5 Tanda Smartphone Android-mu terkena Virus dan Malware

    Teknologi

Saat ini barangkali hampir semua orang memiliki smartphone. Dengan semakin banyak dan berkembangnya smartphone, virus dan malware pun juga berkembang yang dulunya hanya menyerang komputer desktop atau laptop, sekarang sudah mulai masuk menyerang smartphone. Virus dan malware ini sangat merugikan, mulai dari yang mampu membuat smartphone kalian rusak hingga mencuri data-data pribadi milikmu yang tersimpan di smartphone kalian.

Virus dan malware pada smartphone ini biasanya bersumber dari aplikasi dan juga situs internet. Jadi alangkah baiknya jika kita waspada pada aplikasi ataupun konten-konten internet yang mencurigakan agar tidak terkena virus ataupun malware ini. Apabila sudah terkena hal ini, apabila hardware masih berfungsi dengan baik, mau tidak mau kita harus melakukan hard reset atau flash smartphone itu sendiri.

Walaupun banyak virus dan malware yang menyerang perangkat smartphone, sekarang sudah banyak aplikasi antivirus yang beredar di appstore, kita tinggal menginstalnya saja. Mencegah memang lebih baik dari mengobati, berikut 5 tanda – tanda smartphone-mu telah terkena virus ataupun malware.

1. Baterai Menjadi Boros

Kebanyakan orang menganggap bahwa baterai yang boros disebabkan oleh bocornya baterai itu sendiri, namun ternyata hal tersebut juga dapat disebabkan oleh infeksi virus. Biasanya ciri-ciri ini ditandai dari banyaknya aplikasi atau program yang berjalan tanpa kalian buka, itulah penyebab bertambahnya konsumsi baterai.

2. Smartphone Lemot

Tanda-tanda smartphone terkena virus selanjutnya ialah menurunnya performa, smartphone jadi lemot dan lebih parahnya sering hang. Mungkin smartphone kamu telah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya.

Solusi yang bisa kamu lakukan ialah cobalah untuk melakukan ‘clear cache’. Cache adalah beberapa file aplikasi dan situs web yang disimpan pada ponsel dalam rangka untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan ketika kamu membuka aplikasi lagi.

Nah untuk menghapus cache, kamu bisa membuka:

  • Settings
  • Storage cara-menghapus-cache
  • Internal Shared Storage
  • Cached Data cara-clear-cache-di-android
  • OK (untuk konfirmasi).

3. Pemakaian Data Jadi Berlebihan.

Malware ternyata bisa juga mengontrol pemakaian data telepon dan sms tanpa kalian ketahui, sehingga kalian akan sering sekali kehabisan kuota atau pulsa tanpa penyebab pasti. Biasanya tanda-tanda smartphone terkena virus paling nyata adalah munculnya pesan tidak jelas atau munculnya pop-up.

Itulah ciri-ciri smartphone terkana virus yang mungkin belum kalian ketahui, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam menggunakan ponsel pintar. Adapula tips membersihkan smartphone dari virus trojan dengan menggunakan clean master.

4. Waktu Booting yang Lama

Ciri-ciri smartphone yang terinfeksi malware berikutnya ialah waktu booting yang lama ketika kamu menyalakan atau restart smartphone. Ada dua kemungkinan, pertama RAM dan memori internal kamu rendah.

Atau yang kedua adalah karena adanya malware yang mengkonsumsi banyak waktu booting. Jika memang kondisinya lebih parah dan lama banget, solusi yang bisa kamu lakukan ialah factory reset.

5. Hp Sering Mati Saat Digunakan

Ciri-Ciri smartphone terkena virus yang ketiga adalah sering matinya smartphone saat digunakan, biasanya hp akan secara otomatis merestart dengan sendirinya tanpa kalian perintah. Nah jika sudah seperti ini cukup bahaya, solusi utama yang harus kalian lakukan yaitu membersihkan virus menggunkan antivirus.

Baca Juga : Siapkan gadgetmut, 4 hal ini yang bikin kamu musti upgrade ke Android Nougat 7.0

Save

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >