Daftar Pasar Barang Antik di Seluruh Indonesia

4 minggu lalu

Meskipun saat ini jaman sudah maju dan ada banyak sekali hal-hal yang berbau teknologi, namun hal yang berbau lama dan jadul seperti barang-barang antik masih tetap banyak dinikmati. Apalagi barang-barang antik yang terkesan memiliki konsep vintage, hal tersebut amat banyak dicari dan merupakan termasuk barang yang kekinian. Dengan semakin naiknya pamor konsep jadul dan Vintage ini, tentu saja demand atau keinginan orang-orang untuk membeli dan juga memiliki barang-barang antik semakin banyak. Mereka yang senang dengan barang antik bahkan rela berburu hal ini hingga ke luar kota untuk mendapatkan barang antik yang berkualitas. Buat kamu yang ingin mencoba ikutan berburu barang antik, berikut ini adalah beberapa pasar barang antik yang ada di Indonesia.

1. Blok M Square, Jakarta

Pasar Barang Antik di Indonesia - Blok M Square, Jakarta

photo via : jakartapintar.com

Berbeda dari tiga tempat berburu barang antik di atas, Blok M Square adalah tempat bagi kamu yang gemar berburu buku atau kaset-kaset musik jadul. Puluhan kios berdiri di lantai dasar Blok M Square menjual buku-buku, komik, kaset-kaset dari tahun 1980-an hingga 1990-an dengan harga miring. Misalnya kamu ingin menemukan buku-buku Pramoedya Ananta Toer versi lama, atau komik Candy-Candy yang dulu terkenal banget itu, coba aja cari di sini! Para penjual di Blok M Square biasa menjual secara paketan (seri lengkap). Jangan lupa ditawar, ya! *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Jalan Surabaya, Jakarta

Pasar Barang Antik di Indonesia - Jalan Surabaya, Jakarta

photo via : designertraveler.com

Siapa yang bilang kalau di ibu kota Jakarta cuman ada hal-hal yang berbau mewah dan juga modern. Di salah satu jalan di Ibukota tepatnya di jalan Surabaya Menteng, Jakarta Pusat ini terkenal sebagai sebuah sentra barang antik di jakarta. Lokasinya ada di pemukiman elit Jakarta. Pedagang-pedagan barang antik yang ada di sini sendiri diketahui telah berjualan barang antik sejak tahun 1975 dengan menggunakan kios-kios tidak permanen. Baru lantas i tahun 1988, kios permanen didirikan di tempat ini dan hingga saat ini setidaknya ada lebih dari 150 pedagang disepanjang jalan Surabaya. Buat kamu yang tinggal di Jakarta, kalian bisa dengan mudah menemukan tempat ini untuk berburu barang antik.

3. Pasar Elektronik Cikapundung, Bandung

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Elektronik Cikapundung, Bandung

photo via : www.destinasibandung.co.id

Kalau kalian pergi ke tempat ini untuk membeli barang antik, jangan kaget yah kalau kamu tidak menemukannya pas kalian awal masuk. Hal ini dikarenakan sentra barang-barang antik yang ada di pasar ini terletak di lantai tiga. Di lantai tiga kamu bisa menemukan berbagai barang antik baik barang antik buatan dalam maupun luar negeri. Jadi mungkin bisa dibilang ini surganya barang antik. Karena kalian tidak perlu susah-susah ke luar negeri untuk bisa mendapatkan barang antik yang kalian inginkan. Kalau kamu beruntung, kamu bisa langsung membelinya di tempat ini. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

4. Pasar Triwindu, Solo

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Triwindu, Solo

photo via : marischkaprudence.blogspot.com

Tempat selanjutnya, mungkin buat kamu penggemar barang antik pasti sudah tahu tempat ini. Apalagi kalau bukan Pasar Triwindu yang sudah banyak dikenal dan terseohor di Solo, Jawa Tengah. Tempat ini bahkan dibuat menjadi sebuah destinasi wisata. Kalau kamu ingin mencari barang antik yang mengkhusus seperti barang untuk dekorasi ruang antik seperti Jawa, Tempat yang satu ini merupakan tempat yang paling cocok buatmu untuk mencari barang-barang antik tersebut. Para pedagang pasar Triwindu ini biasanya menata barang dagangan milik mereka dengan konfigurasi rapat yang hal ini justu membuat tempat ini dijadikan tempat untuk berfoto.

5. Pasar Klitikan Niten, Jogjakarta

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Klitikan Niten, Jogjakarta

photo via : www.tribunnews.com

Kalau kita ngomongin soal daerah Jogjakarta, tentu saja daerah ini memang sudah memiliki kesan jadul atau Vintage saat kita memasukinya. Dengan banyaknya gedung-gedung tua dan bersejarah yang dimilikinya, tentu saja membuat kesan jadul semakin kuat. Nah kalau kalian berniat untuk membeli barang antik, Jogja merupakan tempat yang paling tepat. Lantaran Jogja memiliki banyak tempat untuk menjual barang antik yang bisa kalian kunjungi. Salah satu tempat untuk membeli barang antik di Jogja adalah pasar Klitikan Niten di Bantul yang menjadi salah satu sentra barang antik berkualitas. Kalau kamu suka dengan hal-hal berbau otomotif lawas, pasar yang satu ini paling cocok buatmu.

6. Pasar Klitikan Antik, Semarang

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Klitikan Antik, Semarang

photo via : travel.kompas.com

Nama yang agak mirip memang antara pasar yang ada di Jogja dengan di Semarang. Sama seperti tempat-tempat yang lainnya, kalian juga bisa membeli berbagai barang antik di tempat ini. Pasar barang antik ini sendiri terletak di kawasan kota lama Semarang tepatnya di jalan Garuda. Selain menjual, kio-kios yang ada disini juga menerima barter barang-barang antik milik mereka. Dan buatmu yang ingin mencari motor-motor lawas, pasar yang satu ini memang tempatnya. Disini kalian bisa mendapatkan motor lawas seperti Vespa ataupun honda pitung yang sudah sangat lawas.

7. Pasar Bratang, Surabaya

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Bratang, Surabaya

photo via : pasarantikbratangsurabaya.wordpress.com

Kota-kota besar lainnya di Indonesia yang menjual barang-barang antik adalah Pasa Bratang. para pedagang yang berjualan di pasar Bratang ini awalnya berjualan di jalan Bodri di Surabaya yang juga terkenal akan sentra barang antik miliknya. Namun diawal tahun 2018 yang lalu, para penjual barang antik yang ada di jalan Bodri ini direlokasi ke pasar Bratang di lantai dua dan disini kalian akan menemukan berbagai barang antik mulai dari furniture antik hingga barang pecah belah bisa kamu temui di tempat ini. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

8. Pasar Nostalgia, Bandung

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Nostalgia, Bandung

photo via : m.vidio.com

Selain Pasar Elektronik Cikapundung, di Bandung juga ada tempat lainnya yang bisa kalian temui untuk mendapatkan barang antik. Walaupun pasar yang satu ini baru diresmikan tanggal 8 Mei 2017 silam, namun pasar ini amat megah dan diklaim sebagai pasar barang antik terbesar yang ada di Indoneia. Di tempat ini, setidaknya ada 60 pelapak barang antik yang bisa ditemui dan menawarkan berbagai barang-barang antik dan juga unik di tempat ini. Jika dilihat dari namanya, pasar barang antik yang satu ini disebut dengan nama pasar Nostalgia lantaran barang-barang antik yang ada disini memberikan sebuah nilai kenangan tersendiri yang bisa kita lihat dan rasakan.

9. Pasar Gembong, Surabaya

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Gembong, Surabaya

photo via : www.suryaandalas.com

Selain Pasar Bratang, di Surabaya juga ada pasar barang antik yang bernama pasar Gembong. Diberi nama pasar Gembong, lantaran pasar yang satu ini terletak di jalan Gombong, kecamatan Tambaksari, Surabaya. Disini kamu bisa menemukan berbagai hal-hal yang berbau antik mulai dari pakaian bekas bermerek hinga barang-barang antik lainnya seperti kamera lama, lampu antik hingga barang-barang elektronik antik lainnya bisa kamu temukan disini. Untuk harganya, kalian tidak perlu kawatir, beberpa abarang disini dijual dengan harga yang cukup murah mulai dari 25 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah bisa kamu dapatkan disini.

10. Pasar Cinde, Palembang

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pasar Cinde, Palembang

Pecinta pempek Palembang sepertinya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan pasar barang antik yang satu ini. Para pedagang disini menjajakan barang bekas dan antik dagangannya di lahan di sekitar pasar Cinde yanga ada di kota Palembang. Pasar Cinde sendiri merupakan bangunan permanen yang dibangun pada jaman Belanda dahulu oleh arsitek Thomas Karsten yang rencananya akan dijadikan bangunan cagar budaya. Disini kalian bisa menemukan berbagai barang antik seperti pirirngan hitam dengan lagu-lagu tempo dulu, jam dinding antik, hingga berbagai aksesoris kendaraan.

11. Pajak Ular, Medan

Pasar Barang Antik di Indonesia - Pajak Ular, Medan

photo via : www.yandigsa.com

Kalau mendengan nama Pajak Ular, pasti kalin akan berpikir jika nama ini aneh. Memangnya ular kena pajak? mungkin itu salah satu hal yang langsung muncul dibenakmu. Namun sebenarnya, pajak disini merupakan nama lain dari pasar. Orang Medan menyebut pasar dengan sebutan pajak. Jadi Pajak ular tersebut berarti Pasar Ular. Disebut sebagai pasar ular bukan berarti ada banyak ular yah, hal itu dikarenakan di pasar ini antara penjual dan juga pembeli tidak ada batasan mendawar dan kadang adu licik saling menipu satu sama lainnya. Di pasar yang satu ini kamu bisa menemukan berbagai macam jenis koin kuno dan juga uang lama baik uang dari Indonesia maupun dari negara lain. Jadi buat kamu yang suka dengan uang kuno, tidak ada salahnya kalian mampir ketempat ini.

12. Pasar Taman Puring, Jakarta

photo via : jakarta.tribunnews.com

Selain Jalan Surabaya, tempat berburu barang antik lainnya yang ada di Jakarta adallah di daerah pasar Taman Puring, dekat Gandaria dan Mayestik. Mungkin sebagian orang yang ke pasar ini tahunya kalau tempat ini merupakan tempat sentral untuk berburu sepatu. Nmaun di pasa Taman Puring ini juga ada berbagai koleksi barang antik di dalamnya. Kamu bisa menemukan berbagai jenis barang antik yang bisa kalian pajang sebagai dekorasi rumah seperti vas bunga, set alat-alat makan jadul, garpu dan sendok dengan gaya yang lawas, sampai satu jenis telpon yakni telpon yang untuk menekannya harus diputar terlebih dahulu ini bisa kamu temukan juga disini. Tentu saja kalau kalian ketempat ini kalian harus pandai-pandai dalam menawar supaya bisa dapat harga yang miring.

13. Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat Jakarta

photo via : seputarkota.com

Masih di Kota Jakarta, tempat selanjutnya ada di daerah ciputat tepatnya di sepanjang jalan Ir. H. Juanda. Ditempat ini juga menjual berbagai barang-barang jadul dan unik yang bisa kamu beli. Barang-barang yang ada disini sendiri lebih berupa barang-barang mebel dan juga patung ukir. Banyak jenis lukisan-lukisan dari para pelukis tersohor Indonesia bisa kalian temukan disini. Untuk barang antik yang ada disini kebanyakan terbuat dari kayu, porselen, keris dan batu. kalian juga bisa menemukan banyak barang-barang peninggalan jaman belanda di tempat ini. Kalau kamu agak ragu untuk berbelanja disini, jangan kawatir, karena tempat ini sudah terkenal sejak tahun 1980-an. Bukan hanya warga lokal saja, bahkan wisatawan asingpun turut serta singgah ketempat ini untuk berbeuru barang antik.

14. Pasar Senen, Jakarta

photo via : www.aktual.com

Nama Pasar Senen pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Pasar yang satu ini memang terkenal sebagai tempat belanja yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan yang kamu perlukan. Termasuk juga kalau kamu berburu barang antik, kalian bisa berkunjung juga ke tempat ini. Di Pasar Senen kamu bisa menemukan berbagai barang-barang jadul, terutama baju-baju Vintage dengan harga yang sangat miring. Banyak kios-kios disini yang menjual berbagai seragam / baju yang dulu pernah ngetren pada tahun 1970 hingga 1990-an. Namun tentu saja barang-barang ini masih dalam kondisi yang bagus untuk digunakan seperti jeans jacket, bell bottom/flare pants, high-heeled boots, sabuk-sabuk lucu, dan lain-lain.Tentu saja prinsip tawar menawar juga berlaku di tempat ini yah, kamu harus bisa menawar dengan baik dan kalau kalian beruntung dan pandai menawar, kamu bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan modal baju Rp 70.000 saja loh. Keren banget kand, makanaya jangan sungkan untuk mampir ke Pasar Senen untuk berbelanja yah!