Tips Dan Cara Yang Mudah Untuk Merawat Area Sekitar Mata Agar Selalu Terlihat Fresh

11 bulan lalu, by blogunik

Tips dan cara yang mudah merawat area sekitar mata

Kata pepatah sih, “dari mata turun ke hati”, tapi kalau mata lagi lecek dan kelihatan kusut, jangan-jangan yang di hati juga ikutan lecek dan kusut? Banyak wanita memang memiliki masalah kecantikan di area mata. Karena salah perawatan, kulit disekitar mata menjadi berkerut dan menghitam, dan hal tersebut membuat kita terlihat lebih tua daripada usia seharusnya.

Tentunya hal ini menjadi masalah yang penting bagi wanita yang notabenenya menganggap penampilan adalah nomor 1. Tapi kalian gak usah khawatir guys, sebab ada banyak cara yang mudah buat kalian coba untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan bermacam-macam masalah yang mengganggu di area sekitar mata kamu. Dari kerutan, kantung mata hingga lingkaran hitam, semua bisa diatasi dengan cara mudah agar daerah sekitar mata terlihat segar kembali. Nah berikut beberapa tips dan cara yang mudah untuk merawat area sekitar mata agar terlihat selalu segar yang telah Blog Unik rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatur pola makan dan minum

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Mengatur pola makan dan minum

photo via : www.sendo.vn

Guys ternyata yang menyebabkan adanya lingkaran hitam dan kerutan disekitar area mata bukan karena sering begadang dan faktor penuaan dini lho. Karena hal tersebut juga ternyata bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk. Kurangnya cairan bisa membuat kulit lebih kering dan rapuh, hal ini berpengaruh terhadap kulit di sekitar mata. Dimana kulit di sekitar mata dapat menjadi kendur. Jadi usahakanlah paling tidak minum 2 liter air sehari.

Batasi konsumsi garam, minuman berkafein, dan alkohol. Garam bisa mengakibatkan pembuluh darah di sekitar mata bengkak jika dikonsumsi dalam jumlah besar, sementara alkohol dan kafein akan mengakibatkan warna gelap di sekitar mata.

2. Jangan mengucek mata

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Jangan mengucek mata

photo via : http://www.wisegeek.net/

Kadang kalau kita kelilipan maka dengan otomatis tangan akan segera mengucek mata. Tapi mulai sekarang kalian harus hindari atau bahkan jangan sampai mengucek mata walaupun mata dalam kondisi apapun. Sebab kulit disekitar area mata sangat tipis dan cenderung sensitif, jadi kalian harus hatihati dalam memperlakukannya. Selain itu hindari penggunaan produk pembersih make up yang mengandung alkohol untuk membersihkan area sekitar mata. Sebab hal itu akan berdampak negatif bagi kulit kalian sendiri.

3. Gunakan krim mata lebih awal

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Gunakan krim mata lebih awal

photo via : thevivaluxury.com/

Penggunaan krim mata tetap tidak boleh dilupakan lho guys! Namun kalian harus perhatikan kandungan yang terdapat pada krim malam yang akan kamu pakai. Pilihlah krim mata yang mengandung Haloxyl, peptida, asam nikotinat, kafein, ceramides, retinol dan pelembap. Daftar kandungan tersebut mampu mencegah keriput, perubahan warna, garis-garis halus dan serta kulit sekitar mata yang bengkak. Krim yang mengandung hyaluronic acid juga penting untuk menjaga kelembapan kulit di sekitar mata.

Kamu juga harus memperhatikan kapan waktu yang tepat buat kamu untuk mengolesi krim mata tersebut di sekitar area mata kamu. Jangan gunakan krim mata sesaat sebelum tidur. Sebaiknya kamu menggunakannya sejam sebelum kamu tidur. Mata yang berkesan bengkak, kerap terjadi akibat mengoleskan krim mata dan langsung tidur.

4. Kenakan tabir surya

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Kenakan tabir surya

photo via : www.thecrystalsecret.com

Sinar matahari yang terlalu terik, atau sinar Ultra Violet bisa memberikan dampak negatif bagi kulit khususnya pada kulit sekitar mata yang cenderung sensitif. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30. Oleskan sedikit tabir surya dengan hati-hati di sekitar rongga mata, sebaiknya tetap hindari area kelopak mata. Aplikasikan tabir surya pada area sekitar mata dengan menepuk secara lembut dan jangan menggosoknya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

5. Lakukan pemijatan secara halus dan bergati-hati

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Lakukan pemijatan secara halus dan bergati-hati

photo via : global.ahava.com

Area kulit mata yang tipis membutuhkan sentuhan yang lembut pula Saat mengoleskan krim, serum atau saat membersihkan make up mata dengan eye makeup remover jangan lupa lakukan sedikit pemijatan di sekitar mata. Jangan sesekali menggosok, mengusap atau memijit terlalu keras. Hal ini bisa melukai pembuluh darah terkecil di bawahnya dan membentuk bekas luka kehitaman tanpa disadari. Pemijatan haluas secara rutin ternyata efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di daerah sekitar mata seperti lingkaran hitam, bengkak, dan garis kerutan.

6. Pakai kaca mata hitam

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Pakai kaca mata hitam

photo via : http://cassidyoptical.com

Bukan hanya digunakan untuk keren-kerenan, kaca mata hitam juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Jika sedang berada di luar ruangan pada siang hari dan terkena paparan sinar ultraviolet matahari yang merusak, selalu gunakan kaca mata hitam untuk melindungi area kulit sekitar mata. Perlu diingat, meski cuaca sedang mendung, namun sinar UV tetap mampu menembus dan merusak kulit. Pastikan sunglasses memiliki lensa dan bingkai yang cukup besar yang sepenuhnya dapat menutupi area sekitar mata. Manfaat lain menggunakan sunglasses adalah melindungi mata dari paparan UV sehingga mencegah munculnya rabun akibat katarak.

7. Usahakan tidur yang cukup

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Usahakan tidur yang cukup

photo via : 4tololo.ru

Untuk menjaga kulit sekitar mata agar selalu terlihat segar dan sehat, kamu juga harus memperhatikan waktu istirahat yang cukup. Pastikan kamu tidur antara 6 sampai 8 jam sehari supaya mata menjadi lebih segar dan tidak kelelahan. Mata yang kelelahan bisa bedampak negatif pada kesehatan mata jika tidak segera diistirahatkan. Selain itu, mata lelah juga bisa membuat penampilan mata kamu terlihat sayu dan kamu akan terlihat seperti orang sakit.

8. Gunakan masker mata

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Gunakan masker mata

photo via : www.independent.co.uk

Bukan hanya kulit wajah saja yang perlu di masker, namun kulit disekitar area mata juga membutuhkan masker agar lebih rileks. Sekarang ini banyak produk masker mata yang beredar di pasaran. Kamu bisa mencobanya untuk menjadikan mata dan kulit di sekitarnya rileks. Ini akan sangat membantu untuk mengurangi lingkaran gelap dan bengkak.

Jika kamu lebih suka cara yang alami, kamu bisa menggunakan beberapa cara alami untuk merawat kulit di sekitar area mata berikut ini :

1. Gunakan kantong teh

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Gunakan kantong teh

photo via : www.factsprofessor.com

Untuk menghilangkan lingkaran hitam di area sekitar mata, kamu bisa menggunakan kantong teh bekas. Tempelkan kantong teh yang baru saja digunakan dan masih terasa basah di atas mata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kandungan yang ditemukan dalan daun terh terbukti sangat membantu dalam mengurangi lingkaran hitam pada mata.

Akan sangat baik jika kantong teh yang kalian gunakan adalah teh hijau. Teh hijau celup yang biasa kita minum mengandung antioksidan dan tannin yang dapat membantu menghilangkan mata lelah. Ambil dua teh hijau celup yang baru digunakan lalu peras air yang masih terdapat di dalam teh. Diamkan di dalam kulkas sekitar 10 menit agar berasa dingin. Setelah itu tempelkan diatas mata, diamkan sampai mata terasa dingin lalu lepaskan.

2. Pijat dengan celupan Air mawar

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Pijat dengan celupan Air mawar

photo via : cashkaro.com

Selain menggunakan kantong teh kamu juga bisa menggunakan air mawar untuk memanjakan kulit area sekitar mata kamu. Caranya basahi kapas dengan air mawar dan pijat secara halus di bagian bawah mata sekitar 5 menit. Air mawar bisa menghilangkan daerah hitam di sekitar mata Anda. Selain itu air mawar juga dapat membersihkan daerah di sekitar mata, menghilangkan kotoran dan polutan yang tertanam di bawah pori-pori. Lakukan perawatan dengan air mawar ini selama 2 sampai 3 minggu agar hasilnya maksimal.

3. Masker mentimun

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Masker mentimun

photo via : www.allure.com & www.beautyglimpse.com

Mentimun mengandung antioksidan dan air yang dapat menghilangkan racun dan melembabkan kulit. Cara menggunakan timun sebagai masker mata sangat mudah, kalian hanya perlu mengiris tipis-tipis mentimun dan tempelkan diatas mata yang tertutup. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan lakukan peramawatan dengan mentimun ini 2 kali sehari. Selain itu bisa juga dengan memotong tipis-tipis mentimun menjadi beberapa bagian. Simpan di kulkas selama 10 menit. Tempelkan potongan mentimun di atas mata yang tertutup. Biarkan beberapa saat sampai mentimun memberikan efek dingin di mata lalu lepaskan.

4. Madu organik

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Madu organik

photo via : nhathuoclamdep.com

Madu mengandung asam amino yang dapat membantu mempertahankan kelembapan dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah dan juga area sekita mata. Caranya dengan mengoleskan madu organik di daerah bawah mata. Biarkan selama 15 menit dan setelahnya bilas dengan kain basah. Ulangi cara tersebut dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Masker telur yang dicampur minyak almond

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Masker telur yang dicampur minyak almond

photo via : www.thelist.com & folder.pk/

Protein yang terdapat telur dan vitamin E baik untuk meningkatkan kolagen kulit. Sedangkan minyak almond bermanfaat membuat kulit di sekitar mata terlihat lebih cerah. Untuk menjadikannya masker, kalian hanya cukup mengocok putih telur hingga menjadi pasta halus, lalu tambahkan dengan 3 tetes minyak almond. Gunakan sebagai masker, dan tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air bersih.

6. Kentang

Tips Dan Cara Yang Mudah Dalam Merawat Area Sekitar Mata Pada Wanita - Kentang

photo via : hoclamdepvn.com

Kalian juga bisa menggunakan kentang sebagai perawatan alami untuk area sekitar mata kalian. Kentang mengandung karoten, flavonoid, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit agar kulit tetap elastis. Gunakan ekstrak kentang untuk memijat halus area mata kalian.

Untuk mendapatkan ekstrak kentang, kalian hanya perlu menyiapkan kentang yang telah dikupas bersih dari kulitnya. Kemuadian parut dan saring hasil parutan sampai mendapatkan ekstrak dari kentang tersebut. Simpan di dalam kulkas sampai 10 menit. Pijat area mata dengan menggunakan ekstrak kentang. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan menggunakan handuk basah.

Itu di beberapa tips dan cara untuk merawat area sekitar mata agar selalu terlihat cerah, segar dan terhindar dari mata panda. Selamat mencoba ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait