Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu Agar Berhasil

3 bulan lalu

Menyatakan cinta ke gebetan memang bukan perkara yang mudah guys. Butuh kepercayaan diri yang tinggi, keberanian yang besar dan persiapan yang matang untuk nembak gebetan. Bahkan banyak orang yang merasa takut untuk mengutarakan isi hatinya kepada orang yang ia taksir, padahal mereka biasanya memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Nah mereka yang biasanya memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi saja merasa takut dan ragu untuk mengutarakan cintanya pada gebetan, apalagi mereka yang memiliki jiwa pemalu?

Buat mereka yang memiliki jiwa pemalu, mungkin mengutarakan cinta pada orang yang mereka taksir adalah hal yang sangat menakutkan sehingga tak jarang mereka lebih memilih untuk menjadi pengagum rahasia saja daripada harus menyatakan cinta. Mereka lebih nyaman menjadi stalker orang yang mereka sukai daripada menjadi pacar mereka. Gak heran sih, pasalnya bagaimana mau menjadi pacar kalau untuk PDKT saja nggak punya nyali? Jangankan PDKT, bahkan untuk menyapa saja orang-orang pemalu ini akan berkeringat dingin dan gugup.

Terus apakah orang pemalu selamanya tidak bisa mendapatkan pacar? Tentu jawabannya pasti bisa guys! Gak ada yang gak mungkin didunia ini. Walaupun kamu orang pemalu namun kamu tetap bisa mengutarakan cinta kamu pada gebetan dengan cara lain. Karena pada dasarnya banyak cara menuju roma. Begitupun, buat kamu yang pemalu, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengutarakan cinta pada gebetan. Penasaran seperti apa caranya? Check it out guys!

1. Kenali gebetan dari lingkungannya dulu

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : www.elitedaily.com

Orang pemalu gak akan punya nyali untuk memulai PDKT secara langsung dengan orang yang mereka suka. Alih-alih meminta nomor telpon langsung, orang pemalu biasanya lebih nyaman untuk menjadi stalker orang yang mereka taksir dan menjadi pengagum rahasianya. Hal ini karena biasanya orang pemalu tak bisa menciptakan suasanya yang seru saat berkomunikasi dengan sidia sehingga hanya ada momen awkward atau canggung diantara mereka. Nah maka dari itu, buat menghindari momen awkward tersebut, kamu yang pemalu bisa mulai dengan mengenal dia dari lingkungannya dulu guys!. Mungkin kamu bisa mendekati teman-temannya atau mungkin sahabatnya lebih dulu dan mengenal seperti apa lingkungannya. Sedikit banyak, hal ini akan membantu kamu untuk mengenal dia lebih dekat.

2. Mulai obrolan dengan hal yang ringan dulu

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : www.istockphoto.com

Nah proses PDKT itu memang panjang sepanjang rel kereta guys, apalagi buat kamu yang memiliki jiwa pemalu. Bukan tak mungkin bagi orang pemalu untuk memulai pembicaraan dengan gebetan sama sulitnya dengan ujian TA. Sehingga untuk dapat berbicara santai dan menyenangkan dengan gebetan merupakan sebuah beban berat yang harus dilalui. Nah buat kamu yang pemalu, untuk meringankan beban tersebut, sebaiknya kamu mulai tahap awal PDKT dari sekedar menyapa dan berlanjut dengan obrolan ringan. Dan jangan terlalu memperlihatkan ambisimu untuk mengenalnya lebih dekat. Namun pastikan kalau kamu menyapa dan melakukan obrolan ringan dengannya secara rutin.

3. Jangan memaksakkan diri untuk berbicara banyak

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : www.bustle.com

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, disaat kamu mulai mengenalnya dan kesempatan untuk bertemu dan mengobrol menjadi lebih sering, jangan keburu gugup untuk bertemu dengannya dan menghabiskan waktu dengannya. Walaupun kamu terlalu gugup dan malu untuk berbicara dan bercerita banyak, kamu bisa memposisikan diri kamu sebagai pendengar yang baik untuknya. Jangan memaksakan diri untuk berbicara banyak jika tidak mau terlihat aneh dan salah tingkah. Karena tak jarang orang pemalu saat berbicara dengan orang yang dia suka tidak sadar akan berbicara gagap. Jadi kalau kamu yang tidak ingin dinilai gagap dengan si dia, jangan memaksakan diri untuk berbicara banyak. Jangan khawatir di anggap pendiam oleh dirinya, yang penting kamu harus berusaha untuk menjadi pendengar yang baik untuk dirinya. Pasalnya setiap orang pasti akan suka di perhatikan saat dirinya berbicara.

4. Mulai tawarkan bantuan

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : http://www.1sucai.com

Jika kamu mantap ingin melangkah lebih jauh, kamu boleh saja menawarkan bantuan untuk si dia. Tapi malu? Tenang guys, kamu gak perlu sering-sering membantunya. Cukup sesekali saja, namun pastikan timingnya pas. Nah dengan membantu dirinya disaat timing yang pas, kamu gak usah merasa malu. Karena pertolonganmu akan disambut dengan baik dengannya. Justru ia akan berterimakasih denganmu karena telah menolongnya di waktu yang tepat. Seperti menawarkan jas hujan disaat dirinya tidak membawa jas hujan padahal sedang hujan lebat.

5. Sering-sering berada di sekitarnya

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

 

photo via : www.anewmode.com

Sering bertemu akan membuatmu gak malu ataupun gak canggung lagi saat bersamanya. Untuk itu, kamu harus sering-sering berada dilingkungan yang biasa ia kunjungi untuk memperbesar kesempatan kalian agar sering bertemu. Selain itu, dengan kamu yang sering berada disekitarnya, juga akan membuat dia menyadari kehadiran kamu. Jika kamu udah sring bertemu dengannya dan udah gak canggung lagi saat mengobrol dengannya, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap PDKT guys! Misalnya ajak dia ngopi bareng ataupun jalan-jalan bareng.

6. Jujurlah kalau kamu adalah orang yang pemalu

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : dating.lovetoknow.com

Selama melakukan pendekatan, gak ada salahnya kamu jujur dengannya kalau kamu adalah orang yang pemalu. Jujurlah kalau kamu akan merasa gugup dan malu saat berbicara dengannya, sehingga kamu jadi sulit mengeluarkan suara. Dengan kamu jujur dengan kondisi kamu adalah salah satu cara terbaik untuk mencairkan suasana yang biasanya berjalan canggung. Dengan kejujuran yang kamu ungkapkan si dia pasti akan menghargai kejujuran kamu. Dan kalau si dia juga menaruh hati ke kamu, dia akan berusaha menciptakan suasanya yang nyaman untukmu dan juga untuk dirinya.

7. Gunakan surat

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : www.shutterstock.com

Buat kamu yang gak punya nyali untuk mengajaknya berbicara langsung, kamu bisa beralih menggunakan surat. Dari pada berbicara seperti orang gagap saat bersamanya, ada baiknya kamu mengiriminya surat dengan coretan tinta yang berisi curahan hatimu yang sebenarnya dengan si dia. Gak usah khawatir dibilang kuno dan ketinggalan jaman, karena efisiennya sebuah surat tergantung dengan isinya. Jadi guys, kamu tinggal tulis curahan hatimu ke dalam sebuah surat, katakan kalau kamu tertarik dengannya dan ingin mengenalnya lebih jauh. Atau kalau kamu sudah mengenalnya dan sudah melakukan PDKT namun gak ada nyali buat nembak si dia, kamu juga bisa mengiriminya sebuah surat cinta. Kamu bisa menyatakan cinta kamu dengan surat tanpa harus mengeluarkan kegagapan suaramu.

Takut dicap pengecut karena gak berani bertatap muka langsung? Jangan khawatir guys, pasalnya banyak orang menganggap kalau memberikan surat cinta adalah salah satu tindakan yang romantis. Jadi, selagi si dia memikirkan jawaban atas ungkapan cinta kamu dari surat tersebut, kamu bisa menyiapkan mentalmu untuk bertatap muka dengannya untuk tahap yang lebih serius guys!

8. Lakukan obrolan lewat chat

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : cewekbanget.grid.id

Selain surat, tentu kamu bisa memanfaatkan segala kecanggihan dunia saat ini untuk menjalin komunikasi dan melakukan pendekatan dengannya. Yup apalagi kalau bukan lewat chat. Komunikasi lewat chat atau pesan memang salah satu jalan yang paling perfect bagi sebagian besar orang untuk melakukan pendekatan dengan si dia apalagi untuk menyatakan cinta. Seperti yang kita tau, orang pemalu akan sangat sulit mengeluarkan suaranya didepan orang yang ia taksir, jadi salah satu jalan adalah dengan mengirim sebuah pesan chat. Dengan pesan chat, kamu bisa menjalin komunikasi yang baik dengannya tanpa harus menatap satu sama lain yang akan membuat kamu gugup. Tapi ingat jangan keasyikan mengirim chat padanya tanpa memperhatikan waktu. Terlalu sering mengajaknya mengobrol dapat membuat sidia merasa terganggu dan ilfil denganmu.

9.  Terlalu gugup berdua, kamu bisa ajak teman-temanmu dan teman-temannya

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : thewanderlustcouple.com

Malu mengajaknya pergi berdua karena takut suasanya jadi canggung dan malah membuatnya bosan? Kamu bisa mengajaknya pergi bersama teman-teman yang lain. Misalnya kamu ingin mengajaknya ke pantai, kamu bisa menyuruhnya untuk mengajak teman-teman dekatnya sementara kamu mengajak teman-temanmu. Dengan cara seperti ini, dapat mengurangi suasana canggung diantara kalian berdua. Selain itu, dengan adanya teman akan mengurangi rasa gugupmu ketika harus mengobrol dengannya.

10. Siapkan mental

Bukan hanya orang pemalu, namun siapa saja yang akan menyatakan cintanya pada orang yang dicintai harus menyiapkan mentalnya. Namun khusus bagi orang yang pemalu hendaknya menyiapkan mental dua kali lipat lebih besar dari biasanya. Hal ini bermanfaat agar kamu tidak gugup saat menyatakan cintamu. Pasalnya kalau sudah gugup, kamu akan lupa kata-kata yang telah kamu siapkan sebelumnya untuk menembaknya. Parahnya lagi, kalau kamu gugup bukan tak mungkin kamu akan berubah gagap saat akan mengatakan “I Love You” padanya dan membuat momen menyatakan cintamu padanya berakhir berantakan.

11. Latihan depan kaca sebelum menyatakan cinta

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : www.educenter.id

Selain menyiapkan mental baja, sebelum menyatakan cinta, kamu juga harus latihan dulu guys, kalau perlu latihan didepan kaca, biar kamu bisa melihat ekspresi kamu dan melatih cara menatap lawan bicara saat akan menyatakan cinta padanya. Jadi anggap bayangan kamu dicermin tersebut adalah orang yang kamu taksir. Kalau kamu sudah lancar dalam latihan, itu berarti kamu sudaj bisa melawan rasa malumu sendiri. Dengan hal ini diharapkan kamu bisa lebih percaya diri saat menyatakan cinta padanya.

12. Jadilah diri sendiri

Tips Menyatakan Cinta Bagi Orang Pemalu

photo via : challengealice.com

Yang paling penting adalah jadilah diri sendiri guys! Jangan berusahan menjadi orang lain untuk menutupi kekuranganmu. Meskipun kamu orang pemalu, namun kalau kamu menjadi diri sendiri dan kamu jujur dengan hal itu, niscaya orang-orang terdekatmu akan menerimamu apa adanya termasuk gebetanmu. Yang jelas kamu harus lebih berusaha untuk meningkatkan rasa percaya diri guys.

Nah itu dia beberapa tips buat kamu yang pemalu untuk menyatakan cinta pada orang yang kamu suka. Ingat guys, walaupun kamu orang yang pemalu, namun janganlah jadi orang yang penakut. Jangan takut untuk menyatakan cinta karena mengungkapkan perasaan adalah hal yang normal dilakukan. Ingat yang gugup bukan kamu saja, karena sidia juga sama gugupnya dengan kamu. Maka jangan pikir kamu merasa canggung sendirian. Cobalah untuk menciptakan suasana senyaman mungkin untuk dirimu dan dirinya saat akan mendekatinya.

Baca Juga