Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari

3 bulan lalu

Keberadaan high heels atau sepatu hak tinggi memang identik dengan yang namanya cewek. Hampir setiap cewek didunia ini memiliki sepatu hak tinggi di dalam rak sepatu mereka. Bagi cewek, high heels bukan hanya alas kaki yang mereka gunakan untuk melindungi kaki dan juga membuat mereka terlihat semakin tinggi, namun high heels juga telah menjadi fashion item yang digunakan sebagai penunjang penampilan agar terlihat lebih menarik dan feminim. Dalam pemakaiannya high heels juga dapat digunakan untuk berbagai macam acara seperti bekerja, ataupun pergi ke pesta.

Sebagian besar cewek didunia ini hampir setiap hari menggunakan high heels karena digunakan untuk bekerja sehari-hari, padahal penggunaan high heels yang berkepanjangan dapat membahayakan kesehatan kaki para penggunanya. Pasalnya sering menggunakan high heels dengan posisi atau model sepatu yang salah bisa meningkatkan risiko mengalami bunion.

Bunion adalah sebuah kondisi munculnya benjolan bertulang yang terbentuk di dasar persendian jempol kaki. Benjolan ini adalah disebabkan karena tulang yang terbentuk saat jempol kaki bersandar malah menekan jari telunjuk di sebelahnya. bergesernya posisi jempol kaki ini kemudian memaksa sendi jempol kaki kamu untuk meregang, makin membesar, dan menonjol keluar.

Selain itu, menggunakan sepatu hak tinggi jenis stiletto juga bisa menyebabkan cedera pada jari dan pergelangan kaki, yang mana akan merambat ke bagian tubuh lain. Bagian punggung bawah, otot betis dan postur tubuh yang berubah juga bisa menjadi dampak pakai pakai high heels yang harus diketahui para wanita.

Awalnya, penggunaan heels ini bisa memperkuat kaki, namun kalau sudah terlalu sering dan semakin lama pemakaian malah bisa membuat jalan jadi tidak stabil dan otot kaki menjadi lemah. Nah untuk itu, kali ini Blog Unik akan membagikan beberapa tips yang benar dalam memilih high heels yang aman dan nyaman untuk dipakai sehari-hari dan tidak berisiko untuk kaki kalian. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Pilihlah tinggi heels atau hak yang sesuai

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Pilihlah tinggi heels atau hak yang sesuai

photo via : www.anthropologie.com

Dalam memilih sepatu berhak, ada baiknya kamu memperhatikan terlebih dahulu kemana kalian akan menggunakan high heels tersebut. Jika digunakan untuk menghadiri pesta, boleh-boleh saja jika kalian memilih heels dengan tinggi 10 sampai 12 cm. Namun untuk kegiatan sehari-hari, ada baiknya kamu menggunakan heels jenis kitten heels yang tingginya lebih pendek dari high heels biasanya dan pilihlah ujung heels yang agak lebar dan hindari ujung heels yang runcing.

2. Pastikan ukuran sepatu muat dengan kaki kamu

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Pastikan ukuran sepatu muat dengan kaki kamu

 

photo via : veterinariancolleges.org

Dalam memilih high heels yang tepat, pastikan kaki kamu benar-benar muat masuk kedalamnya. Perhatikan juga ukuran panjang dan lebar kaki. Sebab selama ini kebanyakan orang selalu membeli sepatu dengan memperhatikan panjang kakinya saja, sedangkan untuk lebar kaki mereka sepelekan. Hal tersebut membuat kaki terpaksa menciut ataupun menyebabkan lecet. Ukuran high heels yang tidak tepat juga membuat kaki jadi melorot ke depan. Dan hal tersebut dapat menambah tekanan pada jari kaki. Sebaiknya pilihlah sepatu dengan ruang jari yang lebar agar jari kaki kamu masih bisa bergerak dengan leluasa. Atau bisa juga kalian memilih heels jenis Peep Toe yang bagian depannya terbuka agar jari-jari kaki kamu dalam posisi yang lebih natural dan tidak berdempetan satu sama lain.

3. Pakai in-sole dan cushion pad di dalam sepatu

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Pakai in-sole dan cushion pad di dalam sepatu

photo via : www.dhgate.com & www.walmart.ca

Tips selanjutnya agar kaki kamu merasa nyaman saat menggunakan high heels adalah dengan cara menggunakan in-sole dan cushion pad. Penggunaan in-sole atau alas bagian belakang sepatu yang empuk dapat mengurangi dampak pegal ataupun nyeri pada bagian tumit kaki kamu. Sedangkan cushion pad dapat kamu gunakan untuk mengurangi rasa pegal kaki dibagian depan saat menggunakan sepatu hak tinggi. Kedua alat ini berfungsi untuk meringankan beban kaki kamu saat kaki kamu harus berjalan dengan berjinjit saat menggunakan heels.

4. Hindari pemakaian heels setiap hari

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Hindari pemakaian heels setiap hari

photo via : www.theulifestyle.com

Menggunakan heels tinggi bisa saja asalkan kalian tidak menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Gunakan heels untuk saat-saat tertentu saja seperti ke pesta. Walaupun kalian diharuskan untuk menggunakan heels saat kekantor, maka pastikan disela-sela waktu kamu melepas high heels tersebut dan ganti dengan sepatu olahraga ataupun sandal. Pakailah sepatu yang membuat kamu dapat menggerakkan badan kamu secara alami saat berjalan karena akan membuat kaki, tungkai, pinggang, dan punggung meregang.

5. Pastikan kamu meregangkan kaki-kaki kamu

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Pastikan kamu meregangkan kaki-kaki kamu

photo via : www.medicalnewstoday.com

Di waktu luang cobalah lakukan pelemasan otot dan kaki yang kaku. Salah satu cara untuk meregangkan kaki yang mudah bisa kalian lakukan adalah dengan menaruh pensil di lantai dan coba untuk mengambilnya dengan menggunakan jari kaki. Selain itu kalian juga bisa melakukan senam jari kaki. Duduklah di lantai kemudian gerakkan jari-jari seperti sedang menulis huruf. Lakukan pula pijatan pada kaki dan putar kaki searah dan tidak searah jarum jam.

6. Pilihlah material high heels yang tepat

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Pilihlah material high heels yang tepat

photo via : www.betian.es

Dalam memilih high heels atau bahkan dalam memilih semua jenis sepatu, maka pilihlah material yang nyaman pada kaki kamu. Pilihlah material kulit asli atau suede, lalu hindari material sintesis. Jika kamu memilih heels yang materialnya kurang tepat kulit-kulit kakimu rentan akan lecet. Heel counter adalah bagian sepatu tempat bersandarnya tendon Achilles dan tumit. Bagian ini sangat rawan lecet, karena material dalam sepatu yang tidak bersahabat ketika bergesekan dengan kulit.

7. Latihan pakai heels dan tes kenyamanan

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Latihan pakai heels dan tes kenyamanan

photo via : magazine.job-like.com

Untuk cewek yang sudah terbiasa menggunakan heels maka kamu tak perlu lagi latihan menggunakan heels. Hanya saja kamu tetap melakukan tes kenyamanan saat membeli high heels. Kebanyakan high heels dijual dengan harga yang lumayan menguras isi kantong. Agar kamu tidak menyesal setelah membeli dengan mahal tapi setelah digunakan kamu merasa tidak nyaman, ada baiknya kamu melakukan tes kenyamanan saat membeli high heels. Banyak toko sepatu yang lantainya dirancang untuk membuat pemakai nyaman dengan heels. Cobalah tes kenyamanan dengan jalan di lantai yang lebih keras.

Nah buat kamu yang belum terbiasa menggunakan heels namun harus menggunakan heels karena suatu keadaan, kamu sebaiknya berlatih menggunakan heels setiap harinya namun dengan waktu yang tepat. Karena berjalan dengan heels agar nyaman memang perlu terbiasa. Cara latihannya cukup dengan menggunakan sepatu berhak yang tak terlalu tinggi lalu kenakan di rumah selama 15 menit. Kemuadian tingkatkan waktu latihan di keesokan harinya.

8. Sebaiknya membeli sepatu di saat sore ataupun malam hari

Tips Memilih High Heels Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dipakai Sehari-hari - Sebaiknya membeli sepatu di saat sore ataupun malam hari

photo via : www.stilettocharm.com

Di kutip dari cosmogirl, ternyata kaki kita akan membesar sepanjang hari. Saat sore dan malam hari, ukuran kaki lebih besar daripada di pagi hari. Jadi saat yang tepat untuk membeli sepatu adalah dikala sore atau malam hari. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jikalau nantinya kaki kamu tiba-tiba membesar lagi beberapa inch.

Nah itu dia tips dan cara untuk memilih high heels yang aman dan nyaman untuk kaki kalian.

Facebook Comments

Baca Juga