Suzuki Jimny 2019 Akan Hadir Akhir Tahun Ini?

1 tahun lalu, by blogunik

Sebelumnya, telah banyak berkembang rumor mengenai Suzuki Jimny yan gakan muncul tahun ini, namun rumor tersebut mungkin kurang pas waktunya, dimana All New Jimny telah resmi dirilis di Jepang bulan lalu dengan berbaagi varian yang ada. Buat kalian penggemar mobil Jimny, pastinya pengen untuk memiliki serti terbarunya ini. Masih memiliki desain yang hampir sama yakni kotak dan body yang mungil, kini All New Jimny hadir dengan berbagai varian dan kelbihan yang disematkan di dalamnya.

Adapaun varian Jimny yang hadir kali ini ada dua yakni Jimny dan Jimny Sierra. Untuk model jimny adalah model yang akan di pasarkan di Jepang. Sedangkan model Jimny Sierra merupakan model yang nantinya akan dipasarkan di luar Jepang. Model yang satu ini rencananya menggunakan mesin 1.500 CC K115B dan juga akan diberikan dua buah varian yakni JC dan JK. Antusiasme para pecinta JImny amat terlihat dalam ajang perilisannya tersebut dan tentu saja all New Jimny ini bisa diboyong oleh Suzuki Indonesia untuk dijual di tanah air.

photo via : www.carmudi.co.id

Untuk harganya sendiri, Suzuki Indonesia mematok harga 285 juta dan menyediakan 88 unit All New Jimny di Indonesia. Namun sayang, buat kamu yang suka dengan Jimny, mobil keluaran baru suzuki ini sudah habis terjual. Antusiasme penggemar Jimny sepertinya memang tetap meluap – luap, hal tersebut terbukti dari 88 unit yang disediakan oleh Suzuki Indonesia, semuanya telah habis dipesan oleh para penggemar Jimny.

Itu untuk harga Jimny yang diboyong oleh Suzuki Indonesia. Kalau untuk harga Suzuki Jimny terbaru di Jepang, berdasarkan situs resminya, All New Jimny Sierra JC transmisi manual dibanderol JPY 1.992.400 atau sekitar Rp 258 jutaan. Model transmisi otomatis dibanderol JPY 2.019.600 atau sekitar Rp 262 jutaan. Model Sierra terendah, yakni JL, untuk transmisi manualnya dibanderol JPY 1.760.400 atau sekitar Rp 228 juta, sedangkan transmisi otomatisnya dibanderol JPY 1.857.600 atau sekitar Rp 241 juta. Harga tersebut sudah ditambah pajak konsumsi sebesar delapan persen.

photo via : youtube.com

Selain harga tersebut, Suzuki juga memberikan tambahan biaya untuk warna tertentu seperti Pure White Pearl sebesar JPY 21.600 atau sekitar Rp 2,8 juta. Warna lainnya adalah Black 2 tone roof sebesar JPY 43.200 atau sekitar Rp 5,6 juta.

Jika dilihat dari spesifikasinya, semua varian dari Jimny ini memiliki spesifikasi yang tak jauh beda satu dengan yang lainnya. Misal saja untuk mesinnya, hadir dengan mesin bensin R06A tiga silinder 658 cc turbocharger. Mesin itu menghasilkan tenaga 63,1 tk pada 6.000 rpm dan torsi 96 Nm pada putaran 3.500 rpm. Transmisi manual lima percepatan dan otomatis 4AT jadi pilihan dengan pilihan low gear untuk 4WD.

Mesin lainnya adalah 1.5L K15B 4 silinder yang sudah dikenalkan di Indonesia sebagai mesin All New Ertiga. Mesin ini menghasilkan tenaga 100 tk pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Varian Jimny yang akan menggunakan mesin ini adalah Jimny Sierra yang juga akan dijadikan model untuk dipasarkan keluar Jepang.

photo via : www.netcarshow.com

Untuk ukurannya, Jimny Sierra memiliki dimensi (PxLxT) 3.550 mm, 1.645 mm dan 1.730 mm dengan volume tangki sebanyak 40 liter. Mobil ini memiliki berat 1.070 kilogram untuk varian transmisi manual dan 1.090 kilogram untuk transmisi otomatis. Untuk model Jimny dengan mesin 600 cc lebarnya berkurang menjadi 1.475 mm. Beratnya pun lebih ringan 40 hingga 50 kilogram dari model Sierra. Radius putar Jimny terbaru ini adalah 4,8 meter sedangkan model Jimny Sierra sebesar 4,9 meter.

Jarak pijak dengan tanah sebesar 210 mm. Jimny terbaru akan dikenalkan dalam tiga tipe yakni XG, XL dan XC. Sedangkan Jimny Sierra ada dua tipe yakni JL dan JC. Kelimanya tersebut mendapat variasi transmisi manual dan otomatis serta beberapa warna yang tentunya bisa kita pilih sesuai selera. Dengan harga dan spesifikasi tersebut, mungkin untuk orang yang bukan penggemar Jimny, akan sulit untuk mengerti mobil Suzuki terbaru ini. Oleh karenanya, beriut ini kami sajikan juga kelebihan dan kekurangan dari All New Jimny.

photo via : www.carlist.my

Kelebihan Jimny

  • Ciri khas Jimny masih kuat, ditambahkan unsur desain modern.
  • Mesin yang sudah teruji ketangguhannya
  • Kemampuan offroad berat yang tetap dipertahankan.
  • Meski mungil, jangan kaget kalau mobil ini bisa melaju di medan berat.
  • Rangka yang kokoh dan meyakinkan

Kekurangan Jimny

  • Harganya mahal
  • Generasi baru segera meluncur di Jepang
  • Dijual terbatas oleh Suzuki Indomobil
  • Unitnya sudah habis
Artikel Terkait