Daftar Vendor Smartphone Terlaris di Dunia pada Quartal Pertama 2018



Perkembangan smartphone yang terus semakin pesat membuat para vendor dan produsen smartphone terus berlomba – lomba untuk menghasilkan produk terbaruk milik mereka. Dengan adanya trend smartphone yang berubah – ubah, para pembeli / pengguna smartphone biasanya membeli model terbaru dan terbaik dari masing – masing vendor.

Meskipun begitu, tidak semua produksi smartphone buatan para vendor ataupun produsen smartphone laku dipasaran. Hanya beberapa saja dari produk mereka yang jadi booming dan disuaki oleh pasar. Contoh yang paling mungkin kita kenal adalah bangkrutnya 2 buah produsen handphone yang tidak mampu memenuhi keinginan pasar dan tidak mampu berkembang. Mereka adalah vendor Blackberry dan juga Nokia. Kedua perusahaan ini dulunya amat besar dan produk – produk mereka selalu dicari oleh para pengguna gadget. Namun setelah munculya android, karena kedua vendor ini tidak mampu berjalan sesuia keinginan pasar maka merekapun harus lenyap dan hilang dari pasaran smartphone yang ada.

Untuk saat ini, ada banyak sekali vendro – vendor smartphone baru khususnya smartphone android yang bermunculan dengan berbagai invoasi dari produk mereka. Dengan mengikuti perkembangan jaman dan juga mengikuti keinginan pasar, tentu saja membuat para vendor/produsen smartphone ini mampu bertahan dan bahkan menjual produknya dengan sangat banyak. Hingga bulan Mei 2018 yang lalu, terdapat 5 vendor smartphone yang mampu merajai pasar dengan jumlah unit smartphone yang mereka jual amt banyak. Berikut ini adalah data penjualan smartphone terlaris pada quartal pertama 2018 hingga bulan Mei 2018 ini.

1. Samsung

photo via : hk.carousell.com

Produsen smartphone yang menempati urutan pertama deretan smartphone terlaris adalah vendor Samsung. Produsen smartphone asal negeri ginseng ini berhasil menjual 78.564.800 unit pada kuartal pertama 2018 ini. dengan jumlah yang amat banyak tersebut, Samsung menguasai 20,5% dari market share dunia. Dengan produk terbaru samsung dan juga tercanggih miliknya yakni samsung galaxy S9 dan S9+ membuat samsung merajai pasar saat ini yakni pada quartal pertama 2018. Meskipun jika dilihat dari statistik, jumlah penjualan dari samsung ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah penjualan samsung pada quartal pertama tahun 2017 silam yang mampu menjual hingga 78.776.200 unit atau sekitar 20.8% dari market share saat itu. jasi bisa dikatakan untuk quartal pertama 2018 ini, Samsung mengalamai penurunan dalam hal jumlah penjualannya sebanyak 0,3%.

2. Apple

photo via : www.euronics.ee

Diurutan kedua kita punya Apple dengan sistem operasi yang dimilikinya iOS. Produsen smartphone asal paman sam ini berada di posisi ke dua dalam hal jumlah unit yang terjual pada quartal pertama 2018 ini dengan jumlah 54.058.900 atau sekitar 14.1% market share dunia. Mungkin dengan produk apple yang terbaru yakni iPhone X yang disukai oleh banyak pengguna smartphone membuat produk apple menjadi amat laris. Meskipun dibandingkan smartphone lainnya yang sebagian besar dari mereka semuanya menggunakan sistem operasi android, Hanya Apple dengan iOS nya yang mampu terus bertahan, bahkan bisa menjadi produsen yang amat disuaki oleh penggemar smartphone. Jika dilihat dari jumlah statistik penjualan dari Apple juga, jumlah penjualan dari Apple memang mengalami kenaikan yang lumayan besar yakni sekitar 0,85 jika dibandingkan dengan quartal pertama tahun lalu dimana apple hanya mampu menjual sebanyak 51.992.500 unit atau sekitar 13.7% market share di tahun 2017 silam.

3. Huawei

photo via : ontech.startitup.sk

Diposisi ke tiga kita memiliki vendor asal china yang berbagai produknya saat ini mulai digemari oleh banyak pecinta gadget. Dengan produk terbarunya yakni Huawei Mate 10 pro dan spesifikasi super canggih miliknya, wajarlah mungkin jika Huawei memiliki banyak penggemar dan banyak dibeli oleh pengguna smartphone. Apalagi Huawei merupakan produsen smartphone yang paling banyak juga dibeli di china dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. pada quartal pertama tahun 2018 ini, Huawe mampu menjual sekitar 40.426.700 unit yakni sekitar 10.5% pasar smartphone dunia. Produsen ini juga mengalami kenaikan sebanyak 1.5% dibandingkan pada quartal 1 pertama tahun lalu yang hanya terjual sebesar 34.181.200 unit atau sekitar 9.0% market share di tahun 2017 yang lalu

4. Xiaomi

photo via : wccftech.com

Siapa yang menyangka jika produsen smartphone asal china ini mampu menempati urutan ke empat pada deretan vendor smartphone yang paling banyak terjual di quartal pertama 2018 ini. Xiaomi memang amat identik dengan produknya yang memiliki harga murah, namun memiliki kualitas yang tidak murahan. Selain itu Xiaomi juga sering kali meluncurkan produk baru termasuk untuk yang memiliki kualitas premium. Salah satu produk terbaru milik Xiaomi yang memiliki kualitas premium adalah Xiaomi MI Mix2. Namun untuk quartal pertama 2018 Xiomi ini, dari sekian banyak rodusen smartphone, sepertinya hanya vendor ini saja yang amat sukses dalam hal penjualan smartphonenya. Mungkin bisa dibilang perusahaan ini memiliki pertumbuhan yang amat luar biasa. Bagaimana tidak, jika hanya dilihat dari statistik saja, dibandingkan tahun lalu, jumlah penjualan produk xiaomi meningkat 2 kali lipat alias 200% jika hanya melihat jumlah unit yang terjual saja.

Jika di quartal pertama tahun lalu 2017, Xiaomi hanya mampu menjual sebanyak 12.707.300 unit saja atau sekitar 3.4% dari market share dan bahakan xiaomi dengnan angka sekecil itu tidak masuk dalam deretan 5 vendor terbesar tahun lalu. Namun berbeda dengan quartal pertama tahun ini, yang mana jumlah penjualan Xiaomi meningkat lebih dari 200% yakni sebanyak 28.498.200 dan emnguasai pasar / market share sebanyak 7.4%. Jumlah yang sangat banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jika melihat jumlah persentase market share yang dimiliki, Xiami memiliki peningkatan sebanyak 4%. Sungguh angka yang amat menakjubkan jika diabndingkan dengan jumlah dari vendor smartphone lainnya.

5. OPPO

photo via : youtube.com

Diurutan terakhir kita punya OPPO sebagai produsen dengan jumlah unit terbanyak yang terjual yakni sebanyak 28.173.100 unit atau sekitar 7.3% dari market share di dunia. Jumlah ini amatlah banyak dan mungkin lebih sedikit dari urutan ke 4 yang dipegang oleh Xiaomi. Meskipun begitu, vendor yang baru – baru ini menggelontorkan smartphone terbarunya yang bernama OPPO Find-X dengan spesifikasi gahar yang dimilikinya seperinya mengalami penurunan penjualan yang amat besar jika dibandingkan dengan jumlah unit yang berhasil dijual oleh produsen ini pada quartal pertama tahun lalu. Pada quartal pertama tahun lalu yakni tahun 2017, OPPO mmapu menjual sebanyak 30.992.300 unit dan menguasai pasar sebanyak 8.2%. Dengan jumlah sebanyak itu, OPPO memang benar- benar mengalami penurunan jumlah penjualan yakni jika dilihat dari persentase market sharenya saja, OPPO mengalami penurunan sebanyak 0.9%

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >