Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Inspirasi desain rumah dengan pencahayaan alami berikut bakal bikin tagihan listrik makin hemat.

Saat ini mulai banyak orang-orang yang sadar akan pentingnya pencahayaan alami pada sebuah rumah. Ini karena pencahayaan alami memberikan banyak keuntungan bagi penghuni rumah sendiri. Pencahayaan alami pada rumah ini bisa hadir ketika rumah memiliki sumber cahaya seperti jendela maupun skylight yang maksimal.

Dengan adanya sumber cahaya alami, sirkulasi udara didalam rumah akan berjalan dengan baik dan membuat rumah lebih nyaman dan sehat. Rumah tidak akan terasa lembab dan pastinya akan dijauhi oleh bakteri, atau bau-bau tak sedap lainnya. Tak hanya itu, pencahayaan alami didalam rumah yang sempit juga mampu memberikan kesan ruang yang lebih luas dalam sebuah hunian.

Dibandingkan dengan lampu, pencahayaan alami mampu membuat warna dari dinding, furnitur, dan dekorasi ruangan lainnya terlihat natural bahkan menjadi lebih cerah. Dan yang lebih penting lagi, dengan memaksimalkan pencahayaan alami, kamu bisa lebih hemat energi listrik, sehingga pengeluaran rumah tangga menjadi lebih hemat.

Nah buat kamu yang berencana untuk membangun rumah dengan pencahayaan alami yang maksimal, berikut ini inspirasi desain rumah dengan pencahayaan alami yang bisa kalian jadikan contoh. So let’s check it out guys!

15 Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

1. Selalu menghadirkan jendela lebar dalam setiap lantai rumah

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via decoratedlife.com

Untuk mendesain rumah dengan pencahayaan alami yang maksimal, pastikan kamu menghadirkan jendela pada setiap sisi rumah yang memerlukan cahaya yang lebih. Misalnya di sudut ruangan ataupun di area tangga. Kamu bisa memilih model jendela kaca yang lebar dengan bukaan yang cukup agar cahaya matahari dapat masuk maksimal dan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

2. Padukan jendela kaca lebar dengan dinding dan ceiling berwarna putih

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via amzn.to

Selain menginstal pintu maupun jendela kaca yang lebar dan tinggi, kamu juga bisa mendesain ruangan pada rumah kamu dengan cat dinding dan ceiling berwarna putih. Perpaduan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan bernuansa putih akan memaksimalkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih terang daripada menggunakan lampu.

3. Hadirkan skylight dengan atap transaparan didalam rumah

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via homify.in

Rumah kamu mungkin saja terasa gelap karena dikelilingi oleh bangunan-bangunan tinggi. Namun kamu tetap bisa membuat rumah kamu terasa terang dengan pencahayaan alami. Caranya dengan menghadirkan skylight yang cukup lebar dengan atap transaparan didalam rumah. Nah dengan skylight ini, kamu bisa mendapatkan cahaya matahari dari atas dan membuat rumah terlihat lebih terang. Kamu juga bisa membuat area di bawah skylight sebagai taman didalam rumah.

4. Memadukan skylight dengan jendela kaca lebar

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via quadrostyle.com

Dalam setiap rumah, tentu ada saja bagian yang kurang mendapatkan cahaya sehingga terasa sangat lembab dan gelap. Untuk itu, kamu bisa menghadirkan skylight di area tersebut dan memadukannya dengan jendela kaca jika memungkinkan. Nah untuk memberikan efek bayangan yang estetik, kamu bisa menginstal plafon kayu berjarak sebagai dekorasi ceiling rumah.

5. Pencahayaan alami yang maksimal dengan jendela kaca lebar di sebagian sisi dinding ruangan dan skylight yang tinggi

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via thearchitectsdiary.com

Selanjutnya kamu bisa mendesain rumah kamu dengan bukaan yang lebar. Misalnya menginstal pintu serta jendela kaca super besar sehingga menggantikan peran dinding rumah. Selain itu, kamu juga bisa menciptkan ceiling yang tinggi dan menghadirkan skylight. Dengan cara ini, pencahayaan alami dalam rumah kamu akan lebih maksimal.

6. Menghadirkan jendela dan pintu kaca serta ventilasi rumah yang lebar di bagian atas dinding

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via hgtv.ca

Jika tidak memungkinkan untuk menghadirkan skylight, kamu bisa menghadirkan beberapa ventilasi kaca yang cukup lebar di rumah kamu. Selain itu, tentu saja bukaan dari jendela maupun pintu kaca sangat membantu dalam memaksimalkan cahaya alami yang masuk ke dalam rumah.

7. Desain rumah dengan jendela kaca super besar hingga memenuhi dinding rumah

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via stylebyemilyhenderson.com

Contoh rumah dengan pencahayaan alami berikutnya yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah rumah minimalis bernuansa alami, yang memiliki jendela kaca super tinggi dan besar. Ketinggian jendela kaca ini bahkan mencapai lantai dua dirumah tersebut. Tak hanya membuat sinar matahari masuk lebih maksimal, menghadirkan jendela kaca seperti ini juga mampu membuat penampakan rumah menjadi lebih estetik.

8. Desain rumah dengan skylight berukuran lebar dan lebih dari satu

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via inspiration.velux.co.uk

Jika disekeliling rumah kamu ditutupi oleh pohon-pohon ataupun bangunan tetangga yang membuat rumah terasa gelap, maka kamu bisa menghadirkan beberapa skylight untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendukungnya dengan menginstal pintu kaca yang lebar jika ruangan tersebut memiliki akses keluar seperti ke halaman belakang rumah ataupun balkon.

9. Desain rumah yang menghadirkan jendela kaca super tinggi di area tangga

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via m.homethangs.com

Rata-rata desain tangga dan area sekitarnya pada rumah bertingkat memiliki pencahayaan yang minim. Untuk itu, kamu bisa menghadirkan jendela kaca super tinggi di area tangga rumah kamu. Ukuran jendela kaca ini dimulai dari lantai satu hingga lantai kedua ataupun ketiga dalam rumah. Selain membuat cahaya alami masuk dengan maksimal, rumah juga terlihat lebih menarik.

10. Desain rumah yang dikelilingi oleh ventilasi kaca dan dihias dengan glass block

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via lushome.com

Nah buat kamu yang ingin rumahnya terlihat terang dengan pencahayaan alami namun tidak ingin terlalu silau, kamu bisa mengintal ventalis kaca dengan mengelilingi ruangan dalam rumah kamu. Selain itu, kamu juga bisa menginstal glass block sebagai dinding. Selain interior rumah menjadi lebih estetik, dinding glass block juga bisa memfilter cahaya yang masuk sehingga rumah menjadi terang tanpa membuat silau.

11. Desain rumah dengan deretan skylight yang memanjang

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via homedsgn.com

Desain rumah dengan pencahayaan alami berikutnya yang bisa kamu tiru adalah dengan menghadirkan skylight pada bagian tergelap didalam rumah. Namun model skylight disini bukan yang lebar dan memiliki bukaan yang maksimal, melainkan skylight yang terlihat seperti roster berbentuk memanjang yang diinstal di atap rumah. Tak hanya memberikan pencahayaan yang cukup di dalam rumah, sumber cahaya tersebut juga memberikan bayangan yang menarik dalam hunian kamu.

12. Menghadirkan skylight super lebar di ruangan tanpa jendela

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via archdaily.com

Jika dapur kamu dirasa terlalu gelap, kamu bisa ubah penampilan dapur kamu dengan nuansa yang serba putih ataupun krim. Kemudian hadirkan skylight lebar di atap dapur kamu jika dapur kamu tidak memiliki jendela ataupun bukaan keluar. Ini menjadi cara ampuh agar dapur kamu yang gelap menjadi lebih terang dan jauh dari kata pengap.

13. Rumah dengan teras dalam yang menggunakan skylight sebagai sumber cahaya

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via atap.co

Teras rumah juga bisa dihadirkan di dalam rumah apabila kamu memang tidak memiliki cukup lahan untuk membuat teras outdoor. Teras didalam rumah yang dilengkapi dengan skylight sebagai sumber cahaya akan membuat penampilan rumah terlihat lebih cerah dan jauh dari pengap. Kamu pun bisa memberikan bukaan lebar antara teras dengan ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah kamu.

14. Menghadirkan sumber cahaya alami maksimal dengan skylight super lebar dengan pintu dan jendela kaca

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via mumsnet.com

Ruangan rumah yang memiliki skylight tepat di tengah-tengah plafon dapat membuat cahaya yang masuk menyebar ke seluruh ruangan. Selain itu, pemilihan pintu dan jendela kaca juga mampu memberikan pencahayaan yang lebih maksimal di siang hari didalam rumah kamu.

15. Mengadaptasi konsep rumah kaca sebagai desain ruangan di rumah

Inspirasi Desain Rumah Dengan Pencahayaan Alami

photo via imperfectinteriors.co.uk

Alih-alih menggunakan skylight, kamu juga bisa mengganti atap kamu dengan atap transparan yang disokong dengan kerangka baja. Atap transparan tentu akan membuat cahaya yang masuk lebih maksimal. Bahkan kamu tidak memerlukan cahaya lampu sedikitpun pada siang hari. Kamu juga bisa mengintal jendela kaca yang lebar untuk membuatnya lebih totalitas. Tak hanya membuat terang, desain rumah ini juga akan membuat rumah kamu terlihat lebih segar dan terasa seperti di outdoor.

Nah itu dia beberapa inspirasi desain rumah dengan pencahayaan alami yang bisa kamu jadikan contoh dalam membangun rumah impian kamu yang sehat dan hemat energi. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.