35 Tempat Wisata Alam Terbaik di Jogja

2 bulan lalu, by blogunik

Tempat wisata alam terbaik Jogjakarta

Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang banyak dipilih masyarakat untuk menghabiskan liburan. Kota ini banyak dipilih karena biayanya murah, transportasinya mudah, kulinernya enak serta murah dan tentunya tempat wisatanya yang menarik. Tempat wisata di Jogja cukup beragam salah satunya tempat wisata alamnya. Berkunjung ke Jogja tentunya tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat wisata alamnya, nah berikut ini 35 tempat wisata alam terbaik di Jogja

1. Air Terjun Kedung Kandang

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Air Terjun Kedung Kandang

Photo via instagram.com/anto_hariyanto

Air Terjun Kedung Kandang adalah tempat wisata alam yang berada di daerah wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan air terjun yang bersusun atau bertingkat dengan susunan batuan vulkanik yang terjadi secara alamiah. Buat kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, kalian harus berjalan kaki dari tempat penitipan kendaraan karena lokasinya jauh dari pemukiman dan berada di tengah persawahan.

Alamat : Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Air Terjun Luweng Sampang

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Air Terjun Luweng Sampang

Photo via instagram.com/mu.saputra

Selain air terjun Kedung Kandang, di Jogja terdapat juga air terjun Luweng Sampang. Dimana air terjun ini memiliki karakteristik batu=batuan yang sekilas mirip dengan bebatuan di Grand Canyon. Batu-batuan ini ternyata terbentuk akibat terkena erosi air sunga sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan menarik.

Alamat : Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Bukit Sarangan

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Bukit Sarangan Gunung Kidul

Photo via ksmtour.com

Bukit Sarangan adalah salah satu tempat wisata alam terbaik di Jogja, dimana tempat ini berada di kawasan Pantai Krakal dan Pantai Sarangan. Tempat ini diberi nama Bukit Sarangan karena di bukit ini terdapat sebuah goa yang menghadap ke lau lepas dan biasanya digunakan untuk bersarangnya burung-burung walet.

4. Bukit Panguk

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Bukit Panguk

Photo via instagram.com/asstry06_

Tempat wisata alam satu ini berada di daerah Bantul dimana tempat wisata ini bernama Bukit Panguk. Di Bukit Panguk ini kita bisa melihat sunrise dan menikmati sejuknya udara di pagi hari. Selain itu, disini juga terdapat beberapa fasilitas yang mendukung seperti toilet dan warung makan.

Alamat : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Bukit Isis

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Bukit Isis

Photo via alodiatour.com

Bukit Isis adalah tempat wisata alam terbaik yang ada di Jogja, dimana tempat ini berada di Kulon Progo. Bukit ini memiliki udara yang sejuk khas pegunungan sehingga cocok dijadikan tempat melepas penat. Di tempat ini, kita juga bisa melihat pemandangan yang indah dari kebun teh dan hijaunya pepohonan yang ada di sepanjang pegunungan.

Alamat : Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten KulonProgo, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Blue Lagoon Jogja

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Blue Lagoon Jogja

Photo via explorewisata.com

Blue Lagoon Jogja adalah salah satu tempat wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di Blue Lagoon ini para pengunjung dapat bermain air seperti berenang. Selain itu, tempat wisata ini juga dikatakan tak kalah dengan blue lagoon Islandia.

Alamat : Area Sawah, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Batu Miring

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Batu Miring

Photo via traveloka.com

Batu Miring adalah wisata alam di Jogja yang menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise. Tempat wisata ini berada di daerah Gunung Kukusan. Untuk mencapai tempat ini, begitu sampai di lokasi parkir kamu harus berjalan kaki sejauh 200 meter hingga mencapai kaki Gunung Kukusan. Ada dua jalur yang bisa kamu tempuh untuk mencapai puncak yang berbeda, pertama jalur kiri mengarah ke Puncak Dempok. Kedua jalur kanan akan mengarah ke Puncak Kendeng yang merupakan puncak tertinggi.

8. Bukit Parang Endog

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Bukit Parang Endog

Photo via areajogja.wordpress.com

Tempat wisata alam terbaik di Jogja satu ini terbilang cukup populer, dimana tempat ini bernama Bukit Parang Endog. Bukit Parang Endog ini bersebelahan dengan Pantai Parangendog dan Pantai Parangtritis. Tempat ini sering dijadikan sebagai spot untuk paralayang dan diatas bukit ini para pengunjung dapat menikmati indahnya matahari tenggelam pada sore hari.

9. Bukit Lintang Sewu

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Bukit Lintang Sewu

Photo via instagram.com/milla_khs

Buat kalian yang ingin melihat keindahan alam Jogja dari ketinggian, kalian bisa datang ke Bukit Lintang Sewu. Di Bukit Lintang Sewu ini ketika malam hari, kalian dapat melihat ribuan bintang-bintang yang membentang luas di angkasa. Ketika kalian menuju tempat ini, kalian akan disuguhkan dengan pepohonan pinus dan ketika sampai kalian akan disuguhi dengan panorama hutan kayu putih. Disini ada berbagai macam kegiatan yang bisa kamu lakukan dan pastinya akan menarik.

Alamat : Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Bukit Paralayang

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Bukit Paralayang

Photo via instagram.com/masmooe_

Bukit Paralayang adalah salah satu tempat wisata alam terbaik di Jogja yang masih dekat dengan parangtritis. Disini ada berbagai macam aktifitas yang bisa kamu lakukan, disini kamu bisa bersantai duduk diatas tebing sambil melihat pemandangan pantai parangtritis dari ketinggian. Selain itu, jika kalian tidak takut ketinggian kalian bisa naik paralayang dengan biaya 400 ribu.

11. Embung Nglanggeran

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Embung Nglanggeran

Photo via instagram.com/vevatamaaa

Embung Nglanggeran adalah sebuah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan. Dimana telaga ini dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau. Embung Nglanggeran ini juga memiliki pemandangan yang indah dimana telaga ini dikelilingi oleh tebing Gunung Api Purba Nglanggeran.

Alamat : Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

12. Goa Kalisuci

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Goa Kalisuci

Photo via bagas420.blogspot.com

Goa Kalisuci adalah tempat wisata alam terbaik di Jogja, tempat ini menjadi wisata susur goa pertama di Indonesia. Goa kalisuci ini dialiri sungai bawah tanah. Aliran sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa-goa ini ternyata suatu sistem kesatuan aliran sungai yang saling berhubungan satu sama lain. Di Goa Kalisuci ini para wisatawan dapat melakukan aktivitas susur sungai sekaligus susur goa dengan menggunakan peralatan khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Alamat : Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

13. Green Village Gedangsari

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Green Village Gedangsari

Photo via dolanyok.com

Green Village Gedangsari adalah wisata alam yang memiliki pemandangan alam yang berupa pepohonan hijau dan udara yang sejuk. Di tempat wisata alam terbaik di Jogja ini terdapat berbagai macam wahana seperti flying fox. Flying fox ini dikatakan terpanjang se Asia Tenggara dimana flying fox ini berada di dataran tinggi sehingga kita bisa melihat panorama kota Jogja.

Alamat : Guyangan Lor, Mertelu, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

14. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Gunung Api Purba Nglanggeran

Photo via instagram.com/armedia12

Salah satu tempat wisata alam terbaik di Jogja yang harus kamu kunjungi yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Dulu Gunung Api Purba Nglanggeran ini pernah aktif sekitar 60 – 70 juta tahun yang lalu, namun kini sudah tidak aktif lagi. Gunung Api Purba Nglanggeran ini memiliki bentuk yang tidak seperti gunung pada umumnya yang memiliki bentuk kerucut, gunung ini memiliki bentuk seperti gugusan bebatuan raksasa tinggi yang ditumbuhi dengan berbagai macam flora dan fauna. Disini kamu bisa menikmati pemandangan alam di sekitar gunung yang masih sejuk dan alami, meskipun untuk menuju tempat ini cukup menantang namun semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang akan kalian dapatkan.

Alamat : Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

15. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Gumuk Pasir Parangkusumo

Photo via instagram.com/irennakristyn

Kalian yang ingin berwisata gurun pasir tidak perlu jauh-jauh datang ke Dubai karena di Jogja pun sudah ada, dimana tempat wisata ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Di tempat wisata ini kamu bisa melakukan aktifitas yang seru seperti berselancar pasir di padang pasir yang luas. Selain itu, kalian juga bisa menyewa kendaraan ATV atau menunggang kuda untuk berkeliling ke seluruh area.

Alamat : Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

16. Goa Rancang Kencono

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Goa Rancang Kencono

Photo via paketwisatayogyakarta.com

Goa Rancang Kencono adalah salah satu goa di Jogja yang berada di Gunung Kidul. Goa ini memiliki keunikan tersendiri, dimana goa ini ditemukan di kawasan pegunungan bebatuan karst Gunung Kidul. Goa ini memiliki pemandangan stalaktit yang indah dan juga menyimpat banyak cerita sejarah yang menarik.

Alamat : Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

17. Goa Jomblang

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Goa Jomblang

Photo via instagram.com/gunjguglani

Berkunjung ke Jogja tidak lengkap rasanya jika kamu belum mengunjungi wisata alam Goa Jomblang. Goa Jomblang adalah salah satu tempat wisata terbaik di Jogja, disini kamu bisa menyusuri gua dan menikmati sensasi alami dari goa ini. Selain itu dengan guide dan alat safety para wisatawan ditantang untuk menguji adrenalin ketika menuruni bibir gua dengan seutas tali yang dipasangkan ke tubuh kita.

Alamat : Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

18. Goa Pindul

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Goa Pindul

Photo via tripjogja.co.id

Goa Pindul adalah salah satu rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika di Jogja. Di Goa ini terdapat aktifitas yang membutuhkan keberanian yaitu cave tubing. Selain itu, kamu juga disuguhi dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang mengagumkan pada saat kalian menyusuri goa bawah tanahnya.

Alamat : Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

19. Hutan Pinus Pengger

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Hutan Pinus Pengger

Photo via instagram.com/ernandiass

Buat kalian yang sedang mencari tempat dengan spot foto yang kekinian kalian bisa mengunjungi objek wisata alam satu ini Hutan Pinus Pengger. Hutan Pinus Pengger adalah salah satu tempat wisata alam terbaik di Jogja yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pemandangan pun semakin indah dikala malam hari, karena pada malam hari kamu akan disuguhi dengan pemandangan gemerlap lampu kota Jogja. Kamu juga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kamera karena disini sudah asda jasa fotografer yang membantu.

Alamat : Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

20. Hutan Pinus Mangunan

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Hutan Pinus Mangunan

Photo via instagram.com/rafirss

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu tempat wisata yang sangat eksotis. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali pepohonan yang tinggi menjulang dimana dikenal dengan nama Pinus Merkusi. Selain itu disini juga terdapat sebuah panggung yang dikelilingi oleh kursi kayu layaknya panggung teater.

Alamat : Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

21. Jurang Tembelan

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Jurang Tembelan

Photo via instagram.com/iamoctavians

Jurang Tembelan adalah salah satu tempat wisata alam terbaik di Jogja, dimana wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang luas dengan udara yang menyejukkan. Disini pengunjung dapat melihat deretan pegunungan sewu dengan aliran sungai Oyo yang tampak membelah daratan. Selain itu, tempat ini juga memiliki spot foto yang memiliki bentuk yang beragam.

Alamat : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

22. Kalibiru

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Kalibiru

Photo via instagram.com/suhendar20

Tempat wisata alam satu ini tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Jogja, dimana tempat wisata ini benama Kalibiru. Tempat wisata ini berada di ketinggian sekitar 450 meter dari permukaan laut sehingga kamu bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah. Dari atas kamu bisa melihat pemandangan deretan perbukitan yang subur dan hijau. Jika cuaca sedang cerah, kalian bisa melihat pantai selatan dari kejauhan.

Alamat : Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Daerah Istimewa Yogyakarta

23. Kebun Buah Mangunan

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Kebun Buah Mangunan

Photo via instagram.com/pamuji.w

Buat kalian yang ingin merasakan sensasi negeri di atas awan tanpa harus mendaki ke puncak gunung kalian bisa datang ke Kebun Buah Mangunan. Disini kamu bisa belajar mengenai tumbuh-tumbuhan secara langsung, disini katanya terdapat 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, 220 pohon jeruk, 300 pohon jambu air dan 200 aneka tanaman buah lainnya.

Alamat : Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

24. Kebun Teh Kulonprogo

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Kebun Teh Kulonprogo

Photo via dakatour.com

Buat kalian yang ingin melihat perkebunan teh, tak perlu jauh-jauh datang ke Bandung karena di Jogja pun ada kebun teh yang bernama Kebun Teh Kuloprogo. Kebun teh ini berada di puncak pegunungan Menoreh dimana kawasan ini merupakan desa wisata. Disini kalian bisa melihat pemandangan hamparan kebun teh yang hijau dan kalian juga bisa merasakan sejuknya udara pegunungan yang masih asri.

Alamat : Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

25. Puncak Becici

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Puncak Becici

Photo via instagram.com/mita_oci

Puncak Becici adalah wisata alam yang ada di Jogja dimana tempat wisata ini memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan alamnya yang masih alami. Tempat wisata ini tidak hanya memiliki pemandangan alam yang masih alami saja, namun juga memiliki udara yang segar dan hawa yang sejuk. Disini ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti melihat sunset, camping, bermain ayunan dan lainnya. Selain itu, disini juga disediakan spot-spot foto yang instagramable.

Alamat : Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

26. Pantai Sinden

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Sinden

Photo via tuguwisata.com

Pantai Sinden adalah salah satu pantai yang berada di daerah Gunung Kidul, pantai ini sedang hits di media sosial karena memang sangat menarik. Tempat ini terdapat sebuah pulau bernama pulau Kalong, dimana pulau Kalong ini letaknya memang agak menjorok ke pantai. Tempat ini pun semakin menarik setelah adanya jembatan gantung yang menghubungkan bukit utama ke pulau Kalong. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana pantai Sinden yang indah.

Alamat : Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

27. Pantai Ngrenehan

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Ngrenehan

Photo via alodiatour.com

Pantai Ngrenehan adalah salah satu pantai yang ada di Jogja, dimana pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Disini kamu bisa melihat aktifitas nelayan yang sedang mencari ikan di laut. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian ikan segar sambil melihat pemandangan pantai yang indah.

Alamat : Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

28. Pantai Sadeng

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Sadeng

Photo via alodiatour.com

Pantai Sadeng adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang berada di daerah Gunung Kidul. Pantai Sadeng ini juga kerap disebut dengan sebutan surga bagi para nelayan. Di pantai ini kamu bisa melihat aktivitas nelayan seperti para nelayan yang sedang membersihkan perahu, nelayan yang membawa hasil tangkap ikan, nelayan yang menggiling es untuk mengawetkan ikan serta proses pelelangan ikan. Selain itu, kamu juga dapat mencicipi kuliner Pantai Sadeng sambil melihat pemandangan laut.

Alamat : Dusun Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

29. Pantai Jungwok

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Jungwok

Photo via instagram.com/dhian_hardjodisastro

Selain pantai Sadeng di Jogja juga terdapat pantai Jungwok, pantai Jungwok ini memiliki pemandangan yang tak kalah bagusnya dari pantai-pantai lainnya di Jogja. Buat kalian yang tidak terlalu suka dengan keramaian kalian bisa datang kesini. Pantai ini tidak terlalu luas namun pantai ini cukup bersih dan tidak terlalu banyak pengunjungnya. Pantai Jungwok ini di kelilingi oleh bukit hijau dan pasir yang putih kekuningan yang membentang di bibir pantai.

Alamat : Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

30. Pantai Jogan

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Jogan

Photo via instagram.com/ihsanudn

Pantai Jogan ini adalah tempat wisata alam terbaik di Jogja yang dikenal memiliki air terjun yang sangat indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dimana sumber airnya berasal dari perbukitan disebelah utara Pantai Jogan. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri airnya langsung mengalir ke laut karena pantai ini tidak memiliki garis batas laut. Selain itu, disini kita juga bisa melihat indahnya Samudra Hindia dengan berada di atas air terjun.

Alamat : Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

31. Pantai Watu Kodok

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Watu Kodok

Photo via alodiatour.com

Pantai Watu Kodok adalah pantai di Jogja yang memiliki pasir putih dan air laut yang biru. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata alam terbaik yang perlu kamu kunjungi. Pantai ini memiliki beberapa batu karang yang terjal, batu ini lah yang menjadi daya tarik para wisatawan. Pantai ini diberi nama watu kodok karena terdapat dua batu karang yang bentuknya menyerupai kodok. Di pantai ini terdapat juga spot foto yang instagramable dan area untuk camping.

Alamat : Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

32. Pantai Parangtritis

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Parangtritis

Photo via pegipegi.com

Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata alam yang paling populer di Jogja. Pantai ini dikenal memiliki legenda yang melekat dengan Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan. Selain itu, pantai ini dikenal memiliki keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Pantai Parangtritis ini juga menjadi pantai paling luas di Jogja dimana memiliki luas berkilo-kilo meter persegi berbeda dengan pantai lainnya yang berada di Jogja. Di pantai ini ada beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan yaitu mengelilingi pantai dengan menggunakan ATV, kuda ataupun delman, bermain air di pinggir pantai dan lainnya.

Alamat : Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

33. Pantai Indrayanti

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Pantai Indrayanti

Photo via wisatakita.com

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai yang ada di Jogja. Dimana pantai ini memiliki pemadangan yang indah dengan pasir putih yang memukau dengan air yang berwarna biru jernih. Pantai ini juga dikenal sebagai pantai yang paling bersih di Jogja karena hal inilah para wisatawan merasa nyaman berkunjung kesini. Rasanya pas banget jika kamu berkunjung bersama teman-teman kamu. Pastinya rame dan menyenangkan!

Alamat : Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

34. Tebing Breksi

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Tebing Breksi

Photo via instagram.com/sulung_wibowo

Tebing Breksi adalah tempat wisata alam baru terpopuler di Jogja dimana tempat wisata ini berbeda dari yang lainnya. Tempat ini pada awalnya adalah kompleks pertambangan batu putih yang dikelola oleh warga sekitar. Namun kini pertambangan sudah dihentikan karena kawasan tebing termasuk kedalam cagar budaya alam yang harus dilindungi. Di tebing Breksi ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang menganggumkan dengan tebing batu kapur putih yang tinggi ditambah dengan pahatan gambar wayang. Selain itu kamu juga bisa menikamti panorama kota Jogja dari atas tebing Breksi ini.

Alamat : Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

35. Telaga Biru Semin

Tempat Wisata Alam Terbaik Di Jogja - Telaga Biru Semin

Photo via eksotisjogja.com

Telaga Biru Semin adalah sebuah genangan air yang mengisi kolam-kolam galian tambang batu yang kini berubah menjadi deretan embung yang indah. Selain dapat menikmati keindahan bekas galian tambang ini, para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan bukit, sawah, pepohonan dan jalan yang berlika-liku. Tempat wisata ini pas banget buat kalian jadikan tempat foto-foto untuk feed IG kamu.

Alamat : Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah

Itulah beberapa tempat wisata alam terbaik di Jogja, jika kamu berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di atas. Dan yang terpenting, bantulah menjaga kelestarian tiap tempat wisata yang kamu kunjungi!

Jangan lupa juga untuk untuk membeli buah tangan untuk orang terdekatmu di toko oleh-oleh terbaik di Jogja atau menikmati aneka kuliner khas Jogja dengan cita rasa yang enak dan lezat pastinya.

Artikel Terkait