Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran

3 bulan lalu

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Batu Ginjal

Setiap pekerjaan pastinya memiliki berbagai macam resiko kesehatan masing-masing seperti halnya pekerja kantoran. Mungkin buat mereka yang tidak bekerja kantoran menganggap pekerja kantoran itu enak, bekerja dalam ruangan ber-AC, duduk nyaman dan melakukan berbagai macam aktifitas yang tidak berat. Namun tahukah kamu? Ternyata pekerja kantoran juga memiliki resiko terhadap kesehatan tubuhnya dari yang ringan hingga yang berat sekalipun. Tuntutan pekerjaan terkadang membuat pekerja kantoran harus menghabiskan waktunya untuk duduk sepanjang hari. Berbagai macam pekerjaan harus di kerjakannya di depan komputer dan bisa dikatakan hampir sepanjang hari mereka menghabiskan waktunya untuk duduk. Mungkin bagi para pekerja kantoran hal ini bukanlah masalah karena sudah terbiasa menjalaninya selama berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun. Namun bekerja dalam posisi duduk selama berjam-jam ternyata dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, berikut ini berbagai penyakit yang mengintai pekerja kantoran

1. Masalah Otot dan Rangka

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Masalah Otot dan Rangka

Photo via : https://pesanlab.com

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita untuk duduk berlama-lama di depan komputer secara tidak langsung dapat mengubah postur tubuh. Bekerja sambil duduk lebih dari sepuluh jam sehari di depan komputer dan tidak pernah beranjak beresiko menyebabkan sakit punggung. Membungkuk ke depan sewaktu bekerja untuk melihat layar komputer menempatkan stres yang luar biasa pada leher terutama bagian yang menghubungkan tulang belakang dengan kepala. Tak hanya itu saja, postur duduk yang buruk juga dapat merusak otot punggunuug dan bahu karena otot memanjang secara berlebihan untuk membungkuk diatas keyboard dalam waktu yang lama. Selain itu, masalah otot dan rangka juga bisa terjadi dibagian lengan terutama bagian pergelangan tangan yang haus karena terus menerus digunakan untuk mengetik. Agar kamu terhindari dari gejala ini sebaiknya kamu memperbaiki postur tubuh ketika duduk dan usahakan untuk duduk dengan posisi tegak dan jangan membungkuk. Selain itu posisikan gadget atau komputer yang kamu gunakan lurus dengan pandangan mata. Sehingga kamu tidak harus mendongak atau menunduk karena jika kamu sering menunduk dan mendongak otot-otot bagian leher cepat lelah.

2. Gangguan Penglihatan

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Gangguan Penglihatan

Photo via : http://www.swanod.com

Selain masalah otot dan rangka tubuh, penyakit yang sering menjadi langganan para pekerja kantoran yaitu gangguan penglihatan. Bekerja di depan komputer membuat kita menatap layar komputer selama 7-8 jam setiap harinya. Sehingga membuat mata kita merasa perih, mudah kering dan merah. Tak hanya itu saja, terkadang penerangan ruangan yang tidak baik juga menyebabkan gangguan penglihatan. Untuk mengatasinya, lebih baik alihkan pandangan mata kamu beberapa sekali ke objek lainnya yang ada di dekatmu agar mata dapat berhenti sejenak menatap layar komputer. Selain itu, lakukanlah pemeriksaan mata setiap setahun sekali.

3. Pusing

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Pusing

Photo via : http://zavtai.com

Tak sedikit para pegawe kantoran yang sering mengeluhkan sakit kepala, namun sakit kepala ini bukan dikarenakan pekerjaan yang menumpuk. Sakit kepala ini dikarenakan efek dari paparan radiasi dari perangkat yang mengandung cahaya biru. Efek dari pusing ini pun juga mempengaruhi penglihatan yang menurun disertai dengan mata merah dan iritasi. Agar hal ini tidak terjadi kamu bisa mengganti penerangan dengan cahaya yang lebih terang atau kamu bisa menggunakan pelapis monitor untuk meredam radiasi, selain itu kamu bisa mengaktifkan mode night shift di perangkatmu.

4. Pilek dan Batuk

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Pilek dan Batuk

Photo via : https://pmcinsurance.com

Penyakit satu ini bisa dikatakan umum dan pastinya sering dialami oleh banyak orang mulai dari anak sekolahan maupun kantoran. Salah satu penyebab penyakit satu ini yaitu faktor udara kotor yang kita hirup. Jika kita sering bersin-bersin hingga batuk sebaiknya jangan dulu menganggapnya sebagai flu. Pada umumnya ruangan kantor yang ber-AC dapat membuat udara disekitarnya terkontaminasi zat-zat beracun yang berasal dari keyboard, dekstop dan peralatan kantor lainnya. Sehingga udara yang terkontaminasi itu dapat menyebabkan kita pilek dan batuk. Untuk mengatasi hal ini kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja mulai dari meja kerja, dekstop, keyboard dan lainnya. Untuk membersihkannya gunakanlah tissu basah secara rutin agar debu-debu yang menempel dapat terangkat dengan tissu basah.

5. Maag

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Maag

Photo via : https://www.honestdocs.id

Terkadang demi menyelesaikan sebuah tugas yang hampir saja selesai atau kita sedang mengejar deadline, kita memilih untuk menunda makan sampai tugas tersebut selesai. Padahal dengan kalian melakukan hal tersebut secara tidak langsung kalian membuat pencernaan yang ada di dalam tubuh cedera. Jika sudah seperti ini tentu saja akan timbul berbagai macam penyakit seperti maag. Penyakit ini akan semakin parah jika asupan air kurang, bisa-bisa kalian mengalami maag akut. Jika kamu memang benar-benar ingin menyelesaikan tugas tersebut cobalah untuk makan camilan agar perut yang kosong tidak terlalu berat mengolah makanan sebelum kamu makan. Namun tepat waktu makan adalah kuncinya.

6. Obesitas

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Obesitas

Photo via : https://independentpharmacy.co.za

Pekerja kantoran akan menghabiskan sebagian waktunya untuk duduk dan hanya melakukan gerakan yang minim, selain itu kebiasaan makan ketika bekerja juga tidak terkontrol dengan baik. Sehingga membuat pembakaran energi dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Hal inilah yang membuat penumpukan lemak pada bagian tubuh tertentu sehingga resiko obesitas akan lebih besar. Jika kamu suka lembur maka risikonya semakin tinggi lantaran kurang istirahat dapat menyusutkan kadar leptin di tubuh yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Rendahnya kadae leptin akan membuat kamu terus merasa lapar dan akan memakan apapun tanpa melihat kandungannya. Agar kalian tidak mengalami obesitas cobalah untuk mengatur pola makan dan jika sibuk jangan terlalu sering memilih makanan cepat saji. Sebaiknya bawalah bekal yang berisi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan sereal. Selain itu lakukan olahraga rutin, jika kamu ada waktu sempatkan untuk pergi ke pusat kebugaran namun jika kamu terlalu sibuk cobalah menghindari menggunakan elevator atau lift dan gunakan tangga sebagai pilihan untuk membakar kalori selama jam kerja.

7. Insomnia

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Insomnia

Photo via : https://www.medicalnewstoday.com

Pekerja kantoran yang melakukan lembur biasanya mengalami insomnia, biasanya penyakit ini dipicu karena paksaan dari dalam diri untuk tetap terjaga demi bisa menyelesaikan tugas sebelum batas waktu. Biasanya untuk selalu tetap terjaga dan melawan rasa kantuk, kamu sering meminum kopi atau merokok. Konsumsi kopi dan rokok yang terlalu sering dan tidak di waktu yang tepat akan merusak pola istirahat dan menimbulkan berbagai penyakit lain dalam tubuh.

8. Depresi

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Depresi

Photo via : https://escucha.los40.com.mx

Mungkin tak banyak yang tahu, banyak pekerja kantoran yang depresi karena dirasa aktivitas yang dijalani menonton dan cenderung stres akibat tumpukan pekerjaan. Selain itu, depresi juga muncul akibat gaya hidup pasif yang biasa dilakukan oleh para pekerja kantoran yang membuat mereka jarang ergerak sehingga pasokan darah segar ke otak berkurang. Nah, jika hal ini terjadi terus-menerusfungsi otak akan terganggu dan membuat orang tersebut mudah terserang depresi.

9. Diabetes

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Diabetes

Photo via : https://www.marketplace.org

Jika salah satu anggota keluarga seperti orang tua atau kakek-nenek ada yang mengidap diabetes, kamu juga memiliki risiko yang sama. Risiko ini pun menjadi lebih tinggi ketika kamu berprofesi sebagai pekerja kantoran dan memiliki gaya hidup jarang berolahraga dan terbiasa ngemil dan minum di depan komputer. Saat kamu makan dan minum yang mengandung banyak karbohidrat, darah kamu akan dipenuhi dengan gula. Jika kamu termasuk orang yang susah tidur, kemampuan tubuh memproses gula menjadi buruk dan risiko diabetes pun semakin tinggi. Karena kondisi awal datangnya diabetes ditandai dengan kegemukan, jadi jika kamu mulai gemuk atau obesitas waspadalah. Kamu bisa menghindarinya dengan mengatur pola makan dan mengkombinasikan asupan karbohidrat setiap harinya dengan takaran yang sesuai dan rutinlah berolahraga.

10. Penyakit Jantung

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Penyakit Jantung

Photo via : https://hellosehat.com

Orang yang selalu bekerja dalam posisi duduk yang lama setiap harinya memiliki risiko menderita penyakit jantung lebih besar. Rutinitas duduk ini akan memperlambat proses peredaran darah dalam tubuh sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan otot dalam membakar lemak. Jika lemak yang ada di dalam tubuh tidak terbakar dengan baik maka dapat mengakibatkan penyumbatan pada jantung. Selain itu, seringnya bekerja lembur juga bisa berefek pada kesehatan jantung, kamu bisa saja terkena serangan jantung tiba-tiba dan menyebabkan kematian.

11. Batu Ginjal

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Batu Ginjal

Photo via : https://www.aimsclinic.com

Pekerja kantoran disarankan untuk banyak minum air apalagi jika ruangannya ber-AC. Selain minum air, kamu juga jangan lupa untuk berjalan-jalan sebentar setelah duduk lama dan jangan menahan buang air kecil karena bisa menyebabkan kamu terkena batu ginjal. Batu ginjal ini akan membuat yang menderitanya merasa nyeri setiap buang air kecil. Untuk batu ginjal yang ukurannya kecil masih bisa dipecahkan dengan gelombang ultrasonik atau diangkat dengan teknik endoskopi, namun jika sudah akut maka perlu diangkat dengan cara pembedahan.

12. Tifus

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Tifus

Photo via : https://hellosehat.com

Penyakit Tifus ini memang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi yang biasanya datang dari makanan dan minuman yang tidak bersih. Kebanyakan karyawan cenderung suka membeli makanan sembarangan tanpa peduli dengan kebersihannya, kurangnya hati-hati memilih makanan ini membuat banyak karyawan terserang penyakit. Sebenarnya hal ini dapat dicegah ketika daya tahan tubuh tinggi karena sistem imun bisa mengusir bakteri penyebab penyakit. Namun berbeda jika kita kebanyakan bekerja, stres dan kecapekan, otomatis daya tahan tubuh kita akan menurun dan jika kita mengkonsumsi makanan sembarangan pastinya kita akan sakit.

13. Spondilitis

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Spondilitis

Photo via : https://hellosehat.com

Spondilitis adalah sejenis sakit punggung nonspesifik yang jauh lebih serius dibandingkan dengan penyakit punggung biasa dan sangat sulit disembuhkan. Buat para pekerja yang sering di depan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat yang cukup, berpeluang menderita penyakit ini. Gejala penyakit ini berupa peradangan pada ruas tulang belakang, peradangan ini merusak badan ruas tulang belakang sampai membentuk tulang agak runcing ke depan. Biasanya rada ini menyerang daerah punggung yang kemudian mengakibatkan daerah tersebut menobjol atau melengkung ke belakang. Selain itu, tulang sumsum belakang biasanya ikut tergencet sehingga penderitanya dapat mengalami kelumpuhan pada kedua kaki yang bersifat kaku dan kehilangan rasa pada bagian bawah kedua kaki sampai setinggi daerah dimana saraf tersebut tergencet.

14. Penurunan Kemampuan Otak

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Penurunan Kemampuan Otak

Photo via : https://www.mncupdate.com

Karyawan kantoran yang bekerja dan duduk selama berjam-jam akan mengalami kekurangan asupan oksigen ke otak. Asupan oksigen ini akan diterima otak ketika kita melakukan aktivitas fisik. Namun jika hanya duduk seharian oksigen tidak dapat disampaikan dalam jumlah yang cukup. Asupan oksigen ini sangat diperlukan untuk menunjang kinerja kemampuan otak untuk berpikir, namun jika asupan oksigen kurang maka kemampuan otak juga akan ikut menurun dan menjadi tidak optimal.

15. Degenerasi Otot dan Kerusakan Saraf

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Degenerasi Otot dan Kerusakan Saraf

Photo via : https://www.honestdocs.id

Bekerja dalam kondisi duduk selama berjam-jam pastinya akan membuat gerak tubuh terbatas sehingga membuat otot perut dan pinggang tidak bisa bekerja dan bergerak dengan baik. Jika hal ini terus berlangsung dalam waktu yang lama maka otot perut dan pinggang dapat melemah dan tidak akan lentur. Selain itu, hal ini juga dapat membuat otot menjadi kaku, nyeri dan berbagai macam keluhan lainnya. Jika dibiarkan dalam waktu yang panjang kondisi ini bisa saja merusak saraf dan pergerakan otot.

16. Kanker

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Kanker

Photo via : https://sjogrenssyndromenews.com

Pekerja kantoran yang selalu dudu lama ketika bekerja memiliki risiko yang besar terhadap kanker. Dalam kondisi kerja yang seperti ini, pankreas akan bekerja secara tidak teratur dan membuat produksi insulin menjadi meningkat lebih tajam. Tak hanya berdampak pada penurunan kinerja tubuh saja namun juga bisa mengakibatkan tumbuhnya sel di luar kendali yang pada akhirnya bisa menimbulkan tumor.

17. Gangguan Pendengaran

Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pekerja Kantoran - Gangguan Pendengaran

Photo via : https://www.eyeem.com

Pekerja kantoran juga berisiko mengalami gangguan pendengaran, hal ini mungkin diakibatkan karena hiruk pikuk suara yang terdengar saat bekerja. Ada beberapa penyebab yang bisa saja menjadi penyebab kamu mengalami gangguan pendengaran seperti suara hingar bingar dari orang-orang yang sedang bergosip, suara komputer, dering telepon dan peralatan elektronik lainnya yang mengeluarkan suara. Selain itu, bisa juga diakibatkan oleh penggunaan headset dengan volume yang besar ketika ingin fokus bekerja tanpa gangguan

Itulah beberapa penyakit yang mengintai pekerja kantoran, meskiun kamu dituntut untuk selalu berada di ruangan dengan kurun waktu yang cukup lama. Bukan berarti kamu harus mengabaikan kondisi sendiri yang nantinya akan merugikan kamu sendiri.

Baca Juga