Ini Dia 15 Makanan Khas Solo Yang Enak Dan Murah

7 hari lalu, by blogunik

makanan-khas-solo

Setiap daerah sebagai destinasi wisata pasti mempunyai aneka kuliner dan oleh-oleh yang khas. Begitu juga dengan wisata di kota Solo atau Surakarta. Kota yang kaya akan ragam seni budaya batiknya ini mempunyai banyak sekali sajian makanan khas solo yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Sehingga mencicipi makanan khas Solo adalah daya tarik utama dan salah satu aktivitas wajib yang harus kamu lakukan saat liburan ke kota asal Presiden Jokowi.

Mulai dari berkuah hingga kering, ringan hingga berat, semua varian makanan khas Solo ini akan mampu membuat kamu ketagihan. Berikut Blog Unik sajikan ulasan mengenai daftar makanan khas Solo yang enak dan murah yang wajib kamu coba. Let’s check it out guys!

1. Nasi Liwet

Makanan Khas Solo

photo via instagram.com/amazingindonesiafood

Jika kamu menginjakan kaki di Solo, tentunya kamu harus mencicipi makanan yang satu ini. Nasi liwet merupakan makanan paling ikonik dari Solo yang memiliki cita rasa tradisional yang naikmat. Nasi liwet ini berisi nasi dengan sayur labu siam, ayam suwir, telor rebus, dan disiram dengan kuah santan yang kental. Uniknya, nasi liwet ini diasjikan diatas daun pisang. Biasanya para pedagang Nasi Liwet di Solo menjualnya mulai dari harga Rp8.000 untuk per-porsi. Sangat murah dan pastinya enak dan mengenyangkan!

2. Selat Solo

Makanan Khas Solo

photo via instagram.com/momandme_id

Makanan khas Solo yang enak berikutnya adalah Selat Solo. Selat Solo merupakan makanan khas Solo yang telah mendapat pengaruh dari Eropa. Makanan ini berupa sup yang dilengkapi dengan aneka sayuran segar seperti wortel, buncir, tomat, selada dan kentang goreng. Namun yang lebih menarik Selat Solo ini juga menjadi peran utama dalam makanan ini adalah telor pindang dan daging bistik. Rasanya sangat segar, lezat dan sehat.

3. Timlo

Makanan Khas Solo

photo via instagram.com/solodelicious

Mencicipi kelezatan Timlo adalah sebuah keharusan jika kamu berkunjung ke Solo. Timlo adalah sajian berisi daging ayam, ati ampela, sosis goreng, serta telur pindang. Sosis goreng di sini bukan sosis biasa yang terbuat dari daging sapi, namun makanan berbalut kulit lumpia yang dilipat seperti martabak dan digoreng. Isiannya berupa suwiran dada ayam yang nikmat.
Untuk harga timlo khas solo ini bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang kurang lebih Rp.15.000 per porsi.

4. Tengkleng

Makanan Khas Solo

photo via instagram.com/masakjajan

Tengkleng memang menjadi salah satu makanan khas Solo yang harus kamu coba jika berkunjung ke Solo. Tengkleng adalah olahan berisi tulang-belulang dengan sedikit daging kambing yang masih menempel. Biasanya ditambahkan juga jerohan kambing, mata, pipi, kuping, dan lainnya. Kuahnya kental mirip gulai dan bumbunya sangat terasa.

5. Tahu Kupat

Makanan Khas Solo

photo via instagram.com/gemarkulineran

Meskipun tahu kupat banyak kita temui di luar kota Solo, namun tahu kupat khas Solo sangat menarik untuk dicicipi. Terdiri dari ketupat, mie basah, tauge, tahu goreng, bakwan goreng, dan taburan kacang goreng kemudan disajikan dengan bumbu kecap manis encer ditambah bawang goreng, sehingga membuat tahu kupat memiliki cita rasa yang gurih, manis dan pastinya sangat lezat.

6. Soto Gading

makanan-khas-solo

photo via instagram.com/r47natjan

Selain tahu kupat, soto gading juga sayang dilewatkan jika berkunjung ke kota Solo. Soto gading ini berisi suwiran ayam, tauge, kubis, potongan kentang, tomat, irisan seledri dan juga taburan bawang goreng. Lalu disiram dengan kuah kaldu ayam dengan rempah-rempah yang segar dan hangat.

7. Brambang Asem

makanan-khas-solo

photo via instagram.com/solo_ngangeni

Makanan satu ini menjadi makanan khas Solo jaman dulu yang masih bisa kamu temui hingga kini. Brambang Asem merupakan makanan yang terbuat dari daun ubi jalar yang direbus, beraroma bawang merah dengan rasa pedas, yang bisa disantap dengan tempe gembus, tempe yang terbuat dari ampas tahu. Brambang Asem biasanya dimakan sebagai camilan. Biasanya makanan khas Solo ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 3 ribu untuk satu porsinya.

8. Sate Buntel

makanan-khas-solo

photo via instagram.com/carikulinersolo

Kalau di Bali ada sate lilit, maka di Solo ada sate buntel guys! Sate buntel adalah sate yang terbuat dari daging kambing yang digiling atau dicincang berbalut lemak. Kemudian sate tersebut dibakar di atas bara api yang panas. Lemak pembungkus yang terbakar menambah aroma, yang mengundang kamu untuk segera menikmatinya. Dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan membuat kamu ketagihan untuk terus melahapnya. Buntel sendiri merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang artinya bungkus.

9. Lenjongan

makanan-khas-solo

photo via instagram.com/kulinerdisolo

Selain Brambang Asem, camilan khas tradisional kota Solo yang wajib dicoba adalah Lenjongan. Lenjongan sendiri adalah jajanan tradisional gabungan dari sejumlah cemilan manis khas Solo, seperti tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil dan klepon. Rasanya yang manis menjadi teman yang tepat untuk minum kopi ataupun teh di pagi hari. Uniknya panganan satu ini dijual dengan harga murah yakni Rp 4 ribu per porsi.

10. Es Gempol Pleret

makanan-khas-solo

photo via instagram.com/kuenya.misykah

Kalau cuaca lagi panas, maka Es Gempol Pleret menjadi alternatif yang tepat saat kamu ke Solo. Es Gempol Pleret ini merupakan minuman tradisional khas Solo yang dibuat dari adonan tepung beras lalu disiram dengan kuah santan. Ditambah juga dengan laruatn air gula jawa lalu disajikan dengan parutan atau serutan es sehingga menambah kesegaran.

11. Rambak Petis

makanan-khas-solo

photo via flickr.com/photos/darmadifx

Rambak petis adalah kerupuk khas Solo yang terdiri dari kulit sapi ataupun kerbau yang digoreng sangat kering. Kulit kerbau atau sapi tersebut diiris sebesar ibu jadi kemudian dijemur agar kering. Selanjutnya digoreng setelah direndam dengan bumbu khasnya. Yang menarik dari sajian ini di cocol dengan saus petis yang nikmat.

12. Ampyang

makanan-khas-solo

photo via instagram.com/mahevikuliner

Kalau kamu ke Solo dan berniat ingin membeli oleh-oleh berupa makanan ringan, maka ampyang menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Ampyang merupakan makanan tradisional Solo yang terdiri dari kacang, gula merah serta jahe. Bentuknya mirip seperti rempeyek namun berbeda rasa. Jika rempeyek rasanya gurih, maka Ampyang ini bercita rasa manis dan sedikit pedas yang berasal dari gula jawa dan campuran jahe.

13. Tahok

makanan-khas-solo

photo via instagram.com/kulinerdisolo

Kota Solo juga dikenal sebagai kota yang kaya akan akulturasi dengan budaya lainnya. Perpaduan budaya tersebut juga ada dalam dunia kuliner. Dapat dilihat dari makanan khas Solo tradisional yakni tahok. Di beberapa tempat, tahok disebut juga dengan kembang tahu. Tahok memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis serta hangat. Rasa manis tersebut dihasilkan dari gula merah dan daun sereh serta daun pandan hingga jahe. Bahkan tahok ini juga dapat mencegah kanker prostat, menurunkan kolesterol dan membantu program diet.

14. Cabuk Rambak

Makanan Khas Solo

photo via instagram.com/halalsolo

Cabuk rambak ini adalah makanan khas Solo yang disajikan dengan cara pincuk. Makanan sampingan ini terbuat dari ketupat nasi kemudian disiram dengan saus wijen, kelapa parut dan juga kemiri. Kemudian bagian atasnya di taburi dengan kerupuk karak. Rasanya gurih dan juga sangat nikmat.

15. Bubur Tumpang

Makanan Khas Solo

photo via instagram.com/irwansatria

Satu lagi makanan khas Solo yang enak dan murah yang wajib dicoba jika berkunjung ke Solo adalah bubur tumpang. Bubur tumpang dimasak dengan santan, kemudian di atasnya disiram dengan sambal tumpang. Sambal tumpang terbuat dari santan dan tempe bosok (tempe besem) yang dibumbui cabai, kencur, serai, daun salam, daun jeruk, bawang merah, dan bawang putih. Walau disebut “sambal”, sambal tumpang cenderung berkuah dan kuah inilah yang disiramkan ke atas bubur. Sambal tersebut diguyurkan di atas bubur gurih yang berisi sayuran rebus seperti bayam, kecambah, dan kacang panjang. Oleh karena itu, sambalnya terkesan diletakkan di atas sayur dan bubur. Bubur ini memiliki citarasa yang gurih dan lezat.

Nah itulah 15 makanan khas Solo yang enak dan murah dikantong yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Solo. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai tempat wisata kuliner di Solo. Jadi makanan mana nih yang pengen kamu coba terlebih dahulu?

Artikel Terkait