Tips dan Trik Menghindari Pertengkaran Dengan Pasangan

    Cinta & Asmara, Tips & Trik

Pertengkaran dalam sebuah hubungan asmara atau pernikahan merupakan suatu hal yang biasa terjadi. Biasanya hal ini muncul karena tidak adanya saling pengertian yang berujung menangisnya si perempuan semalaman. Pertengkaran sangat cepat memanas jika kalian saling emosi, jika sudah begitu maka akan susah di dinginkan. Namun daripada mengikuti amarah yang akan berakibat fatal dalam sebuah hubungan, ada baiknya kalian menghindarinya. Nah, berikut ini tips dan trik menghindari pertengkaran dengan pasangan :

 

1. Milikilah Sifat Pemaaf dan Mengalah

Photo via : http://www.kdramalove.com

Cara menghindari pertengkaran dengan pasangan yaitu memiliki sifat pemaaf dan mengalah. Kalian juga pasti tahu, manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan itu hal yang lumrah, karena tak ada manusia yang sempurna. Saat keadaan kurang baik ada baiknya memiliki sifat saling mengalah. Jika kamu menjadi apinya maka pasanganmu harus menjadi airnya dan begitu juga sebaliknya. Hal ini sangat penting diterapkan agar terciptanya hubungan yang harmonis. Kamu dan pasangan harus saling mengisi satu sama lain. Tidak ada salahnya juga jika kalian saling memaafkan satu sama yang lainnya.

 

2. Berkomunikasilah Dengan Baik

Photo via : https://korea.iyaa.com

Komunikasi yang baik dan benar akan menghindari kamu dari pertengkaran. Hal ini merupakan sangat penting untuk setiap pasangan karena kunci dalam sebuah keharmonisan hubungan adalah komunikasi. Jika komunikasi kamu dan pasangan berjalan lancar, maka hubunganmu dengannya akan terjaga. Saat berkomunikasi ada baiknya kamu lakukan secara terbuka untuk menghilangkan prasangka buruk satu sama lain.

 

3. Turunkanlah Ego

Photo via : http://www.dramabeans.com

Setiap orang memiliki egonya sendiri, dalam sebuah hubungan jika terjadi permasalahan maka mereka harus menurunkan egonya sendiri. Hal ini sangat ampuh untuk mencegah pertengkaran yang lebih hebat lagi. Ada baiknya kamu dan pasanganmu menghilangkan sifat egois sehingga tidak ada lagi rasa selalu ingin dimengerti, walaupun sebenarnya wanita selalu ingin dimengerti. Sifat egois ini akan membuat pasangan merasa tidak dihargai lagi, tak hanya itu saja jika kamu dan pasangan tetap kekeh dengan ego masing-masing maka hubungan asmara kalian akan terancam keretakan.

 

4. Kendalikanlah Emosi

Photo via : https://weheartit.com

Untuk menghindari pertengkaran ada baiknya kamu dan pasanganmu bisa mengendalikan emosi. Dalam keadaan emosi kamu kemungkinan akan melakukan tindakan yang membahayakan untuk hubungan kamu dan pasanganmu. Dalam kondisi emosi kamu juga bisa mengambil keputusan yang terkesan buru-buru tanpa memikirkan dampaknya buat kalian, yang pasti kamu akan mengeluarkan apapun itu yang ada dipikiranmu tanpa berpikir dampaknya apa. Dan pada akhirnya emosimu hanya akan merugikan dirimu sendiri dan menyisakan penyesalan.

 

5. Bersabar

Photo via : http://www.dramabeans.com

Bersabar merupakan salah satu solusi untuk mencegah memperburuknya pertengkaran dengan pasangan. Bersabar bisa kalian lakukan untuk mempertahankan hubungan kamu dengan pasangan. Walaupun sebenarnya kesabaran ada batasnya, tapi bersabar demi keutuhan hubunganmu dengan dia yang kamu sayang tidak ada salahnya. Nantinya kesabaranmu itu akan berbuah manis.

 

6. Bersikaplah Lembut

Photo via : http://m.blog.naver.com

Untuk menghindari pertengkaran dalam hubungan, ada baiknya bersikaplah lembut. Karena sikap yang lembut akan mendinginkan suasana yang sedang memanas sedangkan sikap kasar bukannya mendinginkan pertengkaran yang ada malah memperburuk keadaan. Pada saat kita sedang terbawa emosi dan bersikap kasar maka hal tersebut akan membuat pertengkaran tidak terkendali dan akan mengatakan hal-hal yang diluar kendali. Bukannya menyelesaikan masalah namun menambah masalah lagi, namun jika bersikap lembut maka akan menenangkan siapapun yang sedang terlibat emosi.

 

7. Intropeksi Diri

Photo via : http://movie.daum.net

Saat pikiran sedang kalut karena permasalahan  yang ada, maka Intropeksi diri merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Pikiran yang sedang kalut dan emosi tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Pada saat seperti ini berarti kalian membutuhkan waktu untuk menjernihkan pikiran dan menghilangkan pikiran yang negatif. Saat pikiran sudah jernih maka kalian bisa menyelesaikan permasalahan yang ada dengan tenang.

 

8. Hindari Pertengkaran Tidak Sehat

Photo via :  http://mariajn.blogspot.co.id

Saat pertengkaran melanda, terkadang kita mengeluarkan kata-kata yang tak pantas dan tidak dipikirkan dulu. Secara tidak sadar kamu telah melukai hatinya namun kamu tidak sadar karena sedang terbawa emosi. Dalam keadaan seperti apapun itu, kalian tidak boleh mengeluarkan kata-kata yang tak pantas tersebut agar tidak menyakiti pasanganmu. Semarah apapun kamu dengannya, kontrollah ucapanmu padanya jangan sampai kata-katamu membuatnya menyerah dengan hubungan kalian.

 

9. Minta Maaflah

Photo via : https://kjtamusings.wordpress.com

Minta maaflah kepada pasanganmu setiap kali kamu menyakiti perasaannya meskipun kamu melakukannya secara tidak sengaja. Sengaja ataupun tidak kamu harus tetap meminta maaf padanya. Mengakui kamu menyesal karena telah menyakitinya tidak salah, bahkan mungkin itu sangat berarti buatnya. Dengan meminta maaf juga kamu telah menunjukan rasa hormat padanya.

 

10. Cintailah Pasanganmu

Photo via : https://news.bbmessaging.com

Pertengkaran antara pasangan memang akan membuat kamu lupa akan segalanya, bahkan hal-hal baik tentang pasanganmu akan terlupakan. Tapi cobalah untuk mengingat kembali apa yang sudah kalian berdua lalui bersama, ingat kembali awalnya kalian bertemu hingga kalian menjalin hubungan asmara sampai saat ini. Yang paling penting adalah ingatlah bahwa kamu mencintainya lebih dari apapun itu.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >