Daftar Pantai Terindah Di Indonesia

5 bulan lalu, by blogunik

Daftar Pantai Terindah Di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikenal memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, keindahan negara ini terbentang mulai dari Sabang hingga Merauke. Di Indonesia ada banyak sekali keindahan alam yang mempesona salah satunya yaitu keindahan pantainya. Bisa dikatakan Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah-indah dan karena keindahannya pantai-pantai tersebut dijadikan objek wisata oleh masyarakat setempat. Pantai-pantai indah ini pun menjadi incaran para pelancong baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Nah, berikut ini daftar pantai terindah yang ada di Indonesia

1. Pantai Pink – Pulau Komodo

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Pink

Photo via : https://www.instagram.com/luxurybackpacking

Pantai Pink adalah salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia, pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pantai yang cantik ini juga menjadi salah satu dari 7 pantai yang berwarna pink di dunia. Sebenarnya warna pasir pantai ini tidak sepenuhnya pink melainkan perpaduan antara warna merah muda dan putih, warna pink di pasir pantai ini belum diketahui penyebabnya. Pantai ini relatif sepi dan tenang sehingga cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan. Selain sepi karena tidak berpenghuni, pantai ini juga masuk ke dalam kawasan tempat tinggal para komodo. Pantai ini selain memiliki warna pasir yang cantik, keindahan alam bawah airnya juga tak kalah cantiknya Pantai ini memiliki banyak sekali biota laut yang bisa kamu lihat dengan melakukan diving ataupun snorkeling. Namun sayang, kondisi pantai pink ini sangat memperhatinkan karena warna pink dari pantai ini mulai menghilang. Hal ini dikarena beberapa wisatawan membawa botol yang berisi pasir pantai ini untuk dijadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh.

2. Pantai Diamond – Nusa Penida

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Diamond

Photo via : https://www.instagram.com/thelosttwo

Bali dikenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan salah satunya yaitu pantai diamond, pantai diamond ini berada di Nusa Penida. Pantai ini tidak hanya dapat dinikmati dari atas tebing bukit saja, namun juga bisa langsung menuju bibir pantai. Pantai diamond ini juga termasuk salah satu objek wisata yang instagramable. Untuk menikmati pantai ini tentunya diperlukan perjuangan, kamu harus menurunin anak tangga yang berada di dinding tebing bukit yang curam. Namun ketika kamu sampai dibawah, kamu akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Pasir yang berwarna putih, air laut yang berwarna biru serta pemandangan alam sekitarnya yang bersih akan membuat kamu terkagum-kagum.

3. Pantai Bawana – Sumba

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Bawana

Photo via : www.exploresumba.com

Saat ini Sumba mulai dilirik para wisatawan untuk berlibur, keindahan pulau ini tak kalah bagusnya dari Bali. Disini juga terdapat pantai-pantai cantik yang masih jarang di kunjungi oleh para wisatawan. Salah satu pantai tercantik di Sumba yaitu Pantai Bawana. Pantai Bawana memiliki tebing karang yang ditengah-tengahnya bolong, dimana tebing ini menjadi icon dari pantai ini. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara dan spot yang paling disukai para pengunjung yaitu tebing yang lobang tersebut. Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang arusnya cukup kuat sehingga cocok buat kamu yang hobi sky air.

4. Pantai Ora – Maluku Tengah

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Ora

Photo via : https://www.instagram.com/malukuislands_indonesia

Pantai Ora adalah pantai yang terletak di plau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan air yang sangat jernih dan tenang. Tak hanya itu saja, disini juga terdapat berbagai macam biota laut seperti terumbu karang, ikan dan lainnya. Disini juga terdapat resort penginapan yang mengambang diatas pantai dan bisa dikatakan tempat ini mirip sekali dengan resort di Maldives.

5. Pantai Tanjung Tinggi – Belitung

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Tanjung Tinggi

Photo via : https://www.instagram.com/alulla.mk

Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di pulau Belitung. Pantai ini diapit oleh dua semenanjung yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam, pantai ini diberi nama tanjung tinggi karena memiliki bebatuan yang tinggi. Pantai tanjung tinggi ini memiliki pasir yang berwarna putih dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga laut di depan pantai. Pantai ini kita bisa berenang karena gelombangnya kecil dan arus airnya juga lambat sehingga aman. Karena pantai tanjung tinggi ini memiliki panorama yang indah, pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting untuk film laskar pelangi dan sang pemimpi.

6. Pantai Koka – Flores

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Koka

Photo via : https://lostpacker.com

Pantai Koka adalah salah satu pantai terindah yang ada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Pantai berada di pesisir selatan pulau Flores dan hanya membutuhkan sekitar 48 km dari kota Maumere. Pantai ini diapit oleh dua bukit yaitu Rodja dibagian barat pantai dan bukit Ndate Sare disebelah timur. Pantai Koka ini terlihat bersih dengan warna pasir yang putih dan airnya yang sangat jernih, selain itu pantai ini juga memiliki ombak besar tapi masih aman untuk berenang di pantainya. Karena pantai ini jarang disentuh oleh wisatawan sehingga keasriannya masih terjaga hingga saat ini. Jika kamu menyukai snorkeling kamu bisa melakukannya karena di pantai ini memiliki terumbu karang dan aneka ikan yang cantik-cantik.

7. Pantai Sawarna – Banten

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Sawarna

Photo via : https://www.instagram.com/intanerlinaa

Salah satu pantai terindah di Indonesia yaitu Pantai Sawarna, pantai ini berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Pantai ini memiliki satu goa dan tujuh pantai dengan panorama alam yang berbeda satu sama lainnya. Akses menuju pantai ini sangat mudah dan lancar sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam perjalanan. Di pantai ini kamu harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000/ orang dan parkir motor Rp. 2.000 dan Rp. 5.000 untuk mobil.

8. Pantai Kelingking – Nusa Penida

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Kelingking

Photo via : https://www.instagram.com/_kaidi_

Pantai ini bisa dikatakan mirip sekali dengan salah satu pantai di Yunani yaitu pantai Navagio, pantai Navagio ini menjadi salah satu tempat syuting drama Descendant of The Sun. Buat kamu yang ingin merasakan pantai Navagio tak perlu jauh-jauh ke Yunani karena di Indonesia ada pantai yang mirip dan pantai ini terletak di Nusa Penida, Bali nama pantai ini yaitu pantai Kelingking. Jika dilihat pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan tebing yang bentuknya seperti T-rex, pasirnya yang putih dan airnya yang biru jernih. Pantainya ini berada dibawah tebing dan tidak terlalu luas dan bukitnya sangat tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun kebawah sehingga wisatawan yang berkunjung hanya bisa menikmati pantai ini dari atas bukit Karang Dawa saja.

9. Pantai Nihiwatu – Sumba

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Nihiwatu

Photo via : https://travelingyuk.com

Pantai ini termasuk ke dalam pantai terbaik di dunia, dimana pantai ini berada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur dan pantai ini bernama Pantai Nihiwatu. Meskipun pantai ini termasuk pantai terindah di dunia, namun keberadaannya masih belum diketahui banyak orang. Untuk menuju pantai ini diperlukan perjalanan yang cukup panjang, namun sesampainya kita disana akan terbayar sudah dengan pemandangan alamnya yang masih asri dan indah. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih dan ombak yang cukup besar, oleh karena itu pantai ini cocok untuk para surfer atau peselancar yang ini mencoba keganasan ombak pantai ini. Saat ini pantai ini dikelola oleh sebuah resort internasional yang bernama Resort Nihiwatu, sehingga tidak semua orang bebas memasuki lokasi pantai ini. Namun buat kamu yang ingin menikmati pantai Nihiwatu ini, kamu harus memesan kamar untuk menginap di resort Nihiwatu.

10. Pantai Ngurtafur – Maluku

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Ngurtafur

Photo via : https://backpackerjakarta.com

Pantai ini bisa dikatakan berbeda dari pantai terindah di Indonesia lainnya karena pantai ini memiliki pasir yang timbul memanjang ke tengah laut. Bahkan pasir timbul ini panjangnya mencapai 2 km, berkat keunikannya ini banyak para wisatawan yang datang dan berjalan di atas pasir ini. Disini kamu bisa melihat pemandangan pasir pantai yang putih bersih dengan air laut yang berwarna biru jernih. Disini juga terdapat beberapa titik untuk snorkeling dan di waktu tertentu kamu bisa melihat burung-burung pelican yang mampir untuk melakukan migrasi.

11. Pantai Kolbano – Nusa Tenggara Timur

Pantai Terindah Di Indonesia - Pantai Kolbano

Photo via : https://www.indonesiakaya.com

Satu lagi pantai terindah di Indonesia terletak di Nusa Tenggara Timur, pantai ini diberi nama pantai Kolbano. Dimana pantai ini terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pantai ini terbilang unik karena pada umumnya pantai akan ditemani dengan hamparan pasir hitam maupun putih, namun pantai Kolbano ini memiliki hamparan bebatuan kerikil yang berwarna-warni. Selain hamparan bebatuan, pantai ini juga memiliki sebuah landmark yang berupa sebuah batu raksasa yang menjadi ciri khas pantai ini. Akses menuju pantai Kolbano ini bisa dibilang cukup sulit karena transportasi umum yang belum memadai, tapi wisatawan dapat menyewa kendaraan dari kota Kupang. Buat kamu yang ingin mengunjungi tempat ini disarankan membawa bekal makanan dan minuman karena di sekitar pantai masih sangat sepi dan jarang terdapat warung yang menjual beraneka makanan dan minuman. Meskipun kamu membawa makanan dan minuman sendiri, diharapkan kamu tidak membuang sampah sembarangan di pantai tersebut.

 

Itulah beberapa pantai terindah yang ada di Indonesia, tak hanya terindah di Indonesia bahkan ada beberapa pantai diatas termasuk pantai terindah di dunia. Melihat keindahan pantai-pantai tersebut, tentunya membuat kamu ingin mengunjunginya ketika berlibur. Namun hal yang harus kamu ketahui yaitu untuk menjaga keindahan alam tetap asri janganlah membuang sampah sembarangan atau membawa kerikil ataupun pasir yang terdapat dipantai tersebut karena jika hal tersebut kalian lakukan lama-kelamaan keindahan pantai tersebut akan rusak oleh tangan jahil kalian. Jadi jika kalian ingin melihat pantai tersebut tetap indah dan terjaga keasriannya jagalah tempat tersebut, jika bukan kita yang menjaganya agar tetap asri lalu siapa lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait