Tips Makeup Ala Korea Agar Kamu Tampil Makin Cantik

1 bulan lalu, by blogunik

Tips-Makeup-Ala-Korea

0

Gaya makeup ala Korea yang identik dengan kulit yang terlihat glowing serta ombre lips yang menawan kini telah memiliki begitu banyak penggemar di seluruh dunia. Bukan hanya dikalangan remaja penggemar Kpop, namun mereka yang menyukai gaya makeup yang minimalis dan natural juga menjadikan gaya makeup ala Korea ini sebagai pilihan utama untuk merias wajah sehari-hari.

Nggak heran sih, pasalnya dengan makeup ala Korea ini, kamu bisa tampil lebih fresh, natural dan terlihat manis. Makeup ala Korea juga mampu membuatmu terlihat lebih awet muda dan flawless lho.

Nah untuk menerapkan makeup ala Korea ini di wajahmu, nggak susah kok, kamu hanya perlu mengikuti beberapa tips makeup ala Korea berikut ini agar mendapatkan penampilan yang fresh, glowing dan flawless. Kira-kira seperti apa tipsnya? Let’s check it out guys!

1. Cleansing

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via allure.com

Selalu bersihkan wajah sebelum kalian mengaplikasikan produk makeup bergaya apapun itu, baik makeup ala Korea, makeup bold atau gaya makeup lainnya. Membersihkan wajah sebelum makeup adalah salah satu kunci untuk mendapatkan makeup yang tahan lama dan terlihat fresh.

2. Jangan lupa untuk menggunakan toner

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via 1mhealthtips.com

Tips selanjutnya adalah pastikan kamu menggunakan toner. Terkadang walaupun sudah mencuci muka, masih saja ada kotoran yang belum terangkat sempurna dari permukaan kulit. Selanjutnya, gunakan toner untuk mengangkat kotoran yang tersisa. Tuang toner secukupnya pada kapas dan bersihkan wajahmu secara merata.

3. Jangan pernah lupakan serum

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via istockphoto.com

Perlu kamu ketahui, orang Korea rajin mengaplikasikan serum sebelum bermakeup agar kulit wajah tetap terjaga kesehatannya. Untuk itu, agar mendapatkan hasil makeup yang glowing ala Korea, pastikan kamu juga mengaplikasikan serum sesuai jenis dan tipe kulit wajah kamu.

Serum ini mudah diserap oleh kulit. Karenanya, gunakan serum sebagai langkah awal mempersiapkan kulitmu. Serum biasanya berbentuk cair dan cepat diserap oleh kulit. Konsentrasi zat aktifnya yang tinggi membuat serum bisa menyerap hingga ke dalam pori-pori.

4. Selalu gunakan pelembab sesuai jenis dan type kulit kamu

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via freepik.com

Makeup orang Korea identik dengan dewy look yang flawless dan glowing. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan pelembab atau moisturizer sebelum merias wajah agar terlihat halus, lembut, lembab dan sehat. Gunakan pelembab atau mouisturizer yang sesuai dengan tipe wajahmu agar makeup bisa terlihat sempurna saat diaplikasikan. Kulit yang glowing dan tampak sehat menjadi salah satu trik cara makeup ala korea.

5. Jangan lupa gunakan sunscreen

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via koreanbeauty.com

Meskipun menggunakan makeup ala Korea, kamu harus ingat kalau kamu tinggal di Indonesia yang sinar mataharinya cukup menyengat kulit. Oleh karenanya, jangan lupa mengaplikasikan sunscreen setelah menggunakan pelembab. Pastikan kamu menggunakan sunscreen ber-SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV. Menggunakan sunscreen ini penting halnya karena make up dengan kandungan SPF pun ternyata tidak cukup untuk melindungi kulitmu. Karena itu kamu tetap harus memakai sunscreen yang memang dikhususkan untuk menangkal bahaya sinar UV pada kulit.

6. Pilih base makeup yang natural namun glowing

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via mamonde.com

Makeup ala Korea memiliki hasil akhir yang natural dan flawless. Oleh karena itu pilihlah base makeup yang ringan dan memiliki hasil dewy look. Biasanya perempuan Korea lebih memilih BB atau CC cream daripada foundation.

Antara BB atau CC cream, kamu bisa memilih salah satunya dengan menyesuaikan kebutuhan wajah kamu. BB cream diciptakan untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah seperti jerawat, bekas jerawat, dan freckles. Sedangkan CC cream diciptakan untuk mengoreksi warna kulit seperti warna kulit wajah kemerahan hingga mencerahkan kulit yang kusam. Jika ingin lebih menghemat waktu, kamu dapat menggunakan BB cream atau CC cream dalam bentuk cushion yang kini nyaris dimiliki oleh semua brand kecantikan.

BB atau CC cream dalam bentuk cushion sebenarnya seperti foundation namun ditempatkan pada wadah seperti bedak dengan spons yang mampu mengeluarkan cairan foundation. Cushion bisa dipilih karena lebih ringan dan didesain untuk look yang dewy atau glowing.

7. Sempurnakan base makeup dengan concealer

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via yve-style.com

Tips untuk mendapatkan hasil makeup ala Korea selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan concealer. Hal ini penting untuk menutupi mata panda dan dark spot serta bekas jerawat di wajah.

Jika kamu merasa noda hitam di wajahmu belum tertutup dengan BB atau CC Cream yang kamu gunakan, jangan ragu untuk menggunakan concealer. Cara mengaplikasikannya, kamu bisa mengoleskan concealer pada sponge dan kemudian menepuk-nepukkannya secara halus pada daerah wajah yang diinginkan. Dengan cara ini concealermu bisa blend dengan baik dan memberikan coverage yang sempurna. Namun pastikan concealer yang kamu gunakan senada dengan warna BB atau CC cushion yang kamu gunakan.

8. Set dengan loose powder

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via chinahao.com

Jika kulit wajahmu sudah tercover dengan sempurna, maka cara makeup ala Korea selanjutnya adalah dengan mengunci makeupmu dengan bedak. Tips dalam memilih bedak agar mendapatkan hasil makeup natural ala Korea adalah dengan memilih jenis Loose Powder. Untuk natural look, loose powder ini sangat direkomendasikan karena memiliki tekstur yang ringan. Selain itu, bedak tabur juga dapat membuat makeupmu jauh lebih tahan lama. Aplikasikan bedak ke seluruh area wajah kecuali pipi untuk memberikan hasil dewy finish yang fresh.

9. Buat alis dengan bentuk lurus agar terlihat natural

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via bustle.com

Wanita-wanita Korea identik dengan bentuk alis yang lurus dengan warna yang natural. Yup, kebanyakan wanita Korea menyukai bentuk alis seperti bentuk lurus, tebal, natural dan terlihat youthful, layaknya seorang wanita remaja yang tak pernah mencabut alisnya.

Oleh karena itu, bentuk alismu dengan pensil alis dengan bentuk lurus atau bentuk sesuai garis natural alis kamu. Kamu bisa merapikan bulu alis dengan brush. Lalu, gunakan pensil alis untuk menggambar dan mengisi alis. Pastikan untuk menggunakan pensil alis yang warnanya tidak pekat. Selain itu ketika menggambar alis, pastikan kamu mengikuti garis natural alismu agar hasilnya bisa terlihat natural. Setelah selesai, kamu bisa menyikat kembali alis dengan brush untuk meratakan pensil alis.

10. Gunakan eyeshadow warna natural agar mata terlihat sendu

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via blog.siftandpick.com

Untuk mendapatkan hasil makeup akan Korea, lupakan sejenak gaya smoky atau melukis cat-eyes yang tajam dan tegas pada kelopak mata kamu. Pasalnya wanita Korea lebih menyukai mata yang tampak sendu dan innocent kayak puppy eyes.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow dengan warna-warna natural seperti peach, coklat muda, atau jika ingin lebih berwarna kamu bisa menggunakan warna pink muda di bagian lid dan inner, lalu kombinasikan dengan warna yang sedikit lebih gelap di bagian outer.

11. Aplikasikan eyeliner yang tipis

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via facetofeet.com

Cara make up ala Korea selanjutnya, mengaplikasikan eyeliner pada garis mata. Tipsnya adalah dengan membuat eyeliner yang tipis mengikuti garis mata tanpa perlu repot membuat wing eyeliner atau cat eye. Caranya, buat garis eyeliner tipis sedekat mungkin dengan akar bulu mata. Daripada memakai warna hitam kamu bisa menggunakan eyeliner pensil berwarna cokelat agar warnanya terlihat lebih natural. Wanita Korea yang lebih suka menggunakan eyeliner berwarna cokelat ketimbang hitam karena hasil akhirnya yang terlihat lebih alami.

12. Perindah mata dengan mascara

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via eonline.com

Setelah menggunakan eyeliner, buat mata kamu terlihat lebih terbuka dan besar dengan mengaplikasikan mascara. Jangan pernah menambahkan bulu mata palsu untuk makeup ala Koreamu yang natural. Cukup lentikkan bulu mata dengan curler lalu aplikasikan mascara setelahnya.

13. Pakai blush on, it’s a must!

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via kpopstuff.com

Makeup Korea identik dengan wajah cerah, bening dan merona. Untuk itu jangan sampai lupa mengaplikasikan blush on agar wajahmu terlihat merona. Untuk tampilan yang lebih segar gunakan blush on berwarna natural seperti pink dan peach. Aplikasikan di bawah mata hingga pipi. Nggak perlu tebal-tebal, dengan sedikit pulasan saja, akan membuat wajahmu merona dan segar. Tips make up ala Korea ini bisa membuat kamu mendapatkan kesan youthful dan cute khas cewek Korea.

14. Tambahkan shimmer di tulang pipi

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via shefinds.com

Agar wajah tampak lebih flawless, kamu juga bisa menambahkan shimmer di tulang pipimu. Pastikan diaplikasikan tipis-tipis dengan menggunakan brush khusus shimmer agar hasilnya natural dan tidak too much. Shimmer berfungsi untuk membuat kulit terlihat fresh dan mengkilap sehingga terlihat lebih glowing. Kilap pada shimmer juga sanggup membantu menutupi kekurangan seperti bekas jerawat hingga garis kerut pada wajah.

15. Gunakan lip tint warna cerah

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via kbeautyskincareproducts.com

Salah satu ciri khas make up wanita Korea adalah tidak takut menampilkan bibir berwarna cerah untuk sehari-hari, mulai dari pink, fuchsia, peachy pink, bright orange hingga merah. Agar lebih seduktif, mereka kerap menciptakan gradient lips, yang juga dikenal sebagai ombre atau bitten lips, yaitu bibir yang berwarna lembut dengan sentuhan warna lebih cerah di bagian tengahnya. Pilihan warna-warna cerah tersebuta dapat menciptakan kesan yang lebih fresh.

Kamu bisa membuatnya dengan cara melapisi bibir dengan bedak, lalu gunakan lip tint di bagian tengah bibir. Saat ini juga sudah ada lipstik dua warna yang akan membantu kamu membuat ombre lips dengan mudah.

16. Akhiri dengan setting spray

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via muaodau.pro

Setelah selesai makeup, terakhir gunakan setting spray agar makeup ala Koreamu lebih tahan lama. Setting spray berfungsi untuk membuat makeup tahan lama dan awet seharian. Produk ini memiliki kandungan kosmetik yang memang tujuannya adalah untuk mengunci makeup agar tetap terlihat sempurna dan tidak berantakan.

17. Bawa facial mist kemanapun kamu pergi

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via dep365.com

Selain menggunakan setting spray, kamu juga bisa menggunakan facial mist. Hanya saja facial mist tidak akan membuat makeup mu bertahan lama layaknya setting spray.

Tapi jika kamu ingin makeupmu selalu terlihat dewy dan fresh, maka gunakan facial mist. Untuk meraih efek dewy, semprotkan facial mist setelah seluruh makeup selesai diaplikasikan lalu biarkan meresap secara natural. Jangan khawatir, facial mist nggak akan membuat makeup mu berantakan, justru facial mist akan memberikan hasil yang lembap, dewy, dan glowing. Tapi ingat, facial mist nggak akan membuat makeup mu bertahan lama. Bawa facial mist ke mana pun kamu pergi untuk memberikan kesegaran ketika kulit terasa lebih kering.

18. Hindari contouring

Tips-Makeup-Ala-Korea

photo via beautytap.com

Satu tips makeup ala Korea yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan kamu menghindari penggunaan contour wajah. Berbeda dengan makeup ala Amerika, makeup ala Korea tampak lebih halus dan natural sehingga jarang menampilkan shading yang tebal. Oleh sebab itu hindari contouring agar makeup yang kamu aplikasikan dapat terlihat natural seperti wanita Korea.

Nah itulah beberapa tips makeup ala Korea yang bisa kamu terapkan ketika ingin mencoba gaya makeup Korea yang natural dan dewy serta glowing. Ingat guys, penting halnya memilih produk makeup yang sesuai dengan warna dan jenis kulit kamu agar hasilnya lebih maksimal. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

0
Artikel Terkait