Deretan Wine Termahal di Dunia Yang Harganya Membuat Geleng-geleng Kepala

3 minggu lalu, by blogunik

Wine Termahal Di Dunia - Screaming Eagle Cabernet Sauvignon 1992

Minuman anggur atau wine adalah sebuah minuman yang berbahan dasar buah anggur dimana minuman ini dilambangkan sebagai minuman yang mewah dan elegan. Minuman ini semakin tua umurnya maka semakin enak rasanya, selain itu harganya pun juga mahal. Adapun negara yang dikenal sebagai produsen wine berkualitas terbaik di dunia yaitu Prancis dan Italia. Di kedua negara ini lahan perkebunan anggurnya memang sangat terjaga mulai dari suhu hingga tekstur wilayahnya. Pada umumnya wine ini biasa dinikmati oleh kalangan masyarakat kelas menengah ke atas karena harganya pun bisa dikatakan cukup mahal, selain itu wine ini biasanya disediakan ketika mengadakan pertemuan yang penting.

Sebelum membahas deretan wine termahal di dunia, ada baiknya kita ketahui dahulu jenis-jenis wine berikut ini.

Jenis-jenis Wine

  • Red wine adalah minuman anggur yang dibuat dari memproses anggur merah atau anggur hitam dan hasil akhirnya bisa sangat bervariatif tergantung dari daerah, tanah, tipe anggur, cuaca, curah hujan dan lainnya.
  • White wine adalah minuman anggur yang dibuat dari anggur kuning, keemasan, hijau atau beberapa tipe anggur merah.
  • Rose wine adalah minuman anggur yang menggunakan tipe anggur merah namun secukupnya saja hingga warnanya merah muda. Warna merah muda juga bisa bervariasi dari orange hingga agak keunguan tergantung dari tipe anggur yang digunakan.
  • Champagne adalah minuman sparkling white wine atau white wine yang bersoda. Untuk dapat diberikan nama Champagne minuman ini haris diproduksi di daerah Champagne di Perancis. Selain itu, anggur yang digunakan untuk membuat jenis wine ini yaitu Pinot Noir, Chardonnay dan Pinot Meunier. Tipe anggur ini pun harus ditumbuhkan di daerah-daerah yang telah disetujui oleh hukum.
  • Port wine ini termasuk kedalam dessert wine karena Fortified (umumnya dicampur dengan spirit semacam brandy). Wine ini rasanya manis dan warnanya agak coklat kemerahan. Untuk dinamakan Port wine, Porto, Vinho do Porto minuman ini harus diproduksi di area Douro Valley/Lembah Douro di area agak dekat dengan Porto Portugal.

Nah setelah mengetahui jenis wine yang ada kini akan Blog Unik bahas 10 wine termahal di dunia.

Daftar Wine Termahal di Dunia

1. Henri Jayer Cros Parantoux – Rp. 68 Juta

Wine Termahal Di Dunia - Henri Jayer Cros Parantoux

Photo via scmp.com

Henri Jayer Cros Parantoux merupakan salah satu minuman anggur atau wine termahal di dunia yang di produksi oleh Vosne Romanee Cros Parantoux. Pemilik dari perusahaan ini bernama Henri Jayer, dimana sosoknya ini dikenal sebagai salah satu pembuat wine terkenal asal Perancis. Henri Jayer juga dianggap sebagai salah satu orang penting di dunia dalam hal pembuatan wine. Buat kamu yang ingin mencicipi wine ini diperlukan uang sebanyak 4.894 USD atau setara dengan Rp. 68 Juta. Bahkan harganya pun dapat meningkat terus dari tahun ke tahun.

2. Domaine de la Romanee Conti 1990 – Rp. 291 Juta

Wine Termahal Di Dunia - Domaine de la Romanee Conti 1990

Photo via sothebys.com

Domaine de la Romanee Conti adalah wine hasil dari salah satu jenis buah anggur yang bernama Pinot Noir. Minuman anggur ini berasal dari kota pembuat wine ternama yaitu Perancis. Domaine de la Romanee Conti ini dibandrol dengan harga 20. 975 USD atau setara dengan Rp. 291. Tak heran jika Domaine de la Romanee Conti termasuk salah satu wine termahal di dunia.

3. Krug 1928 – Rp. 299 Juta

Wine Termahal Di Dunia - Krug 1928

Photo via mostlyfacts.blogspot.com

Krug 1928 adalah wine yang diproduksi oleh Charles Krug Winery, dimana Charles Krug sendiri adalah kilang anggur paling tua yang ada di Napa Valley, California. Krug 1928 ini menjadi contoh dasar wine multi generasi yang menggabungkan tradisi dan juga inovasi untuk membuat wine paling enak dan mahal. Krug 1928 dihargai sekitar 17.625 USD atau setara dengan Rp. 299 Juta. Sehingga tak heran Krug 1928 menjadi salah satu minuman anggur termahal di dunia, bahkan harganya pun dapat disetarakan dengan mobil.

4. Inglenook Cabernet Sauvignon 1941 – Rp. 343 Juta

Wine Termahal Di Dunia - Inglenook Cabernet Sauvignon 1941

Photo via blog.lastbottlewines.com

Inglenook Cabernet Sauvignon 1941 adalah minuman anggur termahal di dunia yang pernah dijual di Amerika. Inglenook Wine adalah wine asli yang diproduksi antara tahun 1934 hingga 1964, dimana diprosuksi pada masa Perang Dunia II. Wine ini dirawat dengan sangat baik dan saat ini telah menjadi milik Francis Ford Coppola. Coppola sendiri membeli minuman anggur mahal ini dengan harga 24.675 USD pada tahun 2004 setara dengan harga Rp. 343 Juta. Minuman anggur ini dibandrol harga mahal karena wine ini memiliki usia yang tua.

5. Penfolds Grange Hermitage 1951 – Rp. 534 Juta

Wine Termahal Di Dunia - Penfolds Grange Hermitage 1951

Photo via abc.net.au

Penfolds Grange Hermitage 1951 adalah wine yang berasal dari Australia. Di seluruh dunia, minuman anggur ini hanya diproduksi 20 botol saja sehingga bisa dikatakan wine ini sangat langka. Pada tahun 2004, seorang kolektor wine di Adelide, Australia pernah menjual wine ini seharga 38.420 USD atau sekitar Rp. 534 Juta pada sebuah acara lelang.

6. Cheval Blanc 1947 – Rp. 1,8 Miliar

Wine Termahal Di Dunia - Cheval Blanc 1947

Photo via fr.antikwein.de

Cheval Blanc 1947 adalah wine yang memiliki citarasa premium. Wine ini berasal dari Perancis dan menjadi salah satu anggur terbaik sepanjang masa di kota Bordeaux. Untuk bisa menikmati rasa dari wine ini, setidaknya kamu harus mengeluarkan uang sekitar 33.781 USD setara dengan Rp. 476 Juta. Harga tersebut pun hanya cukup untuk menikmatinya sebanyak 750 ml saja. Wine ini memiliki standar kualitas A dalam penghargaan wine Classification of Saint Emilion sehingga tak heran jika minuman anggur ini menjadi wine termahal di dunia. Pada tahun 2006, wine ini dibandrol sebesar 135.125 USD untuk 3 liter wine-nya harga tersebut setara dengan Rp. 1.8 Miliar. Wow…

7. Chateau Lafite 1787 – Rp. 2,1 Miliar

Wine Termahal Di Dunia - Chateau Lafite 1787

Photo via pinterest.com

Chateau Lafite 1787 adalah minuman anggur yang dibuat di Chateu Rosthchild, Prancis. Tempat ini adalah sebuah perkebunan anggur terkenal di Prancis yang telah dikenal dunia sebagai tempat pembuatan wine termahal di dunia. Salah satu winenya yaitu Chateau Lafite 1787, dimana minuman ini pernah dijual dengan harga 156.450 USD atau setara dengan Rp. 2,1 Miliar. Wow…setara dengan membangun rumah mewah harga wine-nya.

8. Jeroboam of Chateau Mouton-Rothschild 1945 – Rp. 4,1 Miliar

Wine Termahal Di Dunia - Jeroboam of Chateau Mouton-Rothschild 1945

Photo via totalprestigemagazine.com

Jeroboam of Chateau Mouton-Rothschild 1945 adalah salah satu wine termahal di dunia, dimana dikatakan memiliki rasa yang menarik. Untuk kamu yang ingin mencicipi wine ini kamu harus merogoh kocek sebesar 300.000 USD atau sekitar Rp. 4,1 Miliar. Harga ini memang tergolong mahal, namun banyak yang mengatakan harga tersebut memang pantas karena mengingat umur wine yang sudah sangat tua. Tapi jika kamu tidak sanggup beli 1 botol, kamu juga masih bisa mencicipinya dengan harga per gelasnya sekitar 8.631 USD atau sekitar Rp. 121 Juta.

9. Chateau Margaux 1787 – Rp 6,9 Miliar

Wine Termahal Di Dunia - Chateau Margaux 1787

Photo via thedrinksbusiness.com

Chateau Margaux 1787 adalah wine termahal di dunia berikutnya yang dimiliki oleh Thomas Jefferson. Beliau adalah mantan presiden Amerika Serikat yang ternyata seorang kolektor penggemar berat wine. Suatu ketika, wine ini secara tidak sengaja dipecahkan oleh salah seorang pelayan ketika menghidangkannya di Margaux Dinner. Sebagai gantinya, pihak asuransi hanya mampu mengganti rugi sekitar 225.000 USD atau sekitar Rp. 3,1 Miliar. Kabarnya, Thomas Jefferson membeli wine ini seharga Rp. 6,9 Miliar. Punya uang sebanyak itu, mau kamu beliin apa geng?

10. Screaming Eagle Cabernet Sauvignon 1992 – Rp 6,9 Miliar

Wine Termahal Di Dunia - Screaming Eagle Cabernet Sauvignon 1992

Photo via pinterest.com

Screaming Eagle Cabernet Sauvignon 1992 adalah wine paling mahal di dunia, mengalahkan wine-wine lainnya. Pada sebuah lelang yang dilakukan di Napa Valley pada tahun 2000, ada seseorang yang memberikan penawaran paling tinggi sepanjang sejarah lelang wine. Wine ini dibandrol dengan harga 500.000 USD atau setara dengan Rp. 6,9 Miliar dan resmi menjadi wine termahal yang berasal dari Oakville, California. Wine ini memiliki rasa yang sangat mengesankan dengan aroma blackcurrant yang sensual dan eksotis ditambah aroma pohon oak, proposinya juga pas dan kemurniannya sangat terjaga. Gimana geng? Apa kamu tertarik mencoba wine setara dengan harga rumah ini?

Nah itulah beberapa wine di dunia yang harganya membuat geleng-geleng kepala. Bagi sebagian orang mungkin harga tersebut pantas dicantumkan untuk sebuah wine apalagi wine tersebut langka dan diproduksi tahun tua. Tapi bagi sebagian orang, tentunya harga untuk sebotol wine sangatlah mahal. Apalagi harganya bisa disamakan dengan harga sebuah hunian mewah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait