Inilah Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memperparah Jerawat

2 tahun, by blogunik

kebiasaan buruk yang dapat memperparah jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah wajah yang sering dialami oleh banyak orang. Kemunculan jerawat ini selalu membuat kesal bagi yang mengalaminya. Selain itu, membasmi jerawat memang tidak mudah seperti hanya dengan menggunakan krim penghilang jerawat, menggunakan bahan alami penghilang jerawat ataupun menggunakan perawatan wajah di salon yang mahal. Semua obat atau produk perawatan wajah yang mahal tidak akan cukup jika kalian masih melakukan kebiasaan sehari-hari yang salah dan menjadi faktor penyebab jerawat masih ada. Kira-kira kebiasaan apa saja itu? Berikut ini kebiasaan buruk yang dapat memperparah jerawat di wajahmu:

1. Memencet Jerawat

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Memencet Jerawat

Photo via : https://www.acne.com

Salah satu kebiasaan yang dapat memperparah jerawat yaitu dengan memencetnya. Mungkin kalian tidak menyadari sering melakukan hal ini, namun untuk sekarang lebih baik hentikan kebiasaan itu. Memencet jerawat tidak akan menghilangkannya, namun akan menimbulkan masalah baru pada kulit. Pada saat memencet jerawat, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Sehingga membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat. Meskipun kita berpikiran tangan kita bersih, namun sebenarnya memencet jerawat dapat membuat peradangan pada kulit.

2. Sering Mencuci Wajah

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Sering Mencuci Wajah

Photo via : https://www.thisisinsider.com

Memang jika wajah yang bersih akan terhindari dari masalah jerawat. Namun kebiasaan sering mencuci wajah bukanlah hal yang baik untuk wajah. Seringnya kita mencuci wajah akan membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan akhirnya mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak lagi. Selain itu, jika kita sering mencuci ajah berkali-kali dengan sabun akan menyebabkan acne detergicans yaitu kondisi dimana jerawat timbul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih. Kamu hanya perlu mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari dengan air dan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

3. Menggunakan Banyak Produk Pengobatan

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Menggunakan Banyak Produk Pengobatan

Photo via : https://intothegloss.com

Ketika jerawat timbul, pastinya kita dengan cepat menggunakan produk untuk menghilangkan jerawat. Namun karena tidak juga kempes-kempes, kita menggunakan produk merk lainnya untuk menghilangkannya. Padahal, obat perlu diberikan waktu paling tidak 2-3 minggu untuk bekerja. Kulit juga perlu bernafas dan jika dipaksakan buat menerima banyak obat malahan bisa memperparah jerawat. Perawatan wajah untuk mengobati jerawat memerlukan waktu sebelum akhirnya menunjukkan hasil. Tidak mungkin perubahan yang dratis hanya dalam kurun waktu seminggu. Jadi ada baiknya jangan langsung buru-buru mengganti obat kalau belum terlihat efeknya. Pengobatan jerawat dapat memakan waktu satu bulanatau lebih sebelum hasilnya terlihat.

4. Pengobatan Secara Alami

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Pengobatan Secara Alami

Photo via : https://www.rd.com

Memang menggunakan pengobatan secara alami baik untuk kulit karena menggunakan bahan-bahan alami yang pada umumnya mudah di dapatkan. Namun kamu juga harus memperhatikan, setiap bahan pastinya memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap kulit. Menggunakan bahan yang salah, hanya akan memperparah kondisi jerawat kamu. Untuk itu sebaiknya kalian berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit ataupun pakar kencatikan yang memang ahli dibidang kecantikan kulit.

5. Rambut Yang Kotor

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Rambut Yang Kotor

Photo via : http://hairconsumer.com

Mungkin tidak banyak orang yang keramas setiap hari, ada yang keramas dua kali sehari dan ada juga yang keramas seminggu sekali. Terlepas dari seberapa sering kamu keramas penting untuk kamu melakukan keramas secara rutin, apalagi jika kamu memiliki rambut tipis, panjang dan berponi. Kamu yang tidak memperhatikan kebersihan rambut menyebabkan banyaknya kotoran rambut yang menempel di wajah. Akibatnya kulit kamu jadi renta berjerawat, ada baiknya kamu mencuci rambut secara rutin dan hindari produk rambut disekitar dahi.

6. Menyentuh Wajah Dengan Tangan Kotor

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Menyentuh Wajah Dengan Tangan Kotor

Photo via : http://netpics.pw

Kebiasaan lainnya yang dapat memperparah jerawat yaitu menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Banyaknya bakteri dan berbagai kotoran di tangan dapat menempel di kulit dan menyumbat pori-pori. Untuk menghindarinya, kurangi menyentuh wajah dengan tangan, lebih baik gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. Pastikan juga kuku tangan kamu selalu bersih jika kamu memiliki kuku panjang. Selain itu jangan lupa menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan.

7. Cara Mencuci Wajah Yang Kurang Tepat

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Cara Mencuci Wajah Yang Kurang Tepat

Photo via : https://www.rd.com

Kebiasaan yang dapat memperparah jerawat juga bisa disebabkan karena kita tidak mencuci wjah dengan benar. Meskipun sudah beragai macam produk pembersih kita gunakan itu bukanlah jaminan untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bebas dari kotoran. Sebelum mencuci wajah, sebaiknya kamu mencuci tanganmu terlebih dahulu. Tapi jika kamu menggunakan makeup, maka kamu harus membersihkan riasan tersebut menggunakan produk khusus pembersih make up yang sesuai dengan kulit kamu. Setelah itu, barulah cuci wajah kamu dengan sabun pembersih wajah dan pijat wajah dengan lembut selama beberapa detik lalu bilas hingga bersih dengan air mengalir. Jika kamu sering menggunakan handuk atau waslap, perhatikan kebersihannya karena bakteri yang ada di handuk bisa berpindah ke wajah yang nantinya menyebabkan jerawat. Selain itu, jangan pernah menggosokkan handuk kewajah karena akan mengancam elastisitas kulit wajah. Ada baiknya kamu membiarkan wajah mengering dengan sendirinya atau kamu juga dapat menepuk-nepuk dengan handuk bersih.

8. Menggunakan Kosmetik Yang Salah

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Menggunakan Kosmetik Yang Salah

Photo via : https://fashionista.com

Memilih produk kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan penyumbatan ori-pori dan penumpukan komedo, sehingga nantinya akan menyebabkan jerawat. Kalau kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat sebaiknya pilih kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminya dan berjerawat (for oily and acne-prone skin). Selain itu kamu juga harus memastikan kosmetik yang kamu pilih memiliki label non-komedogenik yang tidak menyumbat pori.

9. Menggunakan Minyak Rambut atau Hair Spray

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Menggunakan Minyak Rambut atau Hair Spray

Photo via : https://www.thriftyfun.com

Menggunakan minyak rambut atau hair sray ternyata juga dapat memicu jerawat di dahi atau sekitar garis rambut. Ketika kamu menyemprotkan atau mengoleskan produk ke rambut kamu, kemungkinan besar sisanya bisa mengenai kulit sekitar dahi. Nah, produk tersebut kan tidak dibuat untuk kulit wajah sehingga bisa saja menyebabkan penyumbatan pori-pori dan munculnya jerawat. Adabaiknya kamu menggunakan minyak rambut secukupnya dan atur jarak menyemprotkan hair spray, jika perlu tutupi wajah dengan tangan ketika menyemprotkannya.

10. Stress

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Stress

Photo via : https://blog.sellingenergy.com

Berbagai tuntutan pekerjaan dan masalah pribadi dapat menyebabkan kita stress. Stress tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita. Saat stress, kebiasaan buruk dapat menjadi semakin buruk dan dapat menyebabkan jerawat. Kebiasaan buruk ini seperti minum alkohol, merokok, makan berlebihan dan makan terlalu banyak gula. Kebiasaan mengkonsumsi gula yang diproses dapat menyebabkan peningkatan insulin sehingga produksi minyak meningkat dan memperburuk kondisi jerawat.

11. Menggunakan Ponsel Yang Kotor

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Menggunakan Ponsel Yang Kotor

Photo via : https://www.consumerlawgroup.com

Mungkin kamu tidak sadar, ketika kamu selesai menggunakan ponsel saat menelepon minyak dan keringatnya akan menempel di layar. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Ketika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka kotoran tersebut berserta bakterinya sudah berkembang biak dan dapat kembali ke wajah. Jadi jangan malas lagi untuk membersihkan layar ponsel dan di sarankan untuk menggunakan ear phone saat menelepon untuk menghindari jerawat muncul.

12. Menggunakan Make up Berlebih

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Menggunakan Make up Berlebih

Photo via : https://www.beautylish.com

Hindarilah menggunakan make up yang berlebihan, sebelum menggunakan make up kamu bisa menggunakan obat jerawat terlebih dahulu. Untuk kulit yang berjerawat kamu bisa memilih make up dengan label bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic). Selain itu ada juga make up yang dapat membantu menyembunyika jerawat. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

13. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis dan Olahan Serta Makanan Berminyak

Kebiasaan Yang Bisa Memperparah Jerawat - Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis dan Olahan

Photo via : https://hellosehat.com

Sampai saat ini belum diketahu pasti makanan apa yang dapat menyebabkan jerawat. Ada baiknya kamu membatasi mengkonsumsi makanan manis dan olahan seperti biskuit, cake, roti putih, pasta dan keripik kentang. Makanan dari produk susu juga ada baiknya dibatasi karena diduga mempengaruhi terhadap munculnya jerawat. Selain itu makanan yang berminyak seperti aneka gorengan dan kacang goreng juga dapat memperparah jerawat di wajah kalian. Pada dasarnya kandungan gula dan lemak jenuh pada makanan itulah yang manjadi penyebab munculnya jerawat. Untuk itu ada baiknya jika wajah kalian berjerawat, perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.

Jadi guys untuk kalian yang bermasalah dengan jerawat, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk diatas yang dapat memperparah jerawatmu.

0
Artikel Terkait