Nggak Perlu Pinter Masak! Ini Dia 10 Resep Kreasi Roti Tawar Yang Gampang Dibuat

1 bulan lalu, by blogunik

Resep Kreasi Roti Tawar

Siapa sih yang nggak tahu roti tawar? Roti yang biasanya berwarna putih dengan pinggiran coklat dan berbentuk kotak ini memang menjadi pilihan banyak orang sebagai menu sarapan yang praktis. Untuk menikmatinya biasanya orang akan menambahkan dengan berbagai topping atau selai seperti nanas, cokelat, strowberry, susu, dan banyak lainnya. Teksturnya yang lembut berpadu dengan selai yang manis akan menghasilkan cita rasa yang nikmat. Nggak heran roti tawar ini begitu disukai oleh semua kalangan.

Sayangnya sajian roti tawar yang hanya diberi berbagai macam toping terkadang membuat kita bosan. Namun, kalian nggak usah khawatir guys, pasalnya, roti tawar yang rasanya tawar ini sangat fleksibel sehingga bisa diolah menjadi berbagai macam sajian yang menggugah selera. Ada banyak kreasi resep dari roti tawar yang bisa kamu coba untuk merasakan pengalaman mencicipi roti tawar dengan cara yang berbeda. Mulai dari pudding roti tawar hingga roti tawar goreng isi es krim. Berkreasi membuat makanan dengan roti tawar pun tentunya sangat mudah dan tidak membutuhkan keterampilan khusus. Buat kamu yang nggak bisa masakpun dapat membuat kreasi resep roti tawar dengan mudah. Nah berikut 10 resep kreasi roti tawar yang gampang dibuat, buat kamu coba dirumah! Let’s check it out guys!

1. Roti Tawar Goreng Isi Es Krim

Resep Kreasi Roti Tawar - Roti Tawar Goreng Isi Es Krim

photo via instagram.com/yantitann

Resep kreasi pertama dari roti tawar adalah Roti Tawar Goreng Isi Es Krim. Dari nama makanannya pastinya kamu sudah bisa menebak jika makanan ini akan sangat lezat karena ada es krim yang lembut di dalam roti tawar yang digoreng krispi. Selain itu, bahan-bahan untuk resep ini juga sangat simple dan mudah.

Bahan-bahan Roti Tawar Goreng Isi Es Krim :

  • 10 Lbr Roti tawar
  • 3 rasa es krim coklat, vanila, strawberry (sesuai selera)
  • Tepung roti kasar
  • 2 sdm tepung terigu, dilarutkan dengan air
  • Minyak untuk menggoreng
  • Topping keju atau coklat cair (opsional)

Cara Membuatnya :

  • Ambil selembar roti, sendokkan es krim ke atasnya lalu tangkupkan lagi selembar roti. Lalu cetak dengan bibir gelas (atau apapun yang bentuknya bulat)
  • Celupkan roti kedalam tepung terigu yang sudah dilarutkan.
  • Kemudian balurkan dengan tepung roti kasar.Lakukan hal sama pada semua semua roti. Lalu masukkan kedalam freezer selama semalam. Biar ice krim beku.
  • Setelah itu, goreng dalam minyak panas dengan api besar sampai berwarna kuning (goreng nya jangan terlalu lama agar es krim tidak mencair).
  • Angkat lalu segera sajikan bersama topping favorit kamu.

2. Puding Roti Tawar Keju

Resep Kreasi Roti Tawar - Puding Roti Tawar Keju

photo via instagram.com/spesialis_ungkepan

Selain roti tawar goreng isi es krim, kamu juga bisa berkreasi membuat Puding Roti Tawar Keju yang sangat lezat dan praktis. Hanya dengan roti tawar dan beberapa bahan lainnya, kamu bisa mendapatkan dessert yang mewah bagaikan di restoran bintang 5 lho.

Bahan-bahan Puding Roti Tawar Keju :

  • 5 lembar Roti tawar, potong2 kotak kecil
  • 100 gr margarine, cairkan
  • 350 ml Susu cair
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1 saset susu kental manis putih
  • 150 gr gula pasir
  • 100 gr keju parut
  • Kismis secukupnya

Cara membuat:

  • Mixer telur, gula pasir, susu cair dan skm sampai tercampur rata tambahkan mentega cair, vanili dan roti tawa, aduk hingga tercampur rata.
  • Tuang adonan ke dalam wadah yang telah dioles mentega, taburi keju parut dan kismis diatasnya, panggang kira2 30 menit atau sampai matang.
  • Puding Roti Tawar Keju siap disajikan.

3. Roti Tawar Gulung Sosis

Resep Kreasi Roti Tawar - Roti Tawar Gulung Sosis

photo via thefeedfeed.com

Resep kreasi roti tawar yang gampang dibuat yang bisa kamu coba selanjutnya adalah Roti Tawar Gulung Sosis. Untuk membuat resep ini, nggak dibutuhkan waktu yang lama kok. Bikinnya gampang dan hanya membutuhkan waktu sebentar. Meski begitu rasanya dijamin mantap.

Bahan-bahan Roti Tawar gulung Sosis :

  • 5 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 5 buah sosis ayam
  • 50 gr mayones
  • 3 sendok makan margarin
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 gr tepung panir

Cara Membuat :

  • Panaskan margarin di atas pan dadar, masak sosis hingga matang, angkat.
  • Giling roti tawar hingga tipis, olesi dengan mayones, letakkan sosis di bagian pinggir roti lalu gulung roti hingga padat dan rapi.
  • Celupkan roti ke dalam kocokan telur, gulingkan di atas tepung roti hingga rata.
  • Goreng dalam minyak panas hingga matang, dengan api yang sedang lau angkat, dan tiriskan.
  • Sajikan dengan saos cocol sesuai selera

4. Roti Tawar Gulung Abon

Resep Kreasi Roti Tawar - Roti Tawar Gulung Abon

photo via instagram.com/bermacamresepkue

Selain sosis, kamu juga bisa membuat kreasi roti tawar dengan tambahan abon. Menu roti tawar ini tentunya ebih menarik dan lezat untuk cemilan siang hari bersama keluarga tercinta.

Bahan-bahan Roti Tawar Gulung Abon :

  • 8 lembar roti tawar tanpa kulit luar
  • Abon sapi/ayam secukupnya (sesuai selera)
  • Keju parut secukupnya
  • 1/2 butir telur kocok lepas
  • Margarin secukupnya
  • 1/2 sdt parsley kering
  • 1 sdt wijen sangrai

Bahan saus olesan :

  • 4 sdm penuh mayonaise
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 2 sdm susu kental manis

Cara membuat :

  • Campur semua bahan saus olesan, sisihkan.
  • Gilas roti tawar hingga agak tipis. Olesi 1 sisi roti dengan saus olesan.
  • Isi dengan keju parut dan abon, lalu gulung rotinya. Tekan-tekan ujungnya agar tidak lepas.
  • Kocok telur, bumbui dengan garam dan lada. Masukkan wijen dan parsley, aduk rata.
  • Olesi semua permukaan roti gulung dengan adonan telur, terutama bagian sambungannya.
  • Panaskan margarin, panggang roti gulung sebentar. Mulai dari sambungan, lalu gulingkan hingga semua sisi kecoklatan. Angkat dan tunggu dingin sekitar 3 menit.
  • Potong 1 gulungan menjadi 2 bagian atau sesuai selera.
  • Celupkan bagian ujungnya dengan saus olesan, lalu celupkan ke abon. Ratakan abon hingga rapi. Sajikan.

5. Pizza Roti Tawar

Resep Kreasi Roti Tawar - Pizza Roti Tawar

photo via instagram.com/utamiif

Kalau buat pizza sendiri, biasanya yang paling ribet adalah membuat pizza dough nya. Namun dengan roti tawar, kamu bisa membuat pizza sendiri tanpa harus ribet.

Bahan-bahan Pizza Roti Tawar :

  • 10 buah Roti tawar kulit/kupas (boleh merk apa aja)
  • 5 buah Sosis, potong-potong
  • 1 buah jagung manis, pipil
  • 1 buah tomat merah, buang bijinya, potong dadu
  • Saus spaghetti/saus tomat (bebas sesuai selera)
  • keju mozzarella
  • Italian herbs

Cara membuat :

  • Tata roti tawar, beri olesan dengan saus
  • Berikan topping sosis, jagung, tomat diatasnya, beri keju mozzarella dan taburi italian herbs
  • Panggang di suhu 180′ sekitar 10 menit (sesuaikan oven masing2, jangan terlalu lama agar tidak kering)

6. Sushi Roti Tawar

Resep Kreasi Roti Tawar - Sushi Roti Tawar

photo via sajiansedap.grid.id

Roti Tawar juga bisa dikreasikan menjadi sushi lho. Nggak harus menggunakan nasi Jepang, karena dengan roti tawar, sushimu akan menjadi lebih menarik.

Bahan-bahan Sushi Roti Tawar

  • 8 lembar roti tawar kupas, pipihkan
  • 2 buah sosis, belah 4 memanjang
  • 1/2 buah ketimun jepang, buang biji,
  • 1/2 buah wortel, potong kotek 1/2 cm memanjang,
  • 2 lembar nori, potong kotak 8 cm

Bahan Olesan:

  • 3 sendok makan mayones
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh susu kental manis

Bahan Pencelup:

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 30 gram tepung panir orange
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Saus :

  • 50 gram mayones
  • 1/2 sendok makan saus sambal
  • 1/2 sendok makan saus tomat

Cara membuat :

  • Campur mayones, air jeruk, dan susu kental manis. Dinginkan dalam lemari es.
  • Ambil selembar roti tawar. Oleskan bahan olesan.
  • Letakkan roti di atas plastik. Lapisi nori. Letakkan sosis, ketimun, dan wortel. Gulung dan rekatkan dengan telur di ujungnya.
  • Celup ke dalam telur. Gulingkan di atas tepung panir orange.
  • Goreng dalam minyak yang dipanaskan sampai kekuningan. Sajikan bersama saus.

7. Garlic Bread

Resep Kreasi Roti Tawar - Garlic Bread

photo via bacaresep.com

Cara yang lebih simple untuk menyulap roti tawarmu menjadi roti yang lezat adalah dengan membuat Garlic Bread dengan roti tawar. Gak perlu waktu lama dan bahan-bahan nya pun anti ribet.

Bahan-bahan Garlic Bread :

  • 6 lembar roti tawar, potong menjadi 3-4 bagian
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sachet mentega
  • Daun seledri secukupnya, cincang halus

Cara membuat :

  • Campur bawang putih dan oregano ke dalam mentega, kemudian aduk rata.
  • Oleskan campuran mentega ke kedua sisi roti tawar.
  • Panggang roti di atas panggang antilengket menggunakan api kecil hingga kecokelatan. Jangan lupa dibolak-balik.
  • Sajikan dengan cocolan saus dan mayones.

8. Roti Gulung Pisang Coklat

Resep Kreasi Roti Tawar - Roti Gulung Pisang Coklat

Resep Kreasi Roti Tawar – Roti Gulung Pisang Coklat

photo via blueband.co.id

Kalau ada roti tawar dan pisang, jangan dibiarin nganggur guys, lebih baik oleh menjadi cemilan enak buat keluarga dirumah. Salah satunya dengan membuat Roti Gulung Pisang Coklat yang pastinya akan membuat keluargamu betah dirumah.

Bahan-bahan Roti Gulung Pisang Coklat :

  • 1 bungkus roti tawar, buang pinggirnya dan pipihkan
  • 8 buah pisang ambon
  • Meises cokelat secukupnya
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Margarin secukupnya

Cara membuat :

  • Ambil 1 lembar roti tawar. Oleskan margarin sedikit saja. Letakkan 1 buah pisang di bagian ujungnya dan taburi meises secukupnya.
  • Gulung roti tawar tersebut. Rekatkan ujungnya dengan bantuan telur.
  • Celupkan roti gulung tersebut pada kocokan telur. Perhatikan jangan sampai terendam.
  • Panaskan minyak. Goreng roti gulung sampai kecokelatan. Tiriskan.
  • Sajikan bersama secangkir teh pasti akan terasa lebih nikmat.

9. Roti Goreng Ragout

Resep-Kreasi-Roti-Tawar-Roti-Goreng-Ragout

photo via dayanbuwono.wixsite.com

Lagi ngidam makan ragout, tapi malas repot? Tenang guys, kamu bisa ganti kulit risoles menggunakan roti tawar. Roti tawar goreng isi ragout ini enak banget. Cara bikinnya juga sangat mudah.

Bahan-bahan Roti Goreng Ragout :

  • 10 buah roti tawar, masing-masing dipotong 4 bagian dengan bentuk segitiga
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • Tepung roti secukupnya

Bahan Ragout Ayam dan Sayur :

  • 1/2 sdm margarin
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 sdm tepung terigu
  • 300 ml susu cair
  • 200 gram ayam rebus, dipotong/suwir
  • 60 gram wortel, potong kecil-kecil
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada secukupnya
  • 1/2 sdm seledri, dipotong kecil-kecil
  • Keju parut secukupnya

Cara membuat :

  • Tumis bawang bombay dengan margarin hingga harum dan berubah warna.
  • Tambahkan ayam rebus dan wortel, kemudian aduk rata hingga matang.
  • Masukkan susu cair, kemudian aduk hingga merata.
  • Tambahkan lada, garam, dan gula pasir sesuai selera.
  • Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata dan mengental.
  • Tambahkan daun seledri dan keju sesuai selera. Aduk hingga tidak menggumpal.
  • Oleskan isian ragout di atas roti tawar kemudian tutup seperti membuat roti lapis. Jangan lupa sedikit ditekan agar roti tawar menempel.
  • Celupkan roti tawar ke telur yang sudah dikocok, lalu balur dengan tepung roti.
  • Setelah terbalur merata, goreng dalam minyak panas hingga cokelat keemasan, lalu tiriskan.

10. Muffin Roti Tawar

Resep Kreasi Roti Tawar - Muffin Roti Tawar

photo via rukita.co

Satu lagi resep kreasi roti tawar yang enak dan gampang dibuat adalah Muffin Roti Tawar. Dengan membuat Muffin dengan roti tawar tentunya kamu bisa menikmati roti tawar dengan cara yang lebih enak dan menarik. Dijamin nggak akan pernah bosen dengan roti tawar deh.

Bahan-bahan Muffin Roti Tawar :

  • 3 lembar roti tawar, potong bagi 4
  • 2 buah sosis, iris tipis
  • 4 buah telur
  • 100 ml susu cair
  • Garam secukupnya
  • Merica atau lada secukupnya
  • Bawang putih bubuk secukupnya
  • Keju mozzarella/cheddar parut untuk topping

Cara membuat :

  • Oles loyang muffin dengan mentega. Letakkan potongan roti tawar yang telah dicelup susu cair, kemudian tambahkan potongan sosis di atasnya.
  • Kocok lepas telur, garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, dan susu cair. Tuang ke atas roti tawar.
  • Beri topping keju parut sesuai selera.
  • Panggang dalam oven api atas bawah (oven yang diletakkan di atas kompor) dengan suhu 180°C selama 20 menit atau hingga matang.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan dengan saus sambal.

Nah itulah 10 resep kreasi roti tawar yang enak dan gampang dibuat yang bisa kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat guys!

Artikel Terkait