Ini Lho Ciri Cinta Buta Yang Harus Kamu Ketahui Agar Tidak Terjebak

3 bulan lalu

Ciri-ciri cinta buta

Mencintai seseorang bukanlah sebuah kesalahan, namun kesalahan terjadi jika kita terlalu mencintai seseorang secara berlebihan dan hal ini biasanya disebut dengan cinta buta. Cinta buta membuat seseorang tidak bisa berpikir secara jernih, mereka hanya dapat mengandalkan emosinya. Mereka yang mengalami hal ini biasanya bukan kebahagiaan yang di dapatkan melainkan rasa sakitlah yang datang lebih banyak. Selain itu cinta buta ini tidak hanya melanda para remaja saja namun juga orang dewasa juga bisa mengalami cinta buta. Seseorang dapat dikatakan mengalami cinta buta jika dilihat dari ciri-ciri berikut ini

1. Kamu Tidak Mau Menerima Nasehat

Ciri-ciri Cinta Buta - Kamu Tidak Mau Menerima Nasehat

Photo via : http://www.keywordbasket.com

Orang yang sudah terkena virus cinta buta biasanya tidak mau mendengarkan nasehat dari orang lain baik itu dari orang tuanya sendiri maupun teman-temannya. Meskipun nasehat itu demi kebaikannya sendiri mereka tidak akan mau mendengarkannya. Mereka yang menasehatimu tentang hubungan kamu dengan si doi tidak akan kamu tanggapi, nasehat itu hanya akan masuk ke telinga kanan dan keluar di telinga kiri saja.

2. Kamu Selalu Saja Memaafkan Kesalahannya

Ciri-ciri Cinta Buta - Kamu Selalu Saja Memaafkan Kesalahannya

Photo via : https://www.nbcnews.com

Kamu yang sudah terlalu dalam mencintainya akan sangat mudah memaafkan dirinya yang selalu saja menyakiti hatimu. Bahkan kamu rela disakitinya dan akan memaafkannya agar dia tidak pergi darimu. Sekalipun dia berselingkuh secara terang-terangan atau tidak atau dia berbohong padamu, kamu akan memaafkannya sehingga kata maaf menjadi kata yang sering kamu ucapkan padanya. Padahal orang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah sedikitpun menyakitimu. Ini juga merupakan salah satu ciri cinta buta yang harus kamu waspadai.

3. Kamu Adalah Segalanya Dalam Hidupku

Ciri-ciri Cinta Buta - Kamu Adalah Segalanya Dalam Hidupku

Photo via : https://www.crosswalk.com

Mereka yang sudah terjebak dalam kubangan cinta buta akan selalu beranggapan jika hanya pasangannyalah yang mampu membuatnya bertahan untuk terus bernapas dan hanya pasangannyalah yang mampu membuatnya terus hidup dan bahagia. Tanpa pasangannya apalah artinya hidup, seperti itulah jika seseorang sudah terlalu dibutakan oleh cinta.

4. Tidak Bisa Membedakan Mana Yang Baik Dan Buruk

Ciri-ciri Cinta Buta - Tidak Bisa Membedakan Mana Yang Baik Dan Buruk

Photo via : https://www.freedmangopalanlegal.com.au

Karena pikiranmu sudah ditutupi dengan cinta buta maka kamu tidak akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Contohnya seperti ketika pacarmu itu sering sekali melakukan tindakan kekerasan padamu tetapi dimata kamu dia tetaplah pasangan yang terbaik. Jika kamu menganggap hal itu karena dia sayang, duh…buruan deh kamu periksakan diri ke psikolog. Karena jika dia memang pasangan yang terbaik dia tidak akan pernah melakukan kekerasan apapun itu padamu, malahan dia akan menjagamu dengan baik agar kamu tidak terluka.

5. Kamu Sering Dibohongi dan Dikekang Tapi Kamu Tidak Peduli

Ciri-ciri Cinta Buta - Kamu Sering Dibohongi dan Dikekang Tapi Kamu Tidak Peduli

Photo via : https://www.healthline.com

Namanya juga cinta yang sudah mendarah daging hingga ke akar. Meskipun kamu sudah sering sekali dibohongi dan dikekang untuk tidak bergaul dengan orang lain namun kamu tetap saja berpikiran jika dia benar-benar mencintai kamu dan menyayangi kamu sepenuh hati. Memiliki pasangan hidup bukan berarti dia bisa membatasi apa yang seharunya kamu lakukan atau kamu sukai. Ciri cinta buta yang satu ini membuat kamu menjadi pribadi yang introvert.

6. Kamu Menghabiskan Waktumu Hanya Untuknya Saja

Ciri-ciri Cinta Buta - Kamu Menghabiskan Waktumu Hanya Untuknya Saja

Photo via : https://www.gottman.com

Wajar saja jika di awal menjalin hubungan kamu menghabiskan banyak waktu dengannya saja, tetapi tidak seharusnya juga seluruh waktumu hanya untuknya bahkan ketika kamu mendapatkan waktu longgar kamu akan menghubunginya dan mengajaknya bertemu dengan alasan ingin berdua saja. Ada baiknya kamu mengatur waktumu karena waktumu tidak hanya harus dihabiskan untuknya saja, ada keluarga dan teman yang juga ingin menghabiskan waktunya denganmu. Jangan sampai menyesal jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan karena kamu terlalu sibuk dengan pacarmu saja.

7. Bertahan Dalam EGO

Ciri-ciri Cinta Buta - Bertahan Dalam EGO

Photo via : https://everydaypower.com

Semua juga pasti tahu, jika cinta sejati itu adalah rasa cinta yang terjalin dari kedua belah pihak bukan hanya satu pihak saja. Jika selama ini kamu selalu berusaha untuk memberikannya perhatian dan dirinya hanya bersikap cuek saja dihadapanmu, apakah itu bisa dikatakan cinta? Bukalah matamu, hal seperti itu bukanlah cinta, buat apa kamu berusaha perhatian dengannya dan dirinya sendiri tidak peduli dengan keadaanmu. Di luar sana masih banyak orang yang pantas kamu berikan perhatian.

8. Kebiasaan Burukmu Makin Bertambah

Ciri-ciri Cinta Buta - Kebiasaan Burukmu Makin Bertambah

Photo via : https://nypost.com

Nah ciri cinta buta berikut ini bisa dikatakan menjadi hal yang paling menyedihkan dimana kamu menjadi pribadi yang lebih buruk. Seseorang yang mencintaimu sudah seharusnya memberikan pengaruh yang baik bagimu, namun jika sejak bertemu dengannya kebiasaan burukmu makin bertambah kamu harus hati-hati. Cintamu padanya sudah tidak sehat lagi dan yang kamu lakukan selama ini hanya semata-mata untuk membuatnya senang saja tanpa memikirkan bagaimana efeknya ke kamu.

9. Memberikan Semuanya Hanya Untuknya

Ciri-ciri Cinta Buta - Memberikan Semuanya Hanya Untuknya

Photo via : https://www.sane.org

Namanya juga sudah terserang virus cinta buta, apapun yang kamu miliki semuanya akan kamu serahkan padanya. Mulai dari harta hingga kehormatan dirimu sendiri pun akan kamu berikan hanya untuknya seorang. Dengan memberikannya segalanya kamu juga tidak akan merasakan kesedihan, malahan kamu akan merasa senang karena dapat memberikannya segalanya yang kamu punya. Hal ini biasanya paling sering terjadi pada anak-anak remaja zaman sekarang ini, namun kemungkinan orang dewasa pun ada yang melakukannya.

Inilah beberapa ciri-ciri cinta buta yang perlu kamu ketahui, agar kamu tidak terjebak di dalamnya. Mencintailah sewajarnya jangan  terlalu berlebihan karena apapun yang berlebihan pastinya tidak baik. Dan perlu juga diingat bahwa cinta yang baik adalah cinta yang membuatmu tumbuh ke arah yang lebih baik dan bukan sebaliknya.

Baca Juga