Cara Terbaik Menerima Ketika Kamu Diputusin Pacar

1 bulan, by blogunik

Putus nyambung dengan pacar memang menjadi hal yang biasa dan wajar ketika menjalani sebuah hubungan asmara. Yang menjadi masalah adalah cara menghadapi perasaan sedih yang muncul saat putus dengan pacar yang tentunya membuat sebagian orang merasa sakit hati, kecewa, marah dan bahkan merasa menjadi orang yang paling terluka dan menderita didunia. Terlebih jika alasan berakhirnya hubungan tersebut belum jelas penyebabnya.

Lantas, bagaimana sih cara terbaik agar kita bisa menerima kenyataan kalau kita sudah diputusin pacar? Untuk itu, kali ini Blog Unik akan berbagi beberapa tips dan cara terbaik buat kamu agar bisa menerima kenyataan jika pacar yang kamu sayang minta putus secara sepihak. Seperti apa tipsnya? Berikut ulasannya!

1. Tetap tenang dan jaga sikapmu

Nggak ada angin, nggak ada hujan, tiba-tiba pacar mutusin kamu secara sepihak? Memang akan membuat terkejut dan pastinya sakit hati, tapi yang harus kamu lakukan setelah mendengar permintaannya untuk putus adalah kamu harus tetap tenang. Jangan menangis, kendalikan emosi dan jaga sikap kamu.

Berperilaku tenang ini, bisa menjaga gengsi kamu meskipun diputusin pacar duluan, selain itu, dengan bersikap tenang juga bisa membuatmu terus berpikir jernih tentang langkah apa saja yang semestinya diambil. Mampu berpikir positif akan keadaan yang sedang terjadi akan membuatmu terlihat elegan di mata pasangan hingga terlihat dewasa dalam bersikap. Jadi intinya jangan menangis dan memperlihatkan kelemahanmu didepannya ataupun memohon-mohon agar dia tidak memutuskan kamu. Karena kamu berhak mendapatkan yang lebih baik!

Cara Terbaik Menerima Ketika Kamu Diputusin Pacar

photo via powerful-spell-caster-australia.com

2. Tanyakan pada pasangan tentang alasannya

Kalau kamu bisa mengendalikan diri kamu dengan bersikap tenang, maka kamu bisa menanyakan alasan kenapa dia memilih untuk mengakhiri hubungan percintaan yang selama ini kalian jalin. Tanyakan baik-baik tanpa ada kesan menuduh kalau dia punya cewek baru ataupun hal-hal semacamnya. Penting untuk mengetahui alasannya ingin putus dari kamu agar tidak timbul persepsi yang macam-macam pada diri kita yang bisa saja akan menjadi sebuah dendam dan akan membawa kerugian pada diri sendiri.

Jika memang alasan yang ia berikan masuk akal atau demi kebahagiaan dirinya atau bahkan demi kebaikan bersama, maka kita tidak bisa egois. Kita harus berpikir dengan dewasa bahwa cinta memang tak harus memiliki. Akan tetapi jika alasan yang ia berikan sedikit aneh, kita patut untuk curiga, meski keputusan terbaik yang bisa diambil adalah mengakhiri hubungan, karena dia memang tak pantas untuk kamu karena telah mengkhianati kesetiaan dan kepercayaan kamu.

3. Berikan alternatif lain selain Putus

Kalau dia minta putus secara tiba-tiba dengan berbagai alasan, namun kalian sama-sama sadar kalau kalian masih memiliki rasa satu-sama lain, maka kamu bisa memberikan alternatif lain selain putus. Seperti break untuk beberapa saat. Dalam masa break, kamu dan kekasih bisa saling menjauh untuk berintrospeksi diri. Mungkin saja cara ini bisa menyelamatkan hubungan dan dia menarik kembali keputusannya untuk putus dari kamu. Karena saat menjauh, seseorang baru bisa menyadari kehilangan orang yang sebenarnya sangat dicintainya.

Cara Terbaik Menerima Ketika Kamu Diputusin Pacar

photo via exploringyourmind.com

4. Jangan bersikap menyebalkan

Bersikaplah dewasa dan terima kenyataan kalau dia memang sudah tak mencintai kamu. Meski kamu nggak mau diputusin apalagi secara sepihak, bukan berarti kamu harus memohon-mohon padanya dan ngotot agar dia menarik kembali keputusannya. Jaga harga diri kalian karena kalian tidak harus merendah didepan orang yang telah menyakiti kamu. Sebaiknya, berikan dia waktu untuk memikirkan ulang keputusannya. Jangan terus-terusan mengejarnya dengan meneleponnya atau mengirim pesan. Yang ada si dia malah semakin ilfil dengan sikap kamu tersebut.

5. Pikirkan dengan matang apakah kamu masih perlu memperjuangkannya atau tidak

Setelah kamu mengetahui alasan kenapa dia ingin putus dari kamu, maka berikan waktu untuk dirimu sendiri untuk berpikir apakah si dia masih perlu diperjuangkan atau tidak. Jika memang kamu menyetujui permintaan pasangan yang memilih putus, maka kamu harus bisa ikhlas menerimanya.

Jika memang kamu masih ingin memperjuangkannya, maka cari alternatif lain, seperti yang disebutkan tadi seperti meminta jeda break untuk hubungan. Selain itu, kamu juga bisa memgambil langkah bijak lainnya demi mempertahankan hubungan meski kamu sadar kalau kamu akan berjuang sendiri. Perlu diingat kalau berjuang sendiri itu sanagt berat dan perlu perjuangan keras.

Cara Terbaik Menerima Ketika Kamu Diputusin Pacar

photo via askmen.com

6. Hargai keputusannya dan jangan simpan dendam jika kamu memilih untuk mengakhirinya

Cara terbaik menerima dengan ikhlas ketika diputusin pacar secara sepihak berikutnya adalah dengan menghargai keputusannya. Apapun alasannya, jika dia memang sudah tidak mau melanjutkan hubungan yang sudah terjalin, maka kamu harus bisa menerima dan menghargai keputusannya.

Meski kecewa dan sedih, kamu tidak bisa egois dan bertindak brutal. Mungkin saja dia memang bukan jodoh terbaik untuk kamu. Jangan juga menyimpan rasa dendam hanya karena dia memutuskan kamu secara sepihak. Rasa dendam justru akan memperburuk kehidupan kamu sendiri.

7. Jangan menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan dirinya

Tak bisa dipungkiri kalau setiap hubungan yang kandas pasti memiliki pemicu tersendiri. Ada banyak alasan yang sering digunakan seseorang untuk memutuskan pacar mereka. Mulai dari alasan dia kurang senang dengan sifat kita. Kita dianggap terlalu posesif sehingga dia tidak nyaman dengan kita, dan yang paling sering jadi penyebab diputusin pacar adalah adanya orang ke-3 dalam suatu hubungan.

Maka dari itu, jangan pernah menyalahkan diri sendiri dan pasangan kita atas keputusannya,karena dengan terus-menerus saling menyalahkan berarti menandakan kita belum bisa menerima perpisahan itu.

8. Terima kenyataan kalau dia memang tak mencintaimu lagi

Belajarlah untuk menerima kenyataan kalau dia tak mencintaimu lagi. Untuk apa mengharapkan ataupun memohon cinta kepada orang yang jelas-jelas sudah tak memiliki rasa padamu. Kalaupun dipaksakan sama saja dengan membohongi sebuah kenyataan pada sebuah perasaan. Sebaliknya, kamu harus berpikir positif kalau putusnya hubungan dengannya adalah tanda kalau kebahagiaanmu bukan dengannya namun dengan orang lain yang benar-benar mencintai kamu.

Cara Terbaik Menerima Ketika Kamu Diputusin Pacar

photo via oklahoman.com

9. Belajar ikhlas untuk melepaskan dirinnya

Jika dirimu sudah mampu menerima kenyataan, maka belajarlah ikhlas untuk melepaskan. Ketika dia sudah memilih untuk mengakhiri hubungan denganmu, maka tak ada lagi yang perlu dipertanyakan. Ini jalan yang dia pilih. Tak ada yang bisa kamu lakukan selain mengikhlaskan kepergiannya dari kehidupan kamu. Buktikan padanya bahwa kamu bisa hidup lebih baik tanpanya.

10. Ucapkan terimakasih

Nah setelah kamu sudah benar-benar bisa menerima dan mengikhlaskan dirinya yang minta putus, maka kamu bisa mengucapkan kata terima kasih setulus-tulusnya kepadanya. Itung-itung sebagai salam perpisahan, kamu bisa katakan terimakasih karena dia pernah mewarnai kehidupan kamu dengan hal-hal yang menyenangkan dan membahagiakan. Berikan juga pesan terakhir kepadanya agar ia bisa menjaga dirinya baik-baik. Selipkan juga doa agar dia bisa mendapatkan pengganti yang lebih baik dari dirimu sekarang.

11. Siapkan diri untuk move on

Meski menyembuhkan luka dihati itu perlu waktu, namun jangan kelamaan terperangkap dengan masa lalu. Kamu harus bisa move on. Lupakan dirinya yang memutuskan kamu secara sepihak, dan fokuslah untuk menyenangkan dan membahagiakan diri sendiri. Kamu juga bisa introspeksi diri agar kamu bisa menjadi sosok yang lebih baik kedepannya.

Setelahnya buka hati kembali untuk orang yang benar-benar mencintai kamu. Walau kita jadi pihak yang diputuskan, bukan berarti kita tidak berhak bahagia. Sebaliknya, kita berharga dan pantas mendapatkan pengganti yang jauh lebih baik lagi kedepannya.

Cara Terbaik Menerima Ketika Kamu Diputusin Pacar

photo via officialdivinea.com

12. Dan ingat jodoh tak akan lari kemana

Ingat pepatah “jodoh tak akan lari kemana”. Maka jangan terlarut dalam kesedihan hanya karena kamu diputusin secara sepihak. Kalau dia memang jodoh kamu, mau putus nyambung berapa kalipun, dia akan berakhir denganmu. Dan meskipun dia bukan jodoh kamu, pasti ada seseorang lainnya yang ditakdirkan hanya untuk kamu. “Mati satu tumbuh seribu” guys!

Nah itulah beberapa tips dan cara terbaik menerima kenyataan ketika kamu diputusin pacar secara sepihak. Tidak ada gunanya terlarut dalam kesedihan hanya karena diputusi pacar. Ingat, kalau dia benar-benar sayang dan cinta, tak akan ada kata putus yang keluar dari mulutnya. So, di depan sana ada peluang besar bagimu mendapat pasangan yang lebih baik.

1+
Artikel Terkait