Tempat Wisata Terpopuler di Solo Yang Rekomended Kamu Kunjungi

7 bulan lalu, by blogunik

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - The Heritage Palace

Pernah dengar tentang Solo bukan? Yup, Solo merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini termasuk kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang. Kota yang dikenal sebagai kota Budaya ini memiliki tempat wisata yang cukup beragam baik itu wisata budaya, alam hingga kuliner. Buat kamu yang belum pernah ke Solo dan ingin mengetahui destinasi wisata terbaik yang ada di Solo, berikut ini Blog Unik rangkumkan beberapa tempat wisata terpopuler di Solo yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Agrowisata Sondokoro

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Agrowisata Sondokoro

Photo via skyscrapercity.com

Agrowisata Sondokoro adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Solo, dimana awalnya tempat ini berupa pabrik gula yang tertutup untuk umum. Namun pada tahun 2005, tercetus pemikiran utnuk membuka diri dengan mendirikan sebuah wisata agro dan industri gula yang bernuansa tempo doeloe. Tempat wisata ini dilengkapi dengan beraneka ragam permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di Agrowisata Sondokoro ini kamu bisa menaiki spoor sakarosa, terapi ikan, melihat benda bersejarah hingga outbound.

Alamat : Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

2. Bendung Karet Tirtonadi

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Bendung Karet Tirtonadi

Photo via instagram.com/paijoedirt, instagram.com/joeluluk

Bendung Karet Tirtonadi adalah ikon baru kota Solo, dimana tempat ini bukan sekedar sebagai bendungan saja namun juga sekaligus menjadi tempat wisata terpopuler di Solo. Bendungan ini memiliki fungsi utama sebagai penampung dan pengolahan air kali pepe. Tempat ini di desain secantik mungkin hingga menjadi destinasi wisata bagi warga. Selain itu, tempat wisata ini juga akan dilengkapi dengan dermaga untuk wisata air seperti perahu motor. Selain dermaga, disini juga terdapat fasilitas lainnya seperti bangku-bangku di pinggir bendungan, lampu taman hingga jembatan kaca dan jembatan tugu keris.

Alamat : Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

3. Bumi Perkemahan Sekipan

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Bumi Perkemahan Sekipan

Photo via instagram.com/hvnrynt_, instagram.com/abkolik

Bumi Perkemahan Sekipan adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Solo yang berada di Tawangmangu, Kabupaten Karangayar, Jawa Tengah. Wisata ini terbilang cukup populer di kalangan masyarakat, pada awalnya tempat ini dikenal sebagai bumi perkemahan. Namun dengan seiring berjalannya waktu beberapa wahana dan aktivitas mulai bermunculan di tempat ini.

Wisata bumi perkembahan sekipan ini memiliki udara sejuk dan jajaran pohon pinus yang akan memanjakan mata para pengunjung. Disini ada berbagai macam aktivitas yang bisa pengunjung lakukan yaitu camping, outbond, rekreasi keluarga, wisata edukasi, pondok wisata, konservasi hingga foto prewedding dan syuting. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan adanya hamparan sungai, curug Sumber Kentongan dan Candi Sekarjinggo.

Alamat : Desa Kalisoro, Tawangmangu, Area Hutan, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

4. Candi Sukuh

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Candi Sukuh

Photo via instagram.com/fhmad_, instagram.com/singingbonita

Salah satu tempat wisata terpopuler di Solo yang harus ketahui yaitu Candu Sukuh. Candi Sukuh ini berlatar belakang agama Hindu yang diperkirakan dibangun pada akhir abad k3-15 M. Dari sekian banyak candi yang ada di Indonesia, Candi Sukuh ini termasuk paling menarik karena bentuk candinya tidak seperti Candi hindu pada umumnya. Candi ini memiliki bentuk seperti piramida suku Aztec di Meksiko. Pada awal kemunculannya candi ini sempat menjadi kontroversial sebagai tempat wisata karena ada beberapa arcanya yang menggambarkan alat reproduksi manusia.

Candi Sukuh ini memiliki tiga teras dan setiap teras akan disuguhi keunikan yang berbeda. Pada teras pertama yang merupakan gerbang utama untuk masuk ke candi kemudian teras kedua terdapat gapura yang sudah rusak dan tidak utuh lagi. Di samping kanan dan kiri gapura ini terdapat patung dwarapala yang merupakan patung penjaga gapura. Setelah itu pada teras ketiga terdapat pelataran yang cukup besar untuk tempat Candi Sukuh ini, teras ini pun menjadi bagian terakhir dan paling utama.

Alamat : Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

5. Candi Cetho

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Candi Cetho

Photo via instagram.com/anarghyavisual, instagram.com/al.rasyd

Candi Cetho adalah tempat wisata terpopuler di Solo, dimana candi ini bercorak agama Hindu yang diperkirakan dibangun pada masa kerajaan Majapahit. Pada awalnya candi ini ditemukan dengan keadaan terpendam kemudian oleh pemerintahan Hindia Belanda menyuruh seseorang untuk menelitinya kembali. Pada saat ditemukan, candi ini berbentuk sebuah reruntuhan dengan 14 teras yang memanjang dari barat ke timur.

Candi ini dipugar pertama kalinya pada tahun 1970 oleh Sudjono Humardani, Sudjono mengubah total struktur asli Candi meskipun konsep punden berundak masih tetap dipertahankan. Di kawasan ini terdapat pelataran dimana terhampar pemandangan yang sangat indah, disini juga terdapat lingga yoni seperti yang ada di kawasan Candi Sukuh.

Alamat : Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

6. De’ Tjolomadoe

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - De' Tjolomadoe

Photo via instagram.com/jo.chryst, instagram.com/rezanuraulia

De’ Tjolomadoe adalah sebuah komplek pabrik gula tua yang diubah menjadi objek wisata baru, tempat wisata ini berdiri di tanah seluas 6,4 ha. Pada awalnya pabrik ini bernama Pabrik Gula Colomadu namun saat ini berubah menjadi De Tjolomadoe. Pada tahun 2017, PT Sinergi Colomadu melakukan kontruksi revitalisasi dengan mengikuti kaidah cagar budaya. Meskipun pabrik ini direvitalisasi namun nilai dan kekayaan historis yang ada masih dipertahankan. Mesin-mesin raksasa pabrik gula ini pun dipertahankan untuk memberikan wawasan bersejarah bagi para pengunjung.

Di tempat ini selain museum terdapat juga beberapa venue lainnya seperti stasiun gilingan yang difungsikan sebagai museum pabrik gula, stasiun ketelan sebagai area F&B, stasiun penguapan sebagai area Arcade, stasiun karbonatasi sebagai area art & craft, besali cafe sebagai F&B, Tjolomadoe Hall dan Sarkara Hall. Disini para pengunjung akan disuguhi bagaimana kondisi pabrik gula lengkap dengan mesin-mesinnya. Tak heran jika tempat satu ini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Solo yang harus kamu kunjungi.

Alamat : Jalan Adi Sucipto No. 1 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah

7. Grojogan Sewu

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Grojogan Sewu

Photo via instagram.com/adktama_, instagram.com/adhybomberz

Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun yang terletak di Kecamatan Tawangmangun, Kabupaten Karangayar, Jawa Tengah. Tempat wisata terpopuler di Solo ini terletak di lereng Gunung Lawu dan merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Meskipun namanya Grojogan Sewu namun air terjun disini tidak berjumlah seribu, disini terdapat beberapa titik air terjun yang dapat kamu nikmati. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 81 meter dan ada juga air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang.

Alamat : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

8. Istana Mangkunegaran

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Istana Mangkunegaran

Photo via instagram.com/nanangdsapoetro, instagram.com/miss_almayra

Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegara dan tempat kediaman para penguasanya. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I dengan mengikuti model keraton. Secara arsitektur kompleks bangunannya memiliki bagian yang menyerupai keraton seperti pamedan, pendapa, pringgitan, dalem dan keputren. Seluruh kompleks ini dikelilingi oleh tembok namun hanya bagian pamedan saja yang diberi pagar besi. Disini terdapat beragam koleksi yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Ketika kamu memasuki area Istana Mangkunegaran ini kamu akan melihat halaman luas dan bangunan berarsitektur khas Eropa dengan tulisan Kavalerie-Artillerie. Begitu masuk ke bagian dalam istana kamu akan disambut dengan pendopo bergaya Eropa-Jawa lengkap dengan seperangkat gamelannya. Kamu yang ingin memasuki kawasa istana ini akan ditemani oleh tour guide, selain itu terdapat juga paket wisata Mangkunegaran Royal Dinner jika kamu berminta menjajal makan malam dengan menu dan suasana kejawen khas keraton.

Alamat : Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

9. Keraton Kasunanan Surakarta

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Keraton Kasunanan Surakarta

Photo via instagram.com/satriafajar, instagram.com/msukoco

Keraton Kasunanan Surakarta adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di kota Surakatya, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Meskipun secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini. Keraton Kasunanan Surakarta juga menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Solo. Jika dilihat dari segi bangunannya, keraton ini merupakan contoh arsitektur istana Jawa tradisional yang terbaik.

Secara umum pembagian keraton meliputi Kompleks Alun-alun Lor/Utara, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor/Utara, Kompleks Kamandungan Lor/Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Sri Manganti Kidul/Selatan dan Kamandungan Kidul/Selatan, serta Kompleks Siti Hinggil Kidul/Selatan dan Alun-alun Kidul/Selatan. Selain itu, kompleks keraton ini juga dikelilingi dengan baluwarti yaitu sebuah dinding pertahanan dengan tinggi sekitar tiga hingga lima meter dan tebal sekitar satu meter tanpa anjungan. Dinding ini melingkungi sebuah daerah dengan bentuk persegi panjang, daerah itu berukuran lebar sekitar 500 meter dan panjang sekitar 700 meter. Kompleks yang berada di dalam dinding ini adalah Kamandungan Lor/Utara hingga Kamandungan Kidul/Selatan.

Alamat : Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

10. Kebun Strawberry Karanganyar

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Kebun Strawberry Karanganyar

Photo via businessindependent.blogspot.com

Kebun Strawberry Karanganyar adalah salah satu tempat wisata populer di Solo yang menyajikan pemandangan lereng Gunung Lawu. Di sini terdapat perkebunan yang isinya hamparan pohon stroberi. Di Kebun Strawberry Karanganyar ini kuta juga dapat memetik buah stroberi sendiri. Sebelum masuk ke kebun pengunjung dibekali dengan sebuah wadah dan gunting untuk memetik buah stroberi. Namun tidak disarankan untuk memakan buah stroberi langsung di dalam kebunnya karena tentunya pengelola perkebunan akan rugi.

Stroberi yang dihasilkan kebun ini memiliki tekstur yang lembut dan kandungan airnya banyak. Selain itu pengelola kebun juga menyediakan susu kental manis untuk dimakan bersama dengan stroberi. Di kebun ini ada 13 jenis stroberi yang dibudidayakan, dimana musim tanam berlangsung di bulan Juni dan di bulan Desember hingga Mei para pengunjung dapat menikmati hasilnya.

Alamat : Jalan tembus kebarat, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

11. Pandawa Water World

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Pandawa Water World

Photo via pandawa-lima.com

Salah satu tempat wisata terpopuler di Solo satu ini sedang hits-hitsnya yaitu Pandawa Water World. Pandawa Water World sendiri memiliki keunikan tersendiri yang mampu menarik perhatian pengunjung baik dari tatanan tempat wisatanya, fasilitasnya hingga wahananya. Pandawa Water World ini memiliki konsep pewayangan dimana disini kita bisa melihat tokoh pewayangan pandawa lima seperti Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Disini terdapat 27 wahana air yang bisa kamu coba yaitu wave pool, black hole slide, racer slide dan kunti children & toddler pool. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat bersantai diatas ban di pantai buatan dan menikmati aneka makanan Indonesia jika kamu merasa lapar ketika bermain.

Alamat : Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

12. Pasar Malam Ngarsopuro

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Pasar Malam Ngarsopuro

Photo via travelspromo.com

Pasar Malam Ngarsopuro adalah salah satu pasar yang ada di Jalan Diponegoro, pasar ini dulunya merupakan area yang tidak tertata. Jalanan semrawut karena kios dan toko yang tumpang tindih, tapi sekarang kawasan ini lebih bagus dan berkembang. Tempat wisata terpopuler di Solo ini mulai beroperasi dari sore hingga malam dan buka hanya satu kali dalam seminggu yaitu di hari Sabtu. Pasar Malam Ngarsopuro ini bukanlah pasar biasa, barang yang dijual disini haruslah berkarakter kota Solo.

Menariknya lagi para penjual harus memiliki KTP Surakarta jika ingin berjualan disini. Selain itu pasar ini juga memiliki jam buka yang sangat terbatas yaitu hanya empat jam saja. Sehingga vbuat para pengunjung harus datang tepat waktu untuk bisa menikmati suasana di pasar ini. Di pasar ini juga terdapat barang-barang antik sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang suka mengkoleksi barang-barang antik. Tak hanya barang, disini juga terdapat beraneka ragam kuliner khas Solo yang terbentang sepanjang jalan Diponegoro.

Alamat : Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

13. Pasar Triwindu Ngarsopuro

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Pasar Triwindu Ngarsopuro

Photo via instagram.com/pikipoto, instagram.com/sansan_photo

Buat kalian yang suka mengkoleksi barang-barang kuno atau barang antik kamu bisa datang ke Pasar Triwindu Ngarsopuro. Pasar ini berdiri pada tahun 1939 sebagai tenggara naik tahtanya KGPAA Mangkunegara VII berdiri di takhta Pura Mangkunegaran. Hingga tahun 1966 barang yang dijajakan disini masih beragam seperti ada yang menjual alat-alat sepeda motor dan mobil, perabotan rumah tangga dan sedikit barang antik. Namun sejak tahun 1970-an, terjadi spesialisasi komoditi yang dijual disini. Barang-barang antiklah yang difokuskan untuk dijual disini, ada barang yang dijual dari masa lalu dan ada pula yang dibuat dengan model antik.

Alamat : Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

14. Pasar Klewer

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Pasar Klewer

Photo via situsbudaya.id

Pasar Klewer adalah salah satu pasar yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Solo. Pasar klewer ini menjadi pasar yang paling modern diantara semua pasar yang ada di Solo karena pasar ini sekarang dilengkapi dengan lift dan eskalator. Tempat wisata terpopuler di Solo ini menawarkan beraneka ragam barang sandang yang harganya terkenal murah dan dijual dengan harga grosir. Selain itu, pasar klewer juga dikenal sebagai salah satu tempat kuliner yang patut kamu cicipi. Jika kamu ingin menikmati kuliner disini kamu bisa naik ke lantai 3, lokasi paling atas pasar klewer ini tersedia aneka ragam kuliner yang lezat-lezat.

Alamat : Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

15. The Heritage Palace

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - The Heritage Palace

Photo via instagram.com/dwialamdiah, instagram.com/bangjad_

The Heritage Palace pada awalnya merupakan bekas pabrik gula peninggalan zaman kolonial Belanda. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1892 dan memiliki luas lahan sekitar 2,2 hektar. Tempat ini memiliki sekitar sembilan bangunan kuno yang masih dilengkapi dengan cerobong asap setinggi 20 meter, namun saat ini baru tiga bangunan saja yang dibuka untuk umum. Pada halaman luar bangunan dijadikan museum transportasi dan kebanyakan yang dipajang adalah mobil-mobil kuno.

Salah satu tempat wisata di Solo ini cukup populer di kalangan anak muda untuk ber-selfie ria. Selain mobil-mobil kuno, para pengunjung untuk datang kesini juga bisa menemukan bentuk bangunan dan suasana yang masih kental dengan nuansa tempo doeloe. Tak hanya itu saja, disini juga terdapat Museum 3D Trick Art yang bisa kamu kunjungi. Disini juga terdapat aenka wahana lainnya seperti Museum Industri, omah kwalik, garden retro paradise, convention hall dan kids town & food street.

Alamat : Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

16. Taman Balekambang Surakarta

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - Taman Balekambang Surakarta

Photo via instagram.com/andi_jaff, instagram.com/alfarilo

Taman Balekambang Surakarta adalah salah satu ruang terbuka hijau di Solo, dimana taman ini merupakan peninggalan dari K.G.P.A.A . Mangkunagara VII yang dibangun pada tahun 1921. Taman satu ini memiliki luas sekitar 9,8 hektar yang mengusung konsep Jawa dan Eropa. Disini terdapat beraneka ragam wisata seperti outbond, mini zoo, konservasi tanaman langka hingga panggung seni budaya. Selain itu, taman ini juga berfungsi sebagai taman botani, edukasi, rekreasi seni dan budaya di kota Solo. Taman ini sangat sejuk karena memiliki banyak pepohonan yang rindang, epohonan disini sebagiannya juga sudah langka dan berusia hingga ratusan tahun.

Salah satu yang menarik di taman ini yaitu para pengunjung dapat melihat aneka satwa yang dibiarkan berkeliaran di area taman seperti rusa. Buat kalian yang memiliki buah hati, kamu bisa mengajaknya kesini dan mengedukasi si kecil untuk mengenal satwa lebih dekat. Di Taman Balekambang Surakarta ini juga terdapat area bermain seperti kereta putar, mendayung perahu, menaiki becak hias dan permainan lainnya, tak heran jika Taman Balekambang Surakarta ini menjadi salah satu tenpat wisata terpopuler di Solo yang harus kamu kunjungi.

Alamat : Jl. Balekambang No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

17. The Lawu Park

Tempat Wisata Terpopuler Di Solo - The Lawu Park

Photo via instagram.com/adhybomberz, instagram.com/yunitapoet

The Lawu Park adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Solo yang berada di Karanganyar. Tempat wisata ini berada di kaki gunung lawu sehingga suasana lingkungannya masih asri dan udaranya masih sejuk khas pegunungan. Selain itu, pemandangan disini juga cukup bagus karena terdapat deretan hutan pinus yang menghiasi panorama jalan dan area tempat ini.

Tempat ini mengusung konsep wisata yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung. Disini adapun konsep yang utama yaitu rekreasi, resort dan resto serta fasilitas wisata pendukung lainnya. Buat kalian yang ingin mengajak si kecil dini terdapat taman yang berisi kelinci-kelinci yang imut dan terdapat juga domba.

Alamat : Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Itulah beberapa tempat wisata terpopuler di Solo yang rekomended kamu kunjungi versi Blog Unik. Dari tempat-tempat diatas tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali?

Artikel Terkait