Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Yang Mungil Dan Asri

1 bulan, by blogunik

Desain Taman Belakang Rumah

Memiliki area tersisa di belakang rumah? Meskipun sempit dan kecil, namun area sempit tersebut bisa dijadikan taman yang indah dan asri lho! Memiliki taman di belakang rumah memang membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan asri. Tak heran banyak orang ingin memiliki taman di area rumah mereka, baik dibelakang rumah, di rooftop ataupun dibagian depan rumah.

Dengan tersedianya taman, kamupun bisa bebas menanam berbagai macam tanaman yang kamu suka. Namun untuk mendesain taman belakang rumah agar telihat tertata, indah dan asri bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan lahan yang tersisa untuk taman sangat sempit sehingga impianmu menciptakan area hijau di rumah jadi pupus.

Namun tenang saja guys, karena ada banyak inspirasi desain taman belakang rumah yang sempit yang bisa kamu jadikan referensi. Untuk itu, kali ini Blog Unik akan berbagi tentang berbagai inspirasi desain taman belakang rumah yang mungil dan asri yang bisa kamu jadikan referensi. Let’s check it out guys!

1. Taman kecil belakang rumah sebagai arena bersantai keluarga

Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Untuk Lahan Yang Sempit

photo via cotemaison.fr

Area belakang rumah yang sempit bisa kamu sulap menjadi taman yang luas untuk tempat bermain anak-anak dan tempat bersantai. Cukup tanam beberapa tanaman hias di satu sisi taman, lalu biarkan area lain kosong dengan beralaskan rumput asli maupun rumput sintetis. Dengan begitu, kamu akan memiliki taman yang hiaju sekaligus area bermain outdoor untuk anak-anak.

2. Taman belakang rumah yang tertata dengan tempat lesehan untuk bersantai

desain taman belakang rumah minimalis

photo via freshideen.com

Ingin punya area rekreasi sendiri dirumah? Tenang, kamu bisa memanfaatkan area sempit yang tersisa di belakang rumah menjadi taman sekaligus untuk tempat bersantai dirumah. Cukup tanam beberapa tanaman hias dipinggiran lalu ditengah-tengah kamu bisa tanam rerumputan, baik rumput asli maupun rumput sintetis. Selanjutnya tinggal pasang jalan setapak yang kecil yang menuju ke tempat lesehan yang terbuat dari kayu. Nggak usah lebar-lebar, ukuran 1,5 m x 1,5 m pun sudah cukup untuk menciptakan tempat lesehan di tengah taman minimalis.

3. Teras belakang rumah dengan taman hijau

Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Untuk Lahan Yang Sempit

photo via gardenholic.com

Daripada panas, kamu bisa membuat area teras belakang rumah kamu menjadi lebih hijau dengan menanam beberapa tanaman hias yang rindang dan hijau dibeberapa sudut yang masih tersisa. Kamu juga bisa menambahkan tanaman rambat di area dinding untuk menciptakan nuansa hijau yang menyejukkan.

4. Taman belakang rumah dengan tanaman berpot dan deck kayu yang asri

desain taman belakang sempit

photo via reparasiandroid.com

Kalau kamu memiliki area di belakang rumah yang kosong, namun telah di tutupi dengan deck kayu, jangan khawatir. Kamu masih bisa membuat taman yang asri dengan menempatkan berbagai tanaman dalam pot berbagai ukuran. Kamu juga bisa menciptakan vertical garden untuk menciptakan nuansa yang lebih sejuk dan asri.

5. Taman kecil dengan rumput yang rapi dan beberapa tanaman tropis yang berguna untuk tempat bersantai

desain taman belakang rumah minimalis

photo via historiasdecasa.com.br

Nah buat kamu yang malas merapikan rumput yang memanjang, kamu bisa menggantikannya dengan rumput sintetis. Taman dengan rumput sintetis akan selalu terlihat rapi, cukup tata berbagai macam tanaman hias dalam pot di sudut taman dan sisakan lahan kosong untuk tempat bersantai yang teduh.

6. Taman kecil dengan tanaman tropis yang menyejukkan

desain taman belakang sempit

photo via nytimes.com

Jika halaman belakang rumah kamu bentukannya memanjang, kamu bisa menciptakan taman yang hijau dengan menanamnya sepanjang sisi halaman. Dari pohon palm, hingga tanaman tropis lainnya, bisa ditanam dengan cara berjejer. Untuk memberikan kesan dinamis, kamu bisa membuat garis pembatas yang berirama seperti gambar diatas.

7. Taman kecil dengan batu alam bergaya Jepang

Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Untuk Lahan Yang Sempit

photo via tianggadha.com

Selain rumput hijau yang rapi, bebatuan besar dan bonsai, kamu juga bisa menciptakan taman bergaya Jepang dengan menggunakan batu kerikil khusus taman berwarna hitam dan putih. Kamu bisa menata sedemikian rupa dan membedakan penempatakan kerikil hitam dan putih. Sisipkan juga berbagai tanaman hias dan yang paling penting adalah tanaman bambu di salah satu sisi taman agar nuansa Jepang lebih terasa.

8. Taman dengan air terjun buatan yang asri

desain taman belakang sempit

photo via monjardinmamaison.maison-travaux.fr

Nah buat kamu yang menginginkan taman dengan konsep yang berbeda, kamu bisa menciptakan taman bergaya hutan tropis dengan air terjun sebagai poin utamanya. Jika kamu memiliki lahan sempit, desain taman seperti gambar diatas bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu untuk menciptakan suasana alam yang kental pada halaman belakang rumah kamu.

9. Taman kecil dengan tanaman gantung

desain taman belakang rumah minimalis

photo via ariyonainterior.com

Tidak cukup tempat untuk menanam tanaman, kamu bisa beralih dengan memanfaatkan tanaman hias gantung untuk menciptakan taman yang asri. Kamu bisa menggantung berbagai jenis anggrek ataupun tanaman hias gantung lainnya. Area dinding yang kosong juga bisa kamu sulap menjadi vertical garden yang tentunya akan membuat taman kamu menjadi lebih asri.

10. Taman belakang rumah dengan kolam kecil yang unik

Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Untuk Lahan Yang Sempit

photo via mykukun.com

Punya lahan sempit, namun ingin memiliki taman yang asri dan kolam ikannya? Kamu bisa mencontoh desain taman belakang rumah seperti gambar di atas. Kamu bisa mengambil sedikit area teras belakang untuk dibuat kolam, selanjutnya tutupi dengan deck kayu sehingga kolam seakan-akan berada di bawah teras rumah kamu. Sedangkan area yang tersisa, kamu bisa menanamnya dengan berbagai jenis tanaman hias kesukaanmu.

11. Taman yang dibuat agak tinggi dengan tempat duduk untuk bersantai

desain taman belakang rumah minimalis

photo via behance.net

Selanjutnya kamu bisa membuat taman yang setingkat lebih tinggi dari tanah namun lebih pendek dari dinding pembatas rumah kamu. Ini bisa menjadi solusi yang tepat buat kamu yang halaman belakangnya lebih rendah dari posisi rumah kamu sehingga memerlukan tangga untuk turun ke halaman belakang. Kamu juga bisa membuat area duduk pada tingkatan taman tersebut sehingga taman bisa terlihat lebi luas dan juga lebih cozy.

12. Taman dengan patio

desain taman belakang sempit

photo via bhg.com.au

Nggak melulu harus lahan yang luas, taman yang sempit juga bisa dibuat patio untuk bersantai. Dengan penataan tanaman hias yang sedemikian rupa, kamu bisa bersantai sambil pesta BBQ di taman belakang rumah kamu.

13. Taman kecil yang rindang dan menyejukkan

desain taman belakang rumah minimalis

photo via freshideen.com

Untuk membuat lahan yang sempit menjadi taman dan tempat bersantai yang luas, maka kamu bisa mencontoh desain taman belakang rumah seperti gambar di atas. Taman hijau yang dibuat agak tinggi yang kemudian disisipkan area duduk dari kayu membuat halaman belakang rumah kamu terasa tertata dan lebih sejuk untuk bersantai.

14. Taman kecil yang asyik untuk BBQ-an

desain taman belakang sempit

photo via seasonsincolour.com

Banyak juga yang mencari desain taman yang minimalis yang tak tertalu rindang namun masih terlihat asri. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mencontoh desain taman belakang rumah seperti gambar diatas. Dengan bentuk persegi, kamu bisa menaman tanaman hias yang di beberapa sudut taman. Sebagian ditanam rumput dan sebagian di pasang lantai. Dengan menambahkan area tempat duduk, desain taman satu ini sangat pas untuk tempat BBQ-an bersama keluarga.

15. Taman hijau super kecil untuk lahan yang sempit

desain taman belakang rumah minimalis

photo via thaigardendesign.com

Hanya tersisa lahan super sempit untuk taman? Tenang, kamu masih bisa memiliki area hijau dengan menanam beberapa tanaman hias tropis di sepanjang sisi area yang tersisa. Tutupi juga tanah dengan rumput hijau dan beberapa batu besar untuk menciptakan jalan setapak yang dekoratif.

16. Taman bunga di lahan sempit

desain taman belakang sempit

photo via solteirasnoivascasadas.com

Buat kamu yang lahan belakang rumahnya nggak memungkinkan untuk menanam tanaman tropis seperti palm, pohon bambu mini dll, kamu bisa memenuhi area tersebut dengan bermacam-macam tanaman bunga. Lahan yang super sempit masih bisa disulap menjadi taman bunga yang cantik. Kamu juga bisa memanfaatkan dinding kosong untuk menggantung atau menempelkan tanaman bunga yang kamu inginkan.

17. Taman dengan tanaman rambat yang asri

desain taman belakang sempit

photo via tinycanalcottage.com

Nah buat kamu yang suka dengan taman ala gypsy yang rindang dan fairy tale, kamu bisa menanam tanaman rambat yang ditata sedemikian rupa hingga menciptakan atap alami yang hijau. Kamu juga bisa menutupi tanah dengan batu kerikil ataupun rumput hijau sesuai selera kamu. Dengan begitu, kamu bisa bersantai di taman yang teduh dan fairy tale tersebut.

18. Taman dengan pot air mancur yang cantik

Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Untuk Lahan Yang Sempit

photo via landscape.selbermachendeko.com

Ada banyak tanaman hias yang rindang yang bisa ditanam di taman. Penempatannyapun bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Namun untuk membuatnya lebih cantik dan unik, kamu bisa menambahkan kolam air mancur dari pot yang unik dan cantik. Suara gemericik air mancur akan membuat taman kamu lebih menyejukkan dan menenangkan.

19. Taman belakang rumah yang dengan kolam yang memanjang

desain taman belakang sempit

photo via gardenholic.com

Satu lagi inspirasi desain taman belakang rumah yang mungil dan asri yang bisa kamu aplikasikan di area tersisi di rumah kamu adalah taman dengan kolam bertingkat dan memanjang hampir mengelilingi area taman. Disisi-sisinya kamu bisa tanam dengan tanaman hias kesukaan kamu. Sedangkan di area tengah bisa kamu jadikan sebagai area bersantai dengan sepasang kursi outdoor.

20. Taman hijau kecil bergaya Jepang

Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Untuk Lahan Yang Sempit

photo via weheartit.com

Punya area terbatas untuk taman, kamu bisa menciptakan suasan taman khas Jepang dengan rumput hijau yang rapi. Kemudian tambahkan batu-batu besar dibeberapa sudut dan beberapa tanaman rindang seperti bonsai dll. Kamu juga bisa menambahkan jalan setapak yang terbuat dari deretan batu yang disusun berirama. Meskipun kecil, namun suasana sejuk akan kamu dapatkan dengan desain taman satu ini.

Itu dia beberapa inspirasi desain taman belakang rumah yang mungil dan asri yang bisa kamu jadi referensi dalam menciptakan taman impian kamu. Semoga bermanfaat!

0
Artikel Terkait