Deretan Pekerjaan Yang Mampu Bertahan Selama Masa Pandemi Corona

4 minggu lalu, by blogunik

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona

Pandemi COVID-19 membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan. Mulai dari bisnis restoran, pariwisata, hotel, hingga transportasi melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan mengalami tekanan. Ada yang tak bisa berproduksi karena tak ada bahan baku, sektor pariwisatan sepi karena tak ada wisatawan dan ada juga yang tak bisa jualan karena adanya larangan dari pemerintah. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa jenis pekerjaan yang mampu bertahan selama pandemi COVID-19 lho. Kira-kira pekerjaan apa saja? Let’s check it out guys!

1. Penulis Freelance

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Penulis Freelance

photo via kolomsatu.com

Penulis Freelance adalah pekerjaan menulis profesional yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kita tidak terikat kontrak dengan perusahaan atau klien tertentu. Mengingat saat ini semua serba internet, jadi nggak heran kenapa profesi sebagai Penulis Freelance tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19. Hampir setiap lembaga entah itu milik pemerintah atau swasta selalu punya website. Nah penulislah yang akan mengisi website-website tersebut. Mulai dari menulis artikel di koran, blog (SEO), atau majalah digital. Bahkan jika kemampuan bahasa Inggris kamu mumpuni, kamu bisa menjadi Penulis Freelance di web luar negeri. Bayarannya sekitar $50-100 per posting.

2. Manajer Sosial Media

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Manajer Sosial Media

photo via roberthalf.com

Jenis pekerjaan yang mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19 berikutnya adalah Manajer Sosial Media. Social media manager adalah seseorang dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang dipercaya untuk monitoring, eksekusi, filtering, dan mengukur kehadiran media sosial pada sebuah produk, brand, korporasi, atau bahkan individu. Manajer Sosial Media sering disebut sebagai “voice of the company” atau suara perusahaan. Social media manager sehari-hari menghasilkan konten, terus berinovasi dengan ide-ide baru dan memastikan ide yang diciptakan memberi pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan. Mengingat saat ini hampir setiap usaha memiliki media sosial sebagai media promosi, maka nggak heran kalau posisi sebagai Manajer Sosial Media sangat dicari meskipun sedang masa pandemi seperti sekarang ini. Posisi Manajer Sosial Media kadang membutuhkan paling tidak lulusan sarjana marketing, public relations atau sejenisnya. Berdasarkan situs job portal Qerja, social media manager menghasilkan gaji perbulan sekitar 4-5 jt rupiah.

3. Web Developer

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Web Developer

photo via onblastblog.com

Profesi sebagai Web Developer juga merupakan profesi yang dapat bertahan di tengah pandemi corona seperti saat ini. Pasalnya, akibat pandemi, banyak orang yang akhirnya membuat sebuah situs web untuk mengenalkan bisnis atau usaha mereka tanpa harus bertatap muka dengan orang-orang. Banyaknya permintaan untuk membuat website ini, membuat profesi sebagai Web Developer tetap bertahan ditengah pandemi seperti sekarang ini. Tentu kalau ingin menjajal pekerjaan ini harus paham kode-kode sistem komputer yang rumit.

4. Tenaga kesehatan (Dokter, perawat, apoteker dll)

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Tenaga kesehatan

photo via republika.co.id

Ditengah pandemi COVID-19, profesi sebagai tenaga medis tak hanya mampu bertahan, namun pekerjaan inilah yang paling penting dan dibutuhkan. Di saat bidang lain harus merumahkan pegawainya, namun pekerjaan dibidang kesehatan justru membutuhkan banyak tenaga baru. Rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan di sejumlah negara kini membutuhkan banyak perawat hingga dokter spesialis untuk menyembuhkan tak hanya pasien COVID-19, tetapi juga penderita penyakit lain yang tak kalah serius. Selain dokter spesialis, peran pendukung tenaga medis lain juga dibutuhkan, seperti resepsionis, apoteker, dan lain sebagainya.

5. Online Teacher

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Online Teacher

photo via bridge.edu

Mungkin dulu Online Teacher belum banyak diminati karena kebanyakan orang lebih suka belajar di sekolah, menerima pembelajaran dari guru langsung dan bersosialisasi dengan teman-teman. Sehingga pekerjaan sebagai Online Teacher belum terlalu populer. Namun ditengah pandemi seperti sekarang ini, profesi sebagai Online Teacher semakin diminati. Dengan sistem belajar yang diubah menjadi di rumah saja, otomatis kebutuhan akan guru online juga meningkat. Beberapa lembaga pendidikan online pun membuka lowongan untuk posisi ini.

6. Digital Marketing Manager atau Digital Marketing Specialist

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Digital Marketing Manager

photo via learn.forbes.com

Pekerjaan yang mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19 berikutnya adalah Digital Marketing Manager atau Digital Marketing Specialist. Di abad 21 memang menjadi salah satu era revolusi digital dimana banyak orang menggunakan sarana internet sebagai salah satu langkah inovatif dalam hal penjualan dan perdagangan. Bahkan kehidupan serba internet ini sudah berkembang jauh sebelum corona menyerang. Pekerjaan Digital Marketing kini menjelma menjadi profesi yang banyak dicari. Pekerjaan ini juga tidak menuntut kamu untuk datang ke kantor karena kebanyakan kegiatannya bisa dilakukan secara online alias jarak jauh.

7. Pedagang Online

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Pedagang Online

photo via kumparan.com

Dari sebelum pandemi hingga saat pandemi corona seperti sekarang ini, bisnis online tetap mampu bertahan dan tidak sampai gulung tikar. Ini karena kebanyakan orang lebih memilih belanja online selama masa karantina. Pedagang online cukup menjual barang melalui perangkat sosial media atau mendaftarkan diri sebagai pedagang pada e-commerce marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan sebagainya tanpa perlu punya gerai khusus untuk menanti pembeli. Bahkan yang lebih canggih lagi, penjual barang tersebut bisa pula cukup menjadi makelar atau dropshipper, yaitu cukup memiliki foto, spesifikasi dari pemilik barang yang sesungguhnya, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapat keuntungan.

8. Ojek Online

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Ojek Online

photo via thejakartapost.com

Profesi sebagai ojek online juga menjadi salah satu profesi yang mampu pertahan di tengah pandemi corona. Meski setelah pandemi corona, layanan mengantar orang dihapuskan. Namun para ojol masih memiliki dua layanan yang menjadi andalan mereka saat ini yaitu mengantar barang dan membeli makanan. Dua layanan itulah yang dinilai masih relevan berdasarkan upaya pencegahan penyebaran virus corona saat ini.

9. ASN

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - ASN

photo via dara.co.id

Aparatur Sipil Negara (ASN) memang menjadi salah satu pekerjaan yang paling stabil jika dibandingkan dengan jenis pekerjaan lainnya. Hal ini juga menjadikan ASN sebagai salah satu profesi yang mampu bertahan ditengah pandemi corona. Meskipun harus bekerja dari rumah, namun hingga detik ini tak ada kabar yang mengatakan ASN di PHK karena pandemi corona. Berbeda dengan sebagian pegawai swasta yang harus rela kehilangan pekerjaan karena adanya pandemi corona seperti sekarang ini.

10. Pekerjaan di Bidang Perbankan

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Pekerjaan di Bidang Perbankan

photo via hipwee.com

Beberapa sektor usaha terdampak oleh wabah pandemi virus corona, termasuk di dalamnya adalah sektor perbankan. Namun sektor perbankan memiliki trik khusus agar mampu bertahan di masa pandemi sehingga tak harus memberhentikan para pekerjanya. Mulai dari melakukan restrukturisasi kredit hingga mendorong nasabah melakukan transaksi via digital. Bahkan hampir semua bank di Indonesia masih tetap beroprasi meskipun harus mengurangi jam layanan mereka.

11. Pekerjaan di sektor energi (air, gas,listrik,pompa bensin)

Daftar pekerjaan yang bertahan di tengah pandemi corona - Pekerjaan di sektor energi

photo via investor.id

Sektor energi seperti air, gas,listrik hingga pompa bensin merupakan beberapa hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja, jika PLN tutup atau memberhentikan para pegawainya, kemungkinan besar tidak akan ada pasokan listrik yang terhubung ke rumahmu. Oleh karena itu pekerjaan di bidang sektor energi mampu bertahan bahkan sangat dibutuhkan di tengah pandemi corona.

Nah itulah deretan pekerjaan yang mampu bertahan di tengah pandemi corona alias COVID-19. Apakah pekerjaan kalian termasuk?

Artikel Terkait