Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia

Dibuat oleh blogunik

Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang memiliki ukuran raksasa, makhluk satu ini pun muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya naga ini dikenal sebagai makhluk besar yang dapat terbang di angkasa. Hal ini pun dibuktikan dengan ada banyak sekali film yang memperlihatkan sosok naga tersebut. Selain itu, hal unik lainnya yaitu bentuk naga selalu tidak sama di beberapa tempat. Seperti halnya mitologi naga di Mesir yang sangat berbeda di beberapa daerah. Nah, berikut ini ada berbagai bentuk naga berdasarkan mitos yang ada di dunia

1. Loong – China

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Loong

Photo via fineartamerica.com

Loong adalah naga yang memiliki simbol kekuatan, kekuasaan dan keberuntungan bagi masyarakat di Cina. Loong sendiri dikatakan memiliki kekuatan supernatural yang luar biasa. Ia dapat terbang ke angkasa, bisa berubah warna, ukurannya bisa sampai seukuran alam semesta dan berkuasa atas air dan cuaca.

2. Korean Dragon – Korea

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Korean Dragon

Photo via borimil.org

Korean Dragon adalah naga yang asal usulnya berkaitan erat dengan Naga Cina. Jika dilihat-lihat memang perawakannya hampir sama namun perbedaannya hanya terletak pada jumlah jari kakinya. Kaki Naga Korea memiliki empat jari kaki sedangkan Naga China memiliki lima jari kaki. Selain itu, Naga Korea juga memiliki jenggot yang panjang dan tidak memiliki sayap. Naga ini biasanya hidup di daerah perairan. Sebelum Naga Korea menjada Naga sejati ia memulai hidupnya sebagai imoogi yaitu Naga kecil yang hidup selama 1000 tahun.

3. Bakunawa – Filipina

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Bakunawa

Photo via pinterest.com

Bakunawa adalah seorang dewa yang berwujud naga menurut kepercayaan Filipina. Naga ini memiliki dua buah sayap, mulut sebesar danau dan lidah berwarna merah. Pada zaman dahulu rakyat Filipina percaya, Bakunawa tertarik pada cahaya yang dihasilkan oleh bulan sehingga ia melompat menggapai langit dan melahap bulan dan mengakibatkan bumi gelap total. Untuk mencegah ini terjadi, warga pun berlarian ke luar rumah sambil membawa panci dan wajan lalu berusaha membuat suara gaduh untuk menakuti Bakunawa.

4. Wyvern – Inggris

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Wyvern

Photo via awoiaf.westeros.org

Wyvern adalah makhluk legenda yang populer di Inggris, makhluk ini dianggap sebagai saudara jauh dari Naga karena kemiripannya. Menurut sastra mereka, makhluk ini memiliki kepala naga, sayap, badan reptil, sepasang kaki dan ekor yang sangat panjang.

5. Cuelebre – Asturias

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Cuelebre

Photo via deviantart.com/jelsin

Menurut cerita rakyat Spanyol tepatnya di Asturias dan Cantabria, seorang gadis muda yang cantik mengacuhkan peringatan keluarganya untuk tidak menyisir rambut sambil memandang refleksinya di air. Ketika sehelai rambutnya jatuh ke dalam air, peri air yang hidup disana langsung mengutuk gadis itu. Gadis itu pun terus tumbuh besar dan rambutnya berubah menjadi mahkota naga dan kulitnya menjadi sisik. Gadis ini pun bisa kembali semula jika ada pangeran yang memiliki hati murni dan berani mendekatinya dan mengatakan bahwa ia cantik.

6. Chuvash – Chuvashia

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Chuvash

Photo via tentik.com

Chuvash adalah naga yang berasal dari Chuvashia sebuah daerah di Rusia. Naga ini mirip dengan naga Eropa lainnya yang memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi manusia. Namun nenek moyang rakyat Chuvashia menceritakan secara turun menurun bagaimana mereka berhadapan dengan sebuah ular naga besar ketika menemukan kota ini. Ular naga ini hampir dibunuh namun memohon untuk berdamai, kemudian naga ini diberikan sebuah sayap oleh Tuhan.

7. Zmaj – Slovenia

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Zmaj

Photo via pinterest.com

Menurut cerita, Zmaj berhasil dibunuh dengan cara mengelabuinya dengan memberikan hadiah makanan yang ternyata mengandung sulfur. Zmaj sendiri memiliki sisik hijau dan memiliki kemampuan untuk menyemburkan api, selain itu kepalanya berjumlah tiga yang jika dipotong dapat tumbuh kembali.

8. Níðhöggr – Scandinavia

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Níðhöggr

Photo via jagatplay.com

Níðhöggr adalah naga yang satu-satunya disebut dalam legenda Norse. Dikatakan jika naga ini hidup di bawah pohon Ash raksasa yang bernama Yggdrasil. Naga ini pun terus menggerogoti akar pohon tersebut yang memperangkapnya diatas Hvergelmir. Jika Níðhöggr berhasil bebas keluar maka inilah awal kedatangan Ragnarok dan kehancurkan dunia.

9. Yilbegan – Siberia

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Yilbegan

Photo via tentik.com

Yilbegan adalah makhluk mitologi dua kelompok etnis yang tinggal di Siberia yaitu bangsa Turki dan Tatar. Makhluk ini dikenal sebagai monster naga bersayap yang mirip dengan cerita rakyat Eropa, makhluk ini pun disebut sebagai pemakan manusia.

10. Vritra – India

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Vritra

Photo via kumparan.com

Vritra adalah naga mitologi India yang digambarkan seperti ular besar tanpa sayap yang hidup di air. Makhluk satu ini memiliki ukuran yang sangat besar dan dikatakan akan meneror orang-orang. Dalam kitab kuno Arya, makhluk ini disebutkan sebagai makhluk yang memiliki level setara dengan Dewa. Kehadiran Vritra di dunia membuat keadaan dunia menjadi kacau sehingga Indra sang Dewa petir dan hujan berniat untuk memusnakan makhluk ini. Dan pada akhirnya sang Dewa pun berhasil mengalahkan Vritra dengan membelah kedua mulutnya.

11. Akhekh – Mesir

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Akhekh

Photo via boombastis.com

Akhekh atau Akhekhu dalam bahasa Mesir dipercaya sebagai inspirasi orang-orang Eropa dalam menciptakan makhluk mitologi bernama Griffin. Jika dilihat kedua makhluk ini hampir sama, namun ada sebuah perbedaan yaitu Akhekh memiliki kepala naga sedangkan Griffin singa berkepala elang.

12. Drakon Kholkikos – Georgia
Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Drakon Kholkikos

Photo via pikabu.ru

Pada umumnya naga memiliki kulit seperti ular ataupun kadal, berbeda dengan naga satu ini dimana ia memiliki bulu seperti burung. Ia juga memiliki ukuran badan yang sangat besar dan memiliki karakter yang buas. Menurut penduduk Georgia, makhluk satu ini berwarna putih terang yang melambangkan kecantikan. Cerita tentang Drakon Kholkikos ini bukan bagaimana menakutkannya makhluk ini namun bagaimana cara ia mati. Menurut legenda setempat, makhluk ini dibunuh oleh seorang ksatria dengan menggunakan pedang panjang. Tapi ada juga yang mengatakan jika makhluk ini mati karena terkena sihir jahat dan nyanyian seorang prajurit bernama Orpheus.

13. Druk – Bhutan

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Druk

Photo via wikimedia.org

Druk atau yang sering dijuluki naga petir adalah makhluk mitologi yang melegenda dan makhluk ini juga mempengaruhi banyak aspek dalam negara. Di Bhutan makhluk ini sering digunakan untuk bendera ataupun lagu nasional. Bahkan Bhutan sendiri dalam bahasa setempat dinamakan Druk Yul yang artinya sarang naga Druk. Selain itu, Druk juga digunakan sebagai gelar untuk raja-raja.

14. Stoor – Skotlandia

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Stoor

Photo via spookyscotland.net

Stoor adalah makhluk mitologi yang berasal dari Skotlandia dimana ia dipercaya sebagai penebar kerusakan. Makhluk ini dikatakan mampu membuat hewan dan tumbuhan mati seketika dengan nafas beracunnya yang mematikan dan berbau sangat busuk. Makhluk ini juga diceritakan akan selalu berkeliling untuk mencari tujuh orang untuk dimakannya. Selain itu, pada suatu ketika ada seorang bocah bernama Assipattle yang berhasil membunuh makhluk ini dengan cara yang unik. Dimana ia masuk ke dalam perut naga ini dan membakar hatinya.

15. Fafnir – Skandinavia

Berbagai Bentuk Naga Berdasarkan Mitos Yang Ada Di Dunia - Fafnir

Photo via pinterest.com

Legenda tentang Fafnir sangat populer di Skandinavia, dimana diceritkan tentang seekor naga yang bernama Fafnir. Dimana dulunya ia adalah seorang pangeran, ia menjadi seekor naga karena membunuh raja yang merupakan ayahnya sendiri untuk menguasai kekuasaan. Dewa marah dan akhirnya mengutuknya menjadi seekor naga. Namun uniknya, naga ini tidak bisa dikalahkan sama sekali. Hal ini karena sisiknya lebih keras dari baja dan pada akhirnya ada seorang ksatria yang berhasil memnunuhnya dengan menusukkan sebuah pedang tepat dibagian perutnya.

 

Itulah berbagai bentuk naga berdasarkan mitos yang ada di dunia. Bagaimana menurutmu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.