Cara Yang Tepat Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Lidah Buaya

4 bulan lalu

Cara mengobati jerawat dengan lidah buaya

Jerawat merupakan salah satu gangguan pada wajah yang sangat menyebalkan, timbulnya jerawat di wajah ini terkadang membuat kita tidak percaya diri. Sehingga ketika jerawat akan muncul kita dengan susah payah akan menghilangkannya, salah satu cara untuk mengusir jerawat yaitu dengan bantuan lidah buaya. Lidah buaya sendiri memang dikenal sebagai salah satu obat jerawat yang terkenal, tak hanya membantu mengobati jerawat lidah buaya juga mampu membantu mengobati kulit yang terbakar.

Lidah buaya sendiri mengandung hormon giberelin dan polisakarida yang bertindak sebagai antibakteri untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Zat alami ini juga membantu menghilangkan minyak berlebih, kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan gumpalan pada pori-pori kulit dan menyebabkan infeksi bakteri. Tak hanya itu saja, lidah buaya juga bertindak sebagai antiradang alami yang membantu mengurangi kemerahan, radang dan nyeri pada jerawat.

Lidah buaya juga membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang rusak akan sembuh lebih cepat dan sedikit meninggalkan bekas luka. Kandungan antioksida serta vitamin dan mineralnya juga mampu mengurangi rasa nyeri dan mengobati kulit yang sedang berjerawat. Banyaknya manfaat dari lidah buaya ini tentu saja membuat banyak orang ingin menggunakannya untuk mengobati jerawat, tapi kira-kira bagaimana caranya? Nah berikut ini adalah beberapa cara yang tepat untuk mengobati jerawat dengan menggunakan lidah buaya

1. Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya Segar

Cara Yang Tepat Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Lidah Buaya - Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya Segar

Photo via : https://www.cosmacon.de

Cara pertama untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan menggunakan lidah buaya segar yang langsung diambil dari daunnya. Lidah buaya yang masih segar mengandung semua kualitas penting yang sangat efektif mengobati jerawat. Namun sebelum kamu menggunakannya ke wajah kamu lebih baik mengetes gel tersebut di tangan dan memastikan tidak ada reaksi alergi. Tak hanya itu saja sifat penenang yang terkandung dalam lidah buaya berfungsi sebagai pereda rasa nyeri saat diterapkan pada bagian yang terinfeksi, lidah buata akan menyerap hingga ke dalam lapisan terdalam, menahan rasa nyer dan meredakan peradangan.

Cara menggunakan lidah buaya segar

  • Ambilah daun lidah buaya secukupnya
  • Kemudian tekan daunnya hingga gelnya keluar
  • Setelah itu, oleskan gel tersebut pada bagian kulit yang berjerawat
  • Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan gel lidah buaya ini dua kali sehari setidaknya selama seminggu.

2. Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya Yang Dicampur Madu dan Kunyit

Cara Yang Tepat Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Lidah Buaya - Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya Yang Dicampur Madu dan Kunyit

Photo via : https://plus.kapanlagi.com

Selain dengan lah buaya segar, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan beberapa bahan seperti kunyit, madu, susu dan air mawar. Kunyit dan madu memang dikenal bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kulit wajah. Kunyit memiliki kandungan bahan antiseptik yang cocok untuk mencegah peradangan pada jerawat, sedangkan madu dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat di wajah dan kandungan anti-inflamasinya juga dapat mengurangi radang dan iritasi.

Cara menggunakan lidah buaya dicampur madu dan kunyit

  • Ambil gel lidah buaya secukupnya
  • Kemudian campurkan gel lidah buaya ini dengan kunyit bubuk, madu, susu dan air mawar
  • Aduk hingga bahan-bahan tersebut menjadi pasta
  • Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Setelah mengering, bilaslah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih

3. Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya Yang Dicampur Lemon

Cara Yang Tepat Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Lidah Buaya - Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya Yang Dicampur Lemon

Photo via : https://www.eliabeaute.com

Untuk menghilangkan jerawat lidah buaya juga dapat dicampurkan dengan lemon. Lemon sendiri memiliki kandungan zat anti bakteri dan zat anti peradangan yang dapat menyembuhkan jerawat yang baru tumbuh dan mengeringkan jerawat lama agar mudah dikeluarkan isinya. Tak hanya ampuh untuk jerawat yang baru tumbuh, anti bakteri dan antioksidannya juga dapat menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan lidah buaya dicampur lemon

  • Ambil lidah buaya dan ambil gelnya dan haluskan
  • Setelah halus tambahkan perasan lemon lalu aduk rata
  • Kemudian oleskan pasta tersebut ke wajah setiap malam sebelum tidur
  • Lalu diamkan selama semalam dan bersihkan wajah pada pagi harinya
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan pasta tersebut hingga jerawat sembuh dan tidak meninggalkan luka

4. Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Cara Yang Tepat Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Lidah Buaya - Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Photo via : https://holistichair.co.nz

Kamu juga bisa mengkombinasikan lidah buaya dengan minyak zaitun karena minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan antibakteri yang mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Minyak zaitun juga dapat mempercepat penyembuhan karena mengandung banyak vitamin dan memiliki sifat non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Cara menggunakan lidah buaya dicampur dengan minyak zaitun

  • Ambil gel lidah buaya kemudian haluskan
  • Setelah itu campurkan dengan minyak zaitun buat hingga mengental
  • Oleskan ke bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit
  • Lalu bilas dengan air bersih
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa menggunakannya minimal 3 kali seminggu.

5. Mengobati Jerawat Dengan Masker Lidah Buaya

Cara Yang Tepat Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Lidah Buaya - Mengobati Jerawat Dengan Masker Lidah Buaya

Photo via : https://skincare.lovetoknow.com

Jika kamu suka menggunakan masker, tak ada salahnya kamu membuat masker sendiri dirumah dengan menggunakan lidah buaya. Selain lebih ekonomis manfaatnya juga sama seperti masker-masker yang dijual di toko pada umumnya, hanya saja kamu memerlukan waktu untuk membuatnya.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai masker

  • Ambil beberapa daun lidah buaya dan rebuslah bersamaan dengan air selama beberapa menit
  • Setelah menjadi sebuah pasta, kamu bisa menambahkan madu di dalamnya
  • Oleskan masker pada kulit secara merata
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air dingin
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker ini secara teratur

6. Mengobati Jerawat Dengan Produk Lidah Buaya

Cara Yang Tepat Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Lidah Buaya - Mengobati Jerawat Dengan Produk Lidah Buaya

Photo via : https://shopee.co.id

Buat kalian yang kebetulan sibuk beraktivitas, pastinya meracik sendiri ramuan lidah buaya sangat merepotkan dan memakan waktu yang cukup lama dan ujung-ujungnya kamu tidak jadi membuatnya karena sudah lelah dari beraktivitas seharian. Tapi saat ini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini ada banyak sekali produk-produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya. Produk-produk tersebut pun memiliki berbagai macam jenis mulai dari facial foam, pelembab wajah, essence hingga masker lidah buaya pun tersedia. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah kamu bisa membelinya di toko online atau toko-toko kosmetik. Namun tentu saja kamu harus mengeluarkan budget yang cukup mahal untuk mendapatkan produk-produk yang berbahan dasar lidah buaya ini. Tak hanya kosmetik yang menggunakan bahan dasar lidah buaya saja yang ada, saat ini juga ada produk minuman yang berbahan dasar lidah buaya.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, lidah buaya dikatakan ampuh untuk mengobati jerawat dan tanaman ini pun sangat mudah kita dapatkan disekitar kita. Kita hanya perlu mengolahnya sendiri untuk dijadikan masker wajah, tapi saat ini ada juga beberapa produk kecantikan yang juga menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Kamu hanya perlu memilih ingin membuatnya sendiri atau membeli produk-produk tersebut. Selamat mencoba ya guys…

Baca Juga