Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik di Indonesia

2 minggu lalu, by blogunik

Merek gitar akustik terbaik

Gitar adalah salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini sangat praktis digunakan dan paling populer di antara yang lainnya. Alat musik gitar ini cenderung memiliki ukuran dan berat yang relatif ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Pada umumnya gitar memiliki beberapa jenis yaitu gitar akustik, klasik dan listrik, namun kali ini kita akan membahas gitar akustik. Gitar akustik sendiri memiliki kelebihan tersendiri dari jenis lainnya yaitu tidak terlalu kasar pada jari dan lebih sederhana untuk dimainkan. Nah, buat kamu yang ingin mencari gitar akustis ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal seperti berikut ini

Cara Memilih Gitar Akustik

1. Tentukan Minat Dalam Bermain Gitar

Hal utama yang harus kamu miliki adalah minat, sebelum membelinya tentunya kamu harus memiliki minat dalam bermain gitar. Gitar akustis memiliki dua model yaitu akustik klasik dan akustik biasa. Gitar akustik klasik menggunakan senar nilon sedangkan gitar biasa menggunakan senar string. Jenis senar berbeda tentu saja menghasilkan suara yang berbeda, nah buat kamu yang baru belajar gitar ada baiknya memilih gitar dengan senar nilon.

2. Pilih Bentuk dan Desain

Bentuk dan desain gitar sangat berpengaruh dalam menentukan kualitas dari gitar akustik. Untuk mengukur bentuk dan desain yang bagus, kamu bisa mencoba memegangnya dan merasakan bodi gitar itu. Pastikan gitar tersebut sesuai dengan fisik kamu, jangan sampai badan kamu kecil tapi ukuran gitarnya besar. Jika dari desain, kamu bisa melihat berapa banyak fret yang ada pada neck tersebut. Pilihlah desain gitar dengan jumlah fret yang banyak karena dengan begitu kamu akan lebih mudah kalau suatu saat kamu ingin belajar melodi hingga sampai kebagian fret-fret ujung gitar tersebut. Tak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan kualitas kayu yang digunakan. Biasanya gitar yang memiliki kualitas kayu yang bagus itu lumayan berat. Selain itu, cek seluruh gitar tersebut jangan sampau ada cacat sedikit pun.

3. Tingkat Kenyamanan Gitar

Gitar akustis yang berkualitas adalah yang memiliki tingkat kenyamanan gitar itu sendiri. Kamu bisa mencobanya sendiri apakah gitar tersebut nyaman digunakan apa tidak. Pastikan juga apakah neck gitar sudah pas atau belum di jari-jari kamu. Selain itu, kamu juga harus tahu tebal atau tidaknya sebuah neck juga dapat mempengaruhi gitar kamu. Neck gitar yang terlalu tebak tidak cocok untuk bermain keceptan.

4. Cobalah Suara Yang Dihasilkan Gitar Saat Memilih Gitar

Gitar adalah alat musik yang dipetik sehingga kamu harus memperhatikan suara yang dihasilkan oleh gitar akustik tersebut. Setiap gitar tentunya memiliki karakter suara masing-masing dan kamu dapat menyesuaikan dengan apa yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mencoba setiap senar dari ujung ke ujung untuk mengantisipasi apakah ada fret yang buzzing atau tidak karena fret yang buzzing bisa menghasilkan nada yang tidak sempurna.

5. Survei Harga

Setiap toko tentunya memiliki harga yang berbeda-beda sehingga kamu harus melakukan survei terlebih dahulu. Jangan terlalu tergesah-gesa membeli gitar akustik yang kamu inginkan. Zaman sekarang kemungkinan kita bisa mensurvei harga dari internet saja, namun kamu tidak bisa melihat fisik gitar tersebut. Sehingga lebih baik kamu datang langsung ke tokonya dan mencoba gitar akustik langsung.

Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia

1. Yamaha

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Yamaha

Photo via bhphotovideo.com

Gitar merek Yamaha merupakan salah satu merk gitar terbaik yang sudah lama menjadi raja dipasar gitar akustik. Gitar Yamaha ini juga populer di kalangan pemula karena kemudahan kostumisasi dan penggantian senar gitarnya. Selain itu, gitar ini juga tersedia dalam berbagai varian yang bisa kamu pilih.

2. Taylor

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Taylor

Photo via amazon.com

Merk gitar akustik terbaik berikutnya adalah Taylor. Merek gitar ini berbasis di El Cajon, California dan merupakan salah satu produsen gitar akustik terbesar di Amerika Serikat. Merek ini berspesialisasi dalam gitar akustik dan gitar listrik semi-hollow. Merek gitar ini dikenal luas dengan suara otentik yang dihasilkannya, memberikan pengalaman bermain musik yang menyenangkan dengan suara merdu yang dihasilkannya.

3. Gibson

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Gibson

Photo via musik-produktiv.com

Gibson adalah produsen gitar dan alat musik lainnya yang berasal dari Kalamazoo, Michigan, Amerika. Perusahaan ini sebelumnya dikenal sebagai Gibson Guitar Corporation dan beranti nama menjadi Gibson Brands, Inc. Gitar ini sudah berpengalaman hampir seabad dalam memproduksi berbagai macam instrumen musk. Sehingga tak heran jika gitar akustik milik Gobson ini menjadi favorit banyak orang dan merupakan salah satu merk gitar terbaik yang bisa kamu pilih.

4. Fender

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Fender

Photo via reverb.com

Fender Musical Instruments Corporation atau Fender adalah pabrik alat musik dawai dan pengeras suara yang pertama kali didirikan oleh Leo Fender pada tahun 1946 dengan nama Fender Musical Instruments Corporation. Merek-merek ini dikenal memiliki produk-produk alat musik berkelas premium seperti salah satu alat musiknya yaitu gitar akustik. Gitar akustik merek Fender ini cocok untuk kamu yang ingin gitar yang berkualitas.

5. Ovation

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Ovation

Photo via cosmomusic.ca

Ovation adalah produsen gitar yang berasal dari Amerika Serikat, kantor pusatnya sendiri berada di New Hartord, Connecticut, Amerika. Merek ini memproduksi gutar akustik string baja dan gutar akustik string nilon. Merek gitar ini sudah lama menjadi salah satu produk yang merajai pasar gitar akustik. Produk gitar Ovation ini dikenal dengan pemakaian teknologi materi carbon fiber yang kuat sehingga membuat produknya lebih awet.

6. Schecter

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Schecter

Photo via gear4music.com

Schecter Guitar Research atau dikenal dengan Schecter adalah perusahaan manufaktur Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1976 oleh David Schecter. Pada awalnya perusahaan ini hanya memproduksi suku cadang pengganti untuk gitaryang ada dari produsen seperti Fender dan Gibson. Merk gitar dari schecter ini memang merupakan salah satu merk gitar akustik terbaik yang sudah lama menjadi andalan para gitaris handal dan para profesional.

7. Kramer

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Kramer

Photo via julienslive.com

Kramer adalah produsen gitar dan bass listrik Amerika, merek ini memproduksi gutar dan bass berleher aluminium pada tahun 1970-an dan gitar berleher kayu yang melayani musisi hard rock dan heavy metal pada tahun 1980-an. Merek ini kerap diburu para kolektor karena jumlah produk lamanya yang langka sehingga membuatnya mahal di pasaran.

8. Jackson

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Jackson

Photo via walmart.com

Jackson adalah produsen gitar listrik dan gitar bass listrik yang menyandang nama pendirinya yaitu Grover Jackson. Jackson ini dimiliki oleh Fender Musical Instruments Corporation. Gitar ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadikan alasan mengapa brand ini tetap dengan independen menggunakan namanya dan meraih para pecinta setianya tersendiri.

9. Ibanez

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Ibanez

Photo via gear4music.com

Buat kamu para pecinta dan pemain alat musik pasti sudah tidak asing dengan merk satu ini. Ibanez adalah sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk alat musik, perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 dan bermarkas di Nagoya, Jepang. Merk gitar satu ini memang sudah dikenal hingga keseluruh penjuru dunia karena merupakan salah satu merk gitar akustik terbaik dan diakui dunia. Gitar merek Ibanez ini dikenal memiliki kualitas tinggi, selain itu gitar ini dibuat dengan material dan teknik pengerjaan terbaik berteknologi tinggi ala Jepang.

10. Martin

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Martin

Photo via mg.co.id

C. F. Martin & Company adalah produsen gitar Amerika yang didirikan pada tahun 1833 oleh Christian Frederick Martin. Perusahaan ini tidak hanya memproduksi gitar akustik saja, namun juga memproduksi senar gitar, tuner gitar dan berbagai aksesoris gitar lainnya. Merek ini juga mengklaim bahwa mereka produsen gitar pertama yang menggunakan teknologi X-Bracing Construction yang sekarang menjadi standar produksi di industri musik.

11. Epiphone

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Di Indonesia - Epiphone

Photo via dawsons.co.uk

Epiphone adalah produsen alat musik Amerika yang didirikan pad atahun 1873 oleh Anastasios Stathopoulos. Pada tahun 1957. Epiphone dibeli oleh Gibson dan dipindahkan dari New York ke Kalamazoo, Michigan. Merek ini memiliki berbagai macam produk gitar yang dapat disesuaikan dengan budget kamu. Suara dari gitar ini mirip seperti Gibson karena memang Epiphone ini dimiliki oleh Gibson sehingga elemen dari Gibson tidak bisa terlepasa dari merek ini.

Itulah beberapa rekomendasi merk gitar akustik terbaik di Indonesia, bagaimana kamu sudah menentukan pilihan ingin membeli gitar yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *