Di Balik Beningnya Orang-orang Korea Ternyata Mereka Gemar Menyantap Makanan Ini, Sobat!!

2 tahun lalu, by blogunik

Korea Selatan memang terkenal dengan grup idol boyband ataupun girlband, drama-drama korea pun sukses menghipnotis orang-orang terutapa yang menjuluki dirinya kpopers. Nah kalian yang para kepopers sejati tentu tidak asing lagi dengan kuliner-kuliner yang ada di korea sana, karena setiap drama korea atau variety show korea yang kalian tonton tak jarang akan menayangkan beberapa adegan yang memperlihatkan berbagai makanan khas orang korea. Namun dari sekian banyak makanan korea yang terlihat enak dan mengunggah selera, ternyata orang-orang korea juga memiliki makanan yang sangat ekstrim, namun menjadi populer dikalangan masyarakat korea sendiri. Penasaran seperti apa, makanan ekstrim khas korea tersebut??, diantaranya mungkin sudah ada yang kalian tau.

1. Gaebul (Cacing Sendok)

Jangan kaget melihat penampakannya yang agak sedikit membuat geli. Makanan ini juga punya nama lain ikan pen*s karena penampilannya. Cheon Song Yi dari drama My Love from the Star juga diceritakan suka makan Gaebul. Wujud gaebul akan terlihat lebih baik dalam keadaan matang, namun tak jarang orang Korea memakannya mentah-mentah. Gaebul hanya dipotong-potong dan disajikan di atas piring dengan kedaan masih menggeliat-geliat.

2. Beondegi (Kepompong Ulat Sutra)

Makanan ekstrim ini juga tergolong sangat populer di Korea. Orang Korea suka menyajikannya sebagai teman minum di kedai-kedai pinggir jalan. Kepompong ulat sutera ini dimasak dengan cara dikukus atau direbus. Meski tidak dimakan mentah, makanan ini cukup unik karena biasanya ulat sutera dibudidayakan untuk menghasilkan kain sutera. Saking populernya makanan ini, bahkan dijual juga Bondaegi dalam kemasan kaleng siap makan lho!

3. Hongeo (Ikan Skate yang Difermentasi)

Korea bukan satu-satunya negara yang biasa mengkonsumsi ikan yang difermentasi. Bedanya, di negara tersebut menggunakan ikan skate yang baunya sangat menyengat. Ikan tersebut tidak membuang air seni seperti ikan lainnya, tapi urinnya diproses melalui kulitnya. Bila difermentasi, urin ikan skate akan terurai menjadi senyawa yang berbau persis seperti amonia.

4. Sannakji (Gurita Hidup)

Korea punya cara yang unik menikmati gurita. Selain dimakan mentah, tentakel gurita yang akan dimakan masih menggeliat-geliat di atas piring walaupun sudah dicincang, sama seperti Gaebul. Namun, harus ekstra hati-hati dalam memakan sannakji. Sebab, jika tidak dikunyah dengan teliti, tentakel gurita yang masih bergerak itu bisa menempel di tenggorokan dan membuat tersedak, bahkan menyebabkan kematian.

5. Sebalnakji

Jika sannakji hanya menyajikan tentakel dari gurita kecil, lain halnya dengan sebalnakji. Tidak hanya tentakelnya, sebalnakji menyajikan seluruh bagian gurita untuk dikonsumsi. Ketika kita mencoba untuk mengkonsumsi seluruh tubuh dari gurita kecil ini secara hidup-hidup, kita akan merasakan geliat dari gurita malang itu di tenggorokan.

6. Bosintang (Sup Daging Anjing)

Bosintang adalah adalah sup yang terbuat dari daging anjing dan bumbu khas Korea. Biasanya, Bosintang hanya disajikan pada tiga hari terpanas saat musim panas ketika suhu sudah mencapai 35 derajat Celcius. Walaupun sangat populer, penggunaan daging anjing sebagai bahan makanan ini masih menjadi kontroversi dan dikecam banyak masyarakat Korea Selatan. Biasanya, hanya kaum tua yang masih memegang teguh tradisi mengkonsumsi sup daging anjing ini.

7. Sundae (Sosis Darah Babi)

Korea Selatan Bukan satu-satunya Negara yang memiliki hidangan sosis darah. Sosis darah juga populer di Eropa, tapi tidak ada sangkut-pautnya dengan sosis darah babi yang ada di Korea. Sundae, dibuat dari usus babi atau sapi yang diisi dengan darah babi, bihun, dan kadang juga diisi cumi-cumi. Meskipun kedengarannya menjijikan, Sundae menjadi salah satu makanan kaki lima yang paling digemari di Korea.

8. Haejangguk (Sup Darah Sapi)

Haejangguk adalah jenis sup yang sangat digemari di Korea. Pada zaman dahulu, Haejangguk dimakan untuk meminimalisir rasa mabuk akibat minuman alkohol, sehingga dinamakan juga sulguk (sup minuman keras).

Namun, kini haejangguk dikenal sebagai hidangan populer di malam hari. Haejangguk tertulis dalam buku masak Dinasti Joseon tahun 1600-an dengan nama ‘Seongjutang’ yang dihidangkan untuk menyadarkan orang dari mabuk.Walau berasal dari Joseon, resep aslinya tak diketahui.

9. Teuksubuwi

Teuksubuwi adalah makanan yang terbuat dari alat pencernaan sapi. Tidak hanya satu atau dua, tapi keempat bagian perut yang terdapat dalam tubuh sapi. Bahkan, setiap organ pencernaan dari perut yang berbeda juga memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.

10. Bokjili

Kalau Jepang terdapat ikan fugu yang terkenal beracun, maka Korea memiliki bokjili. Bedanya, ikan fugu di Jepang harus diolah oleh para koki yang memiliki sertifikat khusus, sedangkan di Korea, bokjili dapat diolah oleh para koki yang tidak perlu memiliki sertifikat khusus. Hmmm…Terjamin aman kan ya?

11. Gejang

Gejang adalah makanan yang terbuat dari kepiting mentah. Kepiting yang berukuran kecil ini dikonsumsi dengan berbagai varian saus (umumnya pasta cabai pedas atau kecap asin) dan dimakan mentah-mentah. Ternyata, cangkang dari bayi kepiting ini dinilai masih lebih lunak jika dibandingkan dengan coklat ‘M&M’, lho.

12. Haemultang

Haemultang adalah sup seafood yang penyajiannya masih mentah, bahkan masih hidup. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan memasukkan seafood yang masih hidup itu ke dalam sup panas sebelum dimakan.

13. Dotorimuk

Meskipun biji pohon ek (acorn jelly) dinilai beracun, namun jika kita memasaknya, maka racun tersebut bisa hilang. Karena keberadaannya yang melimpah di Korea, biji ek banyak digunakan untuk membuat agar-agar. Biasanya, agar-agar tersebut disajikan dengan menaruh sayuran dan kecap.

14. Dalkddongjib (pantat ayam).

Kalau di Indonesia mungkin biasa disebut brutu sobat. Ternyata orang Korea juga gemar memakan brutu ini. Biasa diolah seperti tumis atau dibikin dakkochi (sate).

15. Cheonggukjang (sup orang mati).

Jangan berpikir kalau sup ini ada bagian tubuh orang mati nya dulu ya sobat!. Karena cheonggukjang ini dibuat dari kedelai yang difermentasi yang menyebabkan bau luar biasa.

16. Jokbal (kaki babi).

Kalau di Korea kamu pasti bisa menemukan Jokbal ini dengan mudah. Biasa dijual di supermarket atau pasar dan diolah menjadi masakan lezat ala Korea.

17. Alchigae (sup telur ikan).

Sup ini terbuat dari ribuan telur-telur ikan yang kemudian diolah menjadi sup atau chigae yang segar.

18. Jangkrik goreng.

Tidak hanya ulat sutra. Di Korea juga ada satu lagi snack yang biasa mereka konsumsi, yaitu crickets snack atau snack jangkrik. Kalian Kalau berkunjung ke korea, wajib tuh cobain sensasi snack jangkrik ini.

Baca Juga :

26 Makanan Paling Ekstrim dan Sadis di Dunia yang Bikin Nafsu Makanmu Hilang

Makanan Ringan dan Cepat Saji di Luar Negeri yang Diharapkan ada di Indonesia