10 Dompet Digital / E-wallet Terbaik di Indonesia Untuk Memudahkan Transaksi Online

2 bulan, by blogunik

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia

Hampir semua hal dan pekerjaan kini sudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet. Mulai dari bekerja, sekolah, hingga jualan, semuanya memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet tersebut. Bahkan hampir semua bidang transaksi keuangan bisa kita lakukan secara online.

Dengan hadirnya fenomena ini menjadikan banyak perusahaan keuangan meluncurkan dompet digital atau e-Wallet terbaik mereka untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran seperti beli pulsa, bayar tagihan TV, tagihan BPJS, PLN, belanja online, belanja offline dan masih banyak lagi hanya melalui aplikasi di smartphone mereka.

E–wallet atau dompet elektronik sendiri adalah sebuah fitur atau aplikasi yang diciptakan guna memberi kemudahan pada penggunanya untuk melakukan berbagai pembayaran. Dengan menggunakan E-wallet, penggunanya dapat melakukan transaksi keuangan dengan cepat dan juga aman.

Nah berikut 10 Dompet Digital/E-wallet terbaik di Indonesia yang aman digunakan untuk memudahkan transaksi online. Let’s check it out guys!

10 Dompet Digital Terbaik di Indonesia

1. OVO

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - OVO

photo via ovo.id

OVO adalah salah satu dompet digital alias E-Wallet yang populer sekaligus salah satu yang terbaik di Indonesia. OVO merupakan aplikasi dompet digital yang biasanya digunakan untuk membayar transportasi Grab dan transaksi di marketplace Tokopedia. Dompet digital ini cukup sering memberi para penggunanya cashback dan juga promo. Cara transaksi atau pembayaran di aplikasi ini pun mudah, aman serta dapat digunakan untuk semua transaksi finansial kamu. Aplikasi OVO ini pun kini sudah terdaftar di Bank Indonesia dan memenuhi syarat-syaratnya. Perlu diketahui bahwa OVO sudah diterima oleh 70% pusat perbelanjaan di Indonesia termasuk kafe, bioskop, penyelenggara parkir, dan supermarket.

Dengan mengunduh OVO melalui smartphone kamu, kamu dapat melakukan berbagai hal kemudahan seperti :

  • Membayar transportasi Grab tanpa uang cash
  • Membayar makanan dan minuman di berbagai gerai/outlet Merchant OVO.
  • Investasi
  • Berdonasi amal
  • Membayar tagihan listrik, telepon, internet, dan asuransi.
  • Peer to Peer & Transfer Bank guna meningkatkan saldo OVO Tunai maksimum kamu menjadi Rp 10.000.000

2. Dana

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - Dana

photo via dana.id

Selanjutnya ada Dana yang merupakan salah satu dompet digital terbaik Indonesia. Aplikasi Dana bisa digunakan untuk membayar tagihan dan berbelanja di berbagai merchant. Bahkan terhubung dengan ATM Bersama, serta BPJS Kesehatan. Yang menarik dari Dana adalah aplikasinya terhubung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga masa approvalnya pun bisa dipersingkat. Oleh karenanya, bisa dibilang aplikasi e-wallet ini berbeda dan lebih fleksibel.

Meski merchant yang bekerjasama dengan Dana masih terbatas dibanding dengan OVO, namun Dana memiliki banyak kelebihan seperti :

  • Dengan menggunakan Dana, kamu bisa dengan mudah untuk melakukan tagihan pada internet, listrik, air, telepon, BPJS, Kabel TV, dan asuransi.
  • Kamu tak lagi khawatir untuk melakukan pembayaran, karena Dana bekerja sama dengan beberapa merchant terkenal atau merchant yang tersebar di wilayah Indonesia, seperti XXI, Alfamart, BCA, BPJS Kesehatan, dan masih banyak lagi.
  • Kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa diskon atau cashback setiap melakukan transaksi pada merchant-merchant yang bekerjasama dengan Dana.
  • Free Kirim Uang Antar Dana Dan Antar Bank. Salah satu fitur di Dana ini memungkinkan kamu mengirimkan uang pada sesama pengguna Dana ataupun antar bank secara gratis biaya admin dan tentunya lebih cepat.

Tidak perlu khawatir tentang legalitas dompet digital ini karena sudah mendapatkan izin Bank Indonesia dan telah memenuhi syarat-syaratnya. Jika anda ingin mengunduh aplikasi yang satu ini dapat langsung melalui playstore ataupun Apple Appstore.

3. GoPay

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - GoPay

photo via gojek.com

Pengguna aktif GO-JEK, tentu nggak asing dengan GoPay. GoPay adalah layanan pembayaran berbasis aplikasi yang merupakan aplikasi dari Ojek Online GO-JEK. Bisa dibilang GoPay ini adalah e-Wallet dompet digital terbaik di indonesia yang memudahkan kamu dalam transaksi Nontunai. Tidak hanya untuk membayar layanan GO-JEK tetapi juga dapat menawarkan berbagai transaksi keuangan kamu secara nontunai. Dengan GoPay kamu bisa melakukan pembayaran untuk pulsa dan data, bayar tagihan seperti BPJS, PLN, Wifi, cicilan Kredit, indihome, PDAM, TV Berbayar, pembayaran toko online bahkan toko offline dan masih banyak lagi. GoPay juga seringkali memberikan beragam promo menarik dan diskon bagi penggunanya. Yang lebih penting GoPay sendiri telah mendapatkan lisensi uang elektronik atau e-money dari Bank Indonesia pada September 2014 lalu.

4. Sakuku

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - Sakuku

photo via bca.co.id

Dompet digital terbaik di Indonesia berikutnya adalah Sakuku. Sakuku adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran belanja, isi pulsa/paket data, beli voucher game, dan transaksi perbankan lainnya. Ini adalah dompet digital atau e-Wallet terbaik di indonesia yang dikeluarkan oleh salah satu bank terbesar di indonesia yaitu BCA (Bank Central Asia).

Hanya dengan mengaktifkan QR, kamu bisa membayar belanjaanmu di gerai atau outlet merchant Sakuku. Dengan memindai QR code ini, kamu juga bisa melakukan transfer ke pengguna Sakuku lainnya. Sakuku memang membuat transaksimu menjadi semakin mudah, praktis, dan juga gratis karena tidak adanya biaya admin.

Ada banyak transaksi perbankan yang bisa kamu lakukan dengan Sakuku, seperti top up/cash n di ATM BCA, KlikBCA Individual, dan BCA mobile, mengirim uang ke rekening BCA, penarikan uang tunai di ATM BCA, dan lain-lain. Sakuku memiliki layanan yang lebih lengkap di Sakuku Plus. Beberapa transaksi perbankan di atas hanya bisa dilakukan di Sakuku Plus. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini jika kamu seorang pengguna BCA Mobile yang telah melakukan transaksi dalam jangka waktu satu bulan terkahir.

5. LinkAja!

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - LinkAja!

photo via play.google.com

LinkAja! merupakan salah satu E-Wallet terbaik di Indonesia selanjutnya yang populer digunakan untuk mempermudah transaksi nontunai. LinkAja! merupakan salah satu E-wallet terbaik di Indonesia. Dompet digital ini diterbitkan oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Finarya adalah produk milik bank terbesar di Indonesia yakni Bank Mandiri. E-wallet ini menawarkan cara mudah dan aman untuk membayar kebutuhan sehari-harimu. Di dompet digital LinkAja ini kamu dapat membayar dan transaksi di merchant yang sudah bekerja sama dengannya. Kamu pun dapat membayar pembelian BBM di pom bensin melalui dompet digital ini.

Melalui LinkAja!, kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi non-tunai seperti

  • Transfer uang ke sesama akun/pengguna LinkAja!
  • Membeli pulsa atau paket data internet semua operator
  • Membayar tagihan listrik atau Token PLN
  • Membayar biaya transportasi seperti tiket pesawat atau kereta api
  • Membeli makanan dan minuman dengan meng-scan QR Code di gerai tersebut
  • Menyumbang dana ke lembaga amal
  • Membayar pajak kendaraan, dan lain sebagainya.

6. Doku

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - Doku

photo via play.google.com

Selanjutnya ada Doku. Doku merupakan pelopor E-wallet di Indonesia yang nggak kalah populer di banding E-wallet lainnya. Dari segi fitur, DOKU dilengkapi dengan link kartu kredit dan uang elektronik sehingga bisa digunakan untuk berbelanja online ataupun offline di merchant-merchant DOKU. Bagi kamu yang suka berbelanja di e-commerce luar negeri seperti AliExpress, kamu bisa menggunakan Doku sebagai media pembayaran. Selain itu, Doku dapat kamu gunakan di AlfaOnline, Citilink, KAI, untuk beli paket data BOLT, bayar langganan First Media, membayar cicilan motor, tarik tunai dan masih banyak lagi.

7. Jenius

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - Jenius

photo via jenius.com

Selanjutnya ada Jenius. Layanan dompet digital berikut ini datang dari produk milik PT Bank BTPN. Jenius ini sebenarnya merupakan produk tabungan yang dikeluarkan oleh Bank BTPN sebagai bentuk inovasi dan persiapan menghadapi tren cashless saat ini. Jenius ini memiliki kartu fisik yang bisa digunakan untuk menarik uang secara tunai di mesin-mesin ATM. E-wallet ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan dompet digital yang lainnya seperti cara pembayaran secara online, namun di sini kamu juga bisa menabung. Kelebihan lainnya dari Jenius adalah ia mampu menggantikan kegunaan kartu kredit dalam belanja online. Hal ini tentu memudahkan kamu untuk berbelanja di situs jual beli online asing, semacam eBay atau Amazon meskipun tidak punya kartu kredit.

8. i.Saku

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - i.Saku

photo via i-saku.com

i.Saku adalah uang elektronik yang telah mendapat ijin dari Bank Indonesia. Dengan isaku belanja di Indomaret menjadi lebih mudah dan hemat. Layanan ini dapat dinikmati oleh semua pelanggan operator telepon seluler di Indonesia. i.Saku menawarkan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi dengan fasilitas token dan kode OTP melalui smartphone-mu. Kamu bisa mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan dengan i.Saku. Setelah banyak poin terkumpul, kamu bisa menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik dari My Poin. Dengan iSaku juga, kamu bisa mendapatkan berbagai macam promo yang ada di lebih dari 14.000 gerai Indomaret. Saldo isaku kamu akan selalu terjamin keamanannya, karena isaku telah mendapat ijin uang elektronik dari Bank Indonesia.

9. PayTren

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - PayTren

photo via pebisnisdigital.id

PayTren merupakan aplikasi dompet digital yang didirikan oleh Ustadz Yusuf Mansur pada tahun 2013. Oleh karena itu PayTren memiliki keunggulan aplikasi yang memiliki pendekatan syariah, mengingat pasar umat Islam di Indonesia juga sangat besar. PayTren yang dikelola oleh PT.Veritra Sentosa Internasional ini memiliki fitur yang berhubungan dengan syariah yaitu keperluan akikah, kurban dan sedekah. Kamu juga dapat melakukan berbagai macam transaksi atau pembayaran dengan PayTren eMoney seperti halnya ATM, Internet/SMS/Mobile Banking, dan PPOB (Payment Point Online Bank). Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini adalah isi pulsa, beli voucher game, token TV prabayar, token PLN, leasing, tagihan listrik, PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api, sedekah, dan lain-lain.

10. True Money

Dompet Digital/E-wallet Terbaik Di Indonesia - True Money

photo via apk.support

Satu lagi dompet digital alias E-wallet terbaik di Indonesia yang dapat memudahkan transaksi online adalah True Money. True Money bisa diandalkan untuk melakukan berbagai macam transaksi dengan mudah kapan dan di mana saja. Beberapa fitur yang ada di dalam True Money antara lain kirim uang ke sesama member TrueMoney atau ke rekening bank, tarik tunai melalui Agen TrueMoney, Alfamart dan Alfamidi, beli pulsa, paket data, token listrik, dan voucher games. Selain itu, kamu juga bisa membayar tagihan PLN, PDAM, Telepon/HP, Internet, BPJS, TV Berbayar, Multifinance serta token untuk belanja dan tarik saldo di Alfamart & Alfamidi.

Nah itulah 10 dompet digital alias E-wallet yang aman kamu gunakan untuk memudahkan transaksi online. Semoga bermanfaat guys!

0
Artikel Terkait