10 Jembatan Kaca Paling Menakjubkan di Cina

3 bulan lalu, by blogunik

Jembatan Kaca di Cina

Cina merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki populasi terbesar di dunia dan ekonomi terbesar ke dua di dunia. Negeri tirai bambu ini juga dikenal memiliki tempat wisata yang menakjubkan salah satunya jembatan kaca. Saat ini jembatan kaca ini sedang booming di Cina dan ada lebih dari 40 jembatan kaca di seluruh negeri. Namun dari seluruh jembatan kaca tersebut, berikut ini 10 jembatan kaca paling menakjubkan di Cina

1. 3D Glass Bridge Over The Yellow River – Zhongwei

Jembatan Kaca - 3D Glass Bridge Over The Yellow River

Photo via chinaplus.cri.cn

3D Glass Bridge Over The Yellow River adalah salah satu jembatan kaca paling menakjubkan yang ada di Cina tepatnya di kota Zhongwei. Jembatan kaca ini memiliki panjang total 210 meter dan lebar 2,6 meter, selain itu jembatan kaca ini memiliki tinggi vertikal dek jembatan dari permukaan sungai sekitar 10 meter. Jembatan ini disetiap gelas memiliki kapasitas muat sekitar 3 ton. Jembatan ini tidak hanya menampilkan kaca transparan saja namun juga memiliki efek 3D. Berjalan di jembatan ini kamu akan merasakan bagaikan berjalan di sungai.

2. Hongyagu Suspension Glass Bridge – Hebei

Jembatan Kaca - Hongyagu Suspension Glass Bridge

Photo via cnn.com

Jembatan kaca ini berada di kawasan pemandangan lembah Hongya di Kabupaten Pingshan, Provinsi Hebei di Cina Utara. Jembatan ini memiliki total panjang 488 meter, lebar 4 meter dan tinggi vertikal 218 meter. Selain itu, jembatan bagian bawah terbuat dari 1.077 panel kaca setebal 4 cm. Jembatan ini dirancang sedemikan rupa dan mampu menampung sekitar 3.000 orang namun hanya 600 orang saja yang diizinkan berjalan disana pada satu waktu demi keamanan. Tak hanya itu saja, kamu juga sebaiknya memegang erat ketika berjalan di jembatan ini karena ketika angin bertiup jembatan akan bergoyang.

3. Shiniuzhai Glass Bridge – Hunan

Jembatan Kaca - Shiniuzhai Glass Bridge

Photo via latimes.com

Shiniuzhai Glass Bridge adalah salah satu jembatan kaca paling menakjubkan di Cina. Jembatan ini berada di Taman Geologi Nasional Shiniuzhai di Kabupaten Pingjiang, Provinsi Hunan bagian tengah Cina. Jembatan ini juga memiliki nama Haohan Qiao (jembatan pria berani) dimana dibutuhkan keberanian untuk berjalan diatasnya. Jembatan ini membentang di dua tebing dengan panjang 300 meter dan ketinggian 180 meter. Di bawah jembatan ini kamu bisa melihat pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, disini juga terdapat jalan setapak kaca di taman, dimana jalan setapak kaca ini berbeda dari yang lainnya karena jalan setapak ini dilengkapi dengan komponen elektronik induktif. Sehingga jalan setapak kaca ini bisa memainkan not-not indah sesuai dengan ritme ketika berjalan diatasnya.

4. Tianmen Mountain Glass Skywalk – Zhangjiajie

Jembatan Kaca - Tianmen Mountain Glass Skywalk

Photo via avax.news

Tianmen Mountain Glass Skywalk ini berada di sekitar tebing di Gunung Tianmen yang terletak di kota Zhangjiajie. Jembatan kaca ini memiliki panjang 100 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi sekitar lebih dari 1.430 meter diatas permukaan laut. Berdiri di atas jembatan ini kamu bisa menikmati pemandangan yang luar biasa dan tentunya kamu bisa merasakan sensasi mencekamnya juga karena berada di jembatan kaca.

5. Tianyun Mountain Glass Bridge – Pinggu

Jembatan Kaca - Tianyun Mountain Glass Bridge

Photo via tripadvisor.com

Tianyun Mountain Glass Bridge adalah salah satu jembatan kaca yang berada di Cina. Jembatan ini berada di area Gunung Tianyun yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Jembatan ini terbentang diantara dua gunung dengan panjang lebih dari 200 meter dan lebar 2 meter. Selain itu, jembatan ini berada sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut. Untuk menuju jembatan ini kamu bisa memilih untuk berjalan atau menaiki cableway.

6. The Yunmenshan Glass Bridge – Shaoguan

Jembatan Kaca - The Yunmenshan Glass Bridge

Photo via kaimalo.com

Jembatan kaca Yunmenshan ini merupakan jembatan kaca pertama di provinsi Guangdong di Cina Selatan. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 316 meter, ketinggian vertikal 168 meter dan lebar 2,8 meter. Jembatan ini mampu menampung sekitar 500 orang dan kapasitas penerimaan harian pengunjung maksimum 6.000. Selain melihat pemandangan, disini kalian juga bisa berdoa di Kuil Yunmen.

7. The First Suspension Glass Bridge – Liuzhou

Jembatan Kaca - The First Suspension Glass Bridge

Photo via trip.com

Jembatan kaca ini berada di kota Liuzhou, Provinsi Guangxi, jembatan ini membentang 1999 cm dan digantung diatas lembah sedalam 520 cm. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang banyak didatangi oleh para pasangan karena jembatan ini memiliki angka keberuntungan yaitu 520 yang berarti “Aku Mencintaimu” dalam bahasa Cina. Dibagian bawah jembatan kaca ini kamu juga bisa melihat pemandangan hutan yang lebat.

8. U-shaped Glass Skywalk – Chongqing

Jembatan Kaca - U-shaped Glass Skywalk

Photo via en.xfafinance.com

Jembatan satu ini memilik bentuk yang berbeda dari jembatan kaca pada umumnya, jembatan ini memiliki bentuk U. Jembatan ini dibangun di atas tebing dengan ketinggian 1010 meter, melayang diatas tanah sekitar 718 meter dan membentang sekitar 26,7 meter dari tepi tebing. Pada tahun 2015, master skydiving pernah melompat dari jembatan dan membuat jembatan ini menjadi hot spot untuk olahraga ekstream.

9. Yinglong Gorge Glass Bridge – Chongqing

Jembatan Kaca - Yinglong Gorge Glass Bridge

Photo via travelsr.com

Yinglong Gorge Glass Bridge adalah salah satu jembatan kaca paling menakjubkan di Cina. Jembatan ini memiliki sistem efek khusus 5D yang memberikan pengalaman visual unik yang tak kamu dapatkan di jembatan kaca lainnya. Ketika kalian berdiri di jembatan ini, kamu akan melihat pemandangan alam yang unik . Terkadang jembatan kaca ini juga menambilkan multi-dimensi seperti jembatan kaca yang pecah ketika kalian menginjaknya.

10. Zhangjiajie Glass Bridge – Hunan

Jembatan Kaca - Zhangjiajie Glass Bridge

Photo via atlasobscura.com

Jembatan kaca yang menakjubkan di Cina selanjutnya adalah Zhangjiajie Glass Bridge. Jembatan ini dibuka untuk umum pada tahun 2016 dan setelah ini jembatan ini menjadi salah satu jembatan paling terkenal di Cina. Jembatan ini juga telah terdaftar diantara 11 jembatan paling spektakuler di dunia oleh CNN. Jembatan kaca ini berada di 300 meter diatas Zhangjiajie Grand Canyon dan panjangnya 430 meter serta lebar 6 meter. Pada satu waktu jembatan ini hanya dapat dikunjungi 600 orang saja. Di jembatan ini kalian bisa menikmati pemandangan indah Grand Canyon Zhangjiajie dan jika kalian memiliki keberanian kalian bisa bungee jumping disini.

Itulah beberapa jembatan kaca paling menakjubkan di Cina, dari deretan jembatan diatas mana yang ingin sekali kamu kunjungi?

Artikel Terkait