3 Langkah Mudah Mengetahui Sebuah Berita Hoax Atau Bukan

2 bulan lalu

Saat ini media sosial mungkin telah menjadi kebutuhan manusia dalam bersosialisasi. Namun sayangnya berkembangnya sosial media justru membuat pengaruh media sosial semakin tidak terkendali. Media sosial kini tidak hanya menjadi tempat berkomunikasi namun juga digunakan untuk tempat berbagi kabar dan berita.

Namun semakin boomingnya medsos, peredaran berita hoax di medsos juga semakin marak. Hampir setiap saat terdapat berita hoax yang berseliweran di media sosial. Sayangnya para warganet cepat mempercayai hal tersebut sehingga berita hoax tersebut semakin ramai diperbincangkan.

Tentunya kamu sebagai orang yang cerdas dan berpendidikan harus pintar memilah informasi mana yang asli dan mana yang hanya sekedar berita palsu. Pasalnya kalau berita hoax dibiarkan, keberadaannya jelas sangat mengancam masyarakat karena menebar informasi yang tidak benar. Misalnya saja kamu percaya dengan informasi kalau si A telah menghina si B yang mana si B adalah temanmu. Kamu yang langsung percaya tanpa mencari tahu kebenarannya langsung menghujat si A dan membela si B. Padahal tidak ada hal yang terjadi diantara mereka. Hal tersebut justru membuatmu terlihat buruk dimata mereka dan parahnya justru dirimu yang menciptakan api diantara mereka.

Maka dari itu, sangatlah penting bagimu untuk mengetahui cara menentukan berita hoax atau tidak. Banyak hal yang bisa kamu ketahui dalam mencari tahu apakah itu berita hoax atau tidak.

Mulai dari mencari tahu sumber yang pasti dari mana berita tersebut muncul, perhatikan juga kejanggalan dalam kalimat berita tersebut, sebab berita hoax biasanya menggunakan bahasa provokatif, memanfaatkan isu-isu yang sedang tren seperti isu SARA, pemerintah dan lainnya. Selain itu kamu juga harus menyesuaikan judul dan isinya, janganlah membaca hanya sebatas judul lalu langsung menyimpulkan isinya.

Ada juga cara yang paling mudah untuk mengetahui hoax yakni dengan memanfaatkan tool milik Google yakni Google Images. Untuk menggunakan Google Images ini, kamu hanya perlu melakukan 3 langkah mudah sebagai berikut :

1. Simpan atau screenshot foto atau gambar yang disertakan di  sebuah berita yang dicurigai sebagai berita hoax yang ingin kamu verifikasi kebenarannya

Misalnya saja seperti berita diatas yang di bagikan dimedia sosial yang mengatakan kalau foto tersebut merupakan gerakan atau latihan para pemuda dan pemudi PKI yang ingin memberontak di Indonesia. Banyak yang percaya dengan berita tersebut sehingga ada banyak yang terpancing dan tersulut emosinya. Untuk mengetahui kabar tersebut benar ayau hoax, kamu bisa melakukan langkah yang kedua.

2. Langkah yang kedua yang bisa kamu lakukan adalah “klik kanan pada gambar lalu pilih search Google for image”.  Maka akan muncul berberapa artikel yang terkait foto atau gambar tersebut.

Atau kamu juga bisa dengan membuka laman Google Image, sehingga muncul kolom pencarian image. Setelah itu drag hasil screen shoot foto pada artikel tadi pada kolom pencarian image. Setelahnya, akan muncul hasil pencarian yang menampilkan berbagai situs yang menggunakan foto atau gambar yang sama.

3. Langkah ketiga yaitu bandingkan berita yang kamu lihat di media sosial dengan hasil pencaharian di Google tersebut

Dari hasil pencaharian di Google yang sudah kamu dapatkan, silahkan baca artikel dari sumber yang kredibel dan dapat dipercaya khususnya situs berita yang terpercaya seperti CNN, Detik, Kompas, Liputan 6, Metro TV atau sumber berita terpercaya lainnya. Untuk contoh foto PKI latihan diatas, hasilnya ada sebuah sumber yang dapat dipercaya yaitu Getty Images(Getty Images berisikan foto-foto editorial dari berbagai penjuru dunia). Klik artikel dari Getty Images tersebut kemudian baca lebih detail isi artikel tersebut. Jika artikel di sosial media sama dengan sumber berita atau informasi terpercaya yang baru saja kalian Googling maka dapat dipastikan bahwa berita di sosial media tersebut adalah benar adanya. Namun jika sebaliknya maka dapat dipastikan berita di sosial media tersebut adalah HOAX.

Dari contoh yang kita gunakan yaitu tentang isu pemuda pemudi PKI latihan perang, ternyata informasi dari Getty Images mengatakan bahwa foto dimana para remaja yang sedang membawa senapan tersebut ternyata terjadi di Filipina dan bukan di Indonesia. Dijelaskan bahwa foto atau gambar tersebut merupakan sebuah latihan dari satu peleton pejuang gerilyawan dari Komando Daerah Chadli Molintas yang sedang berbaris dalam sebuah formasi guna memperingati ulang tahun ke 48 tahun Tentara Rakyat Baru (NPA) di kamp dataran tinggi yang tersembunyi pada 2 April 2017 di pedalaman terpencil Provinsi Gunung, Filipina.

Dari infomasi Getty Images tersebut sudah jelas jika berita yang menyatakan kalau barisan remaja yang membawa senapan laras panjang tersebut adalah PKI merupakan berita hoax yang tujuannya untuk memprovokasi sehingga menimbulkan keresahan dan kemarahan masyarakat.

Nah itu dia 3 langkah mudah mengetahui Hoax. Ingat guys, jangan terlalu cepat percaya dengan berita yang berseliweran di media sosial. Jadilah pengguna internet yang cerdas dan cari tahu dulu kebenaran berita sebelum kamu berkomentar. Silahkan bagikan artikel ini agar dapat membantu netizen yang lain untuk memerangi HOAX.

Baca Juga