Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

1 bulan, by blogunik

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

Siapa sih yang nggak jengkel punya pacar cuek dan tidak peka? Secara setiap orang didunia ini berharap memiliki sosok pacar yang perhatian dan romantis. Namun kenyataannya nggak semanis yang kita harapkan. Pasalnya, sosok pacar yang kita cintai justru bersikap cuek, dan jauh dari yang namanya perhatian apalagi romantis. Hal ini tentu sangat menjengkelkan dan tentu saja membuat kita menjadi khawatir. Karena biar bagaimanapun, memiliki pacar cuek berarti komunikasi dalam hubungan berisiko terhambat. Agar itu tidak terjadi, kamu perlu tahu cara menghadapi pacar cuek.

Namun penting untuk diingat, pacar cuek itu belum tentu dia tidak menyayangi dan mencintai kamu. Bisa jadi sikap cuek itu memang pembawaannya, atau dia memang masih belajar menyesuaikan gaya komunikasinya dengan kamu. Setiap orang punya cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa perhatian dan sayangnya bukan? Untuk itu, kamu sebagai pasangannya perlu mengarahkan dia untuk berkomunikasi sesuai dengan yang kamu inginkan, bukannya ngambek, marah-marah atau langsung menuduh pasangan tidak peka.

Lantas, bagaimana cara menghadapi pasangan yang cuek? Apakah harus dengan marah-marah? Atau lebih baik meminta putus? Eits, tunggu dulu guys! Jangan buru-buru mengambil keputusan sepihak yang mungkin saja akan membuat kamu menyesal dikemudian hari. Untuk itu, berikut beberapa tips ampuh dalam menghadapi pasangan yang cuek yang bisa kamu coba untuk mengambil hati pasangan kamu yang cuek. Let’s check it out guys!

1. Cari tahu penyebab dia bersikap cuek

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via thelist.com

Untuk menghadapi pacar cuek, tentu saja hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu penyebab dia bersikap cuek. Apa karena dia tidak sungguh-sungguh mencintai kamu? Atau memang karena sifat bawaan memang sudah begitu? Selidiki hal ini dulu. Jika dia bersikap cuek karena udah bosan dengan kamu atau mungkin sudah nggak cinta, ya sebaiknya kamu jangan memaksakan perasaannya. Namun bila itu pembawaan dia dari lahir, dalam artian karakternya memang cuek, dan tidak romantis, maka kamu harus menerimanya. Pacar seperti ini biasanya tsundere, cuek diluar namun aslinya sangat perhatian. Yang terpenting dia baik, jujur, dan setia.

2. Hadapi dengan santai, gak terlalu serius dan bangun hubungan menyenangkan

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via freepik.com

Langkah berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengambil hati pacar cuek adalah dengan membangun hubungan yang menyenangkan dengannya. Sebagian orang cuek itu akan sulit menjalin hubungan yang serius. Mereka lebih suka menjalani hidupnya secara santai, tanpa diatur-atur berlebihan. Maka dari itu, kamu sebagai pasangan harus memahami hal itu. Jangan terlalu menuntutnya agar bersikap lebih serius dan lebih perhatian. Lebih baik kamu membangun hubungan yang menyenangkan dengan cara lebih sering bercanda agar hubungan tidak membosankan. Intinya dibawa santai. Jika pacar kamu yang cuek itu serius dengan hubungannya denganmu, maka percayalah akan ada waktunya pacar kamu yang cuek itu bersikap serius untuk membawa hubungan kalian ke jenjang yang lebih berkomitmen.

3. Jangan selalu komplain dengan sikapnya yang cuek

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via coloradomarriageretreats.com

Kebanyakan orang yang memiliki pasangan cuek, pasti selalu komplain dengan pasangannya dengan mengatakan “kamu kok cuek banget sih?” Sebaiknya, jangan sampai kata-kata tersebut keluar dari mulut kamu. Sebagai gantinya, gambarkan perasaan kamu yang sesungguhnya dengan mengatakan “Aku sedih kalau kamu diam aja waktu aku ngomong sama kamu,” atau “Sayang, kalau kamu lebih perhatian lagi, aku pasti seneng banget, deh.”

Intinya ini adalah masalah komunikasi. Kamu perlu memperbaiki cara bicara kamu yang awalnya langsung menuduh dan terkesan menyalahkan menjadi lebih soft dan tidak menyalahkan. Fokuslah pada apa yang kamu rasakan dan sampaikan padanya tanpa kesan menyalahkan satu pihak.

4. Tatap mata pacar sepanjang kalian mengobrol

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via tampilcantik.com

Tips ampuh untuk menghadapi pasangan yang cuek berikutnya adalah dengan menatap matanya sepanjang kalian mengobrol. Meningkatkan kontak mata saat berinteraksi dapat dikaitkan dengan kredibilitas seseorang. Jadi, kalau kamu sedang kesal karena pacar terlalu dingin atau cuek saat ngobrol denganmu, tatap matanya saja. Keintiman dan kejujuran yang terbentuk dari kontak mata selama berinteraksi dapat membantu meringankan kecuekan pacar.

5. Saat quality time sama pasangan, jauhkan smartphone ataupun alat elektronik lainnya

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via idiva.com

Selain meningkatkan kontak mata, saat mengobrol berdua ataupun saat quality time berdua dengan pasangan ada baiknya menjauhkan smartphone ataupun alat elektronik lainnya. Cobalah ciptakan waktu berdua setidaknya 1-2 jam untuk mengobrol lebih intens dan berinteraksi dengan pacar kamu. Mungkin saja akan tercipta suasana canggung, namun untuk menghindarinya kamu bisa mengajak pasangan kamu untuk melakukan kegiatan menyenangkan seperti memasak berdua sambil mengobrol, olahraga bareng dll. Tanpa adanya ponsel didekat kalian, tentu waktu berdua akan menjadi lebih berkualitas.

6. Jika dia pasif, maka kamu harus lebih aktif

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via herway.net

Cara ampuh dalam menghadapi pacar cuek juga bisa dengan bertindak aktif. Jangan membalas sikap cuek pacar dengan kecuekan pula. Apabila kalian berdua sama-sama cuek, maka hubungan tidak akan bisa berjalan baik. Apabila dia tidak nelpon, maka jangan malu untuk menelpon duluan. Sesekali buatlah sesuatu yang romantis untuk meluluhkan hatinya. Dan yang terpenting, jangan menjadi pendiam. Dengan kamu terus-menerus memberikan kehangatan, maka itu bisa menjadi jurus untuk melelehkan hatinya yang beku.

7. Sesekali minta dia berubah jadi lebih perhatian dan romantis, boleh kok! Tapi jangan terlalu memaksa ya!

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via sheknows.com

Meminta pacar untuk mengubah sifatnya agar tidak terlalu cuek dan berharap bisa menjadi lebih perhatian dan romantis, itu nggak apa-apa lho. Malahan itu bagus. Setidaknya kamu tidak memendam rasa itu sendirian dan siapa tahu setelah didiskusikan, dia bisa mengerti letak kekurangannya dalam hubungan yang sedang kalian jalani.

Tapi, untuk mengatakan semua itu, janganlah terlalu menggebu-gebu. Jangan memaksa dan menuntut! Bagaimanapun mengubah karakter itu bukanlah hal mudah. Sebaliknya, butuh proses yang nggak sebentar. Jadi kamu harus bersabar, sembari terus memberikan motivasi agar dia bisa berubah jadi lebih baik.

8. Coba liat pasangan dari sisi baik lainnya, jangan melihat dari sisi negatifnya saja

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via herway.net

Biarpun pacar kamu cuek dan tidak romantis, bukan berarti dia tidak memiliki kelebihan lainnya. Dengan kata lain, jangan hanya melihat pacar dari segi negatifnya aja. Coba cari sisi baiknya. Apakah dia setia, bertanggung jawab, dan jujur? Jika iya, maka ketiga poin tersebut sudah bisa menjadi poin plus. Selain itu, kamu juga harus besyukur punya pacar cuek. Pasalnya kebanyakan orang cuek itu nggak gampang tergoda dengan rayuan pria atau wanita lain. Dia enggak genit. Jadi dijamin enggak bakal bikin kamu cemburu.

9. Jangan coba bandingkan pacar kamu dengan pacar orang lain

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via istockphoto.com

Setiap orang memiliki sisi positif dan negatif dalam dirinya. Kamu harus paham bahwa sejatinya di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, termasuk pacarmu. Setiap orang dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berhentilah dalam membandingkan pacarmu dengan orang lain yang menurutmu lebih sempurna darinya. Mungkin pacarmu memang bukan orang yang romantis dan perhatian di matamu, namun bukan berarti kamu bisa meremehkan cinta yang dia miliki untukmu. Jika kamu kerap membandingkan pacarmu dengan orang lain, kamu hanya akan menambah masalah dalam hubungan yang saat ini sedang kamu jalani.

10. Coba sesekali menghilang dari kehidupannya, tapi jangan lama-lama

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via herway.net

Cara lain untuk menghadapi pacar cuek adalah dengan sesekali menghilang dari kehidupannya. Coba uji cintanya dengan menghilang sesaat. Ingat! Hanya sebentar! Cobalah selama 2-3 hari nggak memberikan kabar. Cari tau reaksinya! Apakah dia akan rindu dengan kamu? Sehingga dia akan menghubungimu duluan. Ataukah dia tetap cuek-cuek saja? Jika dia tetap cuek, bisa jadi kecuekannya tanda kalau dia memang sedang bosan dengan hubungan yang sedang kalian jalani.

11. Cari kesibukkan lain untuk mengalihkan pikiran

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via cedarcreekcabinrentals.com

Tak bisa dipungkiri, memiliki pacar cuek kerapkali membuat diri merasa kesepian. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa mencari kesibukkan lain untuk mengalihkan pikiran dari pacar kamu yang cuek. Kamu bisa berkumpul dengan teman-teman ataupun keluargamu, melakukan hobi atau melakukan apapun yang kamu inginkan yang selama ini belum sempat kamu lakukan saat bersama pacar. Setidaknya dengan begitu, kamu bisa melupakan dia walau hanya sesaat. Kamu juga bisa tersenyum dan tertawa kembali dan melupakan kecuekan pacar yang membuat jengkel.

12. Terima apa adanya atau tinggalkan

Tips Ampuh Menghadapi Pasangan Yang Cuek

photo via defeatingdivorce.com

Satu lagi tips ampuh dalam menghadapi pasangan yang cuek adalah dengan mengambil keputusan yang tegas. Untuk menghadapi pacar cuek, kamu harus bisa mengambil keputusan yang tegas. Apabila kamu memang merasa sanggup bertahan dengan sikap cuek pacar, maka pertahankan hubungan kalian.

Cobalah menerima dia apa adanya. Jangan menuntut berlebihan. Sebaliknya, kamu harus bisa memaklumi dan saling melengkapi. Selagi dia masih punya sisi kebaikan lainnya, maka dia masih pantas untuk dipertahankan. Namun apabila kamu merasa ragu dan tak sanggup dengan sikapnya yang cuek dan tidak perhatian, maka sebaiknya akhiri hubungan kalian sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan. Pikirkan semua itu dengan matang-matang. Jangan sampai, nantinya pernikahan kamu hancur hanya karena pasangan cuek.

Nah itulah beberapa tips ampuh dalam menghadapi pasangan yang cuek. Bagaimana menurut kalian guys? Teorinya memang gampang tapi saat kalian mempraktekkannya mungkin akan menjadi lebih sulit. Jadi persiapkan diri kamu untuk mengambil hati pasangan kamu yang cuek ya!

Artikel Terkait