Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels

11 bulan lalu, by blogunik

Dampak positif dan negatif menggunakan high heels

Cewek memang gak bisa lepas dari yang namanya sandal ataupun sepatu dengan hak yang tinggi. Karena selain digunakan sebagai pendukung penampilan agar terlihat lebih perfect, penggunaan high heels juga membuat kaki mereka terlihat lebih jenjang dan langsung.

Selain itu, high heels juga membuat mereka terlihat lebih tinggi sehingga mereka menjadi lebih percaya diri. Tak heran jika banyak cewek selalu mengagung-agungkan dan selalu mengandalkan high heels dalam setiap penampilannya. Namun walaupun sangat lekat dengan fashion wanita, ada beberapa dampak positif dan negatif dari pemakaian high heels yang harus kalian ketahui. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

Dampak Positif

1. Membuat lebih tinggi

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Membuat lebih tinggi

photo via : carwirringdiagram.herokuapp.com

Sepatu hak tinggi menjadi cara yang paling ampuh dan mudah bagi para wanita yang bertubuh pendek. Dengan menggunakan high heels otomatis mereka akan terlihat lebih tinggi dan membuat mereka jauh lebih percaya diri dengan penampilannya. Jadi gak heran kalau cewek khususnya cewek bertubuh pendek selalu memiliki high heels di rak sepatu mereka.

2. Membuat kaki terlihat jenjang

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Membuat kaki terlihat jenjang

photo via : http://www.zarias.com

Selain membuat pemakainya menjadi lebih tinggi, menggunakan high juga membut kaki terlihat lebih jenjang. Saat menggunakan high heels, kaki kita dipaksa untuk berjinjit untuk menyesuaikan dengan tinggi haknya. Dan hal tersebut membuat kaki terlihat lebih panjang dan jenjang.

3. Membuat otot kaki bekerja

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Membuat otot kaki bekerja

photo via : www.theodysseyonline.com

Seberapapun ketinggian high heels yang dipakai, hak tersebut akan membuat betis kalian melakukan penyesuaian dan menegang dari biasanya. Jika keseringan memakai high heels tiap harinya, betis akan terisi dengan lebih banyak otot dibanding lemak pada bagian kaki. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

4. Dapat menunjang penampilan

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Dapat menunjang penampilan

photo via : http://wheretoget.it

Tak bisa dipungkiri, menggunakan high heels memang sangat membuat penampilan wanita menjadi anggun dan juga seksi terutama dibidang fashion. Ada berbagai jenis high heels yang dijual dipasaran, dan hampir semua jenis high heels selalu bisa memberikan penampilan yang berbeda bagi wanita.

5. Mengubah postur tubuh dan membuat lebih ramping

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Mengubah postur tubuh dan membuat lebih ramping

photo via : http://www.zarias.com

Pemakaian high heels juga ternyata bisa membuat pinggang kamu terlihat lebih ramping lho! Hal ini karena saat memakainya pungggung akan otomatis lebih tegak dan membuat dada lebih membusung. Posisi ini akan membuat pinggang tampak lebih ramping, berbeda saat kamu mengenakan model sepatu lainnya.

6. Membuat gaya berjalan seseorang menjadi lebih feminim dan elegan

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Membuat gaya berjalan seseorang menjadi lebih feminim dan elegan

photo via : tglife.com

Dengan menggunakan high heels kalian dituntut harus menegakkan tubuh agar tegak lurus sehingga pemakainya bisa berdiri atau berjalan dengan seimbang. Jalan yang seimbang ini akan membuat kalian berjalan lebih feminim dan terlihat elegan.

7. Ibu jari kaki jadi kelihatan lebih pendek

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Ibu jari kaki jadi kelihatan lebih pendek

photo via : http://www.shoecloset.co.uk

Saat menggunakan high heels, secara otomatis jari kaki akan terlihat lebih pendek karena posisi menekuk. Hal ini akan membuat kaki kamu terlihat lebih indah saat menggunakan high heels.

8. Penampilan kaki keseluruhan tampak lebih kecil

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Penampilan kaki keseluruhan tampak lebih kecil

photo via : www.dailymail.co.uk

Salah satu hal yang membuat high heels selalu menjadi senjata andalan wanita jika ingin berpenampilan anggun adalah karena dengan high heels, kaki mereka terutama dibagian betis akan terlihat lebih kecil dan ramping.

Dampak Negatif

1. Bunions

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Bunions

photo via : orthoinfo.aaos.org

Bunions merupakan kelainan pada bentuk jempol kaki. Bunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Selain karena memakai high heels, penyakit ini muncul karena pemakaian sepatu yang terlalu sempit, cedera, dan struktur tulang warisan yang dimiliki seseorang hingga ibu jarinya terdorong kea rah jari kaki yang lain. Bunions menimbulkan rasa luar biasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya bisa diatasi melalui operasi.

2. Nyeri pada kaki

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Nyeri pada kaki

photo via : www.express.co.uk

Dampak negatif pada pemakaian high heels selanjutnya adalah bisa menyebabkan nyeri pada kaki. Saat berjalan kaki menjadi tumpuan dari seluruh berat tubuh, dan dengan mengenakan high heels maka beban yang diberikan kepada kaki menjadi tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan sepatu flat. Hal ini akan menyebabkan nyeri kaki yang membuat kamu tidak nyaman saat berjalan.

3. Osteoarthritis

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Osteoarthritis

photo via : www.our-arthritis.com

Osteoarhritis merupakan masalah yang sering muncul karena penggunaan high heels. Gejalanya ialah nyeri dan kaku pada persendian tulang. Biasanya keluhan muncul di persendian lutut dan panggul dan bila dibiarkan nyeri akan menyebar di otot sekitarnya. Dengan menggunakan high heels secara terus menerus, kamu bisa saja mengalami radang tulang panggul, paha, lutut bahkan sampai ke tulang belakang.

4. Rentan patah tulang ataupun keseleo

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Rentan patah tulang ataupun keseleo

photo via : dr7physioandpod.com.au

Penggunaan high heels terlalu sering juga dapat membuat kamu rentan terhadap yang namanya keseleo atau patah tulang. Hal ini disebabkan karena tidak semua high heels memberikan kenyaman untuk berbagai kegiatan yang kamu lakukan. Salah satu contoh ketidak nyamanannya adalah diakibatkan oleh tumpuan yang hanya dibebankan pada ujung kaki sehingga membuat kamu kesulitan untuk bebas bergerak dan jika dipaksakan beraktivitas ekstra akan menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki. Lebih parahnya lagi tulang kaki kamu bisa saja patah saat terjatuh menggunakan high heels.

5. Gangguan rongga panggul

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Gangguan rongga panggul

photo via : innovativegyn.com

Penggunaan high heels pada wanita juga dapat membuat pemakaianya menderita gangguan rongga panggul. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada ujung kaki yang menyebabkan ukuran menjadi tidak normal dan ukuran pantat semakin besar. Hal ini akan semakin berbahaya pada ibu hamil karena dapat mengakibatkan mereka susah melahirkan. Pada kondisi terburuk, dapat mengurangi tingkat kesuburan atau mandul.

6. Pump bump

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Pump bump

photo via : allergye.ru

Penggunaan high heels yang tidak tepat juga dapat membuat kaki kamu muncul pump bump. Pump bump sendiri merupakan benjolan yang meradang pada bagian tumit. Hal ini terjadi karena area tulang bagian belakang tumit membesar. Salah satu penyebabnya adalah adanya gesekan yang terus-menerus pada kulit dengan bagian belakang sepatu yang menyebabkan peradangan.

7. Varises

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Varises

photo via : http://akucantik.id

Dampak negatif dari pemakaian high heels selanjutnya adalah munculnya varises di kaki. Hal ini dikarenakan karena saat menggunakan high heels kaki kamu dituntut harus berjinjit. Dengan kondisi berjinjit tersebut otot-otot yang berada di tumit belakang dan betis terus-menerus tegang. Sehingga pembuluh darah menjadi tertekan, nah itulah yang dapat menimbulkan kaki kamu terserang penyakit varises.

8. Tumor jinak

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Tumor jinak

photo via : http://www.abraham-maslow.com

Pastikan dalam memilih high heels kamu memilih ukuran high heels yang sesuai dengan ukuran kaki kamu. Jangan sampai kamu menggunakan high heels yang sempit dan juga terlalu tinggi. Penggunaan sepatu hak tinggi yang sering dengan ketinggian yang berlebih akan mengakibatkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan keempat. Awalnya jari-jari akan terasa sakit dan lama kelamaan akan mati rasa. Lalu jika dibiarkan akan menjadi kapalan. Nah kapalan itu berubah menjadi tumor jinak.

9. Jari bengkok

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Jari bengkok

photo via : lifestyle.okezone.com

Pemakaian high heels terlalu sering juga dapat mengakibatkan jari-jari kaki kalian membengkok. Ini disebabkan karena ruang sempit di ujung high heels akan memaksa jari kaki untuk menekuk di sendi tengah. Jika diteruskan berlama-lama otot di jari kedua, ketiga dan keempat dapat menekuk terus. Ini sangat bahaya, karena jari-jari kaki bisa jadi menekuk terus bahkan pada saat tak memakai high heels.

10. Memicu tubuh melengkung

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Memicu tubuh melengkung

photo via : www.truspinesf.com

Walaupun saat dipakai, postur tubuh dapat terlihat lebih ideal, namun jika dipakai terlalu sering, high heels dapat membuat postur tubuh kamu berubah. Dimana terjadi perubahan pada pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar, inilah yang menyebabkan tubuh menjadi melengkung.

11. Ikut andil dalam kemerosotan kekuatan tulang sendi pada area lutut

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Ikut andil dalam kemerosotan kekuatan tulang sendi pada area lutut

photo via : ramalanhidup.com

Penggunaan high heels terlalu sering pada wanita juga dapat membahayakan lutut, dimana bisa membuat tulang rawan lutut mengalami pengkapuran dini. Pasalnya, tekanan sendi lutut meningkat sebanyak 26% ketika kamu menggunakan high heels.

12. Gangguan kesehatan pada ibu hamil

Dampak Positif Dan Negatif Menggunakan High Heels - Gangguan kesehatan pada ibu hamil

photo via : www.momjunction.com

Buat kalian yang sedang hamil, dianjurkan untuk jangan menggunakan high heels, pasalnya penggunaan hugh heels pada ibu hamil dapat membahayakan kesehatan sang ibu dan juga kandungan. Jika kamu memaksakan diri menggunakan hak tinggi, maka dikhawatirkan akan mengakibatkan sakit punggung, hal ini diakibatkan karena ketika sedang hamil akibat adanya peningkatan hormon relaxin yang dihasilkan dari indung telur. Kondisi ini akan lebih parah ketika kamu menggunakan sepatu hak tinggi ketika sedang hamil dan memberikan ketegangan pada punggung kamu. Keseimbangan karena peningkatan berat badan kamu ketika hamil ditakutkan akan mempengaruhi cara jalan anda sehingga mengakibatkan anda keseleo.

Selain itu, perubahan tulang pinggul dan tulang belakang saat proses kehamilan yang tidak sesuai akibat menggunakan hak tinggi dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran. Menyebabkan kaku otot secara permanen pada otot kaki atau betis dan paha sehingga mempercepat timbulnya varises yang akan mengakibatkan sang ibu merasa lebih cepat lelah. Perubahan posisi hamil akibat penggunaan sepatu hak tinggi pada ibu hamil, mengakibatkan proses melahirkan secara normal mengalami kesulitan sehingga kadang kala harus melalui operasi Caesar. Satu lagi yang harus diingat, penggunaan sepatu high heels akan meningkatkan resiko terjatuh yang akan menimbulkan trauma dalam kehamilan.

Setelah membaca penjelasan dampak mengenai positif dan negatif menggunakan high heels diatas, kini kalian bisa menentukan seberapa penting dan seringnya kalian harus menggunakan high heels untuk menunjang penampilan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait