Rekomendasi Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik Yang Harus Kamu Tonton

5 bulan lalu

Rekomendasi drama Korea berlatar kerajaan terbaik

Jangan bilang jika kamu menyukai drama Korea jika kamu belum pernah mencoba menonton drama Korea saeguk (kerajaan). Drama Korea tidak hanya memiliki genre romantis, komedi, horor saja, namun drama Korea juga sering mengangkat drama yang bergenre saeguk (kerajaan), cerita yang disajikan cukup banyak kejutan tentang historikal atau kolosal. Drama Korea bertema kerajaan ini biasanya menceritakan tentang perjuangan kisah cinta di masa kerajaan dengan bumbu intrik politik di dalamnya, sehingga tak jarang drama bertema kerajaan ini membuat kita terbawa suasana. Tak hanya itu saja, terkadang drama bertema kerajaan ini akan membuat kita menangis karena ceritanya yang tragis. Nah, kira-kira drama Korea kerajaan apa saja itu? Inilah rekomendasi drama Korea berlatar kerajaan terbaik yahng harus kalian tonton.

1. Jewel In The Palace Dae Jang Geum (2003 – 2004)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Jewel In The Palace Dae Jang Geum

Photo via : http://mikanametake.blogspot.com

Sekitar 500 tahun yang lalu pada masa Dinasti Chosun, Korea memiliki struktur hierarki dan sosial yang kaku, dimana yang didominasi oleh kaum laki-laki. Cerita ini dibuat berdasarkan pada kisah nyata tentang seorang gadis legendars bernama Jang Geum, dimana ia menjadi wanita pertama yang menjadi dokter dengan tingkatan tertinggi di Kerajaan pada waktu itu. Meskipun Jang Geum terlahir sebagai gadis kelas rendah dalam masyarakat yang didominasi laki-laki, ia mengatasi serangkaian diskriminasi sosial dan berhasil menjadi juru masak kerajaan, kemudian menjadi dokter kerajaan dan akhirnya menjadi dokter pribadi yang bertanggung jawab pada kesehatan sang Raja. Bahkan Jang Geum diberi gelar oleh raja sebagai “Dae Jang Geum (Jang Geum Yang Agung”. Di drama ini juga terdapat kisah menyetuh tentang persahabatan, cinta dan penuh dengan intrik-intrik politik.

2. Jumong (2006-2007)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Jumong

Photo via : https://www.hancinema.net

Jumong adalah pendiri Kerajaan Goguryeo, dimana Jumong merupakan anak Jendral Hae Mo Su dan Putri Yoo Hwa. Ayah Jumong sendiri bersahabat dengan Raja Geum Hwa, Hae Mo Su selalu dikejar tentara Dinasti Han China dan suatu insiden ayahnya dipenjara dan disiksa oleh Han. Raja Geum Hwa menolongnya namun mereka disergap dan ayah Jumong dikira meninggal, Kemudian Raja Geum Hwa mengambil ibu Jumong sebagai selirnya dan pada saat itu ibu Jumong sedang mengandung Jumong sehingga Jumong terlahir sebagai pangeran di Kerajaan Buyeo. Jumong tumbuh menjadi pangeran yang lemah dan pengecut, ibu Jumong memutuskan agar Jumong mulai melatih beladiri tapI Jumong mengacaukan dan kabur dari istana. Pada akhirnya Jumong mendirikan Kerajaan Goguryeo dengan bantuan So Seo No yang menjadi Ratunya.

3. Lee San, Wind of the Palace (2007)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Lee San, Wind of the Palace

Photo via : http://www.nadodrama.net

Drama ini menceritakan tentang kisah hidup Raja Jeongjo yang merupakan salah satu Raja besar di Korea pada era Joseon. Yi San adalah putra dari Putra Mahkota Sado di masa kekuasaan Raja Yeongjo, putra Raja Sukjong. Tersiar kabar desas desus rencana pemberontakan Putra Mahkota Sado terhadap pemerintahan Raja Yeongjo dan membuat Raja menangkapnya dan memasukkannya ke dalam sebuah kotak yang disimpan di area pengandilan. Tidak ada seorang pun yang boleh mengunjungi kotak itu apalagi memberi makan dan minum, jika ada yang melanggar maka nyawa taruhannya. Yi San dan Ibunya sempat juga diasingkan ke luar istana, namun karena ayahnya meninggal Yi San harus menjadI Putra Mahkota. Di usianya yang masih kecil Yi San mengalami banyak cobaan.

4. The Great Queen Seondeok (2009)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - The Great Queen Seondeok

Photo via : http://www.filejo.com

The Great Queen Seondeok menceritakan tentang seorang putri dari dinasti Silla yang kemudian akan memerintah sebagai Ratu atau penguasa dinasti Silla. Dia adalah penguasa ke-27 dan Kaisar wanita pertama dinasti Silla pada masa tiga kerajaan di Korea. Deokman adalah nama Ratu Seondeok pada saat masih kecil, lahir sebagai anak kembar namun dia dibuang saat masih bayi. Kemudian Deokman kembali ke Kerajaan Silla dan menyamar sebagai anak laki-laki dan kemudian dilatih sebagai seorang Nangdo, disana Deokman bergabung dengan saudara kembarnya Putri Chonmyong dan seorang komandan pasukan yang naif Kim Yu Shin untuk menentang Mi Shil yang merupak seorang selir dan pejabat tinggi kerajaan yang berhasrat untuk menguasai tunggal Kerajaan Shilla. Untuk memiliki kekuasaan tersebut, Mi Shil membuat rencana-rencana jahat untuk menyingkirkan ke dua putri tersebut dan berhasil membunuh Putri Cheonmyeong. Deokman dan Yu Shin bertemu dengan Bidam dan meminta bantuan untuk memulihkan statusnya dan membuat Kim Alcheon dan hwarang lainnya berpihak padanya. Deokman pun menang setelah kudeta kedua dan Deokman menjadi Ratu pertama di Kerajaan Silla sebagai Ratu Seondeok. Untuk mencapai titik ini, Deokman banyak sekali mengalami hal-hal yang menyakitkan seperti saat merelakan Kim Yu Shin menikah dengan orang lain bukan dirinya karena takdir.

5. Dong Yi (2010)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Dong Yi

Photo via : https://owenwlee.myportfolio.com

Dong Yi adalah seorang perempuan dari golongan Cheonmin atau kasta rendah dalam struktur masyarakat Joseon pada masanya. Ayahnya seorang koroner dibunuh karena dituduh menjadi ketua organisasi terlarang Geumgae yang pada masa itu dianggap sebagai organisasi makar dan membahayakan kekuasaan. Karena sebuah konspirasi Ayah dan kakaknya meninggal dan Dong Yi hidup sebatang kara dan melalui kerasnya hidup. Tapi ada seorang Gisaeng yang menyelamatkannya dan membesarkannya dengan baik sampai suatu saat Dong Yi berhasil memasuki istana sebagai pelayan di departemen musik. Tanpa sengaja Dong Yi bertemu dengan Raja Sujong yang saat itu sedang menyamar untuk menyelidiki kasus yang dicurigai sebagai usaha konspirasi untuk menyingkirkan calon selir Jang Hee Bin. Atas kecerdasan Dong Yi, Jang Hee Bin pun merekomendasikan Dong Yi untuk memasuki biro penyelidik istana. Namun hubungan Dong Yi dan Hee Bin tidak berjalan mulus karena ketamakan Hee Bin dan keluarganya yang berambisi menjadi permaisuri dan berusaha dengan segala cara licik untuk menyingkirkan Ratu Inhyeon. Ratu Inhyeon sangat menyayangi Dong Yi dan menjadi pelindungnya bahkan ia mendorong Dong Yi ntuk menikah dengan Raja Sukjong dan memintanya menjadi permaisuri sebagai pengganti dirinya Kemarahan Hee Bin pun memuncak dan mengetahui jika Raja menyukai Dong Yi tapi Dong Yi tidak pernah tahu jika pejabat yang selama ini bersamanya adalah Raja Sukjong. Intrik-intrik politik pun terjadi, fitnah dan konspirasi mewarnai istana. Dong Yi pun menjadi selir dan melahirkan putra namun sayang putra pertamanya meninggal. Dong Yi lalu menjadia selir dengan pangkat pertamanya yaitu Suk Won(selir tingkat 4), lalu diasingkan menjadi Suk-i(selir tingkat 3) lalu Suk-khui (selir tingkat 2) dan terakhir menjadi Suk Bin (selir tingkat 1), Dong Yi juga melahirkan putra keduanya di tengah pengasingannya dimana nantinya anaknya ini menjadi raja ke-21 Joseon, Yeongjo.

6. The Princess Man (2011)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - The Princess Man

Photo via : http://sharhoneynoona.blogspot.com

The Princess Man menceritakan tentang masa dinasti Joseon tepatnya dalam masa pemerintahan Raja Munjong dan putranya Danjong. Pangeran Suyang membunuh perdana menteri Kim Jong Seo dan adiknya sendiri Pangeran Anpyung dalam sebuah kudeta agar ia bisa menjadi Raja ke-7 dinasti Joseon yang kelak dikenal dengan nama Raja Sejo. Kim Jong Seo adalah pengikut setia yang paling kuat dan paling dipercaya oleh Raja Munjong. Saat itu ia adalah wakil perdana menteri yang juga seorang jenderal. Tidak heran jika Pangeran Sutang berusaha menjalin aliansi politik dengannya dengan menjodohkan putri sulungnya Putri Se Ryung dengan putra Kim Jong Seo yang bernama Kim Seung Yoo. Namun Raja Munjoong tahu niat adiknya itu sehingga berusaha menghalanginya dengan membuat ikatan lebih kuat dengan Kim Jong Seo dengan perjodohan Seung Yoo dengan anak perempuan Raja Munjong yang bernama Putri Kyung Hye. Hal ini dilakukan untuk melindungi Rakja berikutnya yaitu Pangeran Danjong yang masih kecil. Pada akhirnya Kim Jong Seo menerima tawaran itu sehingga membuat marah Suyang dan mereka berdua pun bermusuhan. Permusuhan politik yang sengit ini pun menjadi rumit karena Seung Yoo tidak tahu jika dirinya dijodohkan dengan wanita lain yang ternyata dia jatuh cinta dengan Putri Se Ryung. Drama korea ini bisa dibilang kisah antara Romeo dan Juliet versi Dinasti Joseon, selain itu drama kerajaan ini cukup mengurasi air mata.

7. Deep Rooted Tree (2011)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Deep Rooted Tree

Photo via : https://www.dispatch.co.kr

Drama ini berawal dari dendam Ddol Bok kepada Lee Do yang disebabkan oleh kematian ayah Ddol Bok yang tidak mengetahui kesalahan apa yang dibuatnya. Ayah Ddol Bok sendiri hanyalah seorang budak yang tidak bisa membaca, dia hanya mengikuti perintah majikannya. Ayah Ddol Bok mengirimkan surat yang telah disabitase oleh ayah Lee Do dan Ddol Bok pun menyalahkan Lee Do yang saat itu menyuruh ayahnya mengantarkan surat tanpa tahu surat itu sudah disabotase. Setelah belasan tahun, Ddol Bok pergi menjadi pengawal istana untuk membalaskan dendamnya dan mengganding namanya menjadi Kang Chae Yoon. Raja menugaskan Chae Yoon untuk menyelidiki diam0-diam kasus pembunuhan pelajar Jiphyeonjeon. Kang Chae Yoon juga meminta pada Raja untuk menuangkan arak padanya jika ia dapat menemukan pembunuh pelajar itu. Chae Yoon yang dendam itu pun berpikir akan membunuh Lee Do saat menuangkan arak. Pada akhirnya, terungkaplah siapa Chae Yoon sebenarnya dan Ddol Bok pun menemukan So Yi cinta pertamanya yang ternyata masih hidup dan menajdi seorang dayang istana yang sering membantu Raja. Pelajar Jinphyeonjeon yang mati itu ternyata mendapatkan misi untuk membuat huruf Hangeul yang mempermudahkan rakyat untuk membaca dan menulis. Dimana nantinya tidak ada rakyat yang buta aksara dan mati sia-sia.

8. Warrior Baek Dong Soo (2011)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Warrior Baek Dong Soo

Photo via : https://www.miifotos.com

Warrior Baek Dong Soo bercerita tentang Putra Mahkota Sado yang menentang kekuasaan noron, sebagai tanggapan noron bersekongkol dengan dinasti Qing untuk membingkai pemberontakan Putra Mahkota Sado. Untuk menyelamatkan anak Putra Mahkota, Raja Young Jo dan Noron setuju untuk membunuh penghubung terdekat pengeran mahkota, Baek Sa Geong digunakan sebagai kambing hitam dan keluarganya bahkan anaknya yang belum lahir pun harus dibunuh. Sebelum eksekusi, Baek Sa Goeng menemui sahabat dekatnya Kim Kwang Taek yang dipandang sebagai pendekar pedang terbaik dan memintanya untuk menjaga istri dan anaknya yang belum lahir. Dengan bantuannya, istri Baek Sa Geong berhasil melahirkan namun sayang saat melahirkan sang ibu meninggal dan bayi tersebut diberi nama Dong Soo. Tentara pun berada dipondok untuk menagkap ibu dan kaki tangannya, pendekar pedang Kim Kwang Taek dan bayi itupun ditangkap. Bayi tersebut akan dilemparkan ke dalam air mendidih ketika Putra Mahkot Sado tiba dan menunjukkan perintah Raja yang meminta pengampunan Kim Kwang Taek tetapi bukan bayi itu. Kim Kwang Taek pun memohon kehidupan bayi laki-laki itu dan menawarkan tangannya untuk dipotong demi menyelamatkan bayi tersebut. Bahkan meskipun Kim Kwang Taek kehilangan tangannya, ia tetap saja diincar dan memutuskan untuk melarikan diri ke Dinasti Qing dengan bayi tersebut. Di tengah perjalanan, Kim Kwang Taek disergap pemburu dan ia menyembunyikan bayi Dong Soo sebelum melawan pemburu tersebut. Namun setelah Kim Kwang Taek kembali bayi Dong Soo menghilang.

9. The Moon That Embraces The Sun (2012)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - The Moon That Embraces The Sun

Photo via : http://theminjoo.kr

Matahari dilambangkan sebagai seorang Raja dan bulan dilambangkan sebagai Ratu. Seorang dukun kerajaan bernama A Ri tanpa sengaja melihat kejadian pembunuhan yang dilakukan oleh seorang menteri istana bernama Yoon Dae Hyung kepada pangeran Uisong. Pangeran Uiseong sendiri adalah saudara tiri Raja Sungjo, karena mitos matahari seharusnya ada satu akhirnya Ratu Yoon menyuruh menteri istana untuk membunuh pengeran Uisong. A Ri yang melihat kejadian tersebut lantas lari menuju hutan dan ia pun dikejar oleh para penjahat yang telah membunuh pangeran Uiseng tersebut. Saat berlari, A Ri pun jatuh ke jurang dan diselamatkan oleh seorang istri bangsawan yang waktu itu sedang hamil. Karena nyawanya diselamatkan oleh nyonya tersebut, Ari berterima kasih dan berjanji akan membalas semua kebaikan nyonya tersebut dengan melindungi anak yang ad di dalam kandungannya. Namun naas, A Ri pun tertangkap dan dimasukan ke dalam penjara. Ia pun mendapat hukuman mati. A Ri pun tahu jika Ratu Yoon dalang dari pembunuhan pangeran Uisong itu. Mengetahui hal tersebut, A Ri pun meminta sahabatnya yang juga sebagai seorang dukun untuk melindungi seorang anak demi dirinya. Sudah 13 tahun berlalu dan anak yang ada dalam kandungan nyonya tersebut lahir menjadi seorang gadis cantik bernama Heo Yoon Woo. Yoon Woo adalah anak gadis yang baik, pintar dan lemah lembut dan ada putra mahkota yang bernama Hwon tertarik dengannya dan ingin menjadikannya seorang putri mahkota. Singkat cerita, Yoon Woo berhasil menjadi putri mahkota namun ia menderita sakit mematikan dan akhirnya meninggal dunia. 8 tahun berlalu dan Hwon naik tahta menjadi Raja, ia pun tidak bisa melupakan putri mahkota Yoon Woo. Karena kerajaan membutuhkan pewaris tahta, Raja Hwon terpaksa menjadikan anak perdana mentri sebagai Ratu. Namun Raja Hwon bersikap cuek kepada Ratu dan menganggap ia tidak ada. Kerajaan pun memiliki peramal baru bernama Wol, Raja pun merasa Wol mirip sekali dengan Yoon Woo yang meninggal itu. Siapa sebenarnya Wol itu?

10. Jang Ok Jung, Living by Love (2013)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Jang Ok Jung, Living by Love

Photo via : http://idfl.me

Jang Ok Jung dikenal juga sebagai Jang Hui Bin yang merupakan salah satu selir kerajaan yang paling terkenal di Dinasti Joseon. Jang Ok Jung memulai karirnya sebagai seorang penjahit dan pembuat kosmetik di Dinasti Joseon. Ia dikenal sebagai penjahit yang berbakat dan memiliki wajah yang cantik di Dinasti Joseon. Namun ia merupakan kelas rendah karena ibunya seorang budak. Pada saat ia dewasa ia memasuki istana sebagai pelayan istana bagian penjahit dan disana ia bertemu dengan Putra Mahkota Lee Soon yang membuat hidupnya dan ibunya berubah. Kemudian ia diangkat menjadi dayang istimewa lalu ia baik tingkat hingga menjadi selir 1 yaitu bin. Namanya pun berubah dan merupakan satu-satunya wanita yang dicintai oleh Raja Sukjong. Karena ia wanita paling dicintai Raja, ia menjadi musuh bagi ibu suri Myeongseong, permaisuri In Hyeon dan partai barat yang dipimpin oleh Min Yoo Joong ayah dari permaisuri In Hyeon.

11. Empress Ki (2013-2014)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Empress Ki

Photo via : https://www.yesasia.com

Drama Korea ini berceritakan tentang seorang gadis bernama Ki Seung Nyang yang berasal dari Goryeo. Ia berpura-pura menjadi seorang pria sehingga dia tidak akan dipaksa pergi ke Tiongkok untuk melayani kaisar. Seung Nyang tumbuh menjadi seorang wanita yang kuat dan salah satu aktivis yang menyelamatkan para gadis di Goryeo yang dikirim sebagai upeti. Seung Nyang akhirnya menikah dengan seorang Kaisar Huizong pada Dinasti Yuan dan menjadi permaisuri Kaisar Huizong sendiri sangat mencintai Seung Hyang dan akan melakukan apapun itu demi Seung Nyang, namun sebenarnya Seung Nyang mencintai cinta pertamanya yaitu Wang Yoo. Seung Nyang pun tidak mengetahui jika dirinya hamil anak Wang Yoo dan Wang Yoo tidak mengetauinya, namun Seung Hyang kehilangan bayinya ketika mencoba lari dari pengejaran. Setelah Seung Nyang menikah dengan Kaisar Huizong, Seung Nyang melahirkan seorang anak laki-laki yang menjadi kebanggaan Kaisar Huizong. Tapi siapa sangka Seung Nyang bertemu kembali dengan anaknya dengan Wang Yoo, namun Kaisar Huizong tidak mengetahui jika Seung Hyang memiliki anak dengan Wang Yoo. Dalam drama ini terjadilah cinta segitiga, perebutan kekuasaan hingga intrik politik yang mewarnai drama Empress Ki ini.

12. The King Face (2014 – 2015)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - The King Face

Photo via : http://blog.daum.net

The King Face ini menceritakan tentang sebuah buku pusaka kerajaan yang berisi pengetahuan tentang ilmu membaca wajah. Dalam buku tersebut dimuat kriteria wajah yang boleh dan tidak boleh menjadi Raja. Buku tersebut kuha diterjemahkan maknanya olej seorang pembaca wajah yang memperlajari ilmu Fisiognomi. Disinilah jalan berbatu dan penuh perjuangan seorang putra Mahkota untuk menjadi seorang Raja. Pangeran Gwanghae yang merupakan anak dari seorang selir namun ia menjadi Putra Mahkota Joseon. Selama 16 tahun ke depan, pangeran hidup melalui masa penuh gejolak. Gwanghae sering menerima ancaman pembunuhan dan penurunan takhta sebagai seorang pengganti Raja. Gwanghae juga memiliki hubungan yang rumit dengan ayahnya yaitu Raja Seonjo dan keduanya akhirnya menjadi saingan dalam urusan cinta dan politik. Gwanghae menggunakan fisiognomi sebagai senjatya dan sarana untuk mendapatkan kekuasaan dan Gwanghae meminta seorang peramal yang mampu membaca masa depannya untuk membantu menjadi Raja berikutnya.

13. Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (2016)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo

Photo via : http://kdramabuzz.com

Drama ini berlatar belakang tentang kerajaan Goryeo yang didirikan oleh Wang Geon, Wang Geon sendiri memiliki 8 pangeran dan 1 putri dimana nantinya mereka merebutkan tahta untuk menjadi Raja berikutnya. Di ceritakan Wang Soo merupakan pengeran ke-4 yang dibesarkan di luar istana karena memiliki bekas luka diwajahnya dan ia menutupinya dengan topeng, Wang Soo sangat dibenci oleh Ratu Yo yang tak lain adalah ibu kandungnya sendiri. Kisah cinta para pangeran pun terjadi, Wang Soo bertemu dengan seorang gadis bernama Hae Soo dimana Wang Soo sangat menyukainya gadis itu dan ia harus memiliki Hae Soo. Tak hanya Wang Soo, Wang Wook, Wang Eun dan Wang Jung juga menyukai Hae Soo karena sifat Hae Soo berbeda dari wanita bangsawan pada umumnya. Setelah istri Wang Wook meninggal, ia mencoba mendekati Hae Soo dan awalnya Hae Soo menyukainya tapi entah kenapa hati Hae Soo kemudian berlabuh ke hati Wang Soo. Tak hanya memperebutkan soal cinta Hae Soo, Para pangeran juga memperebutkan tahta, mereka pun tak segan untuk membunuh saudara sendiri hingga terjadilah pertumpahan darah di istana. Hingga akhirnya Wang Soo yang bertahta sebagai Raja, namun untuk itu ia harus menikahi Putri Yeon Hwa demi kerajaan. Awalnya Hae Soo merasa nyaman berada di dekat Wang Soo yang sudah menjadi Raja dan Hae Soo pun menjadi gadis yang sangat disayangi Wang Soo. Namun suatu hari, terjadilah salah paham antara Wang Soo dan Hae Soo yang membuat Hae Soo pergi meninggalkan istana dan memilih menikah dengan Wang Jung. Meskipun begitu, cinta Hae Soo pada Wang Soo tidak berubah, bahkan hingga akhir hayatnya Hae Soo hanya mencintai satu orang yang tidak pernah dia miliki yaitu Wang Soo.

14. Moonlight Drawn by Clouds (2016)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Moonlight Drawn by Clouds

Photo via : https://eukybearlovesdrama.wordpress.com

Moonlight Drawn by Clouds ini menceritakan tentang seorang wanita yang menyamar sebagai seorang pria bernama Hong Ra On, dimana ia juga bekerja sebagai konsultan asmara. Pada suatu hari ia menulis surat untuk seorang klien dan secara tidak sengaja surat itu sampai ke Putra Mahkota, kemudian Putra Mahkota menyamar dan menemui Hong Ra On. Namun Hong Ra On tidak mengetahui jika klientnya ini adalah Putra Mahkota dan begitu juga sebaliknya. Suatu ketika Hong Ra On menjadi seorang kasim istana dan penyamarannya hampir saja diketahui meskipun ada dua temannya yang mengetahuinya. Putra Mahkota jatuh cinta dengan Hong Ra On dengan kata-kata sederhananya namun memiliki arti yang mendalam, pada awalnya Putra Mahkota mengira dirinya gila karena jatuh cinta dengan pria. Tapi dalam suatu kesempatan, Putra Mahkota mengetahui jika Hong Ra On adalah seorang wanita dan Putra Mahkota memantapkan hatinya untuk jatuh cinta dengan Hong Ra On.

15. Hwarang : The Poet Warrior Youth (2016)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Hwarang : The Poet Warrior Youth

Photo via : https://bts.fandom.com

Drama ini menceritakan tentang Hwarang yang dimasa itu merupakan sekumpulan ksatria dari kelompok elit laki-laki yang masih muda di masa kerajaan Sill yang memiliki kekuatan lebih dibandingkan dengan manusia biasa. Berawal dari kisah Moo Myung yang merupakan seorang pemuda dari kalangan kelas rendah yang tidak takut mati. Ia selalu berjuang di jalan kebenaran walaupun terkadang dirinya harus mengalami kesulitan. Ada seorang pemuda yang peduli padanya Mak Moon dan berusaha untuk menemukan ayah dan saudara perempuannya yang terpisah sudah cukup lama. Mereka berduapun ke ibukota untuk mencari keluarga Mak Moon, namun di tengah perjalanan Mak Moon tidak sengaja melihat wajah Raja Silla (siapaun itu tidak boleh melihat wajah Raja jika mereka melihat maka mereka harus dibunuh). Dan pada akhirnya mereka berdua tertangkap dan mereka dibunuh, naas nya Mak Moon meninggal dunia. Tapi sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Mak Moon akhirnya bertemu dengan ayahnya yang kebetulan mencarinya setelah mendengar kabar dari salah seorang temannya. Tak bisa menyelamatkan anaknya, Ahn Ji akhirnya menyelamatkan Moo Myung yang sudah sekarat. Merasa sangat kehilangan sang sahabat akibat dibunuh, Moo Myung akhirnya bertekad untuk balas dendam dan ia pun mengganti namanya menjadi Sun Woo dansiap menjalani takdirnya sebagai Hwarang.

16. The Emperor : Owner of The Mask (2017)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - The Emperor : Owner of The Mask

Photo via : http://asianwiki.com

Drama ini berlatar belakang pada dinasti Joseon tahun 1700an, menceritakan tentang cerita fiksi seorang pangeran Lee Sun yang sejak lahir kehidupannya diambang kematian. Bahkan banyak yang menginginkan Putra Mahkota ini meninggal, pernah suatu hari Lee Sun hampir meninggal karena diracun dan karena ini Lee Sun kebal terhadap racun. Selain itu terdapat juga kelompok berpengaruh bernama kelompok Pyunsoo yang didirikan oleh Dae Mok. Kelompok ini sangat berpengaruh terhadap kekuasaan politik dan mampu mengintimidasi dan menindas para pejabat istana dan keluarga kerajaan. Secara tidak sengaja Putra Mahkota bertemu dengan Han Ga Eun saat dirinya menyamar menjadi rakyat biasa. Saat itu Lee Sun mengetahui jika rakyat kesulitan mendapatkan air bersih karena di monopoli oleh Pyunsoo. Demi keadilan, Putra Mahkota mengutus wakil hakim Han yaitu ayah Ga Eun untuk menyelidikinya. Karena kekuatan Pyunsoo, penyelidikanpun menjadi boomerang untuk Putra Mahkota dan hakim Han dihukum mati hal ini pun membuat Han Ga Eun membeci Putra Mahkota. Dae Mok juga menjadikan Raja sebagai boneka demi kepentingan dirinya sendiri dan kelompoknya. Cara Dae Mok menekan para pejabat dan keluarga kerajaan adalah dengan membuat mereka kecanduan obat yang penawarnya hanya Dae Mok yang memilikinya, penawarnya itu bisanya diberikan tiap 15 hari sekali dan jika tidak mendapatkan penawar itu mereka akan meninggal. Kelicikan Dae Mok pun semakin menjadi ia menyerang istana dan membunuh raja beserta dayang Bin ibu dari Putra Mahkota. Dae Mok juga mencoba membunuh Putra Mahkta namun gagal karena cucunya Hwa Gun menolong pangeran. Karena posisi di istana kosong, Dae Mok memanfaatkan orang lain untuk dijadikan Raja Palsu. Dan Putra Mahkota pun memulai hidup menjadi rakyat biasa dan akan mengambil kembali tahtanya.

17. Queen For Seven Days ( 2017)

Drama Korea Berlatar Kerajaan Terbaik - Queen For Seven Days

Photo via : https://www.hancinema.net

Drama ini diangkat dari kisah nyata yang menyanyat hati, dimana terinspirasi dari Lady Shin yang menikah dengan Pangeran Jinsung. Diceritakan seorang anak bangsawan terpaksa tinggal jauh dari orang tuanya untuk menyelamatkan dirinya dari ramalan seorang biksuni, ia di ramalkan akan membuat kerajaan menjadi kacau jika berhubungan dengan anggota keluarga kerajaan. Namun takdir berkata lain, Shin Chae Kyung bertemu dengan Pangeran dan Raja dalam situasi yang berbeda. Pada awalnya karena ayahnya mempunyai jabatan tinggi di istana dan memiliki pengaruh, ia dijodohkan dengan pangeran. Namun, kejadian tak terduga terjadi yang membuat pangeran harus diasingkan dari istana. Sebelum ayah Raja Lee Young meninggal, Raja Lee Young melihat adiknya Lee Yeok dengan ayahnya berbicara dan ayahnya menitipkan pesan jika Lee Yeok sudah dewasa dialah yang berhak menjadi Raja karena Lee Young adalah seorang anak dari ratu yang telah dimakzulkan, karena hal inilah yang membuat Raja Lee Young sangat cemburu. Pada awalnya hubungan kakak adik ini sangat baik meskipun berbeda ibu, namun karena kecemburuan yang besar Lee Young melakukan segala macam cara agar Lee Yeok tidak pernah naik tahta. Ketika sudah dewasa, Shin Chae Kyung jatuh cinta dengan Pangeran Yeok dan kemudian mereka menikah, namun bukan bahagia yang mereka dapatkan. Pasangan Raja dan Ratu yang memang sejak kecil jika keduanya bersama maka selalu ada peristiwa yang membuat mereka terpisah sehingga pada akhirnya keduanya sampai pada titik kesadaran bahwa ketidak bersatuan mereka adalah wujud dari kebersatuan mereka.

Dari deretan rekomendasi drama Korea dengan berlatar kerjaan diatas, yang terbaik menurut kalian yang mana nih guys?

Baca Juga