Tempat di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita, Pas Buat Kamu Para Pria Jomblo!

3 minggu lalu, by blogunik

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita

Pria dan wanita memang diciptakan untuk hidup berdampingan dan berpasang-pasangan. Walaupun begitu, jumlah populasi antara wanita dan pria tak seimbang dapat menyebabkan sejumlah ketimpangan seperti beberapa tempat di dunia ini. Dimana di tempat-tempat ini para penduduknya dominan wanita. Nah, tempat-tempat mana saja itu? Berikut ini tempat di dunia yang penduduknya dominan wanita, para jomblo mari merapat

1. Curacao

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Curacao

Photo via travelweek.ca

Curacao adalah pulau Lesser Antilles di Laut Karibia selatan dan wilayah Karibia Belanda, sekitar 65 km di utara pantai Venezuela. Itu adalah negara konstituen Kerajaan Belanda. Negara ini memiliki populasi wanita bisa mencapai 54,6 persen dari total penduduknya. Angka harapan hidup wanita mencapai 80 tahun sedangkan laki-laki hingga 72 tahun.

Persentase populasi wanita : 54,6%
Wanita per pria : 121,80

2. Latvia

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Latvia

Photo via emerging-europe.com

Itu terletak di Eropa timur laut dan tengah dari tiga negara Baltik. Nama Latvija berasal dari nama orang-orang Latgal kuno, satu dari empat suku Baltik Indo-Eropa (bersama dengan Couronians, Selonians and Semigallians), yang membentuk inti etnis Latvia modern bersama dengan Finnic Livonians. Negara bekas Uni Soviet ini mengalami penurunan populasi pria selama Perang Dunia II. Laki-laki di Latvia memiliki tingkat kematian yang tinggi karena masalah seperti alkohol, merokok dan kecelakaan mengemudi. Sekitar 80 persen kasus bunuh diri di Latvia dilakukan oleh pria dan masalahnya seringkali karena pengangguran dan masalah keuangan yang belum terealisasi.

Persentase populasi wanita : 54,2%
Wanita per pria : 118,52

3. Martinik

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Martinik

Photo via travelchannel.com

Martinik atau Région Martinique adalah negara kepulauan dan teritorial luar negeri bersama Perancis, di Laut Karibia bagian timur. Itu termasuk dalam rantai pulau Lesser Antilles. Tetangga terdekatnya adalah pulau republik Dominika yang berjarak 22 mil ke barat laut, dan Saint Lucia yang berjarak 16 mil ke selatan. Guadeloupe, bagian lain dari Prancis di luar negeri, terletak sekitar 75 mil (120 km) di utara. Martinik sendiri menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk dominan wanita dimana presentasi penduduk wanitanya bisa mencapai 53 persen dari penduduk pria-nya.

Persentase populasi wanita : sekitar 53%
Wanita per pria : 117,53

4. Lithuania

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Lithuania

Photo via flickr.com

Terletak di wilayah Baltik di Eropa utara-timur. Ini adalah satu-satunya negara Baltik dengan lebih dari delapan ratus tahun tradisi kenegaraan dan namanya pertama kali disebutkan seribu tahun yang lalu, pada 1009. Terjepit di garis pemisah peradaban Barat dan Timur, Lithuania bertempur secara dramatis untuk kemerdekaan dan kelangsungan hidupnya. Kesenjangan gender di Lithuania dapat dikaitkan dengan beberapa faktor yang meningkatkan tingkat kematian laki-laki. Jumlah pria perokok lebih besar daripada wanita. Penyakit mental, depresi, bunuh diri dan kurangnya harapan hidup bagi pria. Kesenjangan gender lebih menonjol antara usia 30 – 40 tahun.

Persentase populasi wanita : 53,9%
Wanita per pria : 117,32

5. Ukraina

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Ukraina

Photo via geographical.co.uk

Ini adalah negara berdaulat di Eropa Timur dan memiliki populasi sekitar 42,5 juta, menjadikannya negara terpadat ke-32 di dunia. Ukraina sendiri merupakan bejas bagian dari Uni Soviet. Perbedaan gender di Ukraina ditelusuri kembali ke Perang Dunia II. Pria hidup rata-rata sampai 62 tahun sementara wanita berusia 74 tahun. Banyak pria di Ukraina terpengaruh oleh masalah mental dan kesehatan. Ditambah lagi dengan tingkat imigrasi yang tinggi mengurangi populasi pria di negara itu.

Persentase populasi wanita : 53,9%
Wanita per pria : 117,17

6. Rusia

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Rusia

Photo via myguidemoscow.com

Rusia adalah negara lintas benua yang membentang di sebagian besar Eurasia utara (Asia dan Eropa). Ini adalah negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah, meliputi lebih dari seperdelapan dari luas daratan yang dihuni Bumi dan kesembilan yang terpadat. Selain itu, Rusia juga menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia. Namun sayangnya Rusia memiliki kesenjangan penduduk pria dan wanita, dimana dari 143 juta jiwa jumlah prianya hanya 20 juta jiwa.

Persentase populasi wanita : 53,8%
Wanita per pria : 116,98

7. Belarus

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Belarus

Photo via intrepidtravel.com

Belarus atau Belarusia adalah negara yang terkurung daratan di Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia di timur laut, Ukraina di selatan, Polandia di barat, dan Lithuania dan Latvia di barat laut. Ibukotanya dan kota terpadat adalah Minsk. Negara ini memiliki total penduduk kurang lebih 9,4 juta jiwa dan mereka memiliki kesenjangan jumlah pria sebesar 0,87 persen dari jumlah wanitanya. Bisa dikatakan jumlah pria disana hanya 1,2 juta jiwa saja.

Persentase populasi wanita : 53,5%
Wanita per pria : 115,69

8. Estonia

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Estonia

Photo via cnnindonesia.com

Ini adalah negara berdaulat di Eropa Utara. Berbatasan dengan Teluk Finlandia di utara dengan Finlandia di sisi lain, di sebelah barat dengan Laut Baltik dengan Swedia di sebelah barat, di sebelah selatan oleh Latvia, dan di sebelah timur dengan Danau Peipus dan Rusia. Negara di Benua Eropa ini memiliki total penduduk sebanyak 1,3 juta jiwa, namun di negara ini hanya memiliki jumlah pria sebanyak 200 ribu jiwa dan sisanya adalah wanita.

Persentase populasi wanita : 53%
Wanita per pria : 115,52

9. China, Hongkong SAR

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - China, Hongkong SAR

Photo via g-switch.org

Ini adalah wilayah administrasi khusus (SAR) yang ada sebagai bagian dari Republik Rakyat Tiongkok di bawah doktrin “Satu Negara, Dua Sistem”, dinegosiasikan dalam Deklarasi Bersama Tiongkok-Inggris, dinegosiasikan dan ditandatangani pada tahun 1984, tetapi mulai berlaku pada tahun 1997 .

Ini adalah pusat keuangan dan bisnis utama di Cina dan pemimpin keuangan regional. Di sini, populasi wanita sekitar 53% dari 100% populasi. Ia memiliki jumlah gedung pencakar langit terbesar di dunia, kebanyakan dari mereka mengelilingi Victoria Harbour. Hong Kong berada di peringkat ke 7 pada Indeks Pembangunan Manusia PBB dan memiliki harapan hidup ketujuh tertinggi di dunia.

Persentase populasi wanita : 53%
Wanita per pria : 113,59

10. Guadeloupe

Tempat Di Dunia Yang Penduduknya Dominan Wanita - Guadeloupe

Photo via tribloo.com

Ini adalah wilayah Perancis yang terletak di Kepulauan Leeward, bagian dari Antilles Kecil di Karibia. Itu adalah wilayah Uni Eropa terbesar dan terpadat di Amerika Utara dan salah satu dari 10 negara di dunia yang memiliki populasi wanita tertinggi.

Persentase populasi wanita : 52,8%
Wanita per pria : 112,50

Itulah beberapa tempat di dunia yang penduduknya dominan wanita, kesenjangan gender memang banyak terjadi di beberapa negara dan negara diatas salah satunya.

Artikel Terkait