Kenali Ciri-ciri Pick Me Girl, Tipe Orang Toxic yang Harus Dihindari

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Siapa nih yang punya temen model pick me girl? Pasti rasanya mengesalkan bukan? Apalagi si pick me girl biasanya merasa paling benar dan bahkan sering kali merendahkan teman sendiri demi menaikkan dirinya dimata orang lain terutama para cowok.

Ditegur sebagaimanapun, ia akan tetap melakukannya, karena memang kebanyakan cewek dengan syndrome “Pick Me Girl” ini tidak menyadari dan tidak mau tahu kalau mereka memiliki karakter toxic tersebut. Kondisi ini sering kali membuat cewek dengan syndrome “Pick Me Girl” tidak merasakan perasaaan bersalah ketika mereka telah mengatakan hal-hal yang menyakiti hati cewek lain dan justru mereka bangga.

Nah buat kamu yang masih kurang jelas mengenai istilah pick me girl, berikut pengertian dan ciri-ciri pick me girl yang wajib kamu ketahui, agar kamu bisa membedakan mana teman yang baik dan mana yang toxic. So let’s check it out guys!

Apa Itu Pick Me Girl?

Apa Itu Pick Me Girl?

photo via freepik.com

Nah buat yang belum tau, pick me girl sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seorang perempuan yang berusaha keras untuk menunjukkan kepada laki-laki bahwa ia tidak sama dengan perempuan pada umumnya. Misalnya saja mengaku lebih suka nonton film action daripada nonton film romance.

Nggak hanya itu, cewek dengan syndrome pick me girl juga kerap kali mengaku memiliki kelebihan dari orang lain dan tidak ragu untuk merendahkan cewek lain demi mendapatkan perhatian dan validasi dari para cowok. Biasanya seorang pick me girl akan merendahkan sisi feminin dari cewek lain untuk untuk meningkatkan daya tarik mereka sendiri didepan para cowok.

Pada dasarnya, setiap cewek selalu ingin diakui bahwa mereka berbeda dari cewek biasa, mereka punya kelebihan dan daya tarik yang harus diketahui oleh para cowok. Dan inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kebanyakan cewek memiliki daya saing yang kuat dalam mencari perhatian kaum adam. Jadi jangan heran jika dalam persaingan tersebut, banyak cewek yang bisa dengan mudah merendahkan sisi feminim cewek lain agar dia bisa terlihat menonjol diantara cewek lain dimata para cowok.

Sayangnya banyak cewek dengan syndrome pick me girl ini justru jadi terperangkap didalam anggapan yang mereka buat sendiri. Mereka jadi membatasi diri agar tidak menyukai hal-hal yang berbau feminim. Misalnya seperti tidak suka bermakeup, tidak suka menggunakan dress, tidak suka menonton drama percintaan, tidak suka warna pink dll. Dan hal tersebut dilakukan hanya karena khawatir akan dinilai sama dengan cewek lain oleh cowok-cowok di sekitarnya. Mereka menganggap bahwa ketika nilai mereka sama dengan cewek lain maka cowok akan menolak mereka.

Bisa dibilang cewek-cewek dengan syndrome pick me girl ini memiliki rasa insecure dan ketakutan besar jika dirinya tidak bisa bersaing dengan cewek lain. Maka dari itu, pick me girl akan merendahkan cewek lain agar dirinya sejajar atau bahkan terlihat lebih unggul dari cewek yang ia rendahkan.

Ciri-ciri Pick Me Girl

Ciri-ciri Pick Me Girl

photo via lovepanky.com

Bisa dibilang setiap cewek memiliki syndrome pick me girl tanpa disadari. Hanya saja tingkat keparahan syndrome pick me girl seseorang berbeda-beda. Jika sudah parah, biasanya pick me girl akan terlihat angkuh dan merasa menjadi cewek yang paling benar dan berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri pick me girl yang wajib kalian ketahui.

1. Berusaha keras untuk tampil beda dari yang lain

Ciri-ciri pick me girl yang pertama adalah selalu berusaha keras agar tampil berbeda dari cewek lain untuk mendapatkan validasi laki-laki. Umumnya mereka akan menunjukkan bahwa mereka bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh perempuan lain, serta mengubah diri mereka sesuai dengan apa yang mereka pikir disukai oleh laki-laki.

Misalnya saja mengaku tidak suka makeup karena terlalu ribet dan buang-buang waktu. Mereka akan menyombongkan penampilan alami mereka dan dengan mudah merendahkan cewek-cewek lain yang menggunakan makeup.

Namun ciri-ciri dari pick me girl ini konteksnya bukan hanya tentang makeup ataupun skincare, namun apapun akan mereka lakukan untuk terlihat berbeda dan menonjol dari cewek lain. Mulai dari mengaku lebih suka menonton bola daripada drama, lebih suka mendaki gunung daripada ke salon, lebih suka naik motor daripada mobil, lebih suka berpakaian simple daripada sibuk mencari OOTD, dan berbagai hal lain yang membuat mereka terlihat berbeda dari cewek feminim pada umumnya.

2. Sering merendahkan ataupun mempermalukan perempuan lain

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tujuan utama pick me girl adalah agar dianggap lebih spesial dan berbeda diantara cewek lainnya khususnya dimata para cowok. Tujuannya tersebut membuat seorang pick me girl akan mengandalkan segala cara agar dinilai berbeda dari cewek lainnya, termasuk dengan merendahkan atau menjelekkan cewek lain, bahkan bisa saja merendahkan temannya sendiri.

Hal-hal yang dikomentari biasanya tak jauh dari penampilan, sikap dan hal-hal yang terkait feminimisme seseorang. Kebanyakan cewek dengan syndrome pick me girl akan membicarakan tentang cewek lain, dengan nada bicara dan ekspresi wajah yang meremehkan. Mereka akan membicarakan hal-hal buruk tentang cewek lain demi mendapatkan penilaian baik untuk dirinya.

Bahkan tak hanya berbicara di belakang, pick me girl juga bisa langsung to the point menyindir perempuan di depan mereka apalagi jika ada cowok disekitar mereka. Tentu saja hal tersebut bertujuan agar dirinya dianggap paling keren, beda, dan terbaik di antara lainnya.

Mungkin bisa dibilang, pick me girl ini mempromosikan diri mereka kepada para cowok dengan cara merendahkan cewek lain agar para cowok menganggap mereka lebih spesial.

3. Memilih untuk bergaul hanya dengan laki-laki

Bedakan mana yang cewek yang memilih bergaul hanya dengan cowok dengan cewek yang memang hanya memiliki teman cowok karena tidak ada cewek lain yang mau berteman dengannya. Karena 2 kondisi ini sangatlah berbeda. Cewek yang memilih bergaul hanya dengan cowok dan mereka bangga mengatakan bahwa ia tidak memiliki teman cewek lain, maka hal itu patut dipertanyakan. Pasalnya, hal tersebut menjadi salah satu ciri khas dari pick me girl.

Dilihat dari tujuannya agar memperoleh pengakuan dari kaum cowok bahwa ia berbeda dari cewek lain, maka jangan heran jika pick me girl cenderung memilih untuk bergaul hanya dengan laki-laki. Dengan cara ini, mereka merasa menjadi cewek yang keren dan berbeda dari cewek feminim lainnya.

4. Lebih membela laki-laki

Tak hanya lebih memilih berteman dengan laki-laki, cewek dengan syndrome pick me girl juga kerap kali membela laki-laki meskipun laki-laki tersebut salah. Mereka tidak memiliki jiwa women support women didalam diri mereka, sehingga bisa dengan mudah membela laki-laki yang telah menyakiti hati wanita lain hanya demi ingin dianggap berbeda dari cewek lainnya.

Alih-alih membenarkan dan membela temen cewekya, pick me girl malah akan menjelekan temen ceweknya tersebut di depan cowok yang nyata-nyata telah berbuat salah. Misalnya saja dengan mengatakan, “kenapa sih ada cewek kayak gitu banget?, aku sih nggak kayak gitu”

5. Mereka mengaku membenci drama dalam pertemanan

Alasan lain yang membuat cewek dengan syndrom pick me girl ingin berteman dengan para cowok adalah karena dirinya mengaku tidak menyukai drama yang sering terjadi jika berteman dengan para cewek. Seorang pick me girl memiliki anggapan bahwa cewek lain adalah makhluk yang terlalu emosional dan penuh drama. Mereka juga menganggap dirinya sebagai satu-satunya cewek yang paling logis di dunia sehingga hanya mereka yang cocok berteman dengan pria.

6. Merasa diri paling benar

Ciri-ciri pick me girl berikutnya adalah merasa dirinya selalu benar. Mereka cenderung angkuh dan tidak mau mendengar saran dari orang lain. Mereka menganggap apa yang dilakukan dan diucapkannya adalah suatu kebenaran, dan menganggap apa yang dilakukan cewek lain selalu salah. Mereka tidak akan mau mendengar saran darimu, justru saran darimu akan diremehkan dan dianggap salah kaprah dan tidak masuk akal.

Mereka juga sulit untuk menerima seseorang yang mempunyai prinsip lain dengan dirinya. Tak hanya saran atau opini, bahkan pilihanmu yang berbeda dengan pilihan mereka pun bisa dikritik dan direndahkan oleh mereka. Cewek pick me akan mengagung-agungkan pilihannya dan mengkritik bahwa pilihanmu jauh lebih buruk daripada pilihannya.

7. Suka menggosipkan cewek lain

Ciri-ciri yang tak bisa lepas dari seorang pick me girl adalah suka menggosipkan cewek lain. Mereka biasanya menyebar gosip dengan mengatakan kejelekan cewek lain didepan para cowok terlepas itu kenyataan atau karangannya saja. Ini dilakukan agar para cowok menganggap mereka sebagai satu-satunya cewek yang baik.

Nah itu dia beberapa ciri-ciri dari pick me girl, tipe cewek toxic yang sangat mengesalkan apabila ada di circle pertemanan kita. Meski sangat meresahkan, namun kamu tidak perlu menghindari mereka, justru kamu bisa mendorong mereka untuk menerima konseling guna mengontrol emosi dan memperbaiki hubungan mereka dengan lingkungan sosialnya. Ini karena dampak dari seseorang yang memiliki syndrom pick me girl, selain bermasalah dengan lingkungan sosialnya, namun juga dapat menyebabkan mereka kehilangan jati diri hanya demi laki-laki.

Selain itu, meskipun istilah pick me girl ini cenderung mengacu pada perempuan, namun sindrom ini juga bisa dilimiliki oleh para laki-laki, yang mana dikenal dengan istilah pick me boy. So, semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.