Fakta Seputar Pak Ndul “Intinya Inti” Yang Lagi Viral

6 bulan lalu

Yang rajin mantengin YouTube di smartphonenya pasti udah gak asing dong dengan YouTuber yang sedang viral satu ini? Yup saiapa lagi kalau bukan Pak Ndul dengan channel YouTube-nya Wagu Waton Guyon. Nah Pak Ndul ini viral di YouTube karena kelucuannya dalam mempermainkan kata-kata dan logika terutama dalam bahasa Inggris.

Pak Ndul terkenal sebagai ahlinya ahli, intinya inti, saripatinya inti, atau core of the core. Bahkan ada juga yang menyebutnya Profesor Pak Gundul. Guyonan alias bercandaan yang disajikan Pak Ndul memang terkesan kaku. Sesuai dengan nama Channel YouTube-nya, Wagu Waton Guyon. Tetapi, dengan konsistensi mencipta konten-konten yang segar dan kuat, video Pak Ndul telah banyak menyita perhatian warganet.

Bahkan para penonton dibuat terperanjat atas kata atau kalimat yang keluar dari mulut Pak Ndul. Diketahui, Pak Ndul ini memang cukup banyak memahami berbagai bidang ilmu dan informasi. Jadi gak heran kalau ia menyebut dirinya sebagai Ahlinya Ahli, Intinya Inti, Saripati dari Inti, atau Core of the Core. Tapi sebenarnya siapa sih Pak Ndul yang tiba-tiba menjadi viral di media sosial ini? Berikut beberapa fakta seputar, Pak Ndul. Check it out guys!

1. Nama asli Pak Ndul

photo via :  YouTube (WAGU Waton Guyon)

Pak Ndul ini memiliki nama asli Ahmad Sukoco. Ia adalah seorang petani asal Desa Muneng. Berkat keahliannya mengolah kata-kata yang sederhana menjadi lelucon dan humor, Ahmad Sukoco yang sekarang tenar dipanggil Pak Ndul ini mencoba untuk menjadi seorang YouTuber. Sejak Maret 2018 lalu ia membangun channel YouTubenya sendiri. Nama Pak Ndul sendiri digunakan agar bisa memberikan sesuatu yang unik, beda, baru dan lucu.

Ia tidak sendirian dalam membuat konten-konten video yang mengocok perut penontonnya. Ada adiknya yang turut serta membuat video-video kocak tersebut. Bersama lima anggota tim kreatif lainnnya, dua bulan berkarya konten video lucu, Pak Ndul yang menggunakan akun Wagu (Waton Guyon) berhasil meraih 685,669 subscriber dan lebih dari 34 juta kali penayangan di YouTube. Tak hanya meraih subscriber yang tinggi dalam waktu singkat, Pak Ndul sudah diundang di berbagai acara di televisi swasta hingga ke Mabes Polri.

2. Jujur dengan tujuannya untuk mendapatkan adsense

Pak Ndul tanpa rasa jaim, langsung mengaku kalau tujuannya membuat channel Waton Guyon tak lain dan tak bukan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari adsense. Namun selain itu, ada hal yang lebih penting yaitu untuk tujuan hiburan dan pendidikan.

3. Pak Ndul mengajarkan kita kalau kreatifitas merupakan sumber penghasilan

Melalui channel YouTubenya tersebut, Pak Ndul membuktikan bahwa kreativitas bisa jadi sumber penghasilan. Menurutnya, selain work hard, kita juga harus work smart. Walupun sebagian orang mengatakan kalau guyonannya garing, tapi banyak orang yang ngakak saat menonton videonya.

4. Jago berbahasa Inggris

photo via : nusantaranews.co

Saat diwawancara secara khusus oleh Dedy Cobuzier dalam talkshow Hitam Putih. Pak Ndul dengan khasnya menyebut dirinya orang pintar, “Best of the best”. Dan ketika diajak wawancara dalam bahasa Inggris pun, Pak Ndul tidak menolak tantangan Deddy tersebut. Hal itu membuat Dedy Cobuzier terkejut. Ia tak menyangka jika Pak Ndul memang bisa bicara dalam bahasa Inggris dengan baik.

5. Belajar sistem kerja YouTube

Sebelum menjadi YouTuber, Pak Ndul melakukan riset dan mengaku telah menghabiskan kurang lebih ratusan jam hanya untuk mmpelajari bagaimana sistem YouTube bekerja, cara kerja algoritma YouTube, dan kemauan YouTube seperti apa. Dengan mengetahui hal tersebut, konten-konten yang dicipta kemungkinan besar akan diindek oleh mesin pencari YouTube dan YouTube sendiri akan merekomendasikan video tersebut ke para pengguna YouTube.

6. Sempat gonta-ganti akun YouTube

Pak Ndul mengaku sempat gonta-ganti akun YouTube. Ia mengaku selalu gagal karena tidak konsisten dan tidak mengetahui tentang YouTube. Ia tidak memiliki nilai jual dan belum ada ide-ide cemerlang untuk dijadikan konten. Hal ini membuat akun YouTubenya sepi dengan viewers maupun subcribers.

7.Sempat membuat konten lucu dengan bahasa Jawa

photo via : news.detik.com

Rupanya sebelum fokus konten-konten video lucu berbahasa Indonesia, dua tahun lalu Pak Ndul bersama tim kreatifnya pernah membuat konten serupa dengan bahasa Jawa. Hanya saja video itu kurang mendapatkan tempat banyak dari para netizen. Tak menyerah, Pak Ndul bersama timnya mengubah konsep dengan karakter Pak Ndul sejak Desember 2018. Konsep karakter video berbahasa Indonesia yang diperankan Pak Ndul ternyata lebih bisa diterima. Karena itu,  konten berbahasa Jawanya, dibuatkan channel tersendiri dengan nama Wagu Ndeso. Saat berkecimpung dengan video berbahasa Jawa, ia menggunakan empat talent. Sementara dirinya bersama adiknya berada di belakang layar.

8. Tim terbentuk karena sama-sama suka nonton YouTube

Personel tim Wagu ini berasal dari daerah sekitar di Desa Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Tim itu terbentuk lantaran sesama pecinta YouTube yang bisa nongkrong di warungnya yang menyediakan wifi gratis. Sebelum membuat video, ia bersama adiknya berdiskusi tentang konsep dan idenya. Setelah sepakat, dilakukan pengambilan video lalu diedit hingga diunggah di YouTube dengan handycam.

9. Suka Duka berkecimpung di dunia YouTube

Ia memilih topik orang desa karena mudah diterima. Apalagi ia hidup di pedesaan. Untuk membuat video dan editing, tidak ada keahlian khusus yang dimilikinya. Pasalnya ia bersama adiknya tidak memiliki keahlian videografi, seniman dan panggung. Suka duka berkecimpung sebagai YouTuber, Pak Ndul menceritakan kalau membuat YouTube itu tidak semudah dibayangkan. Pasalnya, pembuatannya membutuhkan proses yang tidak sebentar. Selain itu, ia pun harus sabar ketika ada orang yang menyebut tidak lucu hingga menyebutnya orang gila.

Buat kalian yang belum tahu seperti apa aksi Pak Ndul dalam WAGU Waton Guyon, berikut beberapa video dari WAGU Waton Guyon yang mampu mengocok perut kalian. 

Baca Juga