Fakta Seputar Menghilangnya Tim Sepak Bola Thailand Yang Terjebak Di Dalam Goa

1 tahun lalu, by blogunik

Setelah berada didalam gua selama kurang lebih 4 pekan, akhirnya 12 pemain sepak bola remaja dan pelatihnya berhasil diselamatkan dari dalam gua di Thailand. Mereka semua ditemukan pada hari senin 2 Juli 2018 malam di ruang besar di perut Gua Tham Luang oleh penyelam Angkatan Laut Thailand dan semuanya berhasil diselamatkan pada 10 Juli 2018. Setelah berhasil diselamatkan, para pemain berserta sang pelatih akan menjalani pemeriksaan dan perawatan medis di rumah sakit setempat untuk memastikan kondisi kesehatan mereka. Dan menarik untuk kita simak beberapa fakta memilukan dibalik misi penyelamatan mereka saat terjebak di dalam goa, berikut faktanya :

 

1. Adanya Tanda Peringatan

Photo via : https://www.gettyimages.com

Lokasi hilangnya remaja itu berada di Gua The Tham Luang yang terletak di area bawah tanah yang luas tepat dibawah pegunungan Doi Nang Non. Gua ini hanya memiliki satu pintu untuk keluar-masuk. Di gua tersebut sudah ada peringatan di pintu masuknya, setiap pengunjung tidak masuk ke dalam gua selama musim hujan terutama pada bulan Juli hingga November, hal ini karena bahaya banjir yang kerap terjadi di dalam gua.

 

2. Memerlukan Waktu 10 hari Untuk Menemukan Mereka Di Dalam Goa

Photo via : https://www.thenational.ae

Karena ukuran gua yang luas dan banyak lorong di dalam gua, tim penyelamat memerlukan waktu sepuluh hari untuk menemukan mereka. Ketika anak-anak ditemukan di dalam gua, mereka berada di 9 km dari pintu masuk gua. Menurut para pejabat, butuh waktu berbulan-bulan sebelum banjir surut, yang berarti menunggu itu bukanlah pilihan. Seluruh tim sepak bola dan pelatihnya ini harus diselamatkan meskipun menghadapi kondisi yang menantang.

 

3. Kondisi Goa Sangat Berbahaya

Photo via : https://www.suedost-news.de

Salah satu risiko terbesar menurut para ahli kesehatan adalah kurangnya oksigen. Walaupun terdapat ventilasi di lokasi terjebaknya para remaja itu, namun kadar oksigen di gua sekarang hanya 15 persen. Padahal rentang terbaik kadar oksigen untuk bernafas adalah 19,5 hingga 23 persen.

 

4. Misi Penyelamatan Menghadapi Tantangan Yang Sulit

Photo via : https://vietnammoi.vn

Walaupun tujuan mereka untuk mengeluarkan mereka dari gua adalah prioritas utama, namun misi ini menghadapi beberapa tantangan yang sulit. Setidaknya mereka harus berenang selama tiga jam dari lokasi terjebak sampai pintu gua. Adanya lorong sempit membuat penyelam harus melepaskan silinder udara yang menempel.

 

5. Satu Penyelam Tewas Dalam Misi Penyelamatan

Photo via : https://www.beritaharian.sg

Salah satu penyelam yang berusaha menyelamatkan para remaja dan pelatih meninggal. Penyelam ini adalah mantan Angkatan Laut Thailand bernama Samarn Kunan, ia menjadi sukarelawan dalam misi penyelamatan ini. Pada saat perjalanan keluar dari gua yang banjir, pasokan oksigen Kunan habis dan ia kehilangan kesadaran. Misi penyelamatan ini sangat berbahaya, bukan hanya bagi tim yang terjebak saja orang-orang yang berusaha menyelamatkan mereka juga terancam.

 

6. Misi Penyelamatan Melibatkan Tim Asing

Photo via : https://www.t-online.de

Pencari para remaja dan pelatihnya ini dibantu oleh tim penyelamat gabungan dari China dan Australia. Upaya pencarian ini melibatkan hingga lebih dari 1.000 petugas termasuk dari militer AS dan pakar goa asal Inggris.

 

7. Ditemukan Di Dekat Hamparan Air

Photo via : https://laotiantimes.com

Anak-anak ini ditemukan oleh penyelam asal Inggris dengan rekaman yang menunjukkan mereka dalam keadaan kurus dan berkerumun di gundukan tanah yang letaknya jauh dari dalam goa. Pada rekaman itu juga terlihat, anak-anak tersebut masih menggunakan seragam sepak bola.

 

8. Persoalan Evakuasi

Photo via : http://thailandtip.info

Meskipun sudah ditemukan selamat, persoalan lain yang mereka hadapi yaitu bagaimana cara mengeluarkan mereka dari dalam gua. Anak-anak itu harus mengkonsumsi makanan yang diberikan untuk suplai selama empat bulan termasuk gel berkalori tinggi dan parasetamol. Hal ini dilakukan agar remaja dan pelatihnya memiliki tenaga agar bisa menyelam. Selain itu mereka juga mendapatkan pelatihan menyelam untuk dapat keluar dari gua.

9. Elon Musk Menawarkan Bantuan Teknologi Kapal Selam Mini Untuk Membantu Misi Penyelamatan

Photo via: khaosodenglish.com

Berita tentang terjebaknya para pemain bola Thailand beserta perlatihnya ternyata juga  menggugah Elon Musk sang pendiri perusahaan SpaceX. Ia menawarkan bantuan berupa kapal selam mini untuk bisa mengeluarkan para pemain dan pelatih yang terjebak tersebut. Kapal selam mini tersebut digunakan, dikarenakan banyak diantara mereka yang tidak bisa berenang ditambah dengan medan penyelamatan yang cukup berbahaya.