Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Jika Berlibur Kesini

    Traveling

Jogja adalah destinasi wisata yang sangat mempesona. Buktinya, kota ini selalu ramai dikunjungi para pelancong dari luar kota, terutama pada masa-masa liburan. Ada banyak magnet yang menjadi daya tarik Kota Jogja. Tempat wisata, kuliner, budaya dan kesenian, serta arsitektur bangunan yang ada di Jogja bisa membuat para pengunjung semakin jatuh cinta. Jika kamu berencana liburan tak ada salahnya kamu megunjungi tempat-tempat wisata di Jogja seperti berikut ini :

1. Malioboro

Photo via : backpackerjakarta.com

Siapa yang tak kenal jalan yang satu ini. Jalan yang sudah terkenal diantara para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kalo datang ke Jogja ya harus datang ke Malioboro. Malioboro adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang merupakan favorit para wisatawan. Bahkan, hampir semua orang yang pernah berkunjung ke kota ini pasti pernah menyambangi Malioboro. Tempat ini merupakan sebuah kawasan yang menawarkan beragam daya tarik. Pengunjung bisa berbelanja batik, duduk santai di bangku-bangku yang tersedia di trotoar, atau memanjakan lidah dengan berwisata kuliner.

 

2. Keraton Yogyakarta

Photo via : www.indonesiakaya.com

Keraton Yogyakarta merupakan Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan masih menjadi hunian keluarga kerajaan hingga saat ini. Keraton bisa digolongkan sebagai salah satu situs sejarah yang menyimpan banyak kisah dari masa lampau.

Lokasi : Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 09.00 WIB – 14.00 WIB.  Khusus hari Jumat kraton tutup pukul 11.00 WIB.
HTM :
Tepas Keprajuritan Rp.3.000,-
Tepas Pariwisata Rp.5.000,-
Ijin membawa kamera/video Rp.1.000,-
Tiket masuk bagian dalam Keraton melalui Keben Rp.7.000,-

 

3. Ayunan Langit Watu Jaran

Photo via : explorewisata.com

Sebuah ayunan di bibir tebing dengan ketinggian 800 meter. Sensasi berayun-ayun diketinggian akan memberikan sensasi tersendiri bagi kita tentunya. Namun, dengan berayun-ayun di ayunan tersebut kita akan bisa leluasa menikmati keindahan Perbukitan Menoreh yang selalu asri dengan pemdangan hijaunya. Jika kalian datang kesini maka tak perlu merasa ragu. Hal ini karena pengelola tempat ini sendiri sangat memperhatikan keamanan dari pengunjung. Saat bermain ayunan maka kita akan tetap dibelaki dengan tali pengaman untuk mengindari hal yang tak di inginkan.

Lokasi : Sabrangkidul, RT.10/RW.05, Purwosari, Girimulyo, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 08.00 – 17.00

 

4. Taman Sari

Photo via : http://piknikasik.com

Taman sari sendiri merupakan salah satu tempat sejarah peninggalan jaman dahulu yang ada di Yogyakarta, tempat tersebut pernah menjadi saksi masa kejayaan Keraton Yogyakarta dalam sejarahnya, karena peninggalan sejarah inilah tempat ini bangunannya mirip dengan keraton nan megah di jamannya. Walaupun ada banyak tempat wisata modern yang ada di jogjakarta namun taman sari menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi baik itu oleh wisatawan sekitar atau dari kota lain karena mereka ingin lebih tahu dan melihat sendiri tempat yang banyak memiliki cerita sejarah tersebut.

Lokasi : Jl. Nogosari No.6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka : 09.00 – 15.00
HTM :
Tiket Masuk Rp 5.000 (Lokal), Rp 12.000 (Mancanegara)
Tiket Kamera Rp 2.000

 

5. Taman Pintar

Photo via : http://www.wisatayogyakarta.biz

Taman Pintar merupakan tempat liburan di Jogja yang tepat bagi anak-anak dan keluarga. Selain berlibur, berkunjung ke Taman Pintar akan menambah wawasan si kecil. Berbagai wahana yang tersedia di dalamnya, seperti wahana teater 3D dan wahana bahari, akan mengajak anak untuk belajar sekaligus bermain.

Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No. 1–3 Yogyakarta
Jam Buka : 09.00 – 16.00
HTM : Rp. 12.000 (anak), Rp. 20.000 (dewasa)

 

6. Jurang Tembelan Kanigoro

Photo via : ksmtour.com

Jurang Tembelan Kanigoro merupakan salah satu tempat wisata di daerah Bantul. Tempat ini cukup terkenal untuk menikmati pemandangan sunset yang menawan dan merupakan salah satu tempat yang menawarkan keindahan sunset di Kota Jogja. Selain itu tempat ini juga terkenal sebagai negara di atas awan, karena tempat ini berada di ketinggian yang menyebabkan kita bisa menikmati awan-awan putih yang berada di anatara perbukitan.

Lokasi : Mangunan, Dlingo, Bantul – Yogyakarta
Jam Buka : Buka 24 jam
HTM : Gratis

 

7. Pantai Parangtritis

Photo via : phinemo.com

Pada umumnya, daya tarik objek wisata pantai terletak pada pasir putihnya yang membentang. Namun, pasir dari Pantai Parangtritis ini justru berwarna hitam. Meskipun demikian, pilihan aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di tempat wisata di Jogja ini cukup banyak dan beragam. Beberapa di antaranya adalah bermain air, mengendarai ATV (All Terrain Vehicle), menyusuri pesisir pantai dengan naik bendi, atau sekedar duduk bersantai menikmati pemandangan indah di sore hari.

Lokasi : Jl. Parangtritis Km. 28 Parangtritis Yogyakarta
Jam Buka : 24 jam
HTM : –

 

8. Gumuk Pasir Parangkusumo

Photo via : http://www.dakatour.com

Jika kamu ingin merasakan sensasi seperti di padang pasir datang saja ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Disini kamu bisa menikmati suasana padang pasir yang gersang namun memikat. Tempat seperti ini sangat jarang ditemui, setidaknya gumuk pasir ini menjadi salah satu kebanggaan bagi Jogja.

Lokasi : Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Bantul – Yogyakarta
Jam Buka : 24 jam
HTM : Rp. 3.000

 

9. Kebun Binatang Gembira Loka

Photo via : http://www.pakettourjogja.com

Disini kamu bisa melihat beraneka satwa mulai dari gajah, ular, monyet hingga burung. Selain itu disni kamu juga bisa memberi makan binatang-binatang ini dan kamu juga bisa berfoto secara langsung dengan satwa-satwa disini.

Lokasi : Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede – Yogyakarta
Jam Buka : 07.30 – 17.00
HTM : Rp. 30.000

 

10. Desa Wisata Kalibiru

Photo via : http://www.idtempatwisata.com

Tempat wisata ini sedang fenomenal di kalangan anak muda belakangan ini. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah. Disini pengunjung bisa berpose di atas sebuah pohon pinus yang tinggi.

Lokasi : Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Kulonprogo – Yogyakarta
Jam Buka : 06.00 – 17.00
HTM : Rp. 10.000

 

11. Alun-Alun Kidul

Photo via : http://www.pakettourjogja.com

Di tempat ini terkenal sebuah tradisi setempat yang disebut “masangin”. Ini adalah prosesi berjalan lurus melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup. Biasanya, para pengunjung yang mencoba prosesi ini tidak banyak yang berhasil dan justru melenceng ke kiri atau ke kanan. Menjelang sore keramainan akan mulai terlihat seperti ada sepeda tandem dan becak hias memadati jalanan yang melingkari alun-alun kidul.

Lokasi : Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton – Yogyakarta,
Jam Buka : 24 jam
HTM : –

 

12. Candi Ijo

Photo via : spadepicnic.wordpress.com

Candi Ijo adalah candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta yang menyuguhkan pesona alam dan budaya serta pesawat yang tengah landing. Candi inilah yang membuat landasan Bandara Adisutjipto tak bisa diperpanjang ke arah timur.

Lokasi : Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman – Yogyakarta
Jam Buka : 07.30 – 16.00
HTM : Gratis

 

13. Taman Tebing Breksi

Photo via : http://www.joglowisata.com

Tempat wisata ini cocok buat kamu yang suka petualangan, karena di tempat ini terdapat wahana seperti panjat tebing, sepeda gunung. Dari atas puncak tebing kamu bisa melihat keindahan Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan dan Gunung Merapi.

Lokasi : Sambirejo, Prambanan Kabupaten Sleman – Yogyakarta
Jam Buka : 06.00 – 21.00
HTM : Gratis

 

14. Bukit Bintang

Photo via : http://www.dakatour.com

Bukit Bintang merupakan salah satu lokasi nongkrong favorit di Yogyakarta. Terletak di perbatasan Bantul dan Gunungkidul, siapa pun yang berkunjung ke kawasan ini dapat menikmati taburan gemintang di langit malam serta kerlip benderang lampu kota dari ketinggian.

Lokasi : Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 24 jam
HTM : –

 

15. Taman Pelangi

Photo via : petualangwisata.files.wordpress.com

Taman pelangi merupakan tempat wisata yang menampilkan warna-warni lampu lampion, sehingga terlihat seperti pelangi. Tempat ini cocok dikunjungi pada saat malam hari.

Lokasi : Jl Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sariharjo Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 17.00 – 23.00
HTM :
Weekday : Rp. 10.000
Weekend : Rp. 15.000

 

16. Gua Pindul

Photo via : http://paketwisatajogja75.com

Gua Pindul adalah salah satu kawasan wisata di Gunungkidul yang menawarkan keunikan tersendiri. Gua ini memiliki panjang 300 meter dan terdapat stalaktit yang sangat besar di dalamnya.

Lokasi : Gelaran 1 RT. 5, Bejiharjo, Karangmojo, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 07.00 – 16.30
HTM : Rp. 30.000

 

17. Gunung Api Purba Nglanggeran

Photo via : www.pegipegi.com

Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Menurut penelitian gunung ini adalah gunung purba yang terbentuk karena magma yang membeku sekitar 60 juta tahun yang lalu. Tempat ini bisa dijadikan untuk berkemah, panjat tebing atau sekedar menikmati alam.

Lokasi : Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 24 jam
HTM : Rp. 7.000 (Pagi), Rp. 9.000 (Malam)

 

18. Candi Prambanan

Photo via : http://blog.reservasi.com

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Lokasi : Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 06.00 WIB – 17.00 WIB
HTM : Rp. 30.000 (dewasa), Rp. 12.500 (anak), USD $18 (asing)

 

19. Hutan Pinus Mangunan

Photo via : explorewisata.com

Seperti namanya, di hutan pinus mangunan ini terdapat deretan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi hingga menutupi seluruh kawasan. Disini terdapat sebuah panggung terbuka yang materialnya secara keseluruhan terbuat dari kayu. Dipanggung ini sering diadakan acara sastra, teater dan pertunjukan musik.

Lokasi : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 24 jam
HTM : Gratis

 

20. Puncak Becici

Photo via : aishasnews.files.wordpress.com

Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman petualangan yang berbeda. Dari atas puncak becici ini terlihat pemandangan alam yang sangat menakjubkan seperti petak-petak sawah, gunung merapi dan sindoro dan tak lupa langit biru yang menghiasi.

Lokasi : Gunung cilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo Bantul – Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 05.30 – 19.00
HTM : –

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >