Masih Ingat Dengan Kalkulator? Bagaimana Nasibnya Kini


    Teknologi, Info


Dalam kehidupan sehari-hari, kita memang tak lepas dari yang namanya angka dan hitung-hitungan. Apalagi sebagai seorang pelajar ataupun pegawai yang berhubungan dengan keuangan, pastinya matematika tak akan lepas dari keseharianmu. Tak heran jika keberadaan kalkulator bisa sangat mudah kalian temukan, pasalnya kalkulator dapat mempermudah seseorang dalam hal menyangkut perhitungan angka.

photo via : www.tokopedia.com

Keberadaan kalkulator mampu membantu ibu rumah tangga menjumlah belanjaan hingga membantu anak sekolah menyelesaikan tugas yang membutuhkan hitungan. Selain itu, mereka yang pekerjaannya menyangkut keuangan pastilah kalkulator selalu ada di dalam genggaman mereka. Setidaknya, hal ini terjadi ditahun 2000an.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

photo via : /www.imore.com

Karena seiring berkembangnya teknologi, keberadaan kalkulator mulai tergeser dengan adanya smartphone. Walaupun masih mudah ditemukan dan masih banyak yang menggunakan kalkulator, seperti beberapa kios ataupun toko yang masih mengandalkan kalkulator, namun tak bisa dipungkiri jika pemakai kalkulator sudah semakin berkurang. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi kalkulator dengan fitur lengkap yang tersedia untuk smarthphone. Tidak sekedar menghitung biasa, perhitungan dengan rumus pun bisa dilakukan menggunakan aplikasi kalkulator di smartphone. Selain itu, kamu juga tak perlu repot membawa kalkulator kemana-mana karena fitur kalkulator telah ada di smarthone kamu.

Bisa dibilang keberadaan kalkulator fisik kini sudah bertranformasi menjadi sebuah aplikasi kalkulator yang lebih lengkap dan praktis karena berada di dalam smartphone kalian. Nah berikut adalah beberapa aplikasi kalkulator yang bisa kalian dapat di Google Play Store.

1. RealCalc Scientific Calculator

photo via : www.dealsplus.com

RealCalc adalah software kalkulator yang paling stabil dan dapat diandalkan di perangkat Android selama bertahun-tahun. Ada berbagai mode yang dimiliki oleh aplikasi ini, mulai dari derajat, radian, gradians, oktal, dan heksadesimal. RealCalc juga dapat diandalkan untuk menghitung konstanta dan konversi. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah dibekali fungsi sebagai kalkulator matematika pada umumnya. Bisa dibilang semua jenis perhitungan yang kamu butuhkan semua bisa diperoleh di RealCalc.

2. Hiper Scientific Calculator

photo via : download.cnet.com

Buat para pelajar yang masih membutuhkan kalkulator untuk belajar, bisa menggunakan Hiper Scientific Calculator yang serba guna. Aplikasi ini menawarkan fungsi kalkulator ilmiah dasar, built-in lebih dari 200 unit konverter, dan beberapa fitur pendukung lainnya seperti generator nomor acak dan permutasi. Aplikasi kalkulator hingga 15 digit ini sangat membantu siapa saja yang membutuhkan sebuah kalkulator yang didukung dengan fitur lengkap tanpa perlu membeli kalkulator fisik.

3. Financial Calculator

photo via : www.jeban.com

Aplikasi Financial Calculator ini cocok buat kalian yang kegiatan sehari-harinya berhubungan dengan keuangan. Aplikasi ini hadir dengan puluhan mode yang membantu kamu menghitung 401k kontribusi untuk pembayaran pinjaman biaya sekolah, bunga pinjaman rumah, dan pajak dari penghasilan kamu. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Financial Calculator secara gratis di Google Play Store.

4. Droid48

photo via : novom.ru

Droid48 merupakan salah satu aplikasi kalkulator lengkap dan terbaik untuk Android. Droid48 bisa digunakan layaknya kalkulator scientific yang dapat memudahkan penggunanya untuk menghitung apapun. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

5. Calculator Plus dan Fraction Calculator

photo via : fraction-calculator-plus-free-1.en.softonic.com

Kedua kalkulator matematika ini dikembangkan oleh developer yang sama, yaitu Digitalchemy, LLC. Akan tetapi, jika kamu ingin kalkulator yang sederhana, maka kamu dapat memilih Calculator Plus. Aplikasi ini menawarkan fitur memori yang luas sehingga dapat mengingat semua perhitungan yang dilakukan di melalui aplikasi ini. Selain itu, Fraction Calculator adalah aplikasi yang khusus untuk menampilkan fraksi. Ketika kamu membagi dua angka bersama, kamu memiliki pilihan untuk menunjukkan nilai desimal. Kedua aplikasi ini bisa dipakai secara gratis untuk versi demo, tetapi jika kamu menginginkan versi penuh maka kamu harus membeli aplikasi ini.

6. Graphing Calculator

photo via : http://www.educacionyculturaaz.com

Selanjutnya ada Graphing Calculator yang menjadi salah satu aplikasi kalkulator matemmatika terbaik dengan fitur yang lebih dari lengkap. Kamu memiliki akses ke 9 fungsi untuk menyelesaikan masalah perhitungan yang berbeda. Selain itu, Graphing Calculator juga menawarkan grafis 3D untuk representasi yang lebih baik. Tak hanya itu saja, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan fungsi dan ekspresi untuk dipakai pada waktu mendatang. Nah yang lebih enaknya lagi, aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis melalui Play Store tanpa harus membayar RPN.

Nah itulah beberapa aplikasi kalkulator yang bisa kalian instal di smartphone kalian. Dan mengenai nasib kalkulator sendiri sebenarnya masih banyak digunakan dan sangat dibutuhkan untuk mempermudah kegiatan perhitungan dikehidupan sehari-hari. Hanya saja kebanyakan orang-orang mulai beralih, dari menggunakan kalkulator fisik atau disebut kalkulator portable, kini kebanyakan menggunakan aplikasi kalkulator yang bisa mereka instal di smartphone mereka. Karena selain lebih lengkap aplikasi kalkulator juga lebih praktis dibawa kemana-mana.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >