninggalan Jepang yang konon ada 25 benteng dan pantai laut selatan. Wisatawan yang datang berkunjung biasanya mempunyai minat berziarah atau ingin bersemedi di petilasan atau makam atau di goa-goa yang ada. Petilasan yang banyak dikunjungi dan dianggap keramat adalah Padepokan Jambe Lima dan Padepokan Jambe Pitu. Goa yang ada di sana setiap hari dikunjungi wisatawan untuk berziarah dengan tujuan yang beraneka ragam ada yang menginginkan pangkat, kemuliaan, kesehatan, ingin punya jodoh, usahanya lancar dan sebagainya.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >