Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended

2 bulan lalu

Setiap anak-anak muslim dididik untuk bisa mengaji sedini mungkin. Pasalnya bagi umat muslim, mengaji yang mana artinya mempelajari kitab suci Al-Qur’an merupakan suatu hal yang wajib hukumnya dilakuka. Sebab dengan mengaji diharapkan ketakwaan seorang Muslim menjadi meningkat. Mengaji juga salah satu cara untuk lebih mengenal Islam yang lebih dalam lagi dengan ilmu pengetahuan yang mengajarkan moral, kejujuran, dan pastinya tentang kebaikan.

Jaman dulu kegiatan mengaji sangatlah mengasyikkan. Kita biasanya berkumpul di Masjid atau di Madrasah untuk belajar mengaji bersama-sama dan dipimpin oleh seorang ustadz. Namun seiring perkembangan jaman, kegiatan mengaji sudah semakin jarang dilakukan. Walaupun masih namun pesertanya tidaklah sebanyak jaman dulu.

Hal ini dikarenakan karena anak-anak sudah disibukkan dengan gadget sehingga lupa belajar mengaji. Tapi para orang tua gak perlu khawatir, pasalnya anak-anak juga bisa belajar mengaji melalui smartphone lho! Jadi kalaupun anak-anak kalian malas pergi mengaji ataupun malas belajar mengaji meskipun didatangkan guru mengaji kerumah, anak-anak tetap bisa belajar mengaji melalui smartphone mereka.

Tinggal instal saja aplikasi belajar mengaji yang bisa kamu temukan dengan mudah di Playstore. Ada banyak aplikasi mengaji yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Bukan hanya untuk anak-anak, namun aplikasi yang ada juga bisa digunakan oleh orang dewasa yang belum tau caranya membaca Al-Qur’an. Nah dari sekian banyak aplikasi belajar mengaji yang ada di Playstore, berikut 15 daftar aplikasi untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended buat kamu! Check this out guys!

1. Belajar Mengaji Al-Qur’an – iMajlis Mobile

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Mengaji Al-Qur'an

photo via : play.google.com

Aplikasi belajar mengaji pertama adalah Belajar Mengaji Al-Qur’an yang dikeluarkan oleh iMajlis Mobile. Aplikasi belajar mengaji ini adalah sebuah aplikasi ringan untuk memudahkan siapapun, baik anak-naka, remaja hingga orang tua yang ingin mempelajari bagaimana cara mengaji Al-Qur’an yang benar. Pasalnya tahapan belajar mengaji di aplikasi ini telah disusun secara sistematis mulai dari yang paling dasar hingga ke level yang lebih tinggi. Kelebihan aplikasi Belajar Mengaji Al-Qur’an dari iMajlis Mobile ini adalah dilengkapi dengan tampilan menarik sehingga anak-anak lebih semangat untuk belajar membaca Al-Qur’an. Selain membaca, kamu juga bisa belajar menulis huruf-huruf Arab (Al-Qur’an), aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio yang membantu dalam pengucapan yang benar.

2. Learning Basic of Al-Qur’an – Edutalk Indo Studio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Learning Basic of Al-Qur'an

photo via : play.google.com

Selanjutnya ada aplikasi belajar mengaji bernama Learning Basic of Al-Qur’an yang dikeluarkan oleh Edutalk Indo Studio. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan siapa saja baik anak-anak, remaja maupun dewasa untuk membacar Al-Qur’an. Dari belajar Hijaiyah, Harokat (Fattah, kasroh, dhomah) hingga menghafal surat pendek (Juz’amma) bisa kamu temukan di aplikasi ini. Tampilannyapun lengkap, ada animasi dan audio yang menarik sehingga pengguna diharapkan lebih termotivasi untuk belajar membaca Al-Qur’an.

3. Marbel Learns Quran for Kids – Educa Studio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Marbel Learns Quran for Kids

photo via : play.google.com

Belajar huruf Hijaiyah seperti A Ba Ta, memang paling cocok jika menggunakan aplikasi Marbel Learns Quran for Kids dari Educa Studio. Selain itu, aplikasi ini juga mengajarkan anak-anak membaca hijaiyah dengan harokat-nya (fathah, dummah, kasroh), dan juga membaca hijaiyah dengan harokat tanwin (Fathah Tanwin, Dummah Tanwin, Kasroh Tanwin). Aplikasi ini juga dilengkapi dengan narasi yang bermanfaat bagi mereka yang belum bisa membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak dapat belajar hanya dengan mendengarkan suaranya. Setelah belajar, ada permainan yang menyenangkan bagi mereka. Sepanjang permainan ini, orang tua bisa mengetahui sejauh mana pemahaman anak-anak tentang qur’an.

4. Belajar Iqro dengan Audio – AiraSoft

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Iqro dengan Audio

photo via : play.google.com

Hadir juga aplikasi Belajar Iqro dengan Audio dari AiraSoft yang dapat memudahkan siapapun belajar mengaji. Belajar Iqro dengan Audio adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam belajar membaca Al-Qur’an, khususnya pengguna anak-anak yang baru belajar membaca dan belajar mengaji, sehingga aplikasi ini disertai dengan gambar dan warna yang menarik untuk anak-anak dan suara audio yang dibaca oleh anak-anak. Meskipun begitu, aplikasi ini tetap bisa digunakan oleh para remaja maupun dewasa yang ingin belajar mengaji.

Dalam aplikasi Belajar Belajar Iqro dengan Audio ini terdapat 6 tingkatan tahap belajar, dari Iqro’ 1 sampai Iqro’ 6, dilengkapi dengan Audio bacaan dan petunjuk bacaan. Saat ini sudah tersedia Iqro’ 1, Iqro’ 2, Iqro’ 3, Iqro’ 4, dan Iqro’ 5, sedangkan untuk Iqro’ 6 masih dalam proses pembuatan dan akan diselesaikan secepatnya. Aplikasi Belajar Iqro dengan Audio ini dibuat secara simple, clean, dan menarik. Sehingga dapat meningkatkan minat dalam belajar dan membantu memudahkan pengguna yang ingin belajar mengaji dan belajar membaca Al-Qur’an.

5. Iqro Digital Lengkap – Edufans Studio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Iqro Digital Lengkap

photo via : play.google.com

Selain Belajar Iqro dengan Audio ada juga Iqro Digital Lengkap dari Edufans Studio yang bisa kamu instal di smartphone kamu. Iqro Digital Lengkap adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam belajar membaca Al-Qur’an, khususnya pengguna anak-anak yang baru belajar membaca dan belajar mengaji. Dalam aplikasi ini akan ada IQRO Digital jilid 1 sampai 6 yang dapat membantu siapa saja yang ingin belajar bagaimana membaca Alquran. Dirancang dengan pola yang sama seperti buku IQRO asli, sehingga tidak ada perbedaan dalam penggunaan asli dengan Digital. Dirancang dengan gaya yang simple, bersih dan juga menarik, aplikasi ini akan meningkatkan minat dalam belajar dan membantu memudahkan pengguna yang ingin belajar mengaji dan belajar membaca Al-Qur’an.

6. Belajar Mengaji 1 + Suara – Solite Kids

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Mengaji 1 + Suara

photo via : play.google.com

Belajar Mengaji 1 + Suara dari Solite Kids merupakan serial aplikasi pendidikan anak yang mampu membantu anak-anak untuk belajar mengaji Al-Qur’an dengan cepat dengan metode Iqro yang menyenangkan. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara interaktif yang dilengkapi dengan suara dan contoh bacaan Al-Qur’an. Disertai juga permainan menarik seperti Bermain Balon Udara, Bermain Gelembung Bacaan Iqro dan juga suara yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan saat belajar mengaji Al-Qur’an.

7. Belajar Al-Quran + Suara – Solite Kids

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Al-Quran + Suara

photo via : play.google.com

Solite Kids juga mengeluarkan serial aplikasi belajar mengaji lainnya bernama Belajar Al-Quran + Suara. Pada Aplikasi ini anak-anak akan belajar cara membaca Al-Qur’an dengan cara mengeja satu persatu. Anak-anak dikenalkan pada harakat fathah, kasrah dan dammah. Selain itu anak-anak juga diajarkan cara membaca harakat tanwin an in dan un. Membaca Al-Quran pada aplikasi ini lengkap dengan suara sehingga anak-anak dapat belajar Al-Qur’an secara mandiri. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara interaktif disertai permainan menarik dan suara yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan saat belajar mengaji Al-Qur’an.

8. Belajar Mengaji Iqra – Nayaka Studio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Mengaji Iqra

photo via : play.google.com

Selanjutnya ada aplikasi untuk belajar mengaji bernama Belajar Mengaji Iqra dari Nayaka Studio. Dalam apliksi ini penggunaka alan diajarkan dalam pelafalan tiap huruf Hijaiyah, pengucapan tiap huruf beserta Harokat, mengenal Harokat dan Tanwin, ada juga keterangan teks tiap pelafalan dan ada juga kuis untuk mengetes kemampuan. Dengan aplikasi ini diharapkan pengguna dapat belajar mengaji Al-Quran dengan mudah, seperti halnya belajar mengaji dengan Iqro.

9. Belajar Membaca Al-Qur’an – Indocipta Studio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Membaca Al-Qur'an

photo via : play.google.com

Aplikasi belajar mengaji selanjutnya yang bagus dan rekomended buat kalian adalah Belajar Membaca Al-Qur’an dari Indocipta Studio. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan sangat bermanfaat untuk belajar mengaji dengan cepat. Aplikasi ini mengajarkan membaca al-Qur’an disertai dengan pengucapannya melalui bantuan audio, dan dilengkapi dengan dasar-dasar ilmu tajwid. Ada fitur lengkap seperti Mempelajari huruf-huruf hijaiyah, makhorijul huruf dan shifatul huruf. Kamu juga bisa mempelajari jenis-jenis tanda baca (harokat) dalam al-Qur’an. Mempelajari bagaimana merangkai atau menyambung huruf-huruf hijaiyah untuk membentuk kata.
* Mempelajari jenis-jenis bacaan panjang (mad) dan tata cara membacanya, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pelajari dari aplikasi satu ini.

10. Belajar Al-Quran – PaperPlay Studio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Al-Quran

photo via : play.google.com

Selanjutnya kamu bisa belajar mengaji dengan mudah melalui smartphonemu dengan menginstal aplikasi Belajar Al-Quran di Google Play Store. Aplikasi Belajar Al-Quran dari PaperPlay Studio ini merupakan aplikasi edukasi untuk belajar membaca Alqur’an yang sangat cocok untuk anak-anak. Materi yang terdapat pada aplikasi ini diambil dari Iqro’ dan beberapa sumber yang sudah disesuaikan dengan langkah-langkah tepat untuk belajar mengaji Alquran dari dasar hingga mahir. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara pada tiap hurufnya, sehingga membuat anak-anak lebih cepat untuk memahami materi.

11. Buku Iqro Belajar Membaca Alquran Lengkap Offline – AVFDC Studio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Buku Iqro Belajar Membaca Alquran Lengkap Offline

photo via : play.google.com

Aplikasi BUKU IQRO BELAJAR MEMBACA ALQURAN LENGKAP OFFLINE merupakan aplikasi yang membantu kamu dalam melajar membaca Al Quran secara bertahap dari Iqro jilid 1 sampai dengan jilid 6. Aplikasi ini sangat ringan sehingga tidak akan membuat smartphone kamu eror. Namun meskipun ringan kualitas gambar tetap jernih dan dikemas secara praktis untuk memudahkan pengguna. Yang paling menarik, keunggulan aplikasi untuk belajar mengaji satu ini dapat dijalankan tanpa koneksi internet sehingga irit kuota alias full offline.

12. Belajar Mengaji Al-Qur’an – Riestudio

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Mengaji Al-Qur'an

photo via : play.google.com

Selanjutnya ada Belajar Mengaji Al-Qur’an dari Riestudio. Aplikasi ini mengklaim dapat membantu kalian untuk dapat membaca Al-Qur’an dalam waktu 30 menit. Penemu metode 30 menit lancar membaca Alquran, Ustaz Achmaf Farid Hasan mengatakan, sesuai dengan namanya metode ini hanya memerlukan waktu 30 menit untuk dapat membaca Alquran, yang nantinya dilanjutkan dengan praktek. Ada 3 kunci untuk lancar membaca Alquran dengan menggunakan metode tersebut. Pertama, seseorang itu harus menguasai huruf Alquran yang jumlahnya 30 huruf. Sementara, kunci yang kedua harus bisa menguasai tanda baca Alquran yang jumlahnya ada delapan tanda baca. Sementara, kunci yang ketiga, adalah dengan menguasai tajwid yang ada dalam Al-Quran. Dimana, untuk menguasai tajwid tersebut harus dilakukan praktek yang rutin.

13. Belajar Mengaji (Iqro’,Quran) – BriXzeN

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Mengaji (Iqro',Quran)

photo via : play.google.com

Selanjutnya ada aplikasi Belajar Mengaji (Iqro’,Quran). Aplikasi ini sangat bagus untuk para pemula untuk belajar mengaji. Aplikasi Belajar Mengaji (Iqro’,Quran) ini sendiri menrupakan metode belajar mengaji yang mengimplementasikan iqro’ 1-6. Kamu akan diajarkan cara pengucapan yang benar, belajar Iqro jilid 1 sampai 6. Serta ada juga kuis yang membuat belajar mengajimu lebih menyenangkan. Menariknya lagi akan ada penjelasan materi yang membuatmu lebih mengerti tentang Al-Qur’an. Cukup belajar mengaji secara rutin lewat aplikasi Belajar Mengaji (Iqro’,Quran) maka secara otomatis kamu akan bisa mengaji dengan lancar.

14. Belajar Baca Qur’an Metode Tartil – PT. Rilitas Media Insan Nusa

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Belajar Baca Qur'an Metode Tartil

photo via : play.google.com

Ingin belajar membaca Al-Qur’an dengan cepat? Kamu bisa menggunakan aplikasi Belajar Baca Qur’an Metode Tartil dari PT. Rilitas Media Insan Nusa. Aplikasi ini menggunakan Metode Tartil yaitu metode yang berbasis cepat, tepat dan terampil. Dengan desain yang simple namun menarik membuat pengguna lebih mudah dan nyaman dalam mempelajari tata cara membaca A-Qur’an dengan baik dan benar. Aplikasi ini diperuntukan bukan hanya untuk anak-anak namun juga untk remaja maupun dewasa yang ingin belajar mengaji dengan mudah dan cepat.

15. Buku IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap – Jatenapps

Deretan Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Terbaik Dan Rekomended - Buku IQRA' 1 2 3 4 5 6 Lengkap

photo via : play.google.com

Belajar mengaji quran tak perlu lagi menggunakan paket buku IQRA jilid 1 sampai dengan jilid 6 yang susah dibawa kemana-mana. Karena dengan aplikasi Buku IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap dari Jatenapps kamu bisa belajar mengaji quran dengan mudah dan praktis dan dapat belajar dimana saja yang kamu inginkan. Aplikasi ini relatif kecil sehingga tidak memakan storage yang terlalu banyak. Desain aplikasi juga jelas dan menarik sehingga kamu mudah membacanya. Berisi lengkap Iqro jilid 1 sampai jilid 6 yang membantu kamu agar lancar mengaji.

Baca Juga