Tubuh Lemas Saat Puasa? Lakukan Cara Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Tubuh Lemas

2 tahun lalu

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, di bulan Ramadhan ini seluruh umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa selama sebulan. Terkadang saat kita sedang berpuasa, kita akan mengalami beberapa masalah yang terkadang membuat ibadah terganggu, salah satunya adalah tubuh yang merasa lemas.

Tubuh yang merasa lemas saat berpuasa disebabkan karena menurunnya gulla darah secara berlebihan. Bila gula darah turun terlalu rendah, maka kita akan merasa lemas, letih dan lesu, bahkan bisa sampai mengakibatkan sakit kepala.

Agar kita yang menjalankan ibadah puasa terhindar dari yang namanya lemas saat puasa, maka Blog Unik kali ini akan berbagi tips untuk mencegah rasa lemas saat berpuasa. Berikut ulasannya :

1. Konsumsi Banyak Buah-Buahan

Seperti yang sudah diulas di atas, penyebab utama dari rasa lemas saat berpuasa adalah turunnya gula darah dalam tubuh. Untuk menyiasati turunnya gula darah secara berlebihan ini, disarankan agar kita mengonsumsi glukosa yang merupakan salah satu karbohidrat terpenting sebagai sumber tenaga.

Supaya sumber energi tetap ada, pilih makanan dengan indeks glikemik rendah seperti kentang rebus, beras, atau buah-buahan. Selain itu, konsumsi pula makanan yang tinggi serat agar glukosa dapat naik perlahan.

2. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Saat sahur, libatkan makanan-makanan berserat untuk disantap. Anda bisa mengkombinasikan antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar.

Baca Juga Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

3 Mengonsumsi makanan berprotein

Mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan, ayam, telur, dan tahu juga sangat penting, karena membuat tubuh jadi lebih berenergi. Kurangnya asupan protein dapat membuat tubuh cepat lemas dan lesu.

4. Mengonsumsi lemak baik

Lemak baik bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan buah seperti alpukat. Lemak terutama lemak baik (HDL) juga diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, lemak baik berperan penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

Baca Juga Hutan-hutan Indah Yang Menyeramkan di Dunia

5. Batasi garam

Batasi mengonsumsi makanan yang asin ketika sahur. Mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh anda cepat lapar dan dehidrasi.

6. Awali berbuka dengan minum terlebih dahulu

Langkah tepat agar kadar gula meningkat perlahan ialah minum teh manis hangat dengan 3-5 biji kurma terlebih dahulu sebagai pembuka pada saat berbuka puasa, baru 10-20 menit kemudian berbuka puasa. Ini bertujuan untuk gula tak cepat naik dan pankreas tidak terkejut. Hindari juga makan makanan yang digoreng dan bersantan, dan pilihlah menu yang dipanggang, atau dibakar saja.

Baca Juga Bali Siapkan Kejutan Liburan Sekolah di Acara Akbar Pesta Kesenian Bali

7. Asupan air 10 gelas setiap hari

Karena ketika berpuasa tidak bisa minum, aturlah asupan air setidaknya 10 gelas setiap hari. Tak mesti mengkonsumsi air mineral, namun juga bisa lewat jus buah, teh atau sup.

8. Saat Sahur

Saat sahur, sebaiknya konsumsi nasi merah yang lebih kaya nutrisi dan padat serat. Nasi merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara bertahap sehingga membantu tubuh mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama sehingga ktia tidak mudah lapar saat puasa. Pilihan lain selain nasi merah adalah roti gandum atau oatmeal.

Saat sahur, porsi makan kita kira-kira 40 persen yang terdiri dari 30 persen makan besar dan 10 persen camilan. Camilan yang disarankan saat sahur adalah buah yang dimakan bersama kulitnya dan minum tiga gelas air. Konsumsi buah saat Imsak. Yang terpenting saat sahur adalah menghindari makanan berlemak karena hormon insulin tubuh akan berlebihan. Insulin akan mempercepat turunnya kadar gula darah dan ini membuat Anda cepat lapar.

Baca Juga Terlihat Keren Dengan Padu Padankan Kemeja Flannel

9. Waktu Tidur Cukup

Terlalu tidur berlebihan tak akan membuahkan hasil yang baik, begitupun dengan kekurangan tidur. Justru akan menimbulkan rasa lelah. Dapat dianjurkan bagi Anda untuk langsung tidur setelah shalat tarawih supaya dpat bangun saat sahur nanti. Tidur sebentar di siang hari juga sangat disarankan.

10. Olahraga

Sempatkan pula waktu untuk beraktivitas fisik. Olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, sehingga tubuh anda tidak mudah lemas. Pilihlah olahraga yang menurut anda ringan.

Baca Juga Pasar Malam Yang Terkenal di Dunia

Nah itulah beberapa tips ampuh yang dapat membantu kalian agar tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Save

Facebook Comments

Baca Juga