Fakta Tentang Tanaman Bajakah Yang Di Klaim Ampuh Sembuhkan Kanker

1 bulan lalu

Indonesia mempunyai ragam jenis tanaman herba yang bisa dijadikan untuk obat-obatan tradisional. Tanaman-tanaman herba yang tumbuh di Indonesia juga terbukti ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dari banyaknya jenis tanaman herba yang tumbuh di Indonesia yang kita ketahui, ternyata masih banyak tanaman liar yang berkhasiat obat yang belum pernah kita ketahui lho. Seperti penemuan tanaman liar bernama Bajakah di hutan Kalimantan yang baru-baru ini menjadi bahan perbincangan banyak orang karena di klaim dapat menyembuhkan kanker secara ampuh dan tanpa efek samping. Wow! Tentunya hal ini sangat mengejutkan karena hingga saat ini ahli pengobatan bahkan belum menemukan obat yang ampuh untuk mengobati kanker tanpa efek samping.

Nama Bajakah ini populer dan viral setelah terpublikasinya prestasi siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya yakni Yazid, Anggina Rafitri dan Aysa Aurealya Maharani yang menemukan obat yang diklaim dapat menyembuhkan kanker secara total. Tiga orang siswa SMA 2 Palangkaraya melakukan penelitian dan menemukan bahwa kandungan Bajakah bisa menyembuhkan kanker.

Penemuan inipun kemudian diikutkan dalam perlombaan karya ilmiah internasional bertajuk Life Science di Seoul, Korea Selatan, pada 25 Juli 2019 lalu. Dan penemuan dari ketiga siswa SMA 2 Palangkaraya ini sukses membawa pulang medali emas. Yang artinya penemuan siswa SMA 2 Palangkaraya ini diakuai kehebatannya.

Lalu seperti apakah tanaman Bajakah ini? Dan dari mana ketiga siswa SMA 2 Palangkaraya ini mengetahui kalau tanaman liar seperti Bajakah ternyata mengandung obat penyembuh kanker? Agar semuanya jelas, yuk kita simak beberapa fakta seputar tanaman Bajakah yang di klaim ampuh sembuhkan kanker. Check this out guys!

Fakta Tentang Tanaman Bajakah Yang Di Klaim Ampuh Sembuhkan Kanker

photo via kompas.tv

1 Bajakah merupakan tanaman hutan

Dikutip dari Kompas.com, Bajakah merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki batang yang cukup kuat dan besar. Bajakah merambat di ketinggian lebih dari 5 meter hingga mencapai puncak pohon yang menjadi tumpuan rambatnya. Akar bajakah ada di tanah yang dialiri air gambut bening kecoklatan khas hutan Kalimantan. Dilihat sekilas, Bajakah sulit dibedakan dengan tumbuhan lain, hanya saja tanaman ini banyak ditemukan di area hutan yang rimbun dimana sinar matahari sedikit bisa menembus area tersebut.

2. Disebut sebagai tanaman mistis

Bagi masyarakat setempat atau khususnya bagi masyarakat Suku Dayak, tanaman Bajakah dipercaya memiliki hubungan dengan hal berbau mistis. Hal ini dikarenakan Bajakah langka dan hanya tumbuh dalam jumlah terbatas dan diwilayah yang terbatas pula. Namun anggapan tersebut perlahan memudar setelah adanya penelitian secara ilmiah terhadap tanaman yang sudah menjadi obat kanker secara turun-temurun masyarakat Suku Dayak, khususnya di Kalimantan Tengah. Dari hasil penelitian, ternyata benar. tanaman liar ini memang dapat menyembuhkan kanker.

3. Penelitian pertama dilakukan oleh 3 siswa SMA 2 Palangkaraya

Guys, pada poin sebelumnya disebutkan kalau menurut penelitian, Bajakah memang berkhasiat untuk menyembuhkan kanker. Perlu kalian ketahui guys, yang mengadakan penelitian tersebut adalah tiga orang siswa SMA 2 Palangkaraya yakni Yazid, Anggina Rafitri dan Aysa Aurealya Maharani.

Penelitian awal dengan uji coba pada laboratorium sekolah mereka. Uji coba dilanjutkan dengan uji sampel menggunakan dua ekor mencit atau tikus berwarna putih yang mana sudah disuntikkan zat pertumbuhan sel tumor atau kanker.

Ketiga siswa SMA tersebut, memberikan obat penawar yang bebeda pada dua tikus tersebut, yaitu air bawang dayak dan air campuran Bajakah. Penelitian tersebut membuktikan pada objek sampel yang diujikan (tikus) yang telah diberikan ramuan air Bajakah berhasil menghilangkan sel tumor pada tikus tersebut.

Keberhasilan penelitian tersebut ditindaklanjuti dengan bekerja sama pada pihak laboratorium Universitas Lambung Mangkurat di Kalimantan Selatan dan membawa hasil penelitian tersebut pada ajang kompetensi nasional, yaitu Youth National Science Fair (YNSF) 2019 hingga rancah internasional, yaitu World Invention Olympic (WICO) di Korea Selatan. Yang mana kita tahu, melalui kompetensi Science tersebut ketiga siswa SMA 2 Palangkaraya tersebut sukses menjadi juara dan membawa pulang medali emas. Karena hal inilah nama bajakah menjadi viral didunia medis dan menjadi perbincangan saat ini.

Fakta Tentang Tanaman Bajakah Yang Di Klaim Ampuh Sembuhkan Kanker

photo via bangka.tribunnews.com

Lalu yang menjadi pertanyaan, dari mana ketiga siswa tersebut mengetahui kalau Bajakah mengandung zat penyembuh kanker? Jawabannya ada di poin ke-4.

4. Diam-diam menjadi obat kanker secara turun menurun masyarakat Suku Dayak

Kalau kamu masih ingat, salah satu siswa SMA 2 Palangkaraya yang mengikuti kompetisi tersebut ada yang bernama Yazid. Nah Yazid inilah yang mengatakan bahwa terdapat tanaman di Kalimantan Tengah yang mampu menyembuhkan sel kanker, bahkan neneknya yang dulu menderita kanker payudara stadium 4 berhasil sembuh karena mengkonsumsi bajakah.

Dikutip dari Kompas, ayah Yazid yang bernama Daldin, salah satu warga suku Dayak asli di Kabupaten Gunung Mas, Palangkaraya mengungkapkan kalau ibunya (nenek Yazid) berhasil sembuh total dari kanker payudara berkat minum rebusan air akar tanaman bajakah.

Cerita tersebut berawal saat ibunya divonis mengidap kanker payudara stadium empat antara tahun 1970 dan 1980-an. Saat itu, dokter meminta ibunya harus segera naik ke meja operasi. Namun, sang ibu menolak dan memilih untuk pulang kampung.

Lalu, setelah pulang kampung, sang ayah mencoba mencari akar tanaman bajakah yang biasa tumbuh di tengah hutan. Setelah satu bulan mengonsumsi rebusan air akar tanaman bajakah, ibu Daldin pun dinyatakan sembuh total. Menurut Daldin, kondisi ibunya saat itu begitu parah dan tersiksa dengan kanker yang menggerogotinya selama kurang lebih 10 tahun. Luka di bagian tubuh yang terkena kanker sudah bernanah dan mengeluarkan darah.

Jadi bisa dibilang ayahnya Daldin sekaligus kakeknya Yazid inilah yang merupakan orang pertama yang menemukan khasiat tanaman bajakah bagi penyakit kanker. Dan temuannya ini dibawa oleh sang cucu untuk di kompetisikan di ajang World Invention Creativity Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan, di bidang sains.

Fakta Tentang Tanaman Bajakah Yang Di Klaim Ampuh Sembuhkan Kanker

photo via regional.kompas.com

5. Kandungan tanaman bajakah

Dikutip dari Kompas.com, dari uji laboratorium yang dilakukan, Bajakah diketahui memiliki kandungan antioksidan ribuan kali lipat jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Selain itu, bajakah juga teridentifikasi mengandung 40 zat yang bisa mematikan sel-sel kanker dalam tubuh. Zat-zat itu seperti saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tannin, alkonoid, dan terpenoid.

Selain itu ada juga kandungan Fitokimia atau fitonutrien yang memiliki fungsi bagi kesehatan seperti sebagai antioksidan, memaksimalkan kerja sistem imun, memenuhi kebutuhan vitamin A, mematikan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak, dan mendetoksifikasi senyawa karsinogen.

6. Cara pengolahan

Untuk dapat mendapat manfaat dari tanaman bajakah, tentunya tanaman ini harus melalui proses pengolahan. Pertama, tanaman bajakah harus dikeringkan secara alami dengan mengandalkan sinar matahari. Setelah kering, tumbuk batang tanaman sehingga menjadi bubuk halus. Bubuk tersebut kemudian direbus menggunakan air biasa selama kurang lebih 30 menit.

Air rebusan yang memiliki warna dan rasa seperti teh yang hambar itu kemudian diminum sebagai pengganti air minum harian. Dikutip dari Kompas.com, mengonsumsi air ini secara rutin selama 2 bulan berturut-turut dapat menghilangkan tumor di tubuh seseorang.

Fakta Tentang Tanaman Bajakah Yang Di Klaim Ampuh Sembuhkan Kanker

photo via kompas.tv

7. Temuan yang hebat namun terancam dieksploitasi

Dari khasiat bajakah yang telah ditemukan tersebut, tentunya hal tersebut menjadi tonggak sejarah yang penting dalam dunia medis. Bagaimana tidak, seperti yang kita tahu, hingga saat ini belum ada obat kanker yang mampu menyembuhkan secara singkat tanpa efek samping. Pengobatan kankerpun sangat mahal sehingga hanya orang-orang tertentulah yang biasanya dapat menerima pengobatan, bahkan itupun tidak menjamin kesembuhan total.

Dengan hal ini, tentu bajakah bisa menjadi obat kanker herbal yang dapat menyembuhkan kanker secara total, namun, sayangnya pihak dari ketiga siswa SMA tersebut dan pihak sekolah belum memiliki rencana untuk memproduksi hasil temuan mereka. Meskipun sudah banyak tawaran dari berbagai pihak agar bisa mendapatkan tanaman Bajakah tersebut.

Hal ini dikarenakan adanya ketakutan dari berbagai pihak yang akan mengeksploitasi hutan di Kalimantan ini untuk mendapatkan bajakah guna mencari keuntungan pribadi.

Nah itulah beberapa fakta mengenai tanaman Bajakah yang mampu mengobati kanker. Semoga saja, tanaman bajakah ini bisa dibudidayakan sehingga mampu diolah menjadi obat herbal penyembuh kanker. Setidaknya para penderita kanker ridak harus menderita saat melakukan pengobatan dengan kemoterapi atau operasi untuk membuang sel kanker yang menggerogoti tubuh.

Baca Juga