BTS vs SuperM Siapa Yang Paling Unggul?

6 bulan lalu, by blogunik

BTS vs SuperM

BTS dan SuperM adalah salah satu boygroup asal Korea Selatan dimana mereka memiliki persamaan yaitu sama-sama berada di agensi terbesar di Korea Selatan. BTS sendiri berada di Big Hit Entertainment sedangkan SuperM berada di SM Entertainment. Sebelumnya SM Entertainment mengumumkan akan mendebutkan boygroup yang bernama SuperM. SuperM ini terdiri dari tujuh member yang berasal dari tiga boygroup milik SM Entertainment yaitu SHINee, EXO, NCT 127 dan WayV. Banyak orang yang mengatakan jika proyek SuperM ini adalah upaya untuk meruntuhkan BTS. Semuanya tentunya sudah tahu jika BTS adalah boygroup yang saat ini sedang boomingnya di seluruh dunia.

Sebagai boygroup Korea Selatan terbaik dalam beberapa tahun di seluruh dunia ini, tentunya kehadiran SuperM dikatakan sebagai lawan dari BTS. Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan dari pendiri dari SM Entertainment yaitu Lee Soo Man. Lee Soo Man menyatakan bahwa mereka akan mencoba fokus ke pasar luar Korea Selatan untuk proyek boygroup kali ini. SM Entertainment pun serius mempersiapkan segalanya tentang SuperM ini mulai dari konsep, musik, video klip hingga style fashionnya. Bisa dikatakan juga SuperM ini adalah sub unit terbaik yang dimiliki oleh SM Entertainment. Persaingan antara kedua boygroup ini pun dimulai ketika SuperM telah debut dan mendapatkan perhatian khusus dari agensi Los Angeles, Amerika Serikat. Kira-kira siapa yang paling unggul antara BTS dan SuperM?

1. Agensi

  • BTS

    Big Hit Entertainment

    Photo via darikorea.blogspot.com

    BTS atau Bangtan Sonyeondan atau dikenal juga dengan Bangtan Boys adalah boygroup yang beranggotakan tujuh orang yang berasal dari Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Big Hit Entertainment sendiri saat ini dikenal sebagai salah satu agensi terbesar di Korea Selatan. Big Hit Entertainment didirikan pada tahun 2005 oleh produser musik dan mantan komponis JYP yaitu Bang Si Hyuk. Agensi ini dikenal juga sebagai rumah dari idol kpop lainnya seperti TXT (Tomorrow X Together).

  • SuperM

    SM Entertainment

    Photo via kumpulan-soal.nwsupdate.me

    SuperM adalah supergorup yang dibentuk oleh SM Entertainment dan Capitol Music Group. SM Entertainment sendiri dikenal sebagai salah satu agensi terbesar di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soo Man. SM Entertainment sendiri juga dikenal sebagai agensi taman bunga karena agensi ini rumah bagi sederet artis tampan dan cantik seperti BoA, S.E.S, TVQX, TRAX, The Grace, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT dan dulunya merintis group H.O.T, Fly to the Sky dan Shinhwa.

    Capitol Record

    Photo via unsplash.com

    Sedangkan Capitol Records adalah sebuah label rekaman dari Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1942 dan dimiliki oleh EMI sejak tahun 1955. Capitol Record ini dikenal sebagai label rekaman artis-artis ternama seperti The Beatles, Queen, John Lennon, Red Hot Chili Peppers, Yoko Ono, Coldplay dan lainnya. Tak heran jika banyak yang mengatakan SuperM sebagai salah satu boygroup terbaik, karena mereka berada dibawah agensi ternama yang melahirkan artis-artis terbaik dan populer.

2. Genre Musik

  • BTS

    BTS sendiri memiliki genre musik kpop, hip hop, R&B dan EDM, dimana lagu-lagu yang mereka ciptakan sangat enak di dengarkan dan membuat kita ingin mendengarkannya lagi dan lagi. Selain itu, mereka juga pernah memadukan genre musik hip hop dengan sentuhan elektronik serta suara alat musik daegeum yang merupakan salah satu alat musik tradisional Korea dalam lagu “A Brand New Day”. Hal ini membuktikan jika BTS adalah idol kpop yang cerdas memadukan genre musik apa saja.

  • SuperM

    SuperM memiliki genre musik kpop, dance pop, techno, deep house dan musik rock. Sebagian besar lagu-lagu mereka ini memang sudah disesuaikan dengan pasar di industri Internasional khususnya Amerika. Hal ini dikarenakan SuperM sendiri akan fokus untuk pasar internasional dan lagu-lagu mereka pun sangat enak didengarkan. Mereka juga layak bersaing di industri internasional.

3. Aransemen dan Lirik Lagu

  • BTS

    Aransemen dan Lirik Lagu BTS

    Photo via minews.id

    Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh BTS tentunya adalah orang-orang yang berbakat seperti RM, Suga dan produser utama mereka yaitu Pdogg. Untuk liriknya sendiri, sejak awal BTS telah memegang keyakinan bahwa menceritakan kisah mereka adalah satu-satunya cara bagi generasi muda untuk berhubungan dengan musik mereka. BTS sendiri juga mencoba memasukkan pengalaman yang dirasakan semua orang dalam hidup.

  • SuperM

    Aransemen dan Lirik Lagu SuperM

    Photo via inikpop.com

    Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh SuperM ini di aransemen oleh LDN Noise, Yoo Young Jin, Kenzie, Moonshine dan Jonathan Santana. Sedangkan untuk lirik lagunya sendiri dibuat oleh Tay Jasper, Adrian Mckinnon, Jam Factory, Hwang Yoo Bin, Kenzie, Danke dan Taeyong. Untuk LDN Noise mereka adalah duo penulis lagu dan produksi rekaman yang berbasis di London, Inggris. Mereka juga sempat menghasilkan hit untuk artis lainnya seperti Nick Jonas, Chris Brown, EXO, Red Velvet dan NCT. Menariknya ternyata salah satu member SuperM juga ikut dalam pengerjaan lirik dan musik, ia adalah Taeyong.

4. Leader Dalam Grup

  • BTS

    Leader BTS - RM

    Photo via soompi.com

    Leader dari BTS adalah RM, RM sendiri memang dikenal sebagai mmeber dengan kepemimpinan yang karismatik dan sangat peduli pada setiap membernya. RM sendiri juga dikenal sebagai salah satu idol kpop yang memiliki otak cerdas, ia bahkan memiliki IQ mencapai angka 148. Sebagai leader tentunya ia memiliki banyak peran dalam BTS, ia juga dikenal sebagai member yang paling jago berbahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dalam berbagai interview dan konser di luar negeri. RM sendiri juga merangkap sebagai juru bicara sekaligus translator bagi grupnya. Memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, berbahasa Inggris yang fasih, karismatik dan pintar membuat lagu, membuat ia dinobatkan sebagai presiden bagi penggemar BTS yaitu ARMY.

  • SuperM

    Leader SuperM - Baekhyun

    Photo via pinterest.com

    Leader dari SuperM sendiri adalah Baekhyun, pemilih nama asli Byun Baekhyun ini tidak terpilih menjadi leader karena ia mampu menjaga para member SuperM dengan baik. Selain itu, Baekhyun sendiri juga mampu membawa pengaruh besar untuk SuperM. Baekhyun sendiri dikenal juga memiliki suara emas dan dikenal juga memiliki sifat yang ceria dan menggemaskan. Ia juga dikenal sangat perhatian pada para fans, ia sempat mengingatkan para penggemarnya agar membeli jaket tebal ketimbang album baru EXO. Hal ini karena sedang musim dingin dan Baekhyun mengkhawatirkan kesehatan para penggemarnya.

    Selain fokus menjadi member EXO dan SuperM, Baekhyun juga aktif melakukan kolaborasi dan mengisi soundtrack drama. Baekhyun sendiri bisa dikatakan member SuperM yang multitalenta karena ia juga pernah menjajal dunia akting dengan menjadi karakter dirinya dalam web series “EXO Next Door” bersama member EXO lainnya. Ia juga pernah bermain dalam drama Korea “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo”. Tak hanya itu, pria ini pun pernah mencoba panggung musikal dalam pertunjukan bertajuk “Singin in the Rain”. Selain menjadi seorang idol dan aktor, Baekhyun juga sukses di bidang fashion dengan line busananya bernama Privé Alliance!

5. Maknae Dalam Grup

  • BTS

    Maknae BTS - Jungkook

    Photo via inikpop.com

    Maknae di BTS sendiri adalah Jungkook, ia juga menjadi salah satu member BTS yang paling dicintai para ARMY. Jungkook sendiri dikenal memiliki kemampuan vokal yang mumpuni dan memiliki sejuta pesona yang membuatnya mendapat julukan Golden Maknae. Jungkook tak hanya dikenal pandai bernyanyi saja namun ia dikenal juga pandai bermain game. Jungkook juga sempat bermain saxophone dimana ia sangat baik di percobaan pertama. Semua penggemar tentunya tahu jika setiap tahunya para idol akan mengikuti kejuaraan atletik. Di sini Jungkook dikenal sebagai salah satu member yang paling jago dalam bidang olahraga. Hal ini dibuktikan ketika ia mengikuti olahraga archery dimana ia nyaris mendapatkan nilai sempurna. Tak hanya memiliki bakat di dunia musik saja, Jungkook juga memiliki bakat dalam seni lukis.

  • SuperM

    Maknae SuperM - Mark Lee

    Photo via kpopping.com

    Di SuperM yang menjadi maknae adalah Mark NCT 127, Mark sendiri dikenal sebagai salah satu rapper terbaik kebanggaan SM Entertainment. Pemilik nama Mark Lee ini adalah member SuperM yang juga member NCT yang berwargakenegaraan Kanada, Amerika Utara. Mark sendiri mendapat julukan “Pro Debut Idol” hal ini dikarenakan ia debut beberapa kali. Mark debut pertama kali bersama NCT U, NCT 127, NCT Dream dan terkahir ia debut sebagai member SuperM. Mark pun diketahui mendaftar untuk ikut kompetisi High School Rapper yang tayang di Mnet. Mark juga memiliki kemampuan menulis lagu dan ia ikut berkontribusi menulis lagu untuk lagu-lagu NCT terutama dibagian rap. Maknae SuperM ini juga pandai berbahasa Inggris mengingat dirinya lahir dan dibesarkan di Amerika. Kemampuan berbahasa Korea-nya pun semakin baik sehingga tak heran jika ia kerap menunjukkan skill bilingualnya dihadpan orang lewat lirik-lirik rapnya. Selain ngerap dan menulis lirik lagu, Mark juga jago memainkan alat musik khususnya gitar.

6. Rap Line

  • BTS

    Rap Line BTS - RM, J-Hope dan Suga

    Photo via twitter.com/louisemichiko

    BTS sendiri memiliki rap line yang terdiri dari RM, J-Hope dan Suga, dimana mereka selalu membuat para ARMY kagum dengan rap yang mereka lantunkan. Mereka masing-masing memiliki style rap yang berbeda, dimana RM memiliki suara yang lebih dalam dan mengalir. Suga sendiri sering merapalkan bagiannya dengan cepat dan jelas sedangkan J-Hope ngerap dengan lebih santai namin sempurna dengan beat lagu.

  • SuperM

    Rap Line SuperM - Kai, Taeyong, Ten, Lucas dan Mark.jpg

    Photo via fanpop.com

    SuperM memiliki rap line yang terdiri dari Kai, Taeyong, Ten, Lucas dan Mark. Rap line dari SuperM ini bisa dikatakan lebih banyak dari BTS sendiri yang memiliki 3 rap line saja. Kai, Taeyong, Ten, Lucas dan Mark adalah rapper yang memiliki skill mumpunin dan bisa dikatakan mereka adalah rapper terbaik yang dimiliki oleh SM Entertainment.

7. Vokal Line

  • BTS

    Vokal LIne BTS

    Photo via kpopping.com

    BTS sendiri memiliki vocal line yang terdiri dari Jin, Jimin, V, dan Jungkook, dimana masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Jin merupakan member BTS yang memiliki suara spesial karena timbre suara yang unik. Jimin dikenal mampu menjangkau nada-nada tinggi meskipun tidak handal soal teknik. V atau Taehyung dikenal memiliki tone suara yang lebih dalam dan maskulin, selain itu range vokalnya juga terbilang lebar dari yang lainnya. Terakhir Jungkook, Jungkook memiliki suara yang lembut dan kontrol suara yang bagus.

  • SuperM

    Vokal LIne SuperM

    Photo via kpopping.com

    Vokal line di SuperM terdiri dari Baekhyun, Taemin, Kai dan Ten. Dalam memilih vokal line, SM Entertainment sendiri memiliki kriteria tertentu dimana mereka akan melihat dari dua jenis suara. Pertama, mereka akan memilih seorang vokalis yang suaranya bisa dikatakan klasik, dimana klasik ini adalah anggota yang memiliki suara stabil serta tidak asing atau warna suara dan kemampuan yang sering didengar oleh kebanyakan orang. Kedua, mereka akan memilih suara yang unik atau khas. Sehingga tak heran jika SM Entertainment memilih Baekhyun, Taemin, Kai dan Ten sebagai vokal line.

8. Dance Performance

  • BTS

    BTS sendiri dikenal memiliki dance performance yang memukau, hal ini pun dibuktikan dengan penghargaan yang mereka dapatkan. BTS sendiri mendapatkan penghargaan dance performance (Male) untuk lagu “Boy With Luv”. Banyak yang mengatakan koreografi mereka unik dan berbeda dari para idol-idol kpop lainnya. Bahkan mereka disebut sebagai dewa-dewa dance yang mampu menciptakan dan menampilkan koreografi rumit.

  • SuperM

    Untuk urusan dance performance mungkin SuperM bisa dikatakan lebih unggul ketimbang BTS. SuperM sendiri memiliki dancer terbaik dari yang terbaik di SM Entertainment, mereka sendiri adalah Kai, Taemin dan Ten. Jika dilihat-lihat dance mereka sangat power full dengan iringan musik yang keren. Kalian bisa cek videonya diatas

9. Penjualan Album

  • BTSAlbum BTS

    Photo via hallyumart.com

    Dalam penjualan album, BTS bisa dikatakan sukses besar dimana idol kpop bentukan Big Hit ini menduduki posisi kedua sebagai grup kpop dengan penjualan album fisik terbanyak. Dari awal debut hingga saat ini, album BTS sudah terjual sebanyak 9.815.626 copy.

  • SuperMAlbum SuperM

    Photo via melodiary.com

    Dalam penjualan album, Billboard mengatakan jika SuperM berhasil menduduki puncak chart Billboard 200 periode 19 – 25 Oktober 2019. Album “SuperM-The 1st Mini Album” ini terjual 168.000 unit setara album. Billboard mengklaim sekitar 164.000 unit diantaranya merupakan penjualan fisik album. Hal ini pun menjadikan SuperM sebagai album debut grup kpop dengan penjualan tertinggi di Amerika Utara.

10. Prestasi

  • BTS

    Prestasi BTS

    Photo via educatepark

    Perjalanan karir BTS memang tidak mudah dan tidak semulus sekarang ini. Ada banyak sekali rintangan yang mereka lalui, namun berkat kerja keras mereka dan semangat mereka. Pada akhirnya mereka berhasil di kenal oleh dunia. Mulai dari awal debut hingga saat ini ada banyak sekali prestasi yang mereka raih baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Ada puluhan pengargaan yang mereka raih seperti Asia, Artist Awards, Gaon Chart Music Awards, Genie Music Awards, Golden Disk Awards, Korean Music Awards, MelOn Music Awards, Mnet Asian Music Awards (MAMA), Seoul Music Awards, Soribada Best K-Music Awards, The Fact Music Awards, V-Line Awards, Actuality Awards, Anugerah Bintang Popular, American Music Awards, Billboard Argentina, Billboard Music Awards, BBC Radio1 Teen Awards, BraVo Music Awards, Braco Otto Awards, Break Tudo Awards, E! People’s Choice Awards, Gaffa-Prisen Awards, iHeartRadio Awards, Japan Gold Disc Awards dan masih banyak lagi.

  • SuperM

    Prestasi SuperM

    Photo via twitter.com/superm

    Meskipun SuperM terbilang baru saja debut, namun prestasi yang mereka raih patut diacungi jempol. Mulai dari debut hingga saat ini SuperM mencetak prestasi gemilang, mereka berhasil memecahkan rekor untuk blueroom #KpopTwitter paling banyak ditonton dunia. Mereka juga berhasi menguasai puncak tangga lagu Billboard di Amerika Serikat lewat “SuperM – The 1st Mini Album”.

11. Skandal

  • BTSSkandal BTS

    Photo via aminoapps.com

    Mulai dari awal debut hingga saat ini BTS jarang sekali tertimpa skandal , tapi meskipun begitu bukan berarti mereka tidak pernah terlibat dalam skandal. Membernya yang pernah terlibat dalam skandal yaitu Jin, Jin pernah membuat kontroversi setelah sebuah kondim terlihat di kamar asramanya. Namun agensi sudah mengklarifikasi jika kota itu memang kondom yang didapatkannya dari penggemar. BTS juga pernah dituduh melakuka sajaegi karena single utama “I Need U” menduduki banyak tangga lagu di Korea dan albumnya laris manis melampaui Big Bang. RM juga sempat terlibat skandal plagiarisme, dimana RM dituduh menjiplak lirik dari karya salah satu pengguna twitter. BTS juga pernah terkena kontroversi misogini dan kontroversi ini semakin menjadi setelah “Joke” RM dirilis di mixtapenya pada tahun 2015. Banyak netizen yang percaya jika liriknya tidak hanya misogini tapi juga terlalu bersifat seksual.

    Selain itu, RM juga pernah membuat kontroversi dimana hal ini disebabkan dari wawancaranya yang dilakukan di Australia. Ketika itu, RM menyatakan “Ketika saya pertama kali melihat V dan J-Hope saya tidak dapat melihat mereka karena mereka terlalu hitam”. Hal ini membuat orang berpikir jika komentar dari RM terlalu rasis dan RM menerima banyak kritikan. Skandal selanjutnya pernah terjadi pada Jungkook, dimana Jungkook dikabarkan sedang berkencan dengan seorang wanita yang berprofesi sebagai seniman tato. Namun kabar ini telah dibantah oleh Big Hit Entertainment. Terakhir, salah satu member BTS yaitu Jungkook memenuhi panggilan kepolisian dan menjalani pemeriksaan setelah terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil. Jungkook pun dituduh melanggar UU Lalu Lintas ketika mengendari mobilnya di lingkungan Hannam di Distrik Yongsan dan menabrak taksi.

  • SuperMSkandal Kai EXO

    Photo via m.matamata.com

    Karir SuperM mungkin terbilang baru namun bebrapa membernya pernah terlibat dalam skandal. Skandal yang banyak terjadi adalah skandal asmara. Skandal asmara pertama yang membuat publik heboh yaitu skandal kencan Baekhyun dengan Taeyeon SNSD. Skandal ini membuat para EXO-L geram dan sangat menentang hubungan mereka bahkan kedua idol ini diserang langsung di media sosial. Gemparnya skandal ini membuat Baekhyun harus hiatus dan Taeyeon sibuk meminta maaf pada semua penggemar. Skandal kencan kedua datang dari Kai, dimana Kai pernah terciduk sedang berkencan dengan Krystal f(x) namun hubungan mereka berdua tidak bertahan lama. Lalu skandal kencan kembali terjadi dimana Kai lagi yang terciduk media sedang berkencan dengan Jennie Blackpink. Skandal ini sangat heboh pada tahun 2019 namun hubungan keduanya tidak bertahan lama setelah di konfirmasi mereka berkencan beberapa minggu setelahnya kabar mereka putus pun muncul. Skandal selanjutnya datang dari Taeyong dimana ia dituduh memiliki perilaku buruk selama di sekolah menengah pertama. Mulai dari isu bullying, menghina teman perempuan bertubuh gemuk hingga menulis pesan menyinggung temannya yang gay.

12. Member Yang Multitalenta

  • BTS

    V BTS Drama

    Photo via wallpapercave.com

    BTS memiliki member yang multitalenta yaitu V, dimana V terjun ke dunia akting. V sendiri pernah membintangi drama Korea berjudul “Hwarang: The Poet Warrior Youth”. Dimana drama ini dibintangi oleh Park Seo Joon, Go Ara, Park Hyun Sik dan lainnya.

  • SuperMKai EXO Drama

    Photo via asianwiki.com

    Tak hanya member BTS saja yang memiliki member multitalenta, member SuperM pun juga memiliki talenta lainnya selain bernyanyi. Ada beberapa member yang terjun ke dunia akting seperti Baekhyun, Baekhyun sendiri diketahui pernah bermain dalam drama berjudul “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo”. Kemudian ada Kai yang bermain di beberapa drama seperti “Choco Bank”, “First Kisses”, “Adante”, “Spring Has Come” dan “The Miracle We Met”. Selain Kai dan Baekhyun ternyata Taemin juga diketahui pernah debut akting di Jepang. Dimana Taemin bermain dalam drama berjudul “Final Life – Even If You Disappear Tomorrow”. Tak hanya itu saja, diketahui juga bahwa Mark juga sempat membintangi sebuah drama Amerika bertemakan investigasi yang berjudul “NCIS:New Orleans”. Member SuperM yang juga multitalenta yaitu Taeyong, mungkin tidak banyak yang tahu jika Taeyong sempat bermain dalam drama “To The Beautiful You”. Dimana drama ini dibintangi oleh Sulli, Minho SHINee, Lee Hyun Woo, Kwanghee, Kang Ha Neul, Kim Ji Won dan lainnya.

Setiap Idol kpop tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk BTS dan SuperM sendiri. BTS tentunya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Super M dan begitu juga dengan SuperM yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh BTS. Yang pasti, kedua idol ini sangat kuat di industri musik sehingga membuat mereka mencapai popularitas yang tinggi. Kamu tim mana BTS atau SuperM?

Artikel Terkait