Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mantan Minta Balikan? Ini Dia Tipsnya!

1 bulan lalu, by blogunik

Mantan minta balikan? Kira-kira apa nih yang bakal kamu lakukan? Sebagian orang mungkin akan memberi satu kesempatan lagi karena memang masih cinta, tapi ada juga yang langsung menolak dengan tegas karena tidak mau mengulang kesalahan yang sama dan tidak mau merasakan sakit yang sama untuk kedua kalinya.

Tapi apa yang harus dilakukan jika si mantan tetap ngotot minta balikan? Maka yang harus kamu lakukan adalah berpikir dengan rasional guys, kamu bisa mengatakan tidak dan menolak dengan baik-baik. Perpisahan yang buruk, hubungan yang tidak berjalan dengan baik, rasanya sudah cukup untuk tidak membuatmu mengulang kesalahan yang sama dengan kembali lagi bersamanya.

Namun jika Kamu bingung bagaimana mengatakannya dengan baik-baik, maka berikut ini tips yang bisa kamu lakukan jika mantan minta balikan. Let’s check it out guys!

1. Bersikap diplomatis namun tegas

Apa-Yang-Harus-Dilakukan-Jika-Mantan-Minta-Balikan-Ini-Dia-Tipsnya

photo via powerful-spell-caster-australia.com

Saat mantan kembali mengusik hidupmu dengan ajakan untuk balikan, mungkin hal pertama yang langsung kepikiran adalah untuk memblokir nomor ponsel mantanmu. Menutup semua akses komunikasi agar si mantan tidak dapat menghubungimu ataupun mencarimu kembali.

Namun sebaiknya kamu tidak melakukan hal tersebut guys, kecuali kalau mantanmu tipe br*ngsek yang memang pantas mendapatkannya. Kamu bisa bersikap diplomatis namun tidak memberikan harapan palsu. Kamu harus memperjelas bahwa pintu untuk kembali sudah tertutup selamanya.

Kalaupun kamu masih ragu antara mau menerimanya lagi atau tidak, maka jangan buru-buru mengambil keputusan. Katakan saja kalau kamu belum siap untuk memulainya kembali. Selanjutnya yakinkan dirimu sendiri apakah kamu bisa memberinya kesempatan kedua, atau justru sebaiknya tidak sama sekali.

2. Tanya apa alasan mantanmu ngajak balikan

Apa-Yang-Harus-Dilakukan-Jika-Mantan-Minta-Balikan-Ini-Dia-Tipsnya

photo via read.ohippo.com

Sebelum kamu memutuskan untuk mengatakan tidak atau iya pada mantan yang ngajak balikan akan lebih baik jika kamu tanyakan terlebih dahulu apa alasan dia minta balikan sama kamu. Apa karena dia tidak bisa menemukan orang sebaik dirimu? Apa karena dia hanya ingin main-main agar tidak di cap jomblo?
Atau karena dia benar-benar ingin memulai dari awal dan memperbaiki kesalahannya yang dulu?

Jika alasannya tepat dan masih ada sisa hatimu untuk dirinya, tidak ada salahnya untuk mengulangi sekali lagi. Namun jika kamu memutuskan untuk menerimanya kembali cobalah untuk memberi masa percobaan beberapa minggu atau bulan. Perhatikan apakah mantan berubah menjadi lebih baik dan lebih peduli atau justru tak ada yang berubah darinya. Jika itu terjadi maka tinggalkan saja mantanmu tersebut dan carilah pasangan yang lebih baik.

3. Jangan menerimanya karena kasihan

Apa-Yang-Harus-Dilakukan-Jika-Mantan-Minta-Balikan-Ini-Dia-Tipsnya

 

photo via dailyactive.info

Jika kamu tidak ingin terlibat hubungan lagi dengan si mantan, maka apapun alasan yang dilontarkan oleh si mantan, tetaplah pada pendirianmu. Jangan goyah hanya karena dirimu merasa kasihan dengan si mantan yang sampai memohon-mohon agar kamu mau balikan lagi dengannya. Jangan sampai karena kasihan, kamu lantas mengalah dan berakhir dengan rasa sakit yang sama. Ingat guys, diluar sana masih banyak orang yang lebih baik dan peduli padamu, jangan buang-buang waktumu untuk memulai hubungan baru dengan mantan yang kamu sudah tahu betul tabiatnya seperti apa.

4. Tolak dengan baik-baik

Apa-Yang-Harus-Dilakukan-Jika-Mantan-Minta-Balikan-Ini-Dia-Tipsnya

photo via erikssoncoaching.ch

Salah satu hal yang lebih buruk daripada putus adalah ketika kita ingin membuka hati untuk orang lain namun sang mantan kembali dan ingin ngajak balikan. Jika hal itu terjadi, janganlah galak dan ketus saat berbicara dengan mantan. Apalagi dengan menunjukkan rasa kurang suka yang berlebih. Bersikap biasa saja dan katakan padanya bahwa yang lalu biarlah berlalu, lebih baik kita berteman saja sekarang. Dengan cara seperti ini, mungkin dia akan mengerti dan menyerah untuk mendapatkan kamu kembali.

5. Tidak perlu menjelaskan kenapa kamu tidak mau balikan dengannya

Apa-Yang-Harus-Dilakukan-Jika-Mantan-Minta-Balikan-Ini-Dia-Tipsnya

photo via saadfarooqui.wixsite.com

Saat kamu menolak ajakannya untuk balikan, pasti mantanmu akan bertanya, mengapa kamu tidak mau kembali lagi padanya. Kamu tidak perlu menjelaskan apa alasanmu tidak ingin berhubungan lagi dengannya, sebab ini adalah hak kamu untuk tidak menjelaskannya. Cukup katakan kalau kamu tidak mungkin kembali lagi dengannya. Apalagi jika mantanmu tidak pantas mendapatkan kebaikanmu karena dulu sering bersikap kasar, selingkuh, dan alasan buruk lainnya.

6. Lakukan ini jika dia memaksa ingin balikan

Apa-Yang-Harus-Dilakukan-Jika-Mantan-Minta-Balikan-Ini-Dia-Tipsnya

photo via dailyactive.info

Sudah dijelaskan berulang kali tapi mantan tetap ngotot ingin balikan? Itu tandanya kalau dia tidak menghormati kamu dan keputusannya. Ya, pemaksaan menunjukkan bahwa dia tidak menghormati kamu dan keputusan yang kamu ambil. Hal ini bisa saja menunjukkan kalau dia punya tujuan tersembunyi dan ingin mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan darimu.

Jika hal ini terjadi maka putus semua akses komunikasi karena hal tersebut sudah melanggar batas. Cara terakhir jika mantan masih tetap memaksa mengajak balikan meskipun kamu sudah menolaknya berkali-kali, maka kamu bisa meminta bantuan pada pihak berwajib. Terlebih jika kamu merasa keselamatan dan ketenanganmu terganggu karena ancaman mantan.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika mantan minta balikan. Ingat guys bersikap tegas adalah cara terbaik. Jangan ragu untuk membuang mantan jauh-jauh jika dia tipe orang yang tak bisa dimaafkan.

Artikel Terkait