10 Cara Ampuh Mengatasi Pilek Secara Alami

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Di musim penghujan ini, terkadang membuat kondisi tubuh menjadi kurang fit. Sering kali dicuaca yang seperti ini sebagian orang terserang demam atau pilek. Jika seseorang sudah terserang pilek, biasanya mereka merasa kurang nyaman dengan aktivitasnya. Sebab penyakit pilek membuat suara menjadi sengau, hidung tersumbat dan parahnya sulit untuk bernafas. Beberapa orang juga terkadang dibarengi dengan sakit kepala. Dalam kondisi seperti ini, beberapa orang lebih memilih untuk membeli obat untuk pilek untuk meredakannya. Tapi buat kamu yang ingin mengatasinya tanpa obat atau secara alami ada kok caranya. Apa saja itu? Berikut ini 10 cara mengatasi pilek secara alami yang bisa dicoba.

Cara Mengatasi Pilek Secara Alami

1. Menghirup Uap Hangat

Cara Mengatasi Pilek Secara Alami

photo via enervon.co.id

Jika saat ini kamu sedang pilek, jangan buru-buru minum obat dulu. Sebab kamu bisa mengatasinya dengan cara menghirup uap hangat lho. Cara ini tergolong alami dan mampu mengencerkan lendir sekaligus melemaskan saluran hidung yang membengkak. Dijamin setelah melakukan ini, pernafasanmu lebih lega. Untuk melakukan hal ini ada beberapa hal yang dipersiapkan yaitu baskom dan air hangat. Penuhi baskom dengan air hangat kemudian posisikan kepala menunduk tepat diatas permukaan air. Agar uap tidak menyebar kemana-mana, gunakan handuk yang lebar untuk menutupinya. Ingat!! Pastikan jarak antara baskom dan wajah tidak terlalu dekat.

2. Konsumsi Air Putih

Ketika terserang pilek, pastikan untuk mengkonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. Kamu juga bisa mengkonsumsi air hangat lho selama pilek. Selain mencegah dehidrasi, tenggorokanmu juga tidak akan kering. Usahakan tenggorokan agar tetap lembap untuk mencegah penyakit lainnya menyerang.

3. Gunakan Bantal Double

Cara Mengatasi Pilek Secara Alami

photo via futuready.com

Saat pilek menyerang ditambah dengan tersumbatnya hidung, membuat kita sulit untuk tidur nyenyak. Agar tidurmu nyenyak, coba deh gunakan bantal double dibawah kepala. Dalam posisi seperti ini, lendir yang ada di dalam hidung dapat mengalir turun dengan sendirinya. Tapi perlu diperhatikan juga, meskipun menggunakan bantal double kamu juga harus memperhatikan kenyamanan. Jangan sampai kamu malah mengalami sakit leher ataupun sebagainya.

4. Sering Buang Ingus Dari Hidung

Sering-seringlah membuang ingus dari hidung, sebab jika kamu tidak sering membersihkannya ingus akan menumpuk serta berkerak. Tapi jangan mengeluarkannya terlalu keras atau bersemangat ya, karena dalam ingus ada banyak kuman yang dapat menuju ke saluran telinga. Inilah yang menyebabkan sakit pada telinga ketika membersihkannya dengan keras. Cara yang tepat untuk mengeluarkan ingus yaitu dengan menekan salah satu sisi lubang hidung, kemudian keluarkan secara perlahan hingga ingus keluar dari hidung.

5. Gunakan Pelembab Udara/Humidifier

Cara Mengatasi Pilek Secara Alami

photo via ngovee.com

Ruangan yang kering dan suhu yang dingin diakibatkan karena ruangan ber-AC, dapat membuat kondisi hidung dan tenggorokan semakin gatal. Bahkan tak jarang juga membuat bibir menjadi terlalu kering. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membeli humidifier lho. Alat ini dengan sangat mudah bisa kamu beli di online shop atau toko elektronik. Ukurannya pun beragam kamu bisa menyesuaikannya dengan luas ruangan. Humidifier ini sangat efektif dalam melembapkan udara sekaligus melegakan pernapasan.

6. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin C

Buka rahasia lagi jika vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh terlebih jika kamu sedang mengalami pilek. Vitamin C mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, maka dari itu jika kamu sedang terserang pilek atau sedang sakit jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin C ya. Sumber vitamin C ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran lho seperti jeruk, lemon hingga brokoli.

7. Istirahat

Cara Mengatasi Pilek Secara Alami

photo via eunjii.tistory.com

Saat pilek menyerang, aktivitas harian tentunya akan terganggu. Badan pun seolah-olah enggan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Terlebih pilek dapat menular ke orang-orang disekitar, membuat kita lebih baik beristirahat saja dirumah. Setidaknya kamu perlu beristirahat 7 – 8 jam dalam sehari, agar tubuh menjadi lebih rileks. Tapi jika kamu memang diharuskan untuk beraktivitas diluar rumah, gunakan masker untuk menghindari penularan ke orang lain ya.

8. Mandi Air Hangat

Air hangat diketahui mampu membantu mengencerkan lendir yang ada dihidung dan mampu mengurangi peradangan. Nah, untuk itu ketika kamu sedang pilek, alangkah baiknya mandi dengan menggunakan air hangat. Selain membuat badan lebih rileks, mandi air hangat juga membantu pernapasanmu kembali normal untuk sementara saja.

9. Kompres Air Hangat

Cara Mengatasi Pilek Secara Alami

photo via redcheetahnews.com

Hidung yang tersumbat tentunya sangat tidak mengenakan. Agar hidung yang terseumbat lancar kembali kamu bisa mengompresnya dengan air hangat lho. Gunakan handuk kecil dan rendam kedalam air hangat kemudian letakkan handuk tersebut diarea atas hidung dan dahi. Kehangatan dari handuk ini mampu meredakan peradangan pada lubang hidung dan memberikan rasa kenyamanan.

10. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi pilek secara alami selanjutnya yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih. Cara satu ini sudah tidak asing lagi untuk beberapa orang. Minyak kayu putih mampu menghangatkan tubuh dan mampu mengurangi peradangan. Jika dihirup pernafasan pun menjadi lebih lega.

Nah itulah beberapa cara mengatasi pilek secara alami yang bisa kamu lakukan. Semoga tips-tips diatas bisa membantumu yang saat ini sedang pilek ya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *