Keren! Ini Lho Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Yang Baru

1 bulan lalu, by blogunik

0

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan pemenang sayembara desain ibu kota baru di Auditorium Kementerian PUPR, Senin 23 Desember 2019. Pengumuman pemenang ini telah melalui serangkaian penjurian yang dimulai dari tanggal 9-13 Oktober 2019 dan juga telah dipresentasikan di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
Dari serangkaian penjurian tersebut terpilihlah lima gagasan desain kawasan ibu kota negara (IKN) terbaik yakni:

  • Juara Harapan II: Banua Rakyat berhak mendapatkan hadiah Rp 250 juta
  • Juara Harapan I: Zamrud Khatulistiwa berhak mendapatkan hadiah Rp 500 juta
  • Juara III: Seribu Galur berhak mendapatkan hadiah Rp 1 miliar
  • Juara II: The Infinite City berhak mendapatkan hadiah Rp 1,25 miliar
  • Juara I: Nagara Rimba Nusa berhak mendapatkan hadiah I Rp 2 miliar

Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, para pemenang ini mengalahkan 255 peserta dalam dan luar negeri yang memberikan gagasan desain kawasan IKN dari total 755 peserta terdaftar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga menyambut dengan positif pemilihan pemenang sayembara desain ibu kota baru ini. Beliau mengapresiasi kelima peserta yang menjadi juara dalam sayembara desain ibu kota negara. Menurut beliau, para pemenang ini dinilai telah memenuhi 3 kriteria dasar yang telah ditetapkan.

Kriteria pertama adalah IKN sebagai identitas bangsa untuk kemajuan peradaban negara Indonesia,

Kriterian kedua, adalah keberlanjutan kota yang ramah lingkungan atau environmental friendly, baik dari sosial ekonomi, dan kebencanaan.

Kriteria ketiga, kota bukan untuk generasi saat ini, tetapi untuk generasi yang akan datang. Karena itu, kota harus dirancang dengan desain yang menekankan pada kecerdasan, modern, dan memenuhi standar internasional. Beliau juga menambahkan kalau pemilihan desain IKN ini merupakan langkah awal dalam rencana besar memindahkan ibu kota yang juga nantinya akan masuk dalam sejarah Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari Detik.com, Juara I Sayembara Desain Ibu Kota Yang Baru yang bertajuk “Nagara Rimba Nusa”, didesain oleh perusahaan Urban+ yang didirikan oleh Sofian Sibarani.

Sofian mengatakan jika Tim yang mendesain konsep IKN ini terdiri dari 10 anggota dan para anggota tersebut ada yang sudah berpengalaman bekerja di luar negeri seperti di Hong Kong, Singapura, dan juga Malaysia.

Sofian juga mengatakan kalau ide-ide dari seluruh anggota diramu menjadi satu sehingga menghasilkan desain dari IKN yang baru. Anggotapun ada yang diutus terjun langsung ke Lokasi ibu kota yang baru di Kalimantan Timur untuk melakukan observasi kondisi riil yang ada disana.

Sofian mengatakan kendala yang paling kompleks dalam membuat desain IKN yang baru ini adalah tingkat kehati-hatian, mengingat letak geografis yang tidak mudah. Letak yang mendekati tepi air, lingkungan yang sensitif adalah tolak ukur yang digunakan Sofian dan tim untuk mewujudkan keseimbangan antara pembangunan, sifat manusia dan alam.

Konsep dari “Nagara Rimba Nusa” sendiri adalah menyandingkan antara manusia dan alam, yang mana salah satu tidak menguasai yang lain. Intinya jangan sampai manusia yang ada di ibu kota baru juga kembali mengorbankan alam.

Sofian dan tim merancang suatu sistem perkotaan yang terinspirasi dari alam, sebut saja seperti bio mimikri. Bio mimikri ini harus mengadaptasi bagaimana perilaku hutan kepada suatu kota atau pembangunan.

Beberapa contohnya adalah bagaimana cara agar rancangan IKN ini tidak menghalangi aliran angin, dan juga tidak mengambil air terlalu banyak dari alam, namun hanya memanfaatkan apa yang telah disediakan dari lahan yang memang sudah ditangkap secara natural.

Sofian dan tim membutuhkan waktu setidaknya sebulan untuk menyelesaikan desain ibu kota yang baru. Tim yang beranggotakan 10 orang tersebut mulai bekerja merancang desain IKN “Nagara Rimba Nusa” mulai dari Oktober 2019 dan dikumpulkan di bulan November 2019.

Sementara itu, desain IKN yang baru yakni “Nagara Rimba Nusa” juga sudah bisa kamu lihat melalui Channel YouTube KamenPU. Video yang memperlihatkan bagaimana eloknya desain IKN yang baru karya Urban+ inipun mendapat banyak tanggapan positif. Banyak warganet memuji karya desain IKN dari Urban+ ini paling dekat dengan identitas negara Indonesia. Sederhana tapi eksotis. Keberagaman yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika.

Namun ada juga yang memberi masukan agar nantinya diberikan aturan yang jelas seperti larangan untuk membangun rumah liar dan masalah pembuangan sampah yang sangat serius.

Sementara itu, lebih lanjut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mengajak para desainer untuk melihat kondisi lapangan secara langsung agar desain bisa diimplementasikan dengan baik. Dirinya mengatakan, jika memungkinkan maka karya dari para desainer, baik juara I hingga juara III, bisa dikolaborasikan agar saling melengkapi.

Pasalnya, pemenang kedua sangat kuat dalam perencanaan gedung dan smart tarnsportation, sehingga sangat diharapkan dapat bersinergi dengan pemenang pertama, yang mengadopsi kearifan lokal.

Dikutip dari Kompas.com, penyusunan desain detail akan selesai kuartal I-2020, dan pelaksanaan konstruksi fisik di Kecamatan Sepaku, sebagai kawasan IKN baru dimulai pada Kuartal IV-2020.

0
Artikel Terkait