Transformasi dan Pemeran Batman dari Waktu ke Waktu



Salah satu super hero yang paling terkenal hingga saat ini adalah batman. Super hero milik DC comics ini hampir selalu bisa dilihat di dalam berbagai karya besutan DC mulai dari game, film, animasi ataupun merchendise yang diperjual belikan. Super hero yang memiliki julukan The Dark Knight ini juga seringkali diadaptasi kedam versi layar lebar mulai dari film Batman di tahun 1943 hingga film terbarunya yang lalu.

Dalam perjalanan filmnya, tentu saja ada banyak aktor yang mencoba memainkan tokoh superhero yang satu ini. Tidak seperti superman dengan kutukan pemerannya, sebagian besar aktor pemeran film batman mengdapatkan kesuksesan setelah selesai memerankan film ini. Meskipun ada beberapa aktor yang gagal dan menanggung malu, namun sebagian besar aktor pemeran batman karirnya semakin bersinar setelah selesai memerankan tokoh superhero yang satu ini. Berikut ini adalah deretan aktor pemeran tokoh Batman dari waktu ke waktu.

1. Lewis Wilson

photo via : astroawani.com

Lewis Wilson adalah aktor pemeran Batman/Bruce Wayne yang paling pertama sepanjang sejarah Batman dalam serial tv hitam putih Batman tahun 1943. Wilson menjadi Batman dalam serial tv bernuansa komedi tersebut sebanyak 15 Episode. Serial ini memang bukanlah yang serius dan hanya untuk serial Batman dalam nuansa Komedi. Lewis yang saat itu berusia 23 tahun memerankan tokoh batman dengan baik. Namun karena pada tahun tersebut adalah saat dimana terjadinya perang dunia II, maka ke 15 episode milik batman ini mengisahkan pertempuran melawan penjahat asal Jepang yang merupakan lawan Amerika Serikat saat perang dunia ke 2 tersebut.

2. Robert Lowrey

photo via : abiddawamullatif.blogspot.com

Masih sama dengan menggunakan serial televisi hitam putih, Bruce Wayne kini diperankan oleh Robert Lowrey. Serial televisi kini terlihat lebih serius dibandingkan sebelumnya dengan menggunakan berbagai sepcial effect sederhana yang dimilikinya. Meskipun serial televisi ini dibuat setelah perang dunia ke dua, namun para pembuat film sama sekali tidak kehabisan ide untuk melanjutkan cerita dari film batman ini.

3. Adam West

photo via : introvision.tv

Dari sekian banyak aktor yang telah memerankan bruce wayne dalam film batman, mungkin bisa dibilang adam westlah aktor yang paling berkesan dalam benak para penontonnya. Meskipun ia hanya memerankan tokoh superhero ini hanya dalam waktu 2 tahun saja yakni dari tahun 1966 hingga 1968, kepiawaian Adam memerankan batman amat iconic untuk masyarakat Amerika. Meskipun Batman Tv Series yang dilakoni oleh adam ini bukanlah series batman yang bernuansa serius, namaun para penonton menyukainya. Bahkan setelah ia selesai memerankan tokoh super hero ini, Adam adalah salah satu aktor batman yang sukses bahkan karirrnya semakin meningkat dan banyak tawaran untuk bermain film di terima oleh dirinya.

4. Michael Keaton

photo via : screenrant.com

Setelah 20 tahun lamanya tidak ada film / serial batman, akhirnya batman kembali dengan micahel keaton sebagai aktornya. Namun saat pertama kali diluncurkan, banyak para fans atman yang protes saat Keaton memerankan Batman. Mereka beranggapan jika Keaton kurang mencintai batman. Namun saat film keduanya bersama batman di tahun 1992 yakni dalam film Batman returns, dirinya dan film Batman Return justru mendapatkan sambutan positif dari para penggemarnya. Keaton dan juga tim Burton selaku sutradara dari film ini mampu dengan baik membalikkan image dan juga komentar negatif tentangnya di awal perilisan film.

5. Val Kilmer

photo via : www.duniaku.net

Setelah tim Burton mundur dari sutradara film Batman, Micahel Keaton pun ikut mudur dari dari perannya sebagai batman. Akhirnya di tahun 1995 dalam film batman Forever, Keaton digantikan oleh aktor Val Kilmer. JIka dibandingkan dengan Keaton, kemampuan Kilmer dalam memerankan tokoh ini bisa dibilang lumayan dan sedikit mampu mengimbangi seniornya tersebut. Hanya saja para fans mengatakan jika batman versi Kilmer ini bisa dibilang yang paling mengecewakan yang pernah ada. Karena ia hanya mendapat sekalai saja berperan sebagai seorang batman.

6. George Clooney

photo via : nationalpost.com

Jika sebelumnya fans agak kecewa dengan Kilmer, munkin tidak sebesar saat film Batman and Robin yang diperankan oleh aktor papan atas George Clooney tahun 1997 silam. Sans sutradara Joel Schumacer merupakan yang paling bertanggung jawab dibalik semua kerugian yang dialamai DC dimana film tersebut menjadi hancur total dan membuat DC menganggung malu. Para fans menganggap penampilan batman ini merupakan yang paling terbodh dengan kostum yang paling konyol yang pernah ada. Hal yan gpaling membuat film batman ini menjadi hancur adalah penggambaran karakter dan juga kostumnya yang paling terlihat Gay yang pernah ada.

7. Christian Bale

photo via : movieweb.com

Nah kalau yang satu ini mungkin bisa dibilang yang sukses dan banyak dikenang oleh masyarakat. Dengan batman trilogi yang diperankan oleh Christian bale ini mampu membawa film batman kembali ke jalan yang benar setelah sebelumnya hancur. Muladi dari Batman Begins, The Dark Knight dan The Dark Knight Rises, kesemua film ini sukses besar dipasaran dan mendapat pujian dari berbagai kritikus film yang ada. Mulai dari cerita, akting, efek dan ceritanya semuanya dibuat dengan baik dan juga apik. Namun mungkin 1 hal sedikit tentang batman ini yang menjadi perdebatan adalah suara dari Bale yang dibuat berat dan mendalam. Meskipun dirinya telah dilarang oleh beberapa pihak mengenai hal itu, namun tetap saja Bale menggunakan suara berat.

8. Ben Affleck

photo via : screenrant.com

Di awal penggarapan film Batman vs superman, sebenarnya ada banyak fans dan juga kiritukus film yang tidak setuju digantinya Bale sebagai pemeran bruce wayne oleh Ben Affleck. Bahkan para fans juga membuatkan petisi menuntut Ben agar mengundurkan diri dari perannya sebagai batman di film tersebut. Namun Ben bersikeras untuk memerankan tokoh Bruce Wyne dan tidak mau mundur dari film yang digarap oleh Zack Zynder tersebut. Meskipun banyak kontroversi, namun hasilnya sungguh diluar dugaan para fans. Ternyata akting Affleck sebaga batman dalam film tersebut banyak yang menyukainya. Bahkan banyak pihak menilai peran Ben sebagai Bruce Wayne dirasa amat mampu dan kualitas akting yang dimilikinya amat terlihat.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >