Tips Makeup Agar Wajahmu Terlihat Lebih Muda

4 minggu lalu, by blogunik

0

Makeup menjadi salah satu senjata wanita untuk menyempurnakan tampilan di berbagai macam acara. Nggak heran sih, pasalnya riasan wajah dapat menutupi kekurangan dan memberikan rasa percaya diri bagi yang menggunakannya dengan tepat. Makanya ada banyak wanita yang ketergantungan dengan makeup. Karena the power of makeup bisa membuat wajah seseorang berubah. Bayangkan saja guys, dengan makeup pipi yang tembem dapat terlihat lebih tirus, karena makeup bekas jerawat dapat tertutupi dengan sempurna, bahkan makeup juga dapat membuat wajah terlihat lebih muda.

Yup, manfaat makeup yang dapat membuat wajah terlihat lebih muda memang menjadi favorit banyak wanita khususnya yang usianya sudah 30an ke atas. Pasalnya, hampir setiap wanita ingin selalu tampak lebih muda meskipun usianya sudah menjelang tua. Mengingat perawatan anti aging cukup mahal dan menguras isi dompet, maka cara yang paling tepat adalah membuat riasan wajah agar tampak lebih awet muda.

Untuk itu, buat kamu yang ingin terlihat lebih muda walaupun usia sudang nggak muda lagi, berikut beberapa tips make up yang bisa membuat kamu tampil lebih muda. Check it out guys!

1. Pilih tampilan makeup dewy look

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via glow.gr

Tips makeup yang bisa kamu coba agar wajah terlihat lebih muda adalah dengan memilih tampilan makeup dewy look. Dewy look adalah tampilan makeup yang memberikan kesan natural pada wajah namun memberikan efek yang lembab dan mengkilap di kulit. Kalau kamu Kpoper, pasti kamu nggak asing lagi dengan makeup satu ini. Yup makeup dewy look memang terinspirasi dengan tampilan wajah orang Korea. Nggak heran kalau kebanyakan orang-orang Korea, khususnya para artisnya terlihat selalu awet muda padahal usianya sudah menua.

Makeup dewy look juga menjadi salah satu cara agar terlihat awet muda. Pasalnya riasan dengan hasil akhir matte atau kering justru akan membuat kulit wajah terlihat berkerut dan tampak tua. Mengingat seiring bertambahnya usia, kulit wajahmu hanya akan memproduksi sedikit minyak, maka jangan ragu untuk menggunakan makeup dengan hasil dewy look untuk menyeimbangkannya.

2. Selalu gunakan pelembab

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via getprettyface.com

Sebelum mengaplikasikan makeup, hal utama yang harus selalu kamu ingat adalah menggunakan pelembab. Hal ini sangatlah penting karena dengan menggunakan pelembab, maka hasil makeup akan menyatu dengan sempurna.

Jika tidak menggunakan pelembab, akibatnya makeup yang sudah kamu pulas secara maksimal, tidak akan menempel sempurna. Bahkan penggunaan makeup secara langsung pada kulit kering tanpa menggunakan pelembab terlebih dahulu, akan menimbulkan pengelupasan pada kulit. Selain membuat makeup menyatu dengan sempurna, pelembab juga sangat penting untuk menjaga kelembaban dan keremajaan kulit wajah.

3. Gunakan concealer untuk menyembunyikan tanda-tanda penuaan

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via m.dailyhunt.in

Saat merias wajah, banyak orang yang melewati menggunakan concealer, padahal menggunakan concealer sangatlah penting untuk membuat penampilan wajah terlihat lebih segar dan muda. Concealer sangat membantu untuk menutupi lingakaran hitam dibawah mata yang membuat penampilan seseorang terlihat tidak segar dan terkesan tua. Selain dapat menutupi lingkaran hitam dibawah mata, concealer juga dapat digunakan utnuk menutupi dark spot atau tanda-tanda penuaan lainnya. Sehingga menggunakan concealer adalah salah satu tips ampuh untuk kalian coba agar mendapatkan penampilan yang lebih muda.

4. Gunakan foundation sesuai warna kulit dan gunakan secara tipis

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via mamamia.com.au

Tips makeup agar terlihat lebih muda berikutnya adalah dengan memilih foundation yang sesuai dengan jenis dan warna kulit kamu. Ada beberapa jenis kulit seperti acne-prone, kering, berminyak, kombinasi, sensitif, atau kulit dengan kerutan. Pastikan kamu memilih foundation yang memiliki konsistensi seimbang dan ringan sesuai jenis dan warna kulit.

Selain itu, pastikan kamu mengaplikasikan foundation dengan tipis, dan jangan menggunakan foundation secara berlebihan. Meskipun foundation memang untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, seperti flek hitam dan kerutan halus yang akan muncul seiring bertambahnya usia. Namun penggunaan foundation dan bedak yang berlebihan justru akan membuat wajah kamu tampak “berat” dan lebih tua. Hal ini disebabkan karena foundation yang tebal justru dapat menyumbat pori-pori pada wajahmu dan garis kerutan pada wajahmu semakin jelas.

Maka dari itu, gunakan foundation setipis mungkin. Semakin tipis foundation yang kamu gunakan, maka akan semakin muda pula tampilan wajah kamu. Selain menyamarkan kerutan, penggunaan foundation secara tipis juga akan membuat tampilan wajah kamu terlihat lebih natural dan tidak terlalu berat.

5. Gunakan bedak tabur yang tipis

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via fashionpotluck.com

Setelah menggunakan foundation, gunakanlah bedak secara merata dan tipis. Seperti halnya foundation, menggunakan bedak juga harus tipis agar tidak membuat wajah terlihat lebih berat dan tua karena kerutan yang terlihat jelas karena bedak yang terlalu tebal. Untuk hasil yang natural, gunakan bedak tabur agar wajah tidak terlalu berat. Bedak tabur sangat cocok untuk makeup sehari-hari.

6. Bentuk alis senatural mungkin

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via womensweekly.com.sg

Alis adalah bagian penting riasan untuk mendapatkan look yang awet muda. Jika merias alis, sebaiknya hiaslah senatural mungkin. Buat alis yang merata dan simetris. Tidak terlalu tebal dan dan juga tidak terlalu tipis. Pertegas warna alis di area yang jarang terdapat rambut alis. Dan untuk mencerahkan wajah, usapkan concealer di bawah lengkungan alis mata. Yang terpenting adalah, pastikan alis yang kamu buat seimbang dengan riasan mata.

Sementara buat kamu yang memiliki alis yang tebal, langkah mudahnya adalah dengan mengaplikasikan pensil alis mengikuti garis alis yang sudah ada dan mengisinya secara perlahan.

7. Aplikasikan eyeshadow dengan warna-warna lembut atau netral dan hindari eyeshadow dengan shimmer

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via en.stylenanda.com

Selain bentuk alis, hiasan mata juga bisa dengan mudah mencirikan usia seseorang. Maka dari itu hiasan mata adalah fokus utama dalam makeup untuk mendapatkan penampilan yang awet muda.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan eyeshadow dengan warna-warna lembut atau netral seperti soft pink, peach, maupun cokelat muda. Warna-warna ini akan membuat wajahmu terlihat lebih segar dan muda. Warnanyapun terlihat lebih menyatu dengan warna kulit kamu.

Sebaliknya hindari menggunakan eyeshadow dengan shimmer atau berwarna metalik seperti silver dan gold. Memang warna-warna metalik ini dapat membuat penampilan terlihat elegan, namun penggunaan warna metalik yang mengkilap justru akan semakin memperjelas garis-garis halus pada wajah, yang akhirnya akan membuat kamu terlihat semakin tua.

8. Cukup gunakan maskara dan eyeliner pada bagian atas

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via dailymotion.com

Buat kamu yang suka menggunakan eyeliner, kamu bisa menggunakan eyeliner berbasis gel. Dan, untuk membuat mata kamu terlihat lebih terbuka dan besar, kamu bisa mempertegas bulu mata dengan menggunakan maskara yang bervolume dan berwarna hitam.

Dalam penggunaannya, aplikasikan maskara dan eyeliner hanya pada garis tepi mata bagian atas. Car ini akan membuat mata kamu terasa lebih ringan dan segar. Sebaliknya menggunakan maskara dan eyeliner pada mata bagian bawah akan membuat mata kamu jadi terasa berat sehingga membuatnya terlihat semakin turun dan kurang tegas. Penampilanpun terlihat lebih tua.

9. Gunakan blush on warna cerah seperti orange, soft pink atau peach pada tulang pipi bagian atas

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via thestylin.com

Tips makeup yang dapat membuat kamu terlihat lebih muda berikutnya adalah pemilihan blush on yang tepat. Mengingat semakin bertambahnya usia membuat bagian-bagian wajah terlihat menurun seperti pipi, maka penting untuk mengaplikasikan makeup yang dapat memberikan kesan pipi terlihat lebih segar.

Caranya, sapukan blush on pada tulang pipi bagian atas dengan gerakan menyamping ke bagian luar (mengarah ke bagian atas telinga). Cara ini juga akan membuat wajah kamu tampak lebih tirus.

Selain itu, kamu juga harus memilih warna blush on yang tepat. Untuk kesan yang awet muda, kamu bisa menggunakan warna blush on yang cerah seperti warna soft pink, orange dan peach. Warna-warna tersebut akan membuat tampilan wajah kamu tampak fresh dan lebih muda. Usahakan warna tersebut juga sesuai dengan warna muka atau paling tidak bisa menyesuaikan dengan warna makeup secara keseluruhan.

10. Gunakan lipstick warna natural seperti nude, peach, pink, atau coral dengan tambahan lipgloss atau lipbalm

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via cial.wiki

Seiring bertambahnya usia, bibir kita mengempis dan bahkan menjadi lebih tipis. Untuk mengembalikan bibir yang penuh dan tampak lebih muda, gunakan lisptick dengan warna-warna natural dan cerah seperti nude, peach, pink, atau coral. Dengan tambahan lipgloss maka bibir kamu akan terlihat lebih berisi dan penampilan kamupun dapat terlihat lebih awet muda. Efek lipgloss yang mengkilap juga akan membuat garis-garis pada bibir tertutupi.

11. Kombinasikan warna agar tidak monoton

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via instagram.com/ninademont

Makeup monokrom memang sedang digemari banyak orang, namun makeup dengan satu warna ini terkadang dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih tua. Untuk mendapatkan makeup yang membuat penampilan menjadi lebih muda, sebaiknya seimbangkan antara penggunaan warna terang dan gelap, misal jika sudah menggunakan warna terang pada bagian bibir, gunakanlah warna yang lembut bagian pipi. Penggunaan beberapa warna akan membuat wajah kamu terlihat lebih fresh dan enak untuk dilihat.

12. Gunakan Highlighter

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via decor.homydepot.com

Kulit yang sehat di tandai dengan minyak alami pada wajah, bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, jangan khawatir karena kamu dapat menggunakan highlighter yang di aplikasikan pada tulang pipi dan ujung hidung. Penggunaan highlighter dapat membuat penampilan menjadi lebih fres, sehat dan berseri.

13. Jangan lupa gunakan face mist atau setting spray

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via hellomagazine.com

Untuk mendapatkan hasil makeup yang tahan lama dan merata, jangan lupa untuk menggunakan face mist. Selain membuat makeup bertahan lama, face mist juga berfungsi sebagai pelembab dan penyegar sehingga wajah terlihat lebih muda. Cara menggunakannya bisa dilakukan saat sebelum dan sesudah makeup. Face mist biasanya mengandung bahan baik seperti aloe vera dan rosewater sebagai nutrisi sekaligus sebagai pencerah wajah.

14. Bersihkan wajah secara rutin

Tips-Makeup-Agar-Terlihat-Lebih-Muda

photo via today.com

Tips yang paling penting untuk mendapatkan wajah yang senantiasa awet muda adalah dengan rutin membersihkan wajah. Debu, kotoran, polusi, dan sisa makeup pada wajahmu akan menumpuk dan menyumbat pada wajahmu jika kamu tidak membersihkannya secara rutin. Hal itu akan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah. Untuk itu, pastikan kamu mencuci wajah secara rutin agar wajahmu tampak segar dan tentunya tampak terlihat muda. Disarankan mencuci wajah dan menghapus sisa make up sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah seperti Milk Cleanser dan Facial Tonic tanpa berbahan alkohol, agar wajahmu tidak iritasi.

Nah itulah beberapa tips makeup yang bisa kamu coba agar terlihat lebih muda dan segar versi Blog Unik. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah makeup yang kamu gunakan selama ini membuat penampilan kamu menjadi lebih tua dari umur yang sebenarnya? Kalau ia, jangan ragu untuk menerapkan tips di atas agar penampilan kamu senantiasa awet muda.

0
Artikel Terkait